Alasan Kenapa Ban MotoGP Gundul

BAN MOTOGP

Alasan Kenapa Ban MotoGP Gundul – Khusus ban MotoGP sobat freakers sudah tahu dong kalau ada 2 merk ban yang terkenal yakni Bridgestone dan Michelin. Pada tahun 2007 para rider banyak yang lebih memilih ban Bridgestone sedangkan pembalap yang mengunakan ban Michelin diantara Valentino Rossi, Nicky Hayden, Dani Pedrosa, dan Colin Edwards.

Namun, pernahkah sobat freakers perhatikan, ban yang di pakai pada balapan MotoGP permukaannya botak dan halus. Berbeda dengan ban yang digunakan untuk harian. Dibalik itu semua, alasannya ban yang halus pada balapan berfungi agar daya cengkram ban ke lintasan / aspal lebih kuat dan mengimbangi power dari mesin yang begitu besar.

BAN MOTOGP

Bukannya ban yang botak itu bisa bikin tergelincir?

Ban yang tidak menggunakan alur pada permukaannya, secara otomatis bagian ban yang menempel pada lintasan/aspal lebih banyak dibanding ban yang mempunyai alur. Jadi, cengkramannya pun akan lebih besar dibanding menggunakan alur dan itulah yang menyebabkan motor tidak mudah tergelincir. Pihak MotoGP pun sudah memperhitungkan hal ini dengan menghilangkan alur pada ban, sehingga dapat meningkatkan handling dan pengereman. Jadi sangat cocok untuk balapan. Biasanya, ban ini digunakan untuk balapan kering atau pada saat cerah.

Kenapa sih Ban MotoGP “dibungkus” dulu sebelum balapan?

Kalau sobat freakers perhatikan, sebelum balapan dimulai ban yang digunakan untuk balap pasti dibungkus atau diselimuti, pembungkus itu disebut tyre warmer. Tujuannya agar suhu ban ideal untuk balapan, karena banyak kejadian pembalap yang crash karena suhu bannya masih dingin.  Jika suhu ban ideal, maka akselerasi motor akan jadi lebih baik, dan bisa langsung digeber pada saat balapan dimulai. Jika rider tersebut masih ragu dengan suhu bannya, maka  ia biasanya tidak begitu memaksakan kecepatan motornya pada lap-lap awal, setelah beberapa lap baru deh pol-pol’an ngegasnya.

Aturan Pemakaian Ban Pada Balapan MotoGP

  1. Deteksi otomatis jenis ban

Bekerjasama dengan Michelin dan setiap tim pabrikan di kategori premier class (MotoGP), sistem baru akan mulai diimplementasikan untuk mendeteksi otomatis dari jenis kompon ban yang digunakan oleh rider. Informasi ini akan tersedia untuk semua rider dan tim dan stasiun televisi.

*Deteksi penggunaan kompon ban yang digunakan oleh setiap rider di lintasan, akan dilakukan oleh sebuah teknologi nirkabel. Informasi ini akan disalurkan ke ECU yang sudah terintegrasi. Lalu, diteruskan ke pelaporan sistem waktu di lintasan melalui versi terbaru dari perangkat lunak terpadu.

  1. Penambahan jumlah ban

Untuk mengatasi problem handicap yang dirasakan oleh dua pembalap yang lolos dari sesi kualifikasi 1. Mereka akan diberi tambahan ban belakang slick berkompon soft pada sesi kualifikasi 2. Sedangkan, untuk jumlah total ban yang tersedia untuk setiap pembalap tidak ada perubahan.

  1. Terkait ban basah

Mulai 2017, jumlah maksimum ban basah yang tersedia bagi setiap pembalap adalah lima untuk ban depan dan enam untuk ban belakang.

Lalu, pada saat balapan turun hujan gimana?

BAN MOTOGPBiasanya para rider akan mengganti motor mereka dengan pemaikaian ban yang ber alur. Pasalnya jika tidak diganti, saat melaju akan mudah tergelincir. Ban yang mempunyai alur ini mempunyai komposisi ban yang lebih lunak dibanding ban pada saat balapan kering. Fungsinya untuk mengimbangi daya cengkram ban yang berkurang pada lintasan / aspal karena adanya alur pada ban tersebut. Pada dasarnya fungsi alur di ban yakni, untuk mengalirkan air pada saat kendaraan melewati genangan air dan juga lumpur.

Lantas gimana kalau balapan jadi kering lagi?

Karena ban yang beralur mempunyai komposisi yang jauh lebih lunak dari ban kering maka ban tersebut akan mudah cepat habis jika dibandingkan dengan ban kering. Para rider diperbolehkan untuk mengganti kembali motornya dengan pemakaian ban kering.

artikel terkait: Mobil Dibalik Ridoron Kamen Rider Black RX

5 pemikiran di “Alasan Kenapa Ban MotoGP Gundul”

Tinggalkan sebuah komentar