Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki Mobil

Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki Mobil

Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki Mobil – Kondisi mobil yang pengap setelah ditinggalkan beberapa lama di luar ruangan ditambah lagi diparkir di bawah sinar matahari, tak ayal memancing si pemilik mobil untuk langsung menyalakan AC saat hendak memasukinya. Namun, nyatanya kebiasaan ini berbahaya lho sobat freakers terutama bagi kesehatan. Beberapa barang yang ada di dalam mobil, seperti pengharum ruangan, material pelapis jok hingga barang lain yang berbahan dasar plastic menjadi sumber dari masalah ini. Sinar matahari yang langsung dan panas membuat beberapa zat tertentu bereaksi. Berbagai senyawa baru yang berbahaya pun tercipta, misalnya benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker. Benzena yang terbentuk tersebut nantinya akan disebar oleh sirkulasi AC hingga akhirnya terhirup oleh orang yang ada di dalam mobil.

Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki Mobil

Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki MobilKarena sifatnya yang racun ini, benzena mampu mempengaruhi kinerja ginjal dan hati sebab kedua organ tersebut berperan sebagai filter racun. Tidak sampai disitu saja, Benzena juga berpotensi meracuni tulang sehingga menyebabkan anemia dan penurunan sel darah putih. Semakin sering benzena terhirup, resiko terkena leukemia pun semakin tinggi. Sementara bagi ibu hamil, benzene ini dapat menggugurkan bayi yang ada di dalam kandungan.

Saat mobil berada di dalam ruangan dengan jendela tertutup, benzena dapat terproduksi antara 400-800 mg. sedangkan, jika diparkir di luar ruangan dan di bawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celsius ke atas, tingkat kepadatan benzena bahkan bisa mencapai 2.000 – 4.000 mg. Padahal, tingkat toleransi manusia terhadap racun benzena hanya 50mg/ft2 sehingga hal tersebut tentunya berbahaya bagi tubuh. Gas ini memang tak berbau dan berwarna apalagi berwujud, jadi sangat sulit untuk menentukan apakah benzena benar-benar ada di kabin mobil atau tidak.

Bahaya Menyalakan AC Saat Baru Memasuki MobilOrang yang mengalami keracunan akibar menghirup benzena sebenarnya juga bisa dideteksi sejak awal. Umumnya, orang akan merasa mengantuk, pusing atau mual setelah menghidupkan AC. Hal ini juga bisa menjadi pemicu dari kecelakaan di jalan raya.

Jadi, untuk mencegah berbagai risiko tersebut, berhentilah melakukan kebiasaan menyalakan AC ketika baru masuk ke dalam mobil. Ubah kebiasaan tadi dengan membuka jendela kaca selebar-lebarnya. Biarkan udara luar masuk menggantikan udara yang ada di dalam mobil. Bila suhu udara di dalam dan luar mobil sudah sama, barulah tutup jendela mobil Anda dan nyalakan AC. Dengan begitu, senyawa benzena dapat diminimalisir jumlahnya.

Source: nissan.co.id

artikel terkait: Penyebab Mobil Boros Bensin

Tinggalkan sebuah komentar