Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/Menyangkut

http://otofreak.com/cara-cek-kondisi-kampas-rem-cakram-sepeda-motor/

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/Menyangkut – Kunci kontak yang tidak mau diputar bisa membuat Anda frustasi dan membuang waktu apalagi jika sedang dikerjar waktu. Ada beberapa penyebab kunci kontak tidak mau diputar, dan di antaranya tergantung pada jenis mobil Anda, atau situasi disaat kunci tidak mau diputar. Namun, ada beberapa cara dibawah ini, patut dicoba sebelum memanggil montir untuk datang.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/Menyangkut

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutTekan kunci sambil putar sedikit setir ke kiri-kanan, untuk mencari celah bebas agar kunci dapat berputar. Penyebab paling umum jika kunci tidak mau diputar pada mobil-mobil zaman sekarang yakni, biasanya kunci setir sedang dalam posisi terkunci erat. Saat ini terjadi, Anda harus berusaha memutar kunci lebih kuat, sambil coba goyang-goyangkan setir.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutJika mobil Anda bertransmisi otomatis, periksa apakah tuas persneling sedang dalam posisi P. demi keamanan, beberapa mobil akan mencegah kunci kontak bisa diputar jika perseneling tidak berada pada posisi P atau N. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda sedang terburu-buru.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutBersihkan dan lumasi lubang kunci. Semprotkan secukupnya dengan menggunakan cairan pembersih khusus kontak elektrik, lalu semprotan silikon, atau teteskan sedikit cairan grafit cair, untuk melumasinya. Buka jendela, biarkan sirkulasi udara mengalir bebas, dan hindari timbulnya api. Setelah Anda selesai melumasinya, coba kembali.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutPada beberapa jenis lubang kunci, selongsong mungkin berada pada posisi terkunci, dan pernya tidak dapat mendorongnya kembali untuk membebaskan selongsong dari posisi kuncian. Untuk kasusu ini, anda bisa menggunakan palu kecil untuk mengatasinya.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutPeriksa anak kuncinya. Letakkan pada permukaan yang datar dan keras, periksalah apakah kunci berbentuk lurus sempurna atau ada bagian yang bengkok. Jika terlihat bengkok, ambil sebatang balok, atau benda keras lainnya yang bisa dipakai untuk membentuknya rata kembali. Jangan gunakan palu atau pemukul dari besi karena dapat merusak anak kunci, yang terbuat dari besi lunak.

Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/MenyangkutTerakhir, jika semua cara diatas tidak bekerja, ketuk bagian belakang anak kunci saat berada di dalam lubang kunci, dengan palu atau benda keras lainnya sambil Anda tetap berusaha memutarnya. Hati-hati jangan sampai terkena tangan Anda saat mengetuk kunci.

artikel terkait: Cara Cek Kondisi Kampas Rem Cakram Sepeda Motor

4 pemikiran di “Cara Atasi Kunci Kontak yang Macet/Menyangkut”

Tinggalkan sebuah komentar