Cara Hadapi Polisi Saat Ditilang

cara hadapi polisi saat ditilang

Cara Hadapi Polisi Saat Ditilang – Diantara sobat freakers ada yang pernah kena tilang? Atau malah ada diantara sobat freakers yang belum pernah? Kali ini Otofreak bakal kasih info yang bermanfaat seputar dunia pertilangan. Mungkin ada diantara sobat freakers yang tidak terbiasa atau gugup saat berkendara lalu tiba-tiba diberhentikan oleh polisi padalah sobat menaati peraturan lalu lintas. Nah, berikut ini adalah tips menghadapi polisi saat diberhentikan di jalan, disimak ya!

Cara Hadapi Polisi Saat Ditilang

  1. Segera berhenti. Nyalakan lampu hazard Anda, matikan radio, lalu matikan mesinnya. Turunkan jendela, dan pastikan kedua tangan anda dan penumpang terlihat (jangan seperti sedang menyembunyikan sesuatu).
  2. Gunakan sapaan “pak/bu polisi” untuk menunjukkan rasa hormat.
  3. Selalu katakan yang sebenarnya. Jangan pernah mengklaim bahwa Anda tidak melakukannya (jika Anda melakukannya), namun ingatlah bahwa Anda memiliki hak untuk tetap diam.
  4. Jangan berdebat dengan petugas. Memberikan alasan apapun agar petugas memaklumi masalah Anda sebenarnya malah membuat anda semakin bersalah di pengadilan karena pelanggaran.
  5. Jangan mengakui apapun. Meskipun polisi bertanya “apakah Anda tahu mengapa Anda dihentikan”. Bertentangan dengan pendapat umum selama ini bahwa jika anda mengakui kesalahan terlebih dahulu maka akan lebih baik. Ternyata, itu salah. Karena bisa saja kesalahan yang anda akui tersebut bukan yang polisi maksud dan malah menambah daftar kesalahan anda.

Semoga tips diatas membantu sobat freakers ya!

artikel terkait: Aksesori yang Dilarang Polisi

Tinggalkan sebuah komentar