Cara Merawat Motor Injeksi dengan Benar

Yamaha R15

Motor menjadi bagian penting bagi masyarakat untuk beraktivitas dan berpergian kemana saja. Sama saja halnya dengan pemilik motor injeksi yang juga perlu memperhatikan perawatan tipe motor ini. Merawat motor injeksi perlu menggunakan kiat-kiat khusus untuk mempertahankan motor agar selalu tetap prima. Hal tersebut untuk menghindari agar motor tidak rusak dan mencegah motor mogok di jalan saat berpergian.

Nah, untuk Otofreakers yang memliki motor jenis injeksi tidak perlu khawatir, berikut kami sajikan beberapa cara merawat motor injeksi dengan benar.

Bahan Bakar

Pertama, perlu diperhatikannya bahan bakar pada motor injeksi. Motor injeksi harus diberi bahan bakar minimal yang beroktan 90 ke atas. Pasalnya, pemberian bahan bakar dengan kualitas rendah akan menyebabkan kinerja mesin menjadi tidak stabil atau menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Kondisi Aki

Kedua, motor jenis injeksi juga bergantung pada kondisi Aki. Pasalnya, aki berfungsi sebagai penghidup mesin pada sistem pembakaran. Dalam merawat motor injeksi, mengecek kondisi Aki agar selalu tetap terjaga sangat penting sebab aki menjadi sumber listrik untuk sistem penghidupan Pembakaran.

Pelumas/ Oli 

Ketiga, mengganti pelumas atau oli pada motor jenis injeksi setidaknya tiap 1.000 km atau secara rutin tiap dua bulan sekali. Hal ini akan menghindari kinerja motor injeksi terganggu dan motor menjadi kering karena kekurangan pelumas. Kekurangan pelumas juga akan mengakibatkan terhambatnya mesin motor. Tidak hanya oli saja yang harus diganti, namun oli gear perlu diganti setidaknya setiap 5.000 km. Oli gear ini akan berfungsi menjaga dan memaksimalkan mesin kendaraan motor Anda. Selain itu, jangan lupa mengganti oli shockbeker jika sudah terdengar suara mendecit pada motor Anda.

Periksa ECU

Selanjutnya, perhatikan ECU atau Electronic Control Unit pada motor injeksi Anda. Pasalnya, ECU merupakan komponen penting pada sistem pengoperasian injeksi motor Anda. ECU ini berguna dalam mengatur takaran bahan bakar yang disemprotkan hingga sistem buka tutup klep injector. Bilamana ECU terganggu tentunya kinerja injector pada motor tidak akan berjalan dengan baik atau bisa membuat motor Anda mogok. Sebaiknya, serahkan motor injeksi Anda pada service motor atau tenaga ahli yang paham akan sistem injeksi. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal pada ECU motor.

Busi Motor

Busi MotorBila busi motor sudah susah untuk dinyalakan, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan busi motor yang baru. Busi motor yang rusak akan menghambatnya proses pembakaran pada mesin, serta dapat mengakibatkan tenaga mesin yang dikeluarkan pada motor tidak menyala. Merawat motor injeksi tergantung pada bagusnya pemantikan api yang dikeluarkan oleh busi motor. Busi motor yang rusak atau dalam kondisi tidak baik akan mempengaruhi performa kinerja injeksi.

Servis Berkala

Disarankan untuk melakukan service motor secara berkala paling tidak setiap 3000 km atau membawa motor injeksi Anda ke service motor atau ke bengkel secara rutin paling tidak tiap satu bulan sekali. Melakukan pengecekan motor injeksi sangat diperlukan sebab harus ada tenaga ahli injeksi agar dapat mengetahui dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Tangki Bahan Bakar

Selanjutnya, jangan lupa memeriksa bahan bakar pada motor injeksi Anda. Bahan bakar yang habis tidak tersisa akan mengakibatkan rusaknya injektor pada motor Anda. Hal ini dikarenakan kotoran pada tangki bahan bakar ikut terserap, serta mempengaruhi performa kinerja motor injeksi Anda.

Filter udara

Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah mengecek filter udara. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Perlu dipastikan filter udara tidak kotor sebab masuknya udara akan mempengaruhi bagus atau tidaknya sistem pembakaran. Selain itu, jika filter udara kotor maka dapat membuat pembakaran menjadi tidak maksimal dan tenaga motor yang dihasilkan akan tidak stabil.

Nah, Otofreakers ulasan di atas merupakan cara bagaimana merawat motor injeksi dengan benar. Sebenarnya, merawat motor injeksi tidaklah sulit namun sebaiknya sebagai pemilik kendaraan perlu secara rutin memeriksa agar motor injeksi selalu tetap prima saat digunakan.

Untuk mendapatkan tips mudah dan menarik lainnya, silakan kunjungi web kami di sini!