Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV Indonesia Review 2018

Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV Indonesia Review 2018– Kebutuhan masyarakat pada kendaraan besar, multi fungsi dan berdaya guna memang sedang tinggi-tingginya. Bukan hanya untuk keperluan bisnis atau usaha, mobil bertipe MPV ini juga banyak diminati oleh kalangan pribadi. Alhasil beberapa tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV saat diluncurkan langsung jadi salah satu kendaraan yang dilirik konsumen. Namun, yang manakah yang memiliki keunggulan yang lebih baik? Jika Anda penasaran mari simak review  perbandingan antara mobil Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV berikut ini.

Eksterior Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Eksterior Daihatsu Gran Max

Eksterior Daihatsu Gran MaxTampilan luar Daihatsu Gran Max akan terlinat mobil mini bus yang elegan dan futuristik. Mobil mini bus Daihatsu ini menerapkan konsep Semi Bonnet yang mampu memberikan sistem aerodinamis sehingga mobil dapat melaju baik di jalanan. Pada tampilan wajah depannya terdapat grille berukuran kecil dengan berkombinasi dengan lampu utama dan akan tampak juga front bumper yang berukuran sedang. Beralih ke bagian samping, Daihatsu Gran Max menghadirkan garis dengan aksen chrome.

Daihatsu Gran MaxMenariknya, perbedaan yang terjadi diantara Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV terdapat pada penerapan pintu mobil. Dimana pada pintu mobil Daihatsu yakni pintu bergeser (sistem Sliding Door) yang akan memudahkan penumpang untuk keluar dan masuk. Tidak hanya itu, mini bus ini juga menggunakan ban mobil yang berukuran besar. Sementara, pada bodi belakangnya dibuat sederhana dan akan terlihat lampu belakang dan bumper yang menyatu dengan bodi mobil.

Eksterior Suzuki APV

Suzuki APVSecara tampilan luar Suzuki APV didesain sederhana dan tetap terlihat modern. Pada tampilan depannya akan tampak grill radiator yang berukuran cukup besar dengan penambahan aksen chrome yang berpadu dengan lampu depan. Jika dilihat sekilas, Suzuki APV hampir menyerupai Daihatsu Gran Max karena sama-sama berada di kelas mobil minibus.

Eksterior Suzuki APVLalu, pada bagian sisi samping Suzuki APV terlihat akan didapati lampu sein yang berada pada bagian spionnya dengan dibuat garis yang menonjol pada bagian bawahnya dari depan sampai ke belakang. Sementara, pada bagian belakang, Suzuki APV menimbukan kesan sporty dengan adanya aksen rear spoiler berukuran sedang, serta lampu belakang yang terpasang.

Interior Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Interior Daihatsu Gran Max

Dashboard Daihatsu Gran MaxPada desain interior Daihatsu Gran Max mengusun konsep modern sebagai mobil mini. Melihat bagian dashboardnya, Daihatsu Gran Max memiliki desain yang cukup  ergonomis sehingga pengemudi maupun penumpang akan dengan mudah  mengatur kebutuhan saat melakukan berkendara. Ruang kabin kemudi diberikan fitur Sliding Seat yang akan membuat si pengemudi nyaman dan leluasa saat menyetir. Selain itu, terdapat pula 3 Poit ELR Seat Belt yang berada di bagian kursi depan dimana akan  memberikan keamanan dan kenyamanan pengemudi imaupun penumpang.

Interior Daihatsu Gran MaxSama halnya dengan Suzuki APV, Daihatsu Grand Max juga memiliki sistem Air Conditioner yang menghasilkan udara yang sejuk secara menyeluruh. Mobil Mini bus Daihastu ini cukup besar dalam mengangkut penumpang maupun barang bawaan karena mdapat  menampung hingga 9 sampai 11 orang penumpang.

Interior Suzuki APV

Dashboard Suzuki APVPada interior Suzuki APV ini akan terlihat ruang kabin yang elegan dengan dominasi warna silver dan hitam. Suzuki APV seperti ingin terus memberikan kenyamana kepada penumpangnya karena disediakannya kesejukan AC Double Blower dan hiburan audio yang akan menghibur penumpang.

Interior Suzuki APVPada bagian depan, mobil Suzuki ini menghadirkan kesan dashboard yang futuristik yang dilengkapi beberapa panel yang cukup lengkap. Serta, terdapat pula beberapa tempat penyimpanan barang untuk membawa barang-barang berukuran kecil. Jika Anda membawa barang bawaan berukuran besar tidak perlu bingung sebab pada kursi baris kedua dan ketiga Suzuki APV ini dapat dilipat sehingga dapat dijadikan bagasi cadangan.

Dimensi Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Menilik dimensinya maka kita akan menemukan bahwa Gran Max unggul pada ukuran panjang yang mencapai 4.405 mm, lebar 1665 mm, dan tinggi yang mencapai 1.900 mm. Suzuki APV sendiri hanya mencatat ukuran panjang 4.155 mm dan lebar 1655 mm dan dengan tinggi 1.855 mm. Untuk bagian jarak sumbu rodanya, Daihatsu Gran Max mengungguli Suzuki APV dengan catatan angka 2.650 mm yang memiliki selisih 25 mm dari Suzuki APV yang memiliki jarak 2.625 mm. Namun, pada catatan kapasitas tangki bahan bakar, Daihatsu Gran Max harus mengakui keunggulan Suzuki APV yang menyediakan kapasitas tangki sebesar 46 Liiter. Lalu, Daihatsu Gran Max yang memiliki kapasitas tangki sebesar 43 liter. Mengenai bobot kendaraan, Suzuki APV memliki bobot yang lebih berat yakni 1.950 kg dibandingkan dengan Daihatsu Gran Max yang memiliki bobot sekitar 1840 kg.

Mesin Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Mesin Daihatsu Gran Max

Mesin Daihatsu Gran MaxMenuju ke bagian dapur pacu, kita akan mendapati kapasitas mesin yang berbeda pada Daihastu Gran Max yang menyediakan dua pilihan mesin. Yakni dimana untuk tipe 1.3L berkapasitas silinder isi 1.298 cc yang menggunakan mesin  K3 – DE, DOHC, 4 Silinder segaris. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 88 Ps pada putaran 6.000 rpm dan untuk torsi maskimum yang dihasilkannya sebesar 11,7 kg.m pada putaran 4.400 rpm. Sedangkan untuk tipe 1.5L berkapasitas silinder 1.495 cc dan akan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 97 ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 13.7 kg.m pada putaran 4.400 rpm.

Mesin Suzuki APV

Mesin Suzuki APVSementara, Suzuki APV menggunakan mesin tipe 1.5 G15A, 4 inline yang berisi silinder 1.493 cc. Dengan mesin tersebut maka Suzuki APV dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 94,5 hp pada putaran 6,000 rpm dan memiliki torsi mencapai 126 Nm pada putaran 3,000 rpm. Untuk sistem bahan bakarnya, Daihatsu Gran Max menerapkan sistem teknologi EFI (Electronic Fuel Injection), sedangkan Suzuki memakai jenis Multipoint Injection.

Fitur Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV

Daihatsu Gran Max memiliki fitur yang canggih, salah satunya tersematkannya fitur Fuel Lid Opener dimana fungsinya memberikan kemudahan kepada penumpang dalam membuka dan menutup bensin dari dalam mobil tanpa harus keluar mobil. Tidak hanya itu saja, penumpang akan diberikan kenyamanan menyetir mobil dengan bantuan fitur power steering. Daihatsu Gran Max ini juga menerapkan sistem sliding door yang akan memudahkan penumpang dalam membuka pintu mobil. Daihatsu juga sengaja membuat pengemudi lebih mudah dalam melakukan operan gigi dengan posisi tuas transmisi yang ditempatkan dekat dengan setir yang setingkat. Tidak mau kalah dengan Daihatsu Gran Max, Suzuki APV juga menerapkan fitur kenyamanan dan fitur keamanan. Yakni seperti dipasangkannya struktur kerangka TECT (Total Effective Control Technology) bodi yang berfungsi untuk memberikan redaman energi benturan yang lebih baik. Selain itu, terdapat fitur Tak hanya itu saja, pabrikan Suzuki ini juga telah membekalinya dengan fitur Side Impact Beams dan Seat Belt ELR yang nantinya akan mencegah si pengemudi dalam terkenda benturan di bagian depan.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Gran Max vs Suzuki APV

Gran Max

Suzuki APV

Mesin

Tipe Mesin K3 – DE, DOHC, 4 Silinder segaris G15A, 4 inline
Isi Silinder 1298 cc 1.493 cc
Diameter x Langkah 72,0 x 79,7 mm 75.0 x 84.5 mm
Daya Maksimum 88/6000 rpm 94.5PS/6,000 rpm
Torsi Maksimum 11,7/4400 rpm 126Nm/3,000 rpm
Sistem Kemudi Rack dan Pinion Rack and Pinion
Radius Putar 4.7 4.9 m (GL); 5.4 m (GX dan SGX)
Sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection) Multipoint Injection
Kapasitas Tangki 43 L 46 L

Dimensi

P x L x T 4045 x 1665 x 1900 mm 4.155 x 1.655 x 1.855 mm
Jarak Poros Roda 2650 mm 2.625 mm
Jarak Pijak depan 1460 mm 1.425 mm
Jarak Pijak belakang 1440 mm 1.425 mm
Jarak Terendah 165 mm 180 mm (GL); 175 mm (GX dan SGX)
Berat 1840 kg 1.950 kg

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual 5-Speed Manual/4-Speed Automatic
Suspensi Depan Mac Pherson Struts dengan per keong MacPherson Strut & Coil Spring
Suspensi Belakang 5 link, rigid-axle dengan per keong 3-Link Rigid Axle with Coil Springs
Rem Depan Cakram (Disc) berpentilasi dengan booster Ventiated Disc
Rem Belakang Drum Leading & Trailing Drums
Ukuran ban 165 R13 – C 185/80 R14 (GL); 195/65 R15 (GX dan SGX)

Fitur

Kenyamanan
  • Fuel Lid Opener
  • Molded Head Lining
  • Desain Body Semi Bonnet
  • Sliding Door
  • Front Sliding Seat
  • Door Arm Rest
  • AC
  • Power Window Depan
  • Ventilasi AC Belakang
  • Adjustable Seats
  • Spion Lipat Elektrik
Keamanan
  • Sabuk keamanan
  • Sistem Pengereman
  • Sistem rangka yang kuat
  • Monocoque Body
  • Anti Theft Device
  • Alarm Mobil
  • Engine Immobilizer

Harga Gran Max vs Suzuki APV

Harga Gran Max vs Suzuki APV

Gran Max

Suzuki APV

Tipe Harga Tipe Harga
Harga GRAN MAX MB 1.3 D FH Rp145.375.000- Harga Suzuki APV SGX A/T Rp211.000.000-
Harga GRAN MAX MB 1.3 D FF FH Rp151.775.000- Harga Suzuki APV SGX Rp196.500.000-
Harga GRAN MAX MB 1.3 D FF AMBULANCE FH Rp180.775.000- Harga Suzuki APV  GX Rp194.000.000-
Harga GRAN MAX MB 1.5 D PS FH Rp161.375.000- Harga Suzuki APV GL Rp181.500.000-
Harga Suzuki APV APV GE2 – PS Rp174.000.000-
Harga Suzuki APV BLIND VAN 1.5 Rp143.750.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Gran Max vs Suzuki APV berikut ini!

https://www.youtube.com/watch?v=MDvy7QtQsKw dan https://www.youtube.com/watch?v=J9n5a1AK53k

Artikel terkait: Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Nissan Navara Indonesia Review 2018

Honda Hr-v vs Mazda CX3 Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

74 pemikiran di “Daihatsu Gran Max vs Suzuki APV Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar