Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018-  Tidak semua mobil dengan jenis yang sama memiliki rasa kenyamanan yang juga sama. Setidaknya inilah yang bisa kita dapati dari dua mobil MPV yaitu Daihatsu Luxio dan Nissan Evalia. Mobil serba guna yang ergonomis ini pada akhirnya harus bertarung atau bersaing di pasaran untuk merebut perhatian pubik. Beberapa kalangan masyarakat sendiri memang kemudian merasa kebinggungan untuk menentukan satu pilihan diantara kedua mobil ini. Nah untuk itulah kali ini akan dibahas perbandingan atau komparasi antara Daihatsu Luxio dan Nissan Evalia tersebut.

Eksterior Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Eksterior Daihatsu Luxio

Eksterior Daihatsu Luxio

Membahas bagian desain eksteriornya, Daihatsu Luxio terkesan lebih modern dan elegan. Pasalnya, pada bagian depan terdapat grille radiator yang lebar ditambah dengan lampu utama yang menyatu dengan aksen chrome. Lampu utama tersebut yakni menggunakan Multi Reflektor Head Lamp dimana akan menghasilkan pencahayaan yang lebih maksimal saat Anda akan berkendara pada malam hari atau dalam kondisi gelap. Melirik bagian bumper depannya, Daihatsu memasangkan bumper Luxio ini dengan ukuran cukup besar dengan dilengkapi fog lamp yang stylish dan sporty. Berpindah ke bagian samping mobil, adanya aksen garis Body Moulding dan Rail Coverdengan disertai aksen chrome, dimana Daihatsu Luxio ini menggunakan pintu geser. Selain itu, adanya  velg yang  berdesain modern dan elegan. Jika melihat bagian bodi belakangnya, terdapat New Rear Combination Lamp dan  New Bumper Design, serta adanya aksen chrome pada garis tengahnya. Selain itu, terdapat  rear spoiler yang diberi penambahan LED High-Mount Stop Lamp pada mobil Daihatsu Luxio ini.

Eksterior Nissan Evalia

Eksterior Nissan Evalia

Adanya perbedaan dari MPV lainnya, desain eksterior yang ditanpilan Nissan Evalia mengusung konsep eksklusif MPV kelas atas. Headlamp heksagonal Nissan Evalia dirancang secara dimanis mengikuti arus bodi belakang dengan berpadunya front grill berbentuk ‘V shape’ yang dibuat melengkung ke bawah. Tampilan depan Nissan Evalia dibuat sederhana, namun tetap terlihat elegan. Pasalnya, terdapat lampu kabut pada bagian ujung bawah kanan dan ujung kiri yang berwarna gelap. Beralih ke bagian samping, bodi mobil ini terdapat lekukan body yang halus dan memiliki kaca yang berdesain flat. Seperti halnya pada Daihatsu Luxio, Nissan Evalia juga memiliki pintu geser yang akan memudahkan penumpang untuk memasuki ruang penumpang dan terlebih lagi dapat meminimalisir ruang jika berada di area parkir. Jika dilihat dari belakang, Nissan Evalia dirancang dengan bentuk lebih boxy sehingga orang yang melihatnya akan tahu dan mewakili bhawa Nissan Evalia memiliki bagasi yang cukup luas.  

Interior Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Interior Daihatsu Luxio

Dasboard Daihatsu Luxio

Perbadingan pertama dari kedua mobil bisa kita amati dari desainnya. Dari interiornya, maka kita bisa memberikan dua jempol langsung untuk Luxio. Hal ini dikarenakan Daihatsu Luxio mempunyai desain interior yang ergonomi dan juga dashboard yang lebih elegan dengan dukungan warna yang ‘kalem. Pertama, membahas interior dari Daihtsu Luxio yang memiliki desain yang sporty dan juga mewah. Pada bagain dashboardnya terlihat nuansa warna yakni perpaduan warna hitam dan silver dengan dilengkapi beberapa panel yang berfungsi dalam membantu pengemudi saat menyetir mobil.

Interior Daihatsu Luxio

Daihatsu dapat dikatakan sebagai mobil keluarga karena daya tampung yang banyak yakni dapat menapung hingga 8 penumpang. Kursi penumpangnya dibuat dengan bahan material yang berkualitas dan begitu nyaman bila diduduki. Selain itu, pada interior Daihatsu Luxio ini diberi audio sebagai hiburan selama perjalanan dan dipasangkannya AC sebagai penyejuk ruang kabin sehingga penumpang dipastikan tidak akan kepanasan selama perjalanan. Menariknya, adanya fitur Row 1 Touch Tumble yang berfungsi dalam melipat kursi sehingga memudahkan penumpang untuk masuk di bagian kursi baris ketiga.

Interior Nissan Evalia

Dasboard Nissan Evalia

Tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Luxio, Nissan Evalia juga terkesan mewah. Pada bagian dashboard kan terlihat panel yang tersusun dengan tapi dan pada lingkar setirnya terdapat indikator speedometer. Pada bagian dashboard juga terdapat monitor monitor LCD, tombol audio, dan tombol pendingin ruangan AC. Tidak hanya itu, kursi penumpang dibalut dengan material kulit fabric yang berkualitas sehingga akan terasa empuk bila diduduki.

Interior Nissa Evalia

Selain itu juga, kursi penumpang mobil ini dilengkapi dengan teknologi arm rest dimana kursi dapat dilipatSama halnya dengan Daihatsu Luxio, Nissan Evalia memiliki ruang kabin yang luas sehingga dapat dikatakan sebagai mobil keluarrga. Serta, interior Nissan Evalia memiliki kualitas di atas rata-rata low MPV dari yang lainnya.

Baca juga  Truk Off-Road Chevrolet, si Penantang Jalanan

Dimensi Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Menilik dari dimensinya, maka kita bisa mendapati mobil Daihatsu Luxio dapat mengangkut lebih banyak barang dari pada Evalia. Hal ini dikarenakan ukuran tinggi dari Luxio adalah 1.915 mm lebih tinggi 65 mm dibanding Evalia yang hanya mencatat 1.850 mm. Selain itu peluang membawa barang lebih banyak dari Luxio dikarenakan dimensi lebarnya yang juga lebih unggul yaitu mencapai 1710 mm dibanding Evalia yang mencatat angka 1695 mm. Satu-satunya ukuran dimensi yang dimenangkan Evalia adalah ukuran panjang yang mencapai 4400 mm dibanding Luxio yaitu 4215 mm. Daihatsu Luxio tampaknya memilki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan Nissan Evalia yakni jika Daihatsu Luxio memiliki bobot sebesar 1810 kg, namun untuk bobot Nissan Evalian sebesar 1350 kg.

Untuk jarak terendah ke tanah yang dimiliki kedua mobil ini hampir memiliki jarak yang sama namun untuk Daihatsu Luxio lebih tinggi 5 mm dari Nissan Evalia, jika Daihatsu Luxio memiliki 180 mm sedangkan Nissan Evalia memiliki panjang 175 mm. Lalu, supsensi yang digunakan begitu kokoh yakni pada suspensi Daihatsu Luxio memakai jenis Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer  di bagian depannya. Untuk bagian belakang memakai jenis 5-link, rigid-axio dengan per keong. Sedangkan pada Nissan Evalia memakai suspensi bagian depan berjenis McPherson Strut with Stabilizer dan suspensi bagian belakang berjenis Smart Comfort Suspension System.

Mesin Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Mesin Daihatsu Luxio

Mesin Daihatsu Luxio

Menuju bagian dapur pacu, maka kita mendapati isi silinder Evalia yang mencapai 1.498 cc unggul sedikit dari Luxio yang hanya mencatat angka 1.495 cc. Meski demikian masing-masing mempunyai kapasitas mesin yang sama, 1,5 Liter 4 silinder. Dengan mesin 1.498 cc maka Evalia bisa mengeluarkan tenaga hingga 109 pada putaran 5600 rpm dan juga torsi maksimum mencapai 14.6 pada putaran 4000 rpm. Sedangkan pada mesin kapasitas 1.495 cc milik Luxio maka daya kuda yang dihasilkan adalah 97 / 6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,7 / 4400 rpm. Sedang pada urusan konsumsi bahan bakarnya, Evalia juga lebih unggul dibanding Luxio.

Mesin Nissan Evalia

Mesin Nissan Evalia

Pada perjalanan dalam kota Evalia mencatat 11,5 km/liter bensin, sedangkan Luxio hanya mencatat 10,1 km/liternya. Sementara untuk perjalanan luar kota Evalia mencatat angka 16,7 km/liter, sementara Luxio hanya mencatat 13,9 km/liternya. Keunggulan Evalia makin mumpuni dengan catatan kapasitas bahan bakarnya yang besar mencapai 55 liter dibanding Daihatsu Luxio yang hanya mencatat kapasitas 43 liter. Sistem bahan bakar yang digunakan pada Daihatsu Luxio yakni berteknologi EFI (Electronic Fuel Injection) dan untuk Nissan Evalian memakai teknologi ECI-MPI. Kedua mobil ini juga memiliki radius yang sama yakni sebesar 5.2.

Fitur Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Melihat dari fitur yang disajikan, maka kita akan mendapati fitur pada Luxio jauh lebih unggul dibanding Evalia. Hal ini karena pada Evalia tidak didapati power window di jendela pintu belakang. Evalia hanya menghadirkan kaca geser yang dianggap banyak orang sebagai sesuatu yang ‘konvensional’. Namun demikian Evalia seri termahal ada fitur yang terbilang menarik yaitu fitur kamera parkir saat transmisi dipindah ke R. Pada fitur kenyamanan Nissan Evalia terdapat 1DIN Audio yang berada pada semua tipe. Pada Nissan Evalia tipe 1.5 SV dan Nissan Evalia tipe XV Highway Star diberikan penambahan empat buah speaker, yang berbeda dengan Nissan Evalia tipe ST hanya diberi dua buah speaker saja. Kemudian, pada fitur keamanannya Nissa Evalia dibekali dengan Keyless Entry with Alarm,I-Key System dan Parking Sensor.

Sementara, Untuk fitur kenyamanannya, Daihatsu Luxio terdapat fitur New 2 DIN Touch Screen Head dan audio yang menyediakan hiburan DVD, CD, MP3,Radio, USB port dan AUX-IN yang akan memberikan kenyamanan untuk si penumpang selama perjalanan. Keunggulan lainnya, yakni tersedianya tempat penyimpanan praktis yakni New Upper Tray with Cover pada mobil Daihatsu Luxio. Selain itu, adanya sistem pendingin Double Blower pada Daihatsu Luxio yang menghasilkan udara yang sejuk dan menyebar ke ruang kabin.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Daihatsu Luxio

Nissan Evalia

Mesin

Tipe Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i, berpendingin air 1.5L DOHC, 4 cyl, in-line, 16-Valve, Dual CVTC
Isi Silinder 1495 cc 1498 cc
Diameter x Langkah 72,0 x 91,8 mm 78.0 x 78.4 mm
Daya Maksimum 97 / 6000 rpm 109/5600
Torsi Maksimum 13,7 / 4400 rpm 14.6/4000
Sistem Bahan Bakar EFI (Electronic Fuel Injection) ECI-MPI
Kapasitas Tangki 43 L 55 L
Sistem Kemudi Rack & Pinion dengan Power Steering Electric Power Steering

Dimensi

P x L x T 4215 x 1710 x 1915 mm 4400 x 1695 x 1850 mm
Jarak Poros Roda 2650 mm 2725 mm
Jarak Pijak depan 1440 mm 1.520 mm
Jarak Pijak belakang 1420 mm 1.515 mm
Jarak Terendah 180 mm 175 mm
Berat 1810 kg 1350 kg
Turning Radius 5.2 5.2

Sasis

Transmisi Manual, 5 kecepatan Petrol
Suspensi Depan Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer McPherson Strut with Stabilizer
Suspensi Belakang 5-link, rigid-axio dengan per keong Smart Comfort Suspension System
Rem Depan Cakram (Disc) berventilasi dengan booster Disc Brake
Rem Belakang Drum, Leading & Trailing Drum Brake
Ukuran ban 195/65 R15 165/R14
Ukuran Velg R15 Steel Full Cover 14″x5JJ

Fitur

Kenyamanan
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
  • Headrest Kursi Belakang
  • Power Outlet
  • Power steering
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
  • Pemanas Ya
  • Ventilasi AC Belakang
  • AC
  • Power Window Depan
  • Combi Meter Analog
  • Speedometer and MID (Tachometer, Fuel Economy, Tripmeter, Shift Indicator, and Clock)
  • Power Door Lock
  • Front Power Window
  • Rear Cooler
  • Cup Holder 2 in Front + 2 in
  • Center Console + 2 in Sliding Door + 2 in 2nd Row center Armrest
  • 1st Row Seat Slide and Full Reclining
  • 2nd Row Seat Folding and Full Reclining
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Headrest
  • 3rd Row Foldable System Tip-Up
  • Glove Box Upper and Lower
  • 2nd Row Armrest Center and Side
  • Seat Material Fabric
Keamanan
  • Perangkat Anti Maling
  • Engine Immobilizer
  • Kantong Udara Pengemudi
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Day Night Rearview Mirror
  • Front Impact Beams
  • Pelindung Benturan Samping
  • Pengingat Pintu Terbuka
  • Seat Belt Front Row 3 Point ELR (x2)
  • Seat Belt 2nd Row 3 Point ELR (x2) + 2 Point (x1)
  • Seat Belt 3rd Row 3 Point (x2)
  • Keyless Entry with Alarm

Harga Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Harga Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Daihatsu Luxio

Nissan Evalia

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC Rp 175,300,000 Harga Nissan Evalia 1.5 ST Option Rp 192,000,000
Harga Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC AMBULANCE   Rp209,000,000 Harga Nissan Evalia 1.5 SV MT Rp 206,700,000
Harga Daihatsu Luxio 1.5 X M/T MC Rp193,450,000 Harga Nissan Evalia 1.5 SV AT Rp 217,600,000
Harga Daihatsu Luxio 1.5 X A/T MC Rp204,550,000 Harga Nissan Evalia 1.5 XV AT Rp 234,500,000
Harga Nissan Evalia 1.5 XV MT Rp 223,100,000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia
https://www.youtube.com/watch?v=u9KvO8jCbbg dan https://www.youtube.com/watch?v=YA2A0pE0m2Q

Baca juga  Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Toyota Avanza Veloz Indonesia Review 2018

6 pemikiran di “Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar