Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018

Daihatsu Sigra vs Toyota Calya

Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018- Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memang menjadi salah satu fenomena yang terbaru di dunia otomotif di tanah air. Duo kembar LCGC dengan kemampuan 7 penumpang ini merupakan produk buatan mobil dalam negeri ini. Memang langsung mengentakkan dengan pesanan yang cukup membludak. Bagaimana itu tidak terjadi? Kecerdasan para pembuat Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra memang mempunyai dasar yang kuat karena surveinya tentang kebutuhan para konsumen mobil di Indonesia. Dengan mewujudkan menjadi mobil yang komplit memenuhi kebutuhan para banyak konsumen di Indonesia. Seperti akomodasi yang dapat menampung 7 penumpang, fitur yang banyak dan dengan penampilan yang stylish. Dengan banyak kelebihan tersebut yang menjadi faktor utama yaitu harganya yang relatif murah.

Baca Juga Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Karena itulah banyak para konsumen yang masih bingung serta menimbang-nimbang tentang keduanya. Tentunya para konsumen ingin lebih tahu lagi tentang perbedaan dari keduanya antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dari berbagai ha.l sehingga dapat menentukan pilihan secara mantap tanpa ada penyesalan. Berikut ulasan mengenai perbandingan antara Daihatsu Sirga vs Toyota Cayla.

Eksterior Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Eksterior Daihatsu Sigra

Eksterior Daihatsu Sigra

Penampilan pada bagian eksterior dari kedua mobil tersebut terlihat sekali perbedaannya pada bagian-bagian depan seperti pada grill, emblem, bumper grill, dan juga lampu kabut (foglamp). Penampilan luar mobil Daihatsu Sigra memang terlihat lebih enak untuk dipandang. Hal ini dikarenakan bentuk pada grill bagian depan dan juga foglight-nya yang benar-benar tampilan terbaru dan juga berbeda dari Daihatsu Ayla. Sedangkan untuk Toyota Calya sendiri perpaduan grill yang mirip dengan Veloz dan rumahan foglight yang terlihat persis dengan milik Agya.

Eksterior Toyota Calya

Toyota Calya Terbaru

Emblem logo pada hidung kedua mobil tersebut memang menjadi salah satu ciri khas masing-masing. Di mana Toyota Calya masih menggunakan logo yang sama dengan Toyota Agya, berupa burung garuda. Sedangkan untuk Daihatsu Sigra memiliki logo yang benar-benar terbaru, yaitu adanya huruf S yang berbentuk lingkaran penuh. Adanya list chrome sepanjang bagian bawah dari kaca samping pun membuat Daihatsu Sigra tipe tertinggi pun tampak terlihat lebih mewah lagi. List chrome tersebut pun juga ada pada bagian bawah pintu Sigra. Sedangkan Toyota Calya terlihat sama sekali tidak memberikan aksen chrome pada semua tipe yang ada.

Untuk desain pada velg, khususnya pada tipe paling tertinggi kedua pada mobil ini pun dibuat sama baik motif maupun juga two-one colournya. Bagusnya untuk kedua mobil ini pun sudah dipasangi ban yang berkualitas paling tinggi, berupa Bridgestone Ecopia EP150 175/65R14. Hal lainnya pun yang membedakan Calya dan juga Sigra adalah pada bagian reflector lampu bagian belakang. Untuk Daihatsu Sigra tipe standar tidak memiliki reflektor yang memanjang pada bagian pintu belakang. Sedangkan untuk Cayla reflektor tersebut ada pada semua tipe yang disediakan. Apabila diperhatikan secara mendetail, akan terlihat sekali lagi perbedaan yaitu adanya hiasan muffler pada bagian ujung knalpot Daihatsu Sigra. Sedangkan untuk ujung knalpot Toyota Calya terlihat telanjang tanpa adanya muffler.

Interior Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Interior Daihatsu Sigra

Interior Daihatsu Sigra

Pada bagian interiornya terlihat perbedaan yang paling mencolok yaitu pada warna pembalut jok kursi. Di mana jok pada Toyota Cayla dibalut dengan bahan berwarna cokelat seperti dengan kursi pada Toyota Sienta. Sedangkan untuk Daihatsu Sigra sendiri menggunakan warna full hitam untuk membalut jok kursinya. Pada baris keduanya, ada perbedaan yang paling mencolok yaitu Toyota Calya memiliki 3 head rest, sedangkan pada Daihatsu Sigra hanya memiliki 2 headrest. Dalam hal ini lah tentunya Toyota Calya sedikit lebih unggul untuk keamanan penumpang pada baris kedua yang duduk pada bagian tengah.

Baca juga Toyota Calya vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

Interior Toyota Calya

Toyota Calya Interior

Masih untuk penumpang bagian tengah baris kedua, sabuk pengaman pada Toyota Calya pun tersedia di atap dan juga dapat ditarik. Sehingga melindungi tubuh para penumpang ketika adanya hentakan ke arah depan ketika adanya tabrakn atau pengereman secara mendadak. Sedangkan untuk Daihatsu Sigra sendiri, sabuk pengaman untuk para penumpang bagian tengah tersebut pun layaknya sabuk pengaman pada kebanyakan mobil. Yaitu seperti sabuk pengaman pada kursi pesawat. Sehingga bisa dikatakan kurang aman. Namun karena mayoritas orang Indonesia sangat sedikit yang menggunakan sabuk pengaman apabila duduk di kursi baris kedua atau pun ketiga, maka tentu saja hal ini jarang untuk diperhatikan.

Dimensi Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Mengenai masalah dimensinya, Daihatsu Sirga dan Toyota Cayla memiliki ukuran dimensi yang sama yakni dengan dimensi panjang  4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Selain itu sama-sama memiliki jarak poros roda sebesar 2.525 mm. Untuk jarak terendah ke tanah (ground clearence) Dihatsu Sirga dan Toyota Cayla juga memiliki jarak yang sama yakni mencapai 180 mm. Sementara untuk suspensinya, Daihatsu Sirga memiliki suspensi berkualitas pada bagian depan berjenis MacPherson Strut dan suspensi pada bagian belakangnya mengusung suspensi tipe Torssion Beam. Sedangkan untuk Toyota Cayla, tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Sigra. Yaitu memliki suspensi pada bagian depan berjenis MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer dan suspensi bagian belakang memakai Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring. Bahkan untuk transmisinya, sama-sama menggunakan transmisi 5 percepatan. Tidak heran bila Daihatsu Sirga dan Toyota Cayla disebut-sebut sebagai saudara kembar karena secara dimensi hampir menyerupai.

Mesin Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Mesin Daihatsu Sigra

Mesin Daihatsu SigraPada varian Daihatsu Sigra dibuat dengan lebih banyak agar dapat memborong semua pasar LCGC untuk kelas menengah ke bawah. Sedangkan untuk Toyota Calya sendiri diperuntukkan bagi para konsumen yang ingin membayar dengan sedikit lebih mahal untuk mendapatkan brand Toyota yang memiliki image sedikit lebih unggul. Hal yang lebih berbeda dari Toyota Calya, Daihatsu Sigra memiliki varian yang ditenagai oleh mesin 998 cc atau 1.0 liter, 3 silinder, yaitu pada Sigra tipe D dan juga M. Tenaga maksimumnya sekitar 67 PS pada 6.000 rpm, serta torsi maksimum sebesar 89 Nm pada 4.400rpm. Sedangkan untuk Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra pada tipe X dan R yang memiliki mesin 1.197 cc atau 1.2 liter. 4 silinder, dual VVTi dengan tenaga sebesar 88 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi maksimum sebesar 108 Nm pada putaran 4200 rpm.

Mesin Toyota Calya

Mesin Toyota Calya

Untuk rangka dan juga suspensi sangat terlihat pada aliran udaranya, walaupun pada dasarnya memiliki ukuran yang sama besar. Namun pada Daihatsu Sigra terlihat lebih agresif dikarenakan ketajaman pada sudut-sudutnya yang terlihat begitu tegas. Aliran udaranya pun dibuat terpisah dengan bagian bumper. Sementara untuk aliran udara pada Toyota Calya dibuat menyatu dengan bagian bumper, sehingga apabila diperhatikan dengan cermat, mobil ini terlihat lebih mirip dengan Toyota Veloz. Jika pada Daihatsu Sigra terdapat udara pada bagian bumper, maka untuk Calya sendiri di desain sedikit lebih tangguh dengan adanya tambahan pelindung bumper dengan berhias aksen krom. Pada bagian floglamp, untuk Daihatsu sengaja membuatnya sedikit meruncing dengan posisi horizontal. Sedangkan pada Toyota Calya, bagian floglamp dibuat dengan meruncing posisi vertikal. Selain pada perbedaan di atas sepertinya tidak ada perbedaan yang lain yang lebih mencolok.

Fitur Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Dasboard Daihats Sigra

Dasboard Daihatsu Sigra

Dari segi fitur keselamatan, untuk Daihatsu Sigra tidak semuanya memiliki fitur yang lengkap. Seperti pada Daihatsu Sigra tipe D dan juga Tipe M di mana tidak dibekali dengan rem ABS dan juga Airbags. Namun berbeda dengan Daihatsu tipe X, R, dan juga R Deluxe di mana dapat dikatakan fitur-fitur keselamatannya yang dimiliki sebanding dengan Toyota Calya. Fitur safety yang mumpuni untuk ukuran LCGC tersebut antara lain yaitu dual SRS Airbags, Rem ABS, Side beam impact, sensor untuk parkir, rangka bodi, Total Advance Function (TAF) yang cukup kokoh. Sabuk pengaman otomatis (retractable), child doorlocking di mana sangat membantu untuk pengaman pintu agar tidak dibuka oleh anak-anak dari dalam.

Dasboard Toyota Calya

Toyota Calya Dasbor

Fitur canggih lainnya yang telah dipasang untuk mobil sekelas LCGC MPV yaitu terdapat pada corner sensor dua titik. Terdapat pada bagian depan pada Daihatsu Sigra Tipe R yang dapat memberikan bunyi peringatan apabila mobil terlalu dekat dengan objek di depannya. Sementara itu untuk Toyota Calya tidak memiliki fitur tersebut, walaupun demikian kedua mobil tersebut telah dilengkapi dengan sensor belakang untuk membantu para pengemudi parkir secara mundur. Untuk penumpang pada baris kedua, Toyota Calya telah menghadirkan kenyamanan yang sangat ekstra dengan melengkapi headreat untuk para penumpang pada bagian tengah. Sementara untuk Daihatsu Sifra hanya akan dilengkapi dengan headrest pada jok kanan dan kiri di baris kedua tersebut.Mengenai SRS Airbag. Semua tipe pada Toyota Calya yang telah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag sebagai salah satu fitur keselamatan standarnya. Sementara untuk Daihatsu Sigra hanya akan menggunakan Dual SRS Airbag pada tipe X dan juga tipe R.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Daihatsu Sigra

Toyota Calya

Mesin

Tipe Mesin 1KR-VE, DOHC VVT-i In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 998 cc 1,197 cc
Diameter x Langkah 71,0 x 84,0 mm 72.5 x 72.5 mm
Rasio Kompresi
Daya Maksimum 67/6000 rpm 88 / 6,000 rpm
Torsi Maksimum 89/4400 rpm 108/ 4,200 rpm
Sistem Bahan Bakar EFI
Kapasitas Tangki 36 L 36 L
Sistem Kemudi Rack & Pinion dengan Electric Power Steering Electronic Power Steering (EPS)

Dimensi

P x L x T 4070 x 1655 x 1600 mm 4,070 x 1,655 x1,600 mm
Jarak Poros Roda 2.525 mm 2,525 mm
Jarak Pijak depan 1.470 mm 630 mm
Jarak Pijak belakang 1.470 mm 915 mm
Jarak Terendah 180 mm 180 mm
Berat 1.480 kg 975 kg (berat kosong)
Turning Radius 4,5

Sasis

Transmisi Manual, 5 – Kecepatan 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc Brake Ventilated Disc
Rem Belakang Drum, Leading – Trailing Drum
Ukuran Ban 155/80 R13 175/65R14
Ukuran Velg Steel Two-Tone Machining Alloy

Fitur

Kenyamanan ●   AC

  • Power Window Depan
  • Automatic Climate
  • Pemanas
  • Ventilasi AC
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi
  • Kursi dengan
    Spion Lipat
  • Automatic
  • Head Lamps
  • Power Outlet
  • Power steering
  • Lingkar kemudi Tombol
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat
  • Jumlah Bahan Bakar
  • Cup Holder – depan
  • Cup Holder – belakang
  • Bottle Holder
  • Lampu Bagasi
  • AC    Ya
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Ventilasi AC Belakang
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi
  • Power Outlet
  • Power steering
  • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi
  • Cruise control
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat
  • Headrest Kursi Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Cup Holder – belakang
  • Bottle Holder
Keamanan
  • Front Impact Beams
  • Pelindung Benturan Samping
  • Pengingat Pintu Terbuka
  • Child Safety Locks
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Control System
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Day Night Rearview Mirror
  • Sabuk Pengaman Depan
  • Perangkat Anti Maling
  • Alarm Mobil
  • Kantong Udara Pengemudi
  • Airbag Penumpang
  • Anti Lock Braking System
  • Brake Assist
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Sensor Parkir
  • Engine Check Warning

Harga Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Harga Daihatsu Sigra VS Toyota Calya

Daihatsu Sigra

Toyota Calya

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Daihatsu Sigra 1.0 D MT     Rp108,900,000,- Harga Toyota Calya 1.2 E M/T Rp. 135.100.000
Harga Daihatsu Sigra 1.0 M MT     Rp117,800,000,- Harga Toyota Calya 1.2 G M/T Rp. 140.650.000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X MT Rp 127,150,000,- Harga Toyota Calya 1.2 G A/T Rp. 152.650.000
Harga Daihatsu Sigra    1.2 X MT DLX Rp 132,650,000,- Harga Toyota Calya 1.2 E A/T Rp147.600.000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X AT     Rp139,950,000,-
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX     Rp145,450,000,-
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R MT    Rp 133,050,000,-
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX Rp 136,850,000,-
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R AT     Rp145,850,000,-
Harga Daihatsu Sigra    1.2 R AT DLX Rp 149,650,000,-

Video Review

Buka link dan simak video perbandingan antara Daihatsu Sirga dan Toyota Cayla berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=U2dX5qglAa8

Artikel terkait: Daihatsu Sigra vs Daihatsu Xenia Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

14 pemikiran di “Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar