Daihatsu Sirion 2018 First Impression Review : Terbaik di Kelas Small Hatchback?

Eksterior Daihatsu Sirion 2018

Daihatsu Sirion 2018 First Impression Review : Terbaik di Kelas Small Hatchback? – PT Astra Daihatsu Motor baru-baru ini resmi meluncurkan All New Daihatsu Sirion pada tanggal 13 Februari 2018 dengan tag line Always On di Mall Gandaria City. Ya anda tidak salah, mobil ini dapat disebut All New karena memang secara tampilan maupun spesifikasi mobil ini benar-benar berubah total jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sebenarnya mobil ini merupakan mobil rakitan Malaysia dengan nama Perodua Myvi.

Perodua sendiri merupakan pabrikan mobil terbesar di Malaysia dan Daihatsu memiliki saham yang cukup besar, yaitu 20% untuk Daihatsu Japan dan 5% untuk Daihatsu Malaysia. Sementara Myvi menurut kami merupakan singkatan dari Malaysian Vehicle yang berarti mobil ini diperuntukkan untuk masyarakat Malaysia, dan pernyataan kami pun terbukti dengan tingkat penjualan yang sangat tinggi untuk mobil ini di Malaysia seperti kita melihat Avanza dan Xenia di Indonesia. Namun dibalik itu semua apakah sebenarnya yang ditawarkan oleh All New Daihatsu Sirion?

Eksterior Daihatsu Sirion 2018

Tampilan Depan Daihatsu Sirion 2018

Eksterior Daihatsu Sirion 2018Pada tampak depan terlihat perubahan pada lampunya yang kini tidak lagi menggunakan lampu halogen biasa melainkan mobil ini telah menggunakan LED Projector Headlamp baik untuk lampu utama serta lampu jauh yang membuatnya terlihat cantik pada malam hari, namun untuk foglamp masih menggunakan lampu halogen biasa dan berwarna kuning yang membuat lampunya terlihat belang. Beralih ke tampilan grill depan terdapat dua tarikan garis krom yang pada bagian bawahnya terlihat seperti menyatu dengan headlamp, lalu pada bagian bumper depan kita juga dapat melihat lengkungan berwarna krom pada bagian foglamp serta sensor parkir depan yang dapat dimatikan apabila tidak dibutuhkan.

Tampilan Samping Daihatsu Sirion 2018

Beralih ke tampak samping, kini All New Daihatsu Sirion telah menggunakan Velg Two Tone Colour dengan ukuran 15” serta ban GoodYear Assurance berukuran 185/55/r15 merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Lalu terdapat spion yang berukuran cukup besar dan memiliki lampu sein dibagian bawah serta spion pada mobil ini dapat dilipat secara otomatis. Lagi-lagi kami mendapati aksen krom pada mobil ini yaitu pada bagian door handle serta talang air pada bagian jendela dan hal ini merupakan suatu hal yang bagus. Pada bagian jendela mobil ini juga telah dilengkapi dengan tiga potongan jendela yang membuat penumpang bagian belakang akan merasa lega.

Tampilan Belakang Daihatsu Sirion 2018

Tampilan Belakang Daihatsu Sirion 2018Pada bagian belakang mobil ini juga telah dilengkapi oleh lampu LED bar ala-ala Audi yang membuatnya terlihat cantik pada malam hari, walaupun pada lampu rem masih menggunakan lampu LED titik-titik namun bukan LED yang dihadapkan ke belakang, melainkan LED yang dibiaskan oleh reflector sehingga lampu remnya kurang lebih terlihat seperti lampu depan motor Vario. Lalu terdapat Spoiler yang menjadi standar pada mobil ini dengan warna hitam metalik pada bagian sampingnya, dan hal ini merupakan hal bagus mengingat mobil sekelas Mazda CX-5 pun masih menggunakan warna hitam doff yang terlihat murah. Pada bagian bumper belakang juga terdapat diffuser ala-ala ferrari yang sejatinya tidak dapat berfungsi layaknya mobil Ferrari namun hanya untuk menambah nilai estetika dari Daihatsu Sirion serta sensor parkir yang dapat memudahkan anda saat parkir. Lalu bagian atapnya juga terdapat antena dengan model shark fin serta defogger pada jendela belakang. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan Smart Keyless Entry yang memudahkan anda saat membawa barang banyak dan hendak membuka pintu atau pun bagasi belakang hanya dengan cara membawa kunci mobil lalu dekatkan diri anda pada mobil dan otomatis pintu tidak akan terkunci lagi.

Interior Daihatsu Sirion 2018

Interior Daihatsu Sirion 2018Pada bagian interior masih didominasi oleh plastik keras seperti pada generasi sebelumnya, namun plastik-plastik tersebut terasa cukup solid dan pada kelasnya jarang sekali yang menggunakan material empuk. Pada bagian stir terdapat audio steering switch control yang memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan head unit double din touch screen yang tidak memiliki tombol fisik sama sekali. Lalu bila kita lihat lebih dalam mobil ini memiliki ac dengan digital climate control dengan memory sebanyak 2 buah, ini merupakan suatu hal yang baru pada mobil di kelasnya bahkan hatchback yang satu tingkat diatasnya pun belum memiliki memory ac.

Konsol Tengah Daihatsu Sirion 2018

Interior Daihatsu Sirion 2018Beralih ke bagian konsol tengah kita akan mendapati central lock, tombol untuk mematikan sensor parkir, slot listrik 12V dan usb 2A serta push start stop engine yang membuatnya sedikit terlihat seperti mobil Eropa. Tuas perseneling pada transmisi otomatis sudah berlapis kulit dan bentuknya mengingatkan kita pada Suzuki Ertiga dan transmisi otomatisnya masih menggunakan tipe konvensional. Untuk posisi mengemudi mobil ini telah dilengkapi dengan tilt steering namun belum teleskopik, yang sangat disayangkan mengingat mobil ini memiliki jok yang cukup supportif karena jok pada mobil ini pada bagian paha sedikit maju sehingga membuat paha kita tidak menggantung. Hal ini membuat kita kesulitan untuk mencari posisi yang pas pada saat menyetir, apabila tangan kita dapat menjangkau stir dengan baik, kaki akan terasa menekuk dan apabila kaki kita mendapatkan posisi yang pas, tangan akan terasa jauh untuk menjangkau stir mobil.

Interior Belakang Daihatsu Sirion 2018

Hal yang menarik kami temukan pada jok belakang, karena leg room nya sangat lega bahkan untuk ukuran hatchback, mobil ini merupakan salah satu yang paling lega yang pernah kami coba. Sangat disayangkan, meskipun sudah memiliki jok isofix serta seat belt lengkap untuk 3 penumpang, namun mobil ini hanya memiliki 2 buah headrest, sehingga mobil ini sejatinya hanya layak untuk 2 penumpang. Hal menarik berikutnya adalah adanya slot usb 2A pada jok bagian depan yang membuat penumpang belakang dapat mengisi daya baterai dari smartphone tanpa harus menyolokkan ke slot usb di konsol tengah. Bagasinya pun sangat lega

Mesin Daihatsu Sirion 2018

Beralih ke dapur pacu, mobil ini memiliki mesin 1NRVE Dual VVT-i DOHC dengan kapasitas sebesar 1.329cc. Mesin ini menyalurkan tenanganya dengan daya maksimum 94Hp pada 6000rpm serta torsi maksismum 120Nm pada 4200rpm.  Namun sangat disayangkan mobil ini hanya memiliki tangki bensin sebesar 36 liter yang itu merupakan salah satu yang terkecil di kelasnya.  Tenaganya yang sebesar 94Hp ini disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.  Untuk sistem bahan bakarnya telah menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Sayangnya untuk mesin 1.500cc nya tidak dimasukkan ke Indonesia seperti yang ada pada Perodua Myvi di Malaysia.

artikel terkait: Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

Fitur Daihatsu Sirion 2018

Fitur Kenyamanan Daihatsu Sirion 2018

Fitur Kenyamanan Daihatsu Sirion 2018Mobil ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap sebut saja Corner Sensor yang akan memudahkan ada saat ingin parkir atau pada saat menikung. Lalu ada ABS dan EBD yang akan membuat system pada pengereman mobil ini menjadi sangat baik dikelasnya. Selain itu mobil ini juga telah dilengkapi dengan VSC (Vehicle Stability Control) dan TC (Traction Control) yang dapat mempermudah anda baik saat menikung agar tidak terjadi understeer serta pada saat melewati tanjakan terjal maupun turunan yg curam mobil ini akan menjaga traksi pada ban agar tidak terjadi slip.

Lalu mobil ini juga telah dilengkapi dengan Front and Rear Stabilizer yang akan membuat mobil lebih stabil saat melaju di kecepatan yang cukup tinggi, meskipun kami sebenarnya tidak menganjurkan anda untuk kebut-kebutan dengan mobil ini.  Lalu tersedia pula Headunit double din touchscreen yang dapat menampilkan kamera parkir yg terletak pada bagaian belakang mobil dan selain adanya sensor parkir belakang, kamera parkir ini juga akan lebih mempermudah anda pada saat parkir. Lalu yang spesial pada mobil ini adalah terdapat Dual airbags pada bagaian depan serta Side Airbags pada bagian samping jok depan, ini merupakan yang terbaik dikelasnya.

Fitur Keselamatan Daihatsu Sirion 2018

Fitur Keselamatan Daihatsu Sirion 2018Untuk fitur keselamatan, mobil ini telah dilengkapi dengan 2 buah airbags serta rem ABS dan EBD, namun rem belakang masih tromol. Untuk segi kenyamanannya penumpang pada bagian belakang juga diberikan fitur yang cukup menarik, dengan melipat jok bagian depan lalu memundurkannya sampai mentok ke belakang anda akan merasa seperti duduk di mobil sekelas Toyota Alphard karena anda dapat tidur dengan nyaman sempurna. Fitur ini seperti ada pada mobil-mobil key car di Jepang yang biasa disebut dengan Atari Seat atau Relax Mode.

Harga Daihatsu Sirion 2018

Harga On The Road untuk Jakarta seperti yang kami kutip pada website resmi Daihatsu untuk transmisi manual adalah Rp182.500.000  sedangkan untuk transmisi otomatisnya  adalah Rp192.500.000 .

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan, All New Daihatsu Sirion ini sebanding dengan fitur yang ditawarkan bahkan diluar ekspektasi kami untuk ukuran Small Hatchback. Meskipun mobil ini dirakit di Malaysia ternyata untuk yang mereka import ke Indonesia tidak mengalami penurnan spesifikasi sama sekali bahkan fitur-fitur yang dimiliki merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Jadi menurut kami ini merupakan mobil yang sangat cocok bagi kalian yang ingin naik kelas dari mobil LCGC dan ingin membeli mobil dengan fitur-fitur yang lengkap baik dari segi mesin, kehematan bahan bakar, serta fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini. Semoga dengan artikel ini anda dapat menambah wawasan mengenai small hatchback serta membantu anda untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda.

artikel terkait:  Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018

reviewed by Raka Mukti Suhada

Tinggalkan sebuah komentar