Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018– Pesaing Daihatsu Sirion bukan hanya Toyota Agya saja, akan tetapi juga ada Mitsubishi Mirage. sama-sama terdapat di kelas city car, Mitsubishi Mirage masih tergolong dalam mobil baru karena diproduksi tahun 2012 dibandingkan dengan Daihatsu Sirion yang diproduksi cukup lama yakni pada tahun 2007. Kemunculan beragam mobil city car menimbulkan banyak pilihan bagi masyarakat untuk membeli mobil jenis tersebut. Mobil yang juga disebut-sebut Mitsubishi Space Star di Eropa ini bisa jadi memiliki kelebihan dibandingkan dengan Daihatsu Sirion. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai review perbandingan antara mobil Daihatsu Siron dan Mitsubish Mirage. = di bawah ini.

Eksterior Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Eksterior Daihatsu Sirion

Daihatsu SirionUntuk eksterior Daihatsu Sirion begitu menarik karena mobil ini  mengusung konsep Collision Resistant Body sehingga body mobil terlihat mengkilat. Selain itu, adanya teknologi TAF yang berperan dalam mencegah dan mengurangi efek benturan pada mobil. Pada bagian depan Daihatsu Sirion mengusung konsep Aero Kit sehingga grill terlihat begitu dinamis dengan adanya motif S yang dipadu dengan dominasi warna hitam.

Back Daihatsu SirionTidak hanya itu, headlamp sengaja dibuat cembung dan pada bagian bumber depan terdapat Sporty Fog Lamp dengan desain yang sporty. Kesan sporty juga timbul karena adanya side skirt, muffler Cutter serta masih ada aksen bodi kit samping dan spoiler belakang yang dirancang dengan desain kesan yang bergaya  sporty ini.

Eksterior Mitsubishi Mirage

Front Mitsubishi MiragePada bagian eksterior Mitsubishi Mirage mengalami perubahan dalam tampilan seperti terpasangnya lampu depan yang berbentuk jajar genjang khas mobil Mitshubishi, serta  terdapat pula lampu fescia yang begitu gagah. Pada bagian bodynya tetap kecil dengan penambahan aksen lekukan.

Mitsubishi Mirage

Untuk tampilan depannya, Mitsubishi Mirage ini memiliki tampilan standar dengan model lampu berteknologi halogen minimalis. Lalu, front grille berukuran yang tidak terlalu lebar dan dilabur dengan warna hitam metalik. Untuk model Fog Lampnya sendiri masih mengadopsi model lama dan sudah menggunakan tekhnologi DRL (Daytime Running Light) untuk tipe Mitsubishi Mirage tipe Exceed.

Interior Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Interior Daihatsu Sirion

Dashboard Daihatsu SirionMelihat bagian interior Daihatsu Sirion, pada bagian dashboard dibuat modern dan berkelas. Kabin mobil ini dibuat begitu nyaman untuk si pengemudi maupun penumpangnya. Desain  speedometer Daihatsu Sirion ini tersusun dengan rapi dan berfungsi dalam memberikan informasi seperti konsumsi rata-rata BBM, jarak tempuh, status bahan bakar, dan lain-lain.

Interior Daihatsu SirionRuang kabin penumpang juga dibuat cukup luas sehingga mobil ini dapat menampung hingga 5 orang penumpang. Untuk jok kursi Daihatsu Sirion juga memberikan kenyamanan untuk penumpangnya dengan dibuat dari material dari bahan-bahan yang berkualitas.

Interior Mitsubishi Mirage

Dashboard Mitsubishi Mirage Pada bagian desain interior Mitsubishi Mirage ini, pengguna akan disajikan dengan  dominasi warna hitam yang berpadu dengan warna putih pada ruang kabinnya. Material yang digunakan juga berkualitas untuk sekelas mobil city car. Hal ini akan terlihat pada bagian setir kemudinya yang sporty dan comfort dengan tampilan garnish dan piano Black. Selain itu, terdapat pula fitur instrumen panel under tray dan gear shift lamp pada bagian dashboardnya. Kemudian, untuk panel yang terletak pada bagian dashboard dapat menampilkan service reminder, trip computer, dan indikator penunjuk bahan bakar.

Interior Mitsubishi MirageSemua panel indikator diperbaharui dengan desain yang lebih atraktif dan menarik. Pada bagian dashboar juga terdapat center panel dengan beraksen krom yang berperan dalam panel audio system dan AC. Selain itu, bagian interior Mitsubishi Mirage juga didukung dengan material berkualitas dan berdominasi warna hitam dan ivory. Untuk kabinnya Mitsubishi ini, dibuat lebih lega yang berfungsi dalam mengangkut maksimal empat orang penumpang.

Dimensi Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Dilihat dari segi dimensinya,Mitsubishi Mirage lebih panjang yaitu 3.795 mm dibandingkan dengan Daihatsu Sirion yaitu 3.690 mm. Untuk dimensi tinggi maka Daihatsu Sirion memiliki ukuran yang lebih dari Mitsubishi Mirage yakni 1.545 mm. Sementara, Mitsubishi Mirage memiliki tinggi dengan ukuran 1.510 mm. Sedangkan, untuk dimensi lebar kedua mobil ini memiliki ukuran lebar yang sama yaitu sepanjang 1.665 mm. Untuk kelegaan mobil dapat dilihat dari jarak poros rodanya, Mitsubishi Mirage lebih lega dengan jarak 2,450 mm mm, dan Daihatsu Sirion sebesar 2.440 mm.

Mesin Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Mitsubishi Mirage

Mesin Mitsubishi MirageUntuk urusan dapur pacu dari kedua mobil ini, Mitsubishi Mirage menggunakan mesin 1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92) yang berkapasitas isi silinder 1,193 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 77 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 100 Nm pada 4.000 rpm. Sementara, untuk Daihatsu Sirion menggunakan mesin tipe K3-VE, DOHC VVT-i, 4 Silinder segaris, 16 Katup dengan kapasitas silinder sebesar 1,298 cc dimana isi silinder lebih besar dari Mitsubishi Mirage. Dari mesin ini maka Daihatsu Sirion dapat menghasikan tenaga maksimal mencapai 90 pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11.9 pada putaran 4.400 rpm. Sedangkan, dalam hal mengkonsumsi bahan bakar rasio kompresi Mitsubishi Mirage adalah 10.5:1 sedangkan Daihatsu Sirion sebear 10.0:1. Perbedaan antara kedua mobil ini terlihat dari sistem suplai bahan bakarnya dimana Mitsubishi Mirage menggunakan sistem ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection). Sedangkan pada Daihatsu Sirion menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection)

Fitur Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Dari segi fitur keamanannya, untuk fitur yang tersematkan pada kedua mobil ini. maka akan terlihat beberapa fitur seperti Mitsubishi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body. Dual SRS Airbag, Safety Release Brake Pedal, Collapsible Steering Wheel & One Way Capsule, ABS (Anti-lock Braking System), Brake Overide System (Smart Pedal), Car Immobilizer and Security Alarm, dan Electronic Brake Distribution (EBD) pada Mitsubishi Mirage. Sedangkan, pada Daihatsu Sirion memiliki fitur seperti rangka body lebih kokoh, sabuk pengaman berteknologi Pretensioner dan forece limeter, dual SRS Airbag,. Dilengkapi pula immoblizer beserta alarm, brake pedalt assist, dan fitur collpase sterring colomn, dan masih banyak fitur lainnya yang dapat mendukung performa mobil ini.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Daihatsu Sirion

Mitsubishi Mirage

Mesin

Tipe Mesin K3-VE, DOHC VVT-i, 4 Silinder segaris, 16 Katup 1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92)
Isi Silinder 1,298 cc 1,193 cc
Jumlah Silinder 4 Silinder segaris 3 Silinder
Diameter x Langkah 72.0 mm x 79.7 mm
Daya Maksimum 90 / 6.000 rpm 77.5 (57 kW) /6000 rpm
Torsi Maksimum 11.9/4.400 rpm 10.2 (100 Nm) / 4000 rpm
Sistem Kemudi Rack and Pinion dengan Electric Power Steering Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function)
Rasio Kompresi 10.5:1 10.0:1

Dimensi

P x L x T 3,690 x 1,665 x 1,545 mm 3,795 x 1,665 x 1,510 mm
Jarak Poros Roda 2,440 mm 2,450 mm
Jarak Pijak depan 1,455 mm
Jarak Pijak belakang 1,465 mm
Jarak Terendah 160 mm 160 mm
Berat 1,315 kg 1,310 kg
Radius Putar 4.7 4.6
Sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection)
Kapasitas Tangki 40 L 35 L

Sasis

Transmisi Manual, 5 kecepatan maju/Otomatis, 4 kecepatan maju Automatic (CVT)
Suspensi Depan Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer MacPherson strut
Suspensi Belakang Torsion beam dengan per keong Torsion beam
Rem Depan Cakram (Disc) berventilasi dengan booster 13″ ventilated disc
Rem Belakang Drums, Leading, & Trailing 7″ leading and trailing drums
Ukuran ban 175/65 R14 175 / 55r15 tires

Fitur

Kenyamanan
  • Dual SRS Air Bag
  • Air Conditioner
  • Audio Steering Switch
  • Power Window
  • Kaca Sepion Elektrik
  • Electronic Power Steering (EPS)
  • Speedometer
  • Immobilizer & Alarm
  • Sabuk Pengaman Dengan
  • Pretensioner & Force Limiter
  • ISOFIX Seat
  • Seating capacity Persons
  • Instrument
  • Audio Switch Control
  • Seat material and color High Grade Fabric with new pattern & stitch
  • Multi Information Display
  • Audio System/Speaker
  • USB Port Available
  • Inner door handle
  • Rear Shelf
Keamanan
  • Pretensioner & Force Limiter
  • Seat Belt
  • Dual Front SRS Airbags+Side
  • Kursi belakang dengan sistem
  • Collision Resistant Body
  • Sistem Brake Assist
  • Immobillizer with Alarm
  • Eco Indicator Lamp
    Air conditioner
  • Power window (front &rear door)
  • KOS (Keyless Operating System) including start/stop engine button
  • 4 ABS + (EBD) Electronic Brake Distribution
  • Airbag
  • Immobilizer
  • High mount stop lamp
  • Rear Parking Sensor
  • Luggage Room Lamp

Harga Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Harga Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage

Daihatsu Sirion

Mitsubishi Mirage

Tipe Harga Tipe Harga
SIRION 1.3 D FMC MT Rp167.525.000,- MIRAGE Exceed Rp197.500.000,-
SIRION 1.3 D FMC AT Rp178.525.000,- MIRAGE GLS Rp185.000.000,-
SIRION 1.3 D FMC MT SPORT Rp176.025.000,- MIRAGE GLX Rp173.000.000,-
SIRION 1.3 D FMC AT SPORT Rp187.025.000,-
SIRION 1.3 D FMC MT 110 TH SE Rp169.000.000,-
SIRION 1.3 D FMC AT 110 TH SE Rp180.000.000,-

 

Video Review
Buka link dan simak video review perbandingan dari Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=aoRGgxyPQyM&t=45s dan https://www.youtube.com/watch?v=TkNnt6OBGJ8

Artikel terkait: Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

14 pemikiran di “Daihatsu Sirion vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar