Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017

Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017- Bila Anda salah satu pecinta city car, tentu Anda tak bisa melewatkan kedua mobil ini yaitu Daihatsu Sirion dan Toyota Agya. Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Indonesia pada bulan April 2007, di mana mobil ini sebenarnya sudah banyak memikat masyarakat. Namun, sejak munculnya Toyota Agya pada bulan September 2013 menjadikan Daihatsu Sirion punya kompetitor yang cukup kuat dalam merebut para konsumen city car. Tapi apakah nantinya mobil terbaru Toyota Agya ini dapat mengalahkan Daihatsu Sirion? Sebelum menjatuhkan keputusan alangkah baiknya kita tinjau dulu perbandingannya anatara Dihatsu Sirion vs Toyota Agya, sebagai berikut.

Eksterior Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Eksterior Daihatsu Sirion

Eksterior Daihatsu Sirion

Membahas desain eksteriornya, kedua city car ini memiliki desain yang berbeda, pertama untuk Daihatsu Sirion menerapkan teknologi Collision Resistant Body sehingga membuat mobil tampak mengkilat bila dilihat oleh mata. Selain itu, menariknya pada bodi mengusung teknologi TAF di mana berperan dalam memberi perlindungan bila sewaktu-waktu terjadi benturan pada mobil. Pada bagian depan didesain dengan mengusung konsep Aero Kit yang menjadikan grille semakin terkesan dinamis. Headlamp yang terpasang pada Daihatsu Sirion membentuk desain yang cembung dan adanya bumber bagian depan dilengkapi dengan Fog Lamp yang didesain sporty dimana berfungsi dalam menghasilkan cahaya bila adanya kabut. Tidak hanya itu, kesan sporty semakin kuat dengan adanya side skirt berdesain sporty dan terdapat aksen bodi kit samping, serta untuk spoiler belakang bergaya anak muda.

Eksterior Toyota Agya

Eksterior Toyota Agya

Sedangkan, untuk Toyota Agya yang memiliki 3 tipe varian diantaranya yakni, seri E, seri G, dan seri TRD Sporty, dan seri ini msih terbagi dua lagi dalam 2 varian transmisi yakni transmisi manual dan transmisi automatic. Untuk varian seri TRD Sporty memiliki desain eksterior yang menarik dengan menerapkan konsep mobil sporty dan lebih agresif. Pasalnya, pada bagian bodi mobil terdapat sideskirt yang terletak di bagian sisi samping kanan dan sisi samping kiri mobil, serta juga terdapat aero kit atau body kit  yang berada pada sisi depan dan sisi belakang mobil Toyota Agya. Selain itu, pada bagian belakang mobil Toyota Agya  type G dan TRD Sporty dilengkapi dengan wiper yang akan berfungsi dalam menyapu bersih air hujan.

Interior Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Interior Daihatsu Sirion

Dasbor Daihatsu Sirion

Membahas soal desain interior dari kedua mobil ini. Pertama-tama membahas desain interior dari Daihatsu Sirion yang memiliki dashobard yang dilengkapi dengan Fitur MID yang berfungsi sebagai pemberi informasi jarak yang ditempuh selama melakukan perjalanan.  Pada bagian kemudi atau stir tampak begitu lembut namun sporty dengan menggunakan bahan material yang berkualitas dan terbuat dari lapisan kulit. Selain itu, adanya tombol panel yang gunanya dapat mengakses Audio hiburan, Audio hiburan tersebut menggunakan teknologi bersistem 2DIN Audio Head Unit di mana dapat terintegrasi dengan Radio.

Interior Dauhatsu Sirion

Dashboard Daihatsu Sirion dirancang simpel atau sederhana dengan juga disediakannya fitur hiburan, AC, dan tuas gigi yang terdapat di bagian tengah dashboard. Daihatsu Sirion ini memiliki kabin yang cukup mungil karena hanya berkapasitas 4 orang penumpang dan kabin mobil bernuansa warna chrome yang terdapat di beberapa tempat sehingga akan menjadikanya lebih premium.

Baca juga Toyota Vios Modifikasi Indonesia 2017

Interior Toyota Agya

Dasbor Toyota Agya

Sementara pada interior Toyota Agya memiliki dashboar bernuansa warna hitam dan abu-abu dan hampir sama dengan Dihatsu Sirion yang terdapat fitur-fitur modern di dalamnya. Selain itu, adanya fitur keselamatan berupa Dual SRS Air Bag yang dapat mengegah terjadinya benturan dan terdapat AC yang dapat memberi kesejukan dalam kabin. Fitur hiburan pun turut hadir dalam mobil ini agar Anda tidak merasa bosan bila melakukan perjalanan jauh.

Interior Toyota Agya

Keunggulan lainnya, terdapat teknologi power window yang berfungsi dalam mengatur kaca pada sisi mobil. Dalam kabin, tersedia pula bagasi yang cukup luas sehingga dapat membawa barang bawaan. Untuk kursi penumpang menerapkan Semi Bucket Seat di mana terbuat dari bahan kain yang lembut dan nyaman untuk diduduki.

Dimensi Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Dilihat dari dimensinya maka kita akan mendapati bahwa Daihatsu Sirion punya dimensi panjang dan tinggi yang lebih dari Toyota Agya. Panjang dan tinggi Daihatsu Sirion sendiri adalah 3.690 mm dan 1.545 mm dan Toyota  Agya hanya memiliki dimensi panjang 3.471 mm dan tinggi 1.250 mm.

Sedangkan, untuk dimensi lebar memang Toyota Agya yang lebih unggul yaitu 1.960 mm sedangkan Daihatsu Sirion hanya memiliki lebar sekitar 1.665 mm. Untuk masalah kelegaan mobil bisa ditinjau atau dilihat dari jarak sumbu rodanyanya yakni maka dapat dikatakan pemenangnya adalah Toyota Agya dengan memiliki jarak sumbu roda  2730 mm, sementara Daihatsu Sirion sendiri hanya memiliki jarak sumbu roda sekitar 2.440 mm.

Mesin Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion

Untuk dapur pacu kedua mobil maka kita bisa melihat bahwa Daihatsu Sirion memiliki mesin yang lebih unggul dari Toyota Agya. Hal ini terlihat dari penggunaan mesin Sirion yaitu tipe K3-VE, DOHC VVT-i, 4 Silinder segaris, 16 Katup dengan kapasitas silinder 1,298 cc. Dengan mesin ini sendiri Sirion bisa memiliki daya maksimum mencapai  90 / 6.000 rpm dan juga torsi maksimum hingga  11.9/4.400 rpm.

Mesin  Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Sedangkan Toyota Agya sendiri memiliki tipe mesin 1KR 12 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC dengan isi silinder 998 cc. Dengan mesin ini maka Agya bisa mengeluarkan tenaga optimal hingga 65.3/6000 dan torsi maksimum  mencapai 88/3600.

Fitur Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Melihat dari segi fitur keamanannya maka kita akan menjumpai banyaknya fitur pada Daihatsu Sirion dibandingkan dengan Toyota Agya. Pada daihatsu Sirion kita akan mendapatkan beberapa fitur seperti dual SRS airbag, rangka body lebih kokoh, sabuk pengaman berteknologi Pretensioner dan forece limeter, immoblizer beserta alarm dan juga fitur collpase sterring colomn.

Collpase sterring colomn ini sendiri adalah fitur yang bekerja secara otomatis mematahkan batang setir ketika terjadi benturan. Dengan hal ini maka tubuh pengendara pun akan jauh lebih aman. Selain itu ada juga fitur brake pedalt assist yang juga bekerja otomatis mematahkan pedal rem ketika terjadi kecekaan, sehingga akan membuat kaki pengemudi mobil tidak akan terjepit. Sedangkan pada Toyota Agya kita hanya akan menjumpai beberapa fitur saja seperti dual SRS airbag dan sabuk pengaman dengan fitur pretensioner dan force limiter.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Daihatsu Sirion

Toyota Agya

Mesin

Tipe Mesin K3-VE,DOHC VVT-i 1KR 12 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
Isi Silinder 1.298 cc 998 cc
Diameter x Langkah 72 X 79.7 mm 71.0 x 84.0 mm
Daya Maksimum 90 PS / 6.000 rpm 65.3 PS/6000 rpm
Torsi Maksimum 11.9 kg.m / 4.400 rpm 88 kg.m/3600 rpm
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection EFI
Kapasitas Tangki 40 liter 33 Liter
Sistem Kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering Electric Power

Dimensi

P x L x T 3.690mm x 1.665mm x 1.545mm 3.471 ×1.960 × 1.250 mm
Jarak Poros Roda 2.440 mm 2455 mm
Jarak Pijak depan 1455  mm 1430 mm
Jarak Pijak belakang 1465 mm 1425 mm
Berat 940 kg

Sasis

Transmisi Manual, 5 Kecepatan 4 A/T  & 5 speed M/T
Suspensi Depan MacPherson Strut dengan per keong dan stabilizer MacPherson Struts dengan pegas koil
Suspensi Belakang Torsion beam dengan per keong Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil
Rem Depan Cakram (Disc) berventilasi dengan booster Disc
Rem Belakang Drums, Leading & Trailing Drum 165
Ukuran Ban 175 / 65 R14 175/65 R14
Ukuran Velg Alloy Wheel 14″ 14 Inch

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Steering Switch
  • Indash Shift Lever with Shift Lock (A/T)
  • Parking Sensor
  • Retractale Outer Mirror
  • Electronic Power Steering (EPS)
  • Air Conditioner
  • Audio
  • Power Window
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
Keamanan
  • Pretensioner & Force Limiter Seat Belt
  • Dual Front SRS Airbags+Side Dual Front SRS Airbags
  • Kursi belakang dengan sistem ISOFIX
  • Collision Resistant Body
  • Sistem Brake Assist
  • Immobillizer with Alarm
  • Perangkat Anti Maling
  • Alarm Mobil
  • Engine Immobilizer
  • Anti Lock Braking System
  • Brake Assist
  • Sabuk Pengaman Belakang

Harga Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Harga Daihatsu Sirion vs Toyota Agya

Daihatsu Sirion

Toyota Agya

Tipe Harga Tipe Harga
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT Rp167.525.000,- Toyota Agya Type 1.0 G M/T Rp136.600.000,-
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC AT Rp178.525.000,- Toyota Agya Type 1.2 G M/T Rp139.600.000,-
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT SPORT Rp176.025.000,- Toyota Agya Type 1.2 G M/T TRD Rp143.900.000,-
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC AT SPORT Rp187.025.000,- Toyota Agya Type 1.2 G A/T Rp152.600.000,-
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT 110 TH SE Rp169.000.000,- Toyota Agya Type 1.2 G A/T TRD Rp156.900.000,-
Daihatsu Sirion 1.3 D FMC AT 110 TH SE Rp180.000.000,-

Video Review

Simak dan buka link berikut untuk membandingkan mobil Daihatsu Sirion dan Toyota Agya! https://www.youtube.com/watch?v=Y87ZsgEsLao

Kesimpulan

Hadir sebagai city car, Daihastu Sirion dan Toyota Agya sama-sama memiliki desain yang sporty, performa mesin yang handal, fitur-fitur yang berteknologi canggih dan masih banyak lagi. Keduanya, juga mematok harga jual dengan harga yang terjangkau di kisaran harga Rp 100-150 jutaan. Semoga ulasan di atas dapat memberi manfaat dan referensi Anda dalam membandingkan antara Daihatsu Sirion dan Toyota Agya.

Artikel terkait: Lamborghini Aventador S Indonesia Review 2017

Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017

Daihatsu Xenia vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017

16 pemikiran di “Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017”

Tinggalkan sebuah komentar