Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018- Sebagai saudara dalam satu base dan nungan Toyota Corp tentu Toyota dan Daihatsu akan bisa kita lihat sebagai produk yang sama-sama memikat serta mengisi satu sama lain. Salah satu produk dari keduanya yaitu Toyota Etios Valco dan Daihatsu Sirion. Kedua mobil ini memang sama-sama memberikan hal menarik kepada masyarakat. Terlebih di Indonesia sendiri kedua mobil ini hadir pada segmentasi yang sama yaitu city car. Meski demikian, Toyota Etios dan Daihatsu Sirion ternyata tetap pada akhirnya menciptakan persaingan antar keduanya. Jika Anda penasaran mengetahui perbadingan antara Toyota Etios Valco dan Daihatsu Sirion simak ulasan berikut ini.

Eksterior Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Eksterior Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion

Untuk eksterior Daihatsu Sirion begitu menarik karena mobil ini  mengusung konsep Collision Resistant Body sehingga body mobil terlihat mengkilat. Selain itu, adanya teknologi TAF yang berperan dalam mencegah dan mengurangi efek benturan pada mobil. Pada bagian depan Daihatsu Sirion mengusung konsep Aero Kit sehingga grill terlihat begitu dinamis dengan adanya motif S yang dipadu dengan dominasi warna hitam.

Back Daihatsu Sirion

Tidak hanya itu, headlamp sengaja dibuat cembung dan pada bagian bumber depan terdapat Sporty Fog Lamp dengan desain yang sporty. Kesan sporty juga timbul karena adanya side skirt , muffler Cutter serta masih ada aksen bodi kit samping dan spoiler belakang yang dirancang dengan desain yang sporty ini.

Eksterior Toyota Etios Valco

Toyota Etios Valco

Eksterior dari Toyota Etios Valco sepertinya dirancang untuk anak muda yang aktif. Jika melihat desainnya, mobil city car ini dirancang dengan sporty. Pasalnya, ini dapat dilihat dari tampilan depan Toyota Etios Valco yang memiliki headlamp berbentuk persegi panjang dan ujungnya dibuat runcing menjorok ke sisi luar.

Eksterior Etios Valco

Kemudian, adanya griil depan yang dipertegas dengan adanya logo Toyota yang berada di bagian tengah. Beralih ke bagian samping, Toyota Etios Valco tampak begitu minimalis dan adanya kesan klasik yang ditimbulkan dari kaca samping yang dibuat mendatar dan melengkung. Sementara, pada bagian belakang terdapat Lampu belakang yang didesain sederhana dan tidak terlalu ramai.

Interior Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Interior Daihatsu Sirion

Dasboard Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion pada bagian dashboard terlihat modern dan berkelas. Kabin mobil ini dibuat begitu nyaman untuk pengemudi maupun penumpangnya. Desain  speedometer Daihatsu Sirion ini tersusun denga rapi dan berfungsi dalam memberikan informasi seperti konsumsi rata-rata BBM, jarak tempuh, status bahan bakar, dan lain-lain.

Interior Daihatsu Sirion

Ruang kabin penumpang juga dibuat cukup luas sehingga mobil ini dapat menampung hingga 5 orang penumpang. Untuk jok kursi Daihastu Sirion juga memberikan kenyamanan untuk penumpangnya dengan dibuat dari material berbahan berkualitas.

Interior Toyota Etios Valco

Dasboard Toyota Etios Valco

Toyota Etios Valco memiliki dashboard yang dirancang dengan lebih stylish dengan dominasi warna hitam yang berpadu dengan ornamem chrome. Pada bagian dashboard terdapat Speedometer yang ditempatkan di tengah dan tepatnya berada di atas panel audio. Selain itu, di bagian tengah terdapat panel-panel yang terlihat sedikit berantakan namun tetap friendly, panel-panel tersebut diantaranya tombol AC, audio system, dan panel lainnnya.

Interior Toyota Etios Valco

Pada bagian pengemudi juga dibuat nyaman dengan diaturnya jarak antar kursi. Toyota Etios Valco juga dapat menampung penumpang hingga 5 orang.

Dimensi Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Dari dimensinya maka kita akan melihat Sirion jauh lebih ramping dibanding Etios Valco. Tapi sayangnya ada hal yang mengganggu dari Sirion ini yaitu tinggi-nya yang melebihi Etios Valco. Secara umum dimensi Sirion yaitu panjang 3690 mm, lebar 1665 mm, dan tinggi 1545 mm, sedangkan pada Etios Valco dimensinya adalah panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Selain kurang ramping, Sirion juga kalah dari Etios Valco jika dilihat dari segi kelapangan yang dimilikinya. Hal ini terlihat dari jarak sumbu roda Etios Valco yaitu 2460 mm sedangkan Sirion mempunyai jarak sumbu roda sebesar 2440 mm.

Mesin Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion

Karena keduanya adalah terkategori city car maka wajar bila mesin yang dimiliki tidak terlalu besar. Untuk Etios Valco akan kita jumpai mesin berkode 3 NR – FE, 4 Cylinder, 16 Valve DOHC dengan kapasitas 1197 cc. Dengan mesin ini maka Etios bisa menghasilkan tenaga mencapai 80 daya kuda diputaran 5600 rpm. Sedangkan pada Sirion maka kita akan mendapati mesin K3 – VE,  4 Cylinder, 16 Valve DOHC VVT-i berkapasitas 1298 cc. Dengan mesin yang dimiliki Sirion ini maka mobil ini bisa menghasilkan 90 daya kuda di putaran 6000 rpm.

Mesin Toyota Etios Valco

Mesin Toyota Etios Valco

Meski kalah dari hal kapasitas mesin, namun Etios Valco mampu lebih baik dari segi efisiensi bahan bakar. Etios sendiri dalam konsumsi BBM ini mencatatkan 1:15 dalam kota dan 1:18 luar kota sedangkan Sirion mencatatkan angka 1:12 dalam kota, 1:14 untuk luar kota. Melihat dari catatan akselerasi, maka kita akan kembali pada Sirion sebagai jawaranya. Pada hal akselerasi ini Sirion mampu menorehkan 0-100km/h dalam waktu 11,41 detik sedangkan Etios dengan jarak yang sama membutuhkan waktu 14 detik.

Fitur Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Untuk melihat perbedaan kedua mobil ini dalam hal fitur maka kita akan mendapati bahwa ada beberapa fitur yang tidak muncul pada masing-masing mobil. Seperti adanya fitur dual SRS air bag dan Interior cooler inside glove box pada Etios yang tidak dimiliki oleh Sirion. Sebaliknya Sirion memiliki fitur optitron meter, bluetooth dan seat belt high adjuster yang tidak dimiliki Etios Valco. Sedangkan untuk fitur standar yang dimiliki kedua mobil ini antara lain electronik power stering, MID, audio player 2 DIN yang mampu memutar MP3. CD, USB input, AUX input, Tilt Stering, Wiper belakang dan lainnya.

Baca juga  Gambar Modifikasi Honda CB Terbaru 2018

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Daihatsu Sirion

Toyota Etios Valco

Mesin

Tipe Mesin K3-VE, DOHC VVT-i, 4 Silinder segaris, 16 Katup 4 Cylinder, 16 Valve DOHC
Isi Silinder 1,298 cc 1197 cc
Jumlah Silinder 4 Silinder segaris 4 Cylinders
Diameter x Langkah 72.0 mmx 79.7 mm 72.5 x 72.5 mm
Daya Maksimum 90 / 6.000 rpm 80PS / 5600 rpm
Torsi Maksimum 11.9/4.400 rpm 23.3 Kgm/4000 rpm
Sistem Kemudi Rack and Pinion dengan Electric Power Steering EPS

Dimensi

P x L x T 3,690 x 1,665 x 1,545 mm 3,775 x  1,695 x 1,510 mm
Jarak Poros Roda 2,440 mm 2,460 mm
Jarak Pijak depan 1,455 mm 1,468 mm
Jarak Pijak belakang 1,465 mm 1,474 mm
Jarak Terendah 160 mm
Berat 1,315 kg
Radius Putar 4.7
Sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection EFI
Kapasitas Tangki 40 L

Sasis

Transmisi Manual, 5 kecepatan maju/Otomatis, 4 kecepatan maju Manual
Suspensi Depan Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer MacPherson Strut with stabilizer
Suspensi Belakang Torsion beam dengan per keong Torsion Beam with stabilizer
Rem Depan Cakram (Disc) berventilasi dengan booster 14” ventilated disk
Rem Belakang Drums, Leading, & Trailing Drum
Ukuran ban 175/65 R14 185 / 60 / R15 Alloy

Fitur

Kenyamanan
  • Dual SRS Air Bag
  • Air Conditioner
  • Audio Steering Switch
  • Power Window
  • Kaca Sepion Elektrik
  • Electronic Power Steering (EPS)
  • Speedometer
  • Immobilizer & Alarm
  • Sabuk Pengaman Dengan
  • Pretensioner & Force Limiter
  • ISOFIX Seat
  • Meter Kombinasi
  • Roda Kemudi
  • Audio
  • Air Conditioner
  • Kursi Depan : Head rest, sliding, height
  • adjuster, receling
  • Arm Rest Belakang
  • Lumbar Support
  • Tirai UV
  • Sensor Hujan
  • Kamera Belakang
Keamanan
  • Pretensioner & Force Limiter
  • Seat Belt
  • Dual Front SRS Airbags+Side
  • Kursi belakang dengan sistem
  • Collision Resistant Body
  • Sistem Brake Assist
  • Immobillizer with Alarm
  • ABS+EBD
  • Turn Signal Lamp On Fender
  • Dual Front SRS Airbag

Harga Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Harga Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco

Daihatsu Sirion

Toyota Etios Valco

Tipe Harga Tipe Harga
Harga SIRION 1.3 D FMC MT Rp 167,525,000,- Harga Toyota Etios Valco 1.2 E M/T TOM’S Rp. 178.300.000
Harga SIRION 1.3 D FMC AT Rp 178,525,000,- Harga Toyota Etios Valco 1.2 E M/T Rp 165.600.000
Harga SIRION 1.3 D FMC MT SPORT Rp 176,025,000,- Harga Toyota Etios Valco 1.2 JX M/T Rp 151.000.000
Harga SIRION 1.3 D FMC AT SPORT Rp 187,025,000,- Harga Toyota Etios Valco 1.2 G M/T Rp 176.800.000
Harga SIRION 1.3 D FMC MT 110 TH SE Rp169,000,000,-
Harga SIRION 1.3 D FMC AT 110 TH SE Rp180,000,000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=aoRGgxyPQyM dan https://www.youtube.com/watch?v=VDqmONsn44g

Artikel terkait:  Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Honda CBR 250 vs Kawasaki Ninja 250 Indonesia Review 2018

12 pemikiran di “Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar