Daihatsu Terios Vs Honda BRV Indonesia Review 2018

Daihatsu Terios vs Honda BRV

Daihatsu Terios Vs Honda BRV Indonesia Review 2018– Hadir di kelas mobil keluarga (MPV) dan memiliki spesifikasi yang tinggi membuat Daihatsu Terios

Diterima baik oleh masyarakat. Di sisi lain ada Honda BRV yang memiliki penampilan hampir serupa dengan Honda Mobilio. Honda BRV mulai di luncurkan pada Agustus 2015 lalu. Kehadiran Honda BRV tampknya menjadi pesaing bagi Daihatsu Terios. Pasalnya, keduanya sama-sama menjadi mobil keluarga yang memiliki desain memikat. Jika Anda tertarik untuk membandingkan kedua mobil MPV tersebut, simak ulasan review perbandingan antara mobil Daihatsu Terios vs Honda BRV dibawah ini.

Eksterior Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Eksterior Daihatsu Terios

Daihatsu TeriosPertama, membahas masalah desain luarnya, Daihatsu Terios dirancang lebih gagah dan tampak mewah. Pada bagian depan, terlihat foglamp dengan bezel yang memiliki warna chrome, serta ditambah dengan depan Full HD. Selain itu, terdapat pula spoiler dan kamera parkir yang dilengkapi dengan pelindung bumper pada bagian belakang.

Eksterior Daihatsu TeriosLampu yang terpasang pada body mobil menerapkan desain yang stylish dan modern. Pasalnya terdapat teknologi DLR dan LED Position Lamp, Solid roof rail yang sporty. Menoleh ke bagian body belakang, terpasang spoiler dengan LED HMSL yang fungsinya dapat membuka pintu belakang ke atas dimana membuat Daihatsu Terios berbeda dari generasi sebelumnya yang membukanya ke samping.

Eksterior Honda BRV

Honda BRVPada tampilan luar BRV, melihat ke bagian depan terdapat headlamp dengan model long shape dan ditambah garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Sedangkan front grillnya menngusung model frame bertingkat dengan aksen chrome mengkilat. Sementara, untuk bumper depan Honda BRV terlihat stylish  karena diatur dengan jarak yang agak tinggi dari tanah, berpadu dengan foglamp yang cukup besar semakin menambah kesan Honda BRV memiliki fascia yang gagah.

Desain Honda BRVSelain itu, Honda BRV memiliki lekukan bodi yang dinamis dan tajam. Menoleh ke bagian samping, Honda BRV terlihat semakin sporty karena adanya tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan yang mengikuti alur ke belakang bodi mobil. Terakhir, pada bagian belakang terpasang stoplamp yang menonjol dengan desain futuristik dan berpadu dengan spoiler yang sporty.

Interior Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Interior Daihatsu Terios

Dashboard Daihatsu TeriosInterior pada Daihatsu Terios pada bagian kemudinya dilengkapi dengan sunglass holder pada joknya dan handel pintu yang dilapis chrome yang semakin membuat interiornya bertambah elegan. Selain itu, ruang kabin Daihatsu Terios hadir dengan fitur–fitur yang canggih terutama untuk audionya dari tipe yang termurah hingga tipe tertingginya seperti adanya Audio/Video Double Din with Aux & USB Connector.

Interior Daihatsu TeriosTidak hanya itu saja, keunggulan pada bagian interior Daihatsu Terios terletak karena adanya tombol start stop button yang berfungsi mempermudah menyalakan dan mematikan mesin, ada pula AC yang menghasilkan udara yang sejuk pada kabin. Namun, tidak semua tipe Daihatsu Terios memiliki fitur yang sama, akan tetapi fitur yang terdapat pada Daihatsu Teros terbilang lebih lengkap dibandingkan mobil di sekelasnya.

Interior Honda BRV

Dashboard Interior Honda BRVSementara, untuk Honda BRV memiliki ruang kabin bernuansa hitam dan elegan, serta penataan panel yang friendly. Selain itu,  terdapat pula fitur Audio Player Double DIN berlayar 6.1 inci yang berteknologi touchscreen, speedometernya yang minimalis, serta bahan material yang digunakannya mirip dengan Honda Brio.

Honda BRV Dimensi

Untuk joknya, Honda BRV menyematkan teknologi One Touch Tumble dan  fitur potensioner pada seatbelt. Untuk bagian belakang kedua mobil ini menyisakan ruang yang lega untuk dijadikan penyimpanan barang atau bagasi.

Dimensi Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Daihatsu terios memiliki body yang lebih tinggi dengan dimensi dimensinya berukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm, serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.685 mm. Bergeser ke masalah kaki-kaki, Daihatsu terios dibekali dengan suspensi depan bertipe MacPherson Strut dengan per keong yang dioptimalkan oleh fitur stabilizer. Untuk suspensi belakang memakai teknologi 5-link, rigid-axle dengan per keong Secara ukuran dimensi body. Honda BRV memiliki body yang lebih panjang dan lebar daripada daihatsu terios namun, daihatsu terios memiliki dimensi mobil yang lebih tinggi. Honda BRV di desain dengan dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm, serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.662 mm. Untuk Honda BRV memiliki suspensi bagian depan berjenis MacPherson Strut dan suspensi bagian belakang berjenis H-Shape Torsion Beam.

Mesin Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Mesin Daihatsu Terios

Mesin Daihatsu TeriosMembahas  dapur pacu kedua mobil ini. Honda BRV menawarkan mesin i-VTEC, yaitu teknologi pengatur katup yang mempu menghasilkan tenaga yang besar dan meminimalisir konsumsi bahan bakar serta nyaman untuk dipakai sebagai kendaraan harian. Terbukti dari tenaga yang dihasilkan mesin i=VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 120HP pada 6.600 rpm. Serta torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mesin Honda BRV

Mesin Honda BRVHal yang sama pada Daihatsu Terios yang terbilang bertenaga terutama ketika jalanan tanjakan, dengan mesin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan sistem pendingin air atau radiator yang berkapasitas 1496 cc cc. Dengan jenis tersebut mobil tangguh ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 104 ps pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan, untuk torsi yang dikeluarkan mampu mencatat 4200 rpm. Dengan  kapasitas mesin yang sama dan teknologi yang disematkan didapur pacunya, membuat kedua mobil ini memiliki akselerasi yang handal.

Fitur Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Daihatsu Terios dilengkapi fitur Hill Start Asisst (HSS) yang berfungsi dalam berakselerasi pada tanjakan. Lalu, ada pula fitur Vehicle Stability Control (VSC)  dimana membuat kendaraan dapat bermanuver lebih aman di tikungan bilamana kondisi jalanan sedang licin. Selain itu, terdapat fitur keamanan Immobilizer dan Alarm untuk mencegah tindak pencurian. Tidak hanya itu, ada pula fitur Dual SRS Airbag, sabuk pengaman pada setiap baris kursi, 2 Din Touchscreen Audio, AC Double Blower, AC Digital, Camera Parkir 360 derajat dan Tilt Steering. Di sisi lain, ada Fitur keamanan potenzioner seatbelt yang terpasang pada Honda BRV. selain itu, ada fitur Dual Airbag System, pada bagian pengereman, Honda BRV sudah didukung dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Teknologi EBD juga memungkinkan pengendara mendapatkan kestabilan kendaraan. Fitur Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, dimana kedua fitur tersebut memudahkan pengoperasian Honda BRV.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Daihatsu Terios

Honda BRV

Mesin

Tipe Mesin 2NR VE – DOHC Dual VVTi 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Isi Silinder 1496 cc 1497 cc
Diameter x Langkah 72,5 x 90,6 mm 73,0 mm x 89,4 mm
Daya Maksimum 104/6.000 rpm 120PS / 6.600rpm
Torsi Maksimum 13,9/4.200 rpm 145Nm / 4.600rpm
Sistem Kemudi Rack & Pinion & Electric Power Steering Rack & Pinion
Radius Putar 5.2 m 5,3 m
Sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection PGM-FI
Kapasitas Tangki 45 L 42 L

Dimensi

P x L x T 4.435 x 1.695 x 1.705 mm 4.456 x 1.735 x 1.666 mm
Jarak Poros Roda 2.685 mm 2.662 mm
Jarak Pijak depan 1.445 mm 1.500 mm
Jarak Pijak belakang 1.460 mm 1.500 mm
Jarak Terendah 220 mm 201 mm
Berat 1.870 kg 1.210 kg

Sasis

Transmisi Manual, 5 kecepatan laju 6 Speed M/T
Suspensi Depan McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer MacPherson Strut
Suspensi Belakang 5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer Torsion beam
Rem Depan Ventilated disc 14” Ventilated Disc
Rem Belakang disc Drum
Ukuran ban 215/65 R16 195/60 R16

Fitur

Kenyamanan
  • 2 Din Touchscreen Audio
  • AC Double Blower
  • AC Digital
  • Camera Parkir 360 derajat
  • Tilt Steering
  • 6,1″ Touchscreen Display, AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + HDMI Port + Aux Input + Made for iPod/iPhone & Andoid
  • Air Conditioner
  • SH-Shape Torsion Beameat Material Fabric
Keamanan
  • Dual SRS Airbag
  • Auto On Headlamp
  • Side Impact Beam
  • Immobilizer
  • Alarm
  • Anti lock brake system (ABS)
  • Electronic brakeforce distribution (EBD)
  • Vehicle stability control (VSC)
  • Hill start assist (HSA)
  • Key Type
  • Alarm System
  • Auto Door Lock by Speed
  • Immobilizer
  • Smart Key
  • Rear Trunk Opene
  • Keyless Entry
  • Sabuk Keselamatan
  • Dual Front i-SRS Airbags

Harga Daihatsu Terios Vs Honda BRV

Harga Daihatsu Terios vs Honda BRV

Daihatsu Terios

Honda BRV

Tipe Harga Tipe Harga
NEW TERIOS TERIOS X MT Rp195.200.000,- Honda BRV S 6 MT Rp233.000.000,-
NEW TERIOS TERIOS X MT EXTRA Rp205.500.000,- Honda BRV E MT Rp243.000.000,-
NEW TERIOS TERIOS X AT EXTRA Rp216.350.000,- Honda BRV E CVT Rp253.000.000,-
NEW TERIOS TERIOS R MT Rp227.900.000,- Honda BRV PRESTIGE Rp268.000.000,-
NEW TERIOS TERIOS R MT CUSTOM Rp232.900.000,-
NEW TERIOS TERIOS R MT ADVENTURE Rp238.100.000,-
NEW TERIOS TERIOS R AT Rp 242,000,000,-
NEW TERIOS TERIOS R AT CUSTOM Rp247.000.000,-
NEW TERIOS TERIOS R AT ADVENTURE Rp252.000.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Daihatsu Terios Vs Honda BRV berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=oErzgKrD_h4

Artikel terkait: Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Honda CRV vs Honda BRV Indonesia Review 2017

 

83 pemikiran di “Daihatsu Terios Vs Honda BRV Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar