Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

Daihatsu Terios VS Suzuki Ertiga

Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018 – Kemunculan – kemunculan mobil berkonsep LCGC yang menjamur di Indonesia, tak membuat surut pemain seperti Suzuki dan Daihatsu mengeluarkan produk MPV nya. Seperti Suzuki yang melucurkan seri MPV andalannya yautu Suzuki Ertiga yang tahun ini sudah mengalami pembaharuan tampilan bertajuk All New Ertiga yang mulai mengancam pendahulunya yaikni Daihatsu Terios. Namun tak mau kalah, Daihatsu Terios pun mengeluarkan penampilan terbarunya dengan tampilan facelift untuk 2016. Mobil berjenis mini SUV ini mempunyai desain yang tampak lebih gagah dan berani. Tampilan luar Daihatsu Terios 2016 mempunyai karakter yang tampak eksklusif.

Baca juga :Honda HRV vs Honda CRV Indonesia Review 2018

Keduanya mengalami transformasi soal tampilan ditahun ini, seperti halnya Daihatsu Terios, Suzuki Ertiga mengalami beberapa perubahan tampilan luar dan tampilan dalam, Untuk tampilan luar dari suzuki ertiga yang terbaru memang lebih stylish yaitu dengan perubahan pada bagian lampu depan, fog lamp dan juga front grillnya. Perubahan juga terjadi pada ruang interiornya yaitu dengan di bekali teknologi teknologi seperti gear shift, hand brake yang membuat mobil ini lebih sporty namun secara konsep tetap mempertahankan konsep lama.

Performa yang handal dihadirkan oleh kedua mobil keluarga ini dilengkapi dengan fitur – fitur kenyamanan berkendara sehingga keduanya cocok untuk dibawa dalam perjalanan kota yang padat dan perjalanan jauh. Terutama untuk Daihatsu terbaru yang mengeluarkan seri New Terios Adventure ini, sangat cocok untuk bermanuver di medan yang tidak rata karena dibekali ketangguhan yang lebih dibanding varian – varian lainnya. Secara penjualan kedua MPV ini cukup menarik banyak minat konsumen, terbukti dari penjualan Suzuki Ertiga yang berhasil masuk dalam 10 mobil terlaris selama semester dua tahun 2015. Ertiga menempati posisi ke-7 dengan total penjualan mencapai 3.656 unit.

baca juga: Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Eksterior Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Eksterior Daihatsu Terios

Dimensi Daihatsu TeriosSebelum kita membedah bagian dalamnya, kita akan membahas tampilan luar dari kedua mobil ini. Namun sebelumnya yang perlu diketahui  mengenai tampilan daihatsu terios adalah berdasarkan tipenya, penampilan daihatsu terios untuk tipe TX dan TS mempunyai sedikit perbedaan. tipe TX memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi lebih luas daripada tipe TS. Tampilan luar Daihatsu Terios 2016 ini memiliki dimensi 4,385 x 1,695 x 1,695 (mm) untuk tipe TS dan 4,385 x 1,745 x 1,740 (mm) untuk tipe TX.

Desain Daihatsu TeriosDimulai dari tampilan depannya sudah ada bumper depan dengan skid plate, lalu ada desain headlamp yang memberikan cahaya maksimal namun tidak akan menyilaukan mata. dan lampu fog terbaru. Untuk tipe terbarunya Daihatsu Terios memiliki desain kap mesin baru dan juga roof antena baru serta side body moulding. Namun sedikit berbeda untuk tipe adventure, adanya pelindung bumper pada sisi depan dan belakangnya. Selain itu, varian paling mahal ini disempurnakan  dengan adanya grill berlapis krom yang semakin menguatkan aura “adventure”-nya. Daihatsu Terios Dengan tampil dengan desain alloy wheel yang modern membuat mobil ini tampak mewah. Pada sektor buritannya Daihatsu terios dilengkapi dengan spoiler dan kamera parkir yang ditambah pelindung bumper pada bagian belakang serta tempat menyimpan ban cadangan yang tertempel pada sisi bagian belakang

Eksterior Suzuki Ertiga

Desain Suzuki ErtigaSementara itu untuk tampilan depan Suzuki Ertiga memiliki desain headlight yang lebih tajam dan pada front grill kini terlihat lebih minimalis dengan hanya tiga tingkat dilapisi warna full chrome serta pada foglamp Suzuki Ertiga versi baru kini menggunakan reflektor yang berbentuk lebih sederhana dan ditambahi bezel berwarna hitam.

Dimensi Suzuki ErtigaBeralih ke sektor body samping, Suzuki ertiga mempunyai penampilan yang sudah ditambahkan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX),  dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX). Dan untuk . Sedangkan untuk suzuki ertiga, tampilan terbarunya masing mengusung konsep lama dengan sedikit perubahan pada bumper. Suzuki ertiga meski memiliki tipe yang banyak, dimensinya tetap sama yaitu 4.265 x 1,695 x 1,685 mm hanya berbeda di bobotnya saja. Secara ringkas, desain eksterior kedua mobil ini akan ditampilkan pada tabel dibawah ini.

Interior Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Interior Daihtasu Terios

Dashboard Interior Daihatsu TeriosBeralih ke tampilan dalam atau interior. Daihatsu Terios hadir dengan fitur – fitur yang canggih terutama untuk audionya dari tipe yang termurah hingga tipe tertingginya  Seperti adanya Audio/Video Double Din with Aux & USB Connector.

Interior Kabin Daihatsu TeriosUntuk Lini kemudi Daihatsu Terios Dilengkapi dengan sun glass holder pada joknya serta juga handel pintu yang dilapis krom yang semakin membuat interiornya bertambah elegan.

Interior Suzuki Ertiga

 

Dashboard Interior Suzuki ErtigaSementara itu pada sisi interior Suzuki Ertiga terlihat elegan dengan nuansa colat muda nya. Adanya tambahan New Pattern Fabric pada masih-masing joknya memberikan tampilan lebih fresh pada bagian dalam suzuki ertiga.

Kabin Interior Suzuki ErtigaGenerasi baru Suzuki Ertiga ini juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas dan dibekali dengan pada kursi baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50 sehingga memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

Mesin Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Mesin Daihatsu Terios

Mesin Daihatsu TeriosSoal performa mesin, Daihatsu terios terbilang bertenaga terutama ketika jalanan tanjakan, dengan mesin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan sistem pendingin air atau radiator yang berkapasitas 1495 cc, dengan jenis tersebut mobil tangguhini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 109 ps pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dikeluarkan mampu mencapai 4400 rpm. Performa daihatsu didukung denga pemakaian konsumsi bahan bakar yang efisien dengan adanya  sistem pembakaran berteknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Dengan kapasitas Tanki mencapai 45 liter, dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar pertamax untuk membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan mesin lebih berkerja mulus. Sedangkan Daihatsu Terios dibekali oleh suspensi depan bertipe MacPherson Strut dengan per keong yang dioptimalkan oleh fitur stabilizer agar terasa semakin empuk ketika melewati medan berlubang ataupun tidak rata. Sedangkan untuk suspensi belakang memakai teknologi 5-link, rigid-axle dengan per keong seperti yang dimiliki bagian depan

Mesin Suzuki Ertiga

Mesin Suzuki ErtigaSementara itu Suzuki ertiga mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapsitas mesin 1.400 cc. Mesin pada Suzuki Ertiga ini akan menghasilkan tarikan mesin yang bertenaga dengan daya maksimum sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. . Begitupun Suzuki Ertiga yang didukung oleh tekhnologi MPFI yang menjamin keiritan konsumsi bahan bakar. Soal  sistem transmisinya, Daihatsu Terios dan Suzuki Ertiga membagi mobil ini dalam 2 pilihan transmisi yaitu automatic yang memiliki 4 percepatan, dan transmisi manual yang memiliki 5 percepatan. Soal kenyamanan suspensi Suzuki ertiga memiliki keunggulan pada sisi ini.

baca juga: Mitsubishi Xpander Indonesia Review 2018

Suzuki Ertiga generasi baru ini dibekali dengan suspensi kelas atas dari MacPherson Strut dengan tambahan per keong pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, Suzuki Ertiga mengandalkan suspensi jenis Torsion Beam dengan tambahan per keong. Suspensi ini akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada pengemudi dan juga penumpangnya. . Spesifikasi mesin dan performa selengkapnya akan disajikan pada tabel dibawah ini

Fitur Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

FITUR Daihatsu TeriosFitur kemanan yang dibekali daihatsu untuk brand terios ini adalah fitur Dual SRS Airbag yang ditempatkan pada dashboard bagian depan, Immobilizer dan Alarm untuk mengatasi pencurian dan telah dilengkapi oleh kamera parkir yang ditempatkan pada spoiler bagian belakang yang menjamin pengemudi dan penumpang saat berada didalam dan diluar mobil. Hal yang sama pada suzuki ertiga, fitur keamanan wajib dihadirkan untuk mobil ini. Adapun fitur keamanan yang dihadirkan adalah Dual Airbags, Side Impact Beam, sistem pengereman yang mumpuni dengan sistem ABS + EBD, Child Proof Door Locks, Sistem Keyles Entry dan Immobilizer.

 

Fitur Suzuki ErtigaUntuk Fitur entertaiment, Suzuki membekali dengan hadirnya audio dengan desain panel yang baru yang tombol panelnya juga terletak di setir kemudi. Tambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 yang bisa digunakan penumpang untuk men-charging perangkat gadget.

Fitur Suzuki ErtigaDengan fitur – fitur tersebut Suzuki Ertiga sangat cocok dijadikan alternatif pilihan mobil keluarga untuk dibawa dalam perjalanan yang lama. Secara lengkap fitur interior kedua mobil ini ditampilakan pada tabel dibawah ini.

baca juga: Honda BRV vs Honda HRV Indonesia Review 2017

Spesifikasi Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Daihatsu Terios

Suzuki Ertiga

Mesin

Isi Silinder

1495 cc

1400 cc

Konfigurasi Katup

DOHC

DOHC

Jenis Penggerak

RWD

FWD

Akselerasi

15.3 s

14.2 s

Rasio Kompresi

10.0:1

10.0:1

Daya Maksimum

107 hp

97.3 hp

Torsi Maksimum

141 Nm

128 Nm

Kecepatan Maksimum

155 kmph

160 kmph

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

MPFI (Injeksi Bahan Bakar)

Kapasitas Tangki

45L

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Rack & Pinion

Dimensi

P x L x T

4385 x 1695 x 1695 mm

4.265 x 1.695 x 1.685 mm

Jarak Poros Roda

2685 mm

2.740 mm

Jarak Pijak depan

1445 mm

1.480 mm

Jarak Pijak belakang

1460 mm

1.490 mm

Jarak Terendah

200 mm

185 mm

Berat

MT 1,175 kg, AT 1,185 kg

Turning Radius

5.3 m

5,2 m

Sasis

Transmisi

5 percepatan

5 percepatan

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

5-link, rigid-axle dengan per keong

Torsion beam with coil spring

Rem Depan

Disc

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Leading / Trailing Drum

Ukuran Ban

215/65 R16

Velg

Alloy Wheel

Fitur

Kenyamanan

Air Conditioner

Audio

Power Window

Kaca Sepion Elektrik

Speedometer Meter Cluster Graphic

Steering Wheel With Audio Steering Switch

Sporty Seat Pattern

Seatbelt & Headrest

Pattern Fabric Material seat and Trim Door

Air conditioning system Double Blower

Carpet Floor

Gear Shift

Hand Brake

Luggage Under Box

Audio Double DIN

Console Box

Kursi Split 50:50 pada baris ketiga

Auto Up Window Driver Side with Sensor

Keamanan

SRS Airbag

Anti-Lock Braking System (ABS)

Immobilizer

Alarm

Front Seatbelt

Side Impact Beam

Dual Airbags

Side Impact Beam

ABS + EBD

Child Proof Door Locks

Sistem Keyles Entry

Immobilizer

Harga Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Berbagai variasi warna dihadirkan untuk kedua mobil ini. Daihatsu Terios mengeluarkan varian warna yaitu Classic Silver Mettalic, Icy White, Midnight Black, Dark Grey Mettalic, Royal Red, dan Sand Gold. Dan untuk Suzuki ertiga mengeluarkan produknya dengan warna putih, graphite gray, dusky brown, silky silver, serena blue, radiant red dan black metalic. Suzuki Ertiga dan Daihatsu Terios hadir dengan banyak tipe, mulai dari varian terendah hingga termahal. Berikut harga masing – masing untuk tipe, selengkapnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini

Harga Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga

Daihatsu Terios

Suzuki Ertiga
Tipe Harga Tipe

Harga

Harga Daihatsu Terios Type X MT

Rp.186.900.000 Harga Suzuki Ertiga GA M/T Rp 171.500.000

Harga Daihatsu Terios Type X MT Extra

Rp.197.200.000 Harga Suzuki Ertiga GL M/T

Rp 188.000.000

Harga Daihatsu Terios Type X AT Extra

Rp.208.050.000 Harga Suzuki Ertiga GL A/T Rp 200.500.000
Harga Daihatsu Terios Type R MT Rp.219.100.000 Harga Suzuki Ertiga GX M/T

Rp 199.500.000

Harga Daihatsu Terios Type R MT Adventure

Rp.229.300.000 Harga Suzuki Ertiga GX A/T Rp 212.000.000
Harga Daihatsu Terios Type R AT Rp.233.200.000 Harga Suzuki Ertiga Tipe GX Ellegant M/T

Rp 219.000.000

Harga Daihatsu Terios Type R AT Adventure

Rp.243.200.000 Harga Suzuki Ertiga Tipe GX Ellegant A/T Rp 231.000.000
Harga Terios CUSTOM MT Rp 242.200.000 Harga Suzuki Ertiga Tipe Sporty M/T

Rp 199.000.000

Harga Terios CUSTOM AT

Rp228.100.000 Harga Suzuki Ertiga Tipe Sporty A/T Rp 212.000.000
Harga Suzuki Ertiga Ertiga Dreza MT

Rp. 216.900.000

Harga Suzuki Ertiga Ertiga Dreza AT Rp. 229.500.000
Harga Suzuki Ertiga Ertiga Dreza GS – MT

Rp. 223.900.000

Harga Suzuki Ertiga Ertiga Dreza GS – AT

Rp. 236.500.000

Kesimpulan

Secara keseluruhan Suzuki Ertiga dan Daihatsu Terios memiliki performa dan kapasitas mesin serta harga jual nya yang tidak terpaut jauh, namun tetap hadir dengan keunggulan – keunggulan tersendir, apalagi keduanya hadir dengan varian atau tipe yang sangat beragam. Mobil ini sangat cocok untuk memenuhi ekspektasi anda untuk kelas mobil keluarga, anda dapat memilih dari banyak tipe yang diluncurkan sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang anda inginkan. Kebingungan untuk memilih mobil mana yang cocok untuk kebutuhan anda, mari simak keunggulan masing – masing dan detail desain, spesifikasi mesin dan performa, tampilan interior, fitur yang disematkan, tekhnologi terbaru, varian warna serta harga untuk masing – masing tipe. Suzuki Ertiga dan Daihatsu Terios memiliki keunggulan berbeda – beda. Bagi anda yang menginginkan kenyamanan berkendara, suzuki ertiga memiliki sistem suspensi yang lebih empuk. Sedangkan untuk performa mesin, daihatsu terios lebih bertenaga terutama untuk tanjakan. Namun, keduanya sangat cocok dijadikan mobil keluarga.

artikel terkait: Honda Brio vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

53 pemikiran di “Daihatsu Terios Vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar