Dampak Buruk Pada Mobil Akibat Banjir

mobil kebanjiran

Dampak Buruk Pada Mobil Akibat Banjir – Intensitas hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini terbilang cukup ‘sering’. Salah satu masalah yang sering muncul akibat hujan yang sering yakni banjir. Meski tidak sampai banjir parah sekalipun, setidaknya jalan raya jadi tergenang.

Jika melintasi jalan yang tergenang, apalagi dengan ketinggian yang sudah mencapai setengah roda mobil, baik pengendara mobil maupun motor diimbau untuk tidak nekat menerobosnya. Seberapa tinggi pun jarak lantai mobil ke tanah (ground clearance). Lebih baik mencari jalan alternatif untuk menghindari kerusakan pada mesin daripada mengambil resiko.

mobil kebanjiranMeskipun mobil dengan ground clearance tinggi sejenis SUV kadang diangggap aman untuk menerobos banjir. Ternyata anggapan itu tidak mempertimbangkan potensi masuknya air akibat gelombang yang dihasilkan oleh kendaraaan lain yang melintas juga.

Menurut Didi, air akibat gelombang yang ditimbulkan kendaraaan lain bisa saja masuk melalui grille dan akhirnya membanjiri mesin. Kalau sudah begini, potensi “water hummer” mungkin saja terjadi.

Buat sobat freakers yang belum tahu, Water hummer adalah keadaan saat mesin mobil mendadak mati. Kondisi ini diakibatkan air yang masuk kedalam ruang bakar melalui saluran udara dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

artikel terkait: Motor Termahal Di Dunia, Dibanderol 12 Miliar, Vincent Lightning 1951

6 pemikiran di “Dampak Buruk Pada Mobil Akibat Banjir”

Tinggalkan sebuah komentar