Dasar Pelat Nomor Kendaraan Berubah Menjadi Putih?

Pelat Nomor
Dasar Pelat Nomor Kendaraan Berubah Menjadi Putih?- Seperti yang kita tahu, dasar warna pelat nomor kendaraan bermotor adalah hitam. Namun kabarnya, dasar warna tersebut akan di ubah menjadi warna putih pada tahun 2019 nantinya. Menurut Irjen Pol Royke, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, tujuan utama oerubahan warna pada dasar pelat nomor adalah agar mudah terbaca oleh kamera CCTV. Sekarang memang sudah mulai ada yang membelakukan sistem tegur dan tilang berdasarkan pengintaian dari CCTV yang dipasang di jalan-jalan.

Dasar Pelat Nomor Kendaraan Berubah Menjadi Putih?

Untuk rencana kedepannya, akan mulai diberlakukan di semua jalan dengan sistem penegakan electronic law enforcement. Sehingga, akan adanya CCTC di semua jalan menjadi salah satu alasan utama mengganti warna dasar pelat nomor kendaraan bermotor. Namun, meskipun sudah ada perencanaan kedepannya, Royke mengatakan masih perlu banyak persiapan baik dari segi teknis maupun non teknis. Sehingga, kapan tepatnya akan mulai diberlakukan perubahan warna tersebut belum bisa diberitahukan.
Pelat Nomor
Menurut Brigjen Halim Pagarra Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, perkembangannya sudah sampai pada thap revisi aturan. Diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan pun sedang dilakukan. Pasalnya, warna dasar pelat mobil di Indonesia sekarang bukan hanya satu warna. Ada beberapa warna seperti warna dasar hitam untuk mobil pribadi, dasar kuning untuk angkutan umum, dan dasar merah untuk kendaraan dinas pemerintahan. Tapi, warna putih pun sekarang sudah mulai terlihat namun hanya digunakan untuk kendaraan diplomat saja.
Waaaaahhh, nantinya jika memang dasar pelat nomor kendaraan diganti putih, kendaraan diplomat berubah warna atau tidak ya?
Nah OtoFreakers, untuk melihat informasi menarik lainnya, silakan klik di sini!