Datsun GO+ Indonesia Review 2018

Desain Datsun Go Panca

Datsun GO+ Indonesia Review 2018- Hadirnya  mobil  LCGC atau small MPV di Indonesia, Datsun GO+ sangat diminati oleh masyarakat sehingga penjualan Datsun di Indonesia  melebihi angka 100.000 unit dalam kurun satu tahun. Datsun membuat strategi yang cukup baik dengan menawarkan harga mobil yang tergolong murah di kelas menengah namun untuk spesifikasinya tidak perlu diragukan. Datsun GO+ masih mengusung basis LCGC berjenis hatchback dengan desain yang simpel dan minimalis dan ruang kabin yang luas. Selain itu, Datsun GO+ dilengkapi dengan teknologi terbaru Datsun, diantaranya pedal akselerator elektronik, suspensi poros ganda dan drive computer. Serta speed sensitive electric power steering sehingga akan memanjakan si pengemudi maupun si penumpangnya saat berekendara. Nah, Jika Anda tertarik untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari Datsun GO+ simak ulasannya dibawah ini.

Eksterior Datsun GO+

Eksterior Datsun Go PancaDesain eksterior Datsun GO+ menunjukan kesan yang stylish dan modern sebagai mobil keluarga masa kini. Adanya garis yang membentuk siluet terkesan dinamis layaknya mobil mewah, serta bodi mobil terlihat sangat kokoh. Datsun GO+ dirancang agak lebih panjang untuk mobil kelas small MPV. Jika melihat sekilas bodi mobil hampir serupa Nissan Grand Livina. Di bagian depan terdapat lampu heksagonal berdesain stylish yang berfungsi dalam memberi pencahayaan secara maksimal saat berkendara di malam hari. Untuk bumper mobil mengusung konsep landai dan lengkungan fender yang gagah memperkuat karakter Datsun GO+.

Sementara, adanya Grill D-cut yang membentuk garis-garis horizontal dipadu dengan kontur huruf D tegas berwarna chrome memberi arti semangat Datsun. Lanjut ke bagian samping, desain mobil dirancang tidak diberi banyak garis tajam, tapi masih terlihat sporty dari kaca yang menyempit dari depan ke belakang.

Dimensi Datsun Go PancaDatsun GO+ membuat desain yang dinamis dan melengkung untuk body belakang mobil dan disertai dengan stoplamp persegi yang mengikuti alur body. Selain itu, body belakang terdapat roof spoiler yang dirancang menjorok ke belakang sehingga menimbulkan kesan manis. Secara keseluruhan desain Datsun GO+ mengusung tema mobil masa kini yang fungsional.

Interior Datsun GO+

Dashboard Datsun Go PancaSetelah membahas desain esksterior, sekarang beralih ke bagian interior Datsun GO+. Interior mobil ini didesain minimalis namun tetap mengutamakan kenyamanan penumpang. Pada dasarnya, desain interiornya tidak jauh berbeda dengan Datsun GO versi hatchbacknya, di mana keduanya memakai material yang sama dan desain dashboard dibuat mirip. Untuk dashboard didominasi dengan warna silver, serta panel instrumennya dibuat minimalis dengan adanya panel audio standar.

Dashboard  juga dibuat lebih sederhana dengan menempatkan tuas persneling menyatu dengan dashboard depan, penempatan tuas tersebut mudah untuk dijangkau dari roda kemudi. Selain itu, pegangan pintu diberi inovasi baru dengan dibuat modern. Kemudian, terdapat pula cluster AC yang dapat diputar sesuai keinginan penumpang.

Interior Datsun Go Panca

Ruang kabin terlihat lebih luas dibandingkan dengan Datsun GO hatchback, serta ruang kepala mobil ini dirancang lebih lebar. Kesan mewah pada Datsun GO+ berasal dari dasbor dan trim yang  bertekstur seperti kulit sehingga bila disentuh terasa lembut.

Datsun GO+ dapat menampung 7 hingga 8 penumpang dengan catatan untuk ruang bagian belakang dapat dihuni dua orang anak dengan ketinggian kurang dari 150 cm. Datsun GO+ juga memiliki kursi ketiga yang dapat dilipat yang berfungsi sebagai bagasi yang dapat menyimpan barang bawaan hingga 347 liter

Mesin Datsun GO+

Datsun Go PancaMenyoal dapur pacunya, Datsun GO+ masih menggunakan mesin yang sama dengan Datsun GO Panca hatchback, yakni mesin tipe HR12DE yang juga memiliki platform mesin dari Nissan March yang dikenal sebagai city car yang mengkonsumsi bahan bakar yang cukup hemat.  Datsun GO+ dibekali dengan mesin DOHC 3 silinder dengan kapasitas 1198cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 50 KW per putaran mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 104 NM per putaran mesin 4000 rpm.

Mesin Datsun Go PancaUntuk sistem bahan bakar sendiri menggunakan sistem Fuel Injection yang dapat mengkosumsi bahan bakar lebih sedikit. Datsun GO+ diklaim dapat melesat hingga kecepatan maksimum 155 km/jam. Selain itu, Datsun GO+  dilengkapi dengan teknologi pedal elektrik yang berperan dalam menjaga umur pemakaian mesin agar lebih tahan lama. Untuk transmisinya, menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Tidak hanya itu, dalam hal  berakselerasi mobil ini dapat meminimalisir suara dan getaran sehingga mampu menghasilkan perjalananan yang mulus.

Fitur Datsun Go+

Selanjutnya, fitur keamanan dan fitur kenyamanan dari Datsun GO+ canggih dan modern, diantaranya terdapat fitur keamanan standar modern Immobilizer, Central Door Lock dan Keyless Entry lengkap dengan alarm. Serta terdapat Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt di semua tipe Datsun GO+. Selain itu, terdapat Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, Mobile Docking Station dan Parking Sensor pada Datsun GO+  tipe T Option dan T Style. Sementara,  terdapat fitur kenyamanan untuk hiburan penumpang berupa 1 Din Audio with Aux Jack, USB,  active speakers dan MDS Audio pada mobil low MPV ini.

Fitur lainnya, ada Intelligent Wiper System yang berperan dalam memberikan wiper yang baik dalam kondisi cuaca buruk sehingga dapat membantu pengemudi agar tetap fokus mengemudi. Adapula, Windshield washer yang berfungsi untuk membersihkan kaca depan untuk visibilitas yang lebih baik. serta, terdapat Antena Radio Eksternal yang membuat kualitas radio menjadi jernih selama dalam perjalanan.

Datsun GO+ juga memiliki ventilasi AC yang berbentuk bulat dan dirancang agar dapat mengarahkan angin yang sejuk ke tepat sasaran. Tidak hanya itu, AC ini dapat ditutup sehingga  dapat menghasilkan hembusan angin yang lebih besar dan untuk penumpang di kursi belakang juga dapat merasakan kesejukan dari AC Datsun GO+.

Dimensi Datsun Go+

Mengenai dimensinya, sebagai mobil LCGC Datsun GO+ termasuk mobil yang sesuai  digunakan dalam kendaraan sehari-hari meskipun Datsun GO+ berada dalam small MPV. Dimensi yang dimilikinya yakni dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.635, dan  tinggi 1.490 mm. Ground clearance Datsun GO+ cukup tinggi sekitar 170 mm. Sistem kemudi mobil ini  berteknologi Electronic Power Steering dengan Speed Sensitif namun hanya untuk Datsun GO+ tipe T Option dan T Style. Sementara, untuk suspensi yang digunakan di bagian depan bertipe McPherson Strut dengan per keong dan suspensi belakang bertipe Torsion Beam. Datsun GO+ dibekali dengan rem depan jenis Disk Berventilasi dan rem belakang jenis Drum. Pada bagian kaki-kakinya,Datsun GO+ dibekali velg berdiameter 13 inci dengan dibalut ban berukuran 155/70.

Berikut adalah tabel harga Datsun Go+

Harga Datsun Go+

HARGA DATSUN GO+

Varian

Harga

Datsun GO+ T Rp120.1600.000,-
Datsun GO+ A Option 1.2L M/T Rp113.000.000,-
Datsun GO+  T Style Rp128.650.000,-
Datsun GO+ T Option 1.2L M/T Rp123.100.000,-

Itulah harga dari dari bermacam tipe Datsun GO+, kisaran harga tersebut terbilang terjangkau karena berkisar antara Rp100 jutaan. Sebagai mobil salah satu mobil LCGC atau small MPV Datsun GO juga tergolong murah di kalangan konsumen kelas menengah sehingga tidak heran jika mobil Datsun menjadi mobil pilihan yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Spesifikasi Datsun Go+

SPESIFIKASI DATSUN GO+

Mesin

  • Tipe Mesin                        :  HR12DE
  • Isi Silender (cc)                 :  1,198
  • Tenaga Maksimal(PS/rpm): 50/5000
  • Torsi Maksimal (Nm/rpm):  104/4000
  • Transmisi                     :  5 Speed MT
  • Jumlah Silinder                 :  4
  • Jenis Bahan Bakar            :  Bensin

Dimensi

  • P x L x T (mm)         :  3955 x 1635 x 1490
  • Jarak Sumbu Roda            :  2,450 mm
  • Jarak Radius Putar            :  4.6 m
  • Jarak Terendah ke Tanah  :  170 mm
  • Berat Kosong                    :  812 kg
  • Kapasitas Tempat Duduk :  7 Kursi

Rangka

  • Tipe Steering                    :  Power Steering
  • Suspensi Depan                :  MacPherson strut with coil spring
  • Suspensi Belakang            : Torsion beam
  • Rem Depan                       :  Disc
  • Rem Belakang                  :  Drum
  • Ukuran Ban                      :  155/70 R13
  • Ukuran Vleg                     : 13 inch

Setelah membahas spesifikasi lengkap dari Datsun GO+ mulai dari desain, performa mesin, fitur-fitur, dimensi, dan harga, maka sekarang kita telah mengetahui bahwa Datsun GO+ merupakan mobil di kelas LCGC yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Datsun GO+ memiliki desain yang modern dan stylish, terlebih lagi adanya fitur-fitur yang ditawarkan begitu canggih membuat mobil ini banyak dilirik oleh masyarakat. Tidak hanya itu, Datsun GO+ cocok dijadikan sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia. Datsun menawarkan berbagai macam tipe dan harga Datsun GO+ yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Demikianlah pembahasan Datsun GO+, semoga ulasan di atas dapat memberi bermanfaat Anda seputar mobil murah namun tidak diragukan lagi kualitasnya.

Artikel terkait: Toyota Agya vs Datsun Go Panca Indonesia Review 2018

8 pemikiran di “Datsun GO+ Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar