Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Datsun Go Panca vs Daihatsu Ayla

Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018 – Melonjaknya peminat otomotif dengan harga jual mobil yang sangat ekonomis membuat produk mobil kelas LCGC (Low Cost Green Cost) kian gencar diluncurkan produsen – produsen mobil. Setelah toyota dan daihatsu yang sukses meluncurkan produk LCGC nya lewat Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2014 yang lalu, mobil datsun go ini tidak terlalu menarik banyak pencinta otomotif, namun saat ini malah menjelma menjadi salah satu kendaraan LCGC yang paling digemari. Datsun GO Panca memiliki daya tampung maksimal 5 orang.

Begitu pula dengan daihatsu ayla yang mampu menampung muatan yang sama yaitu 5 orang. Daihatsu Ayla dan Datsun go sama – sama mengusung konsep LCGC, hanya saja daihatsu ayla lebih dahulu diperkenalkan dan langsung booming pada saat itu. Daihatsu Ayla memang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu primadona kendaraan LCGC Tanah Air. Meski secara fisik ukuran Ayla cukup mungil, namun mobil ini akan memberikan kenyamanan yang lega. Meskipun harus bersaing dengan produsen mobil ternama yang terlebih dahulu diakui keberadaannya, namun Datsun tetap percaya mobil murahnya akan laris manis di Indonesia.

baca juga: Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017

Tentunya kehadiran datsun go ini cukup mengancam angka penjualan ayla yang laris. Lalu mobil LCGC manakah yang sesuai dengan kebutuhan anda? Anda dapat mempertimbangkannya dengan menyimakan ulasan dari desain interior, eksterior, spesifikasi mesin dan performa, fitur dan tekhnologi serta harga dari daihatsu ayla dan datsun go sebelum menentukan city car yang mana yang paling cocok untuk anda.

Eksterior Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Eksterior Daihatsu Ayla

Desain Eksterior Daihatsu AylaKita mulai dari pembahasan mengenai tampilan terluar kedua city car ini. Mobil Daihatsu Ayla diciptakan dengan desain A-Concept, di mana desain A-Concept ini dirancang menyesuaikan selera konsumen. Kebanyakan, masyarakat khususnya di kota-kota besar menginginkan mobil berukuran kecil namun memiliki kabin lega. Dari sektor wajah daihatsu Ayla memiliki headlamp multi reflektor yang dirancang lebih sipit dan tajam, serta pada bagia front grill dibangun dengan konsep grill lebar, tambahan emblem logo ‘A’ berbentuk elips dengan bingkai yang elegan. Untuk Bumper daihatsu Ayla didesain dengan bumper yang lebih besar namun tetap dinamis.

Desain Eksterior Daihatsu AylaBody Daihatsu Ayla yang tampil lebih minimalis dengan tampahan side molding krom dan juga pillar di atas jendela samping. Kedua mobil ini sepakat untuk mendesain body sampingnya dengan konsep minimalis namun tidak meninggalkan sisi elegannya. Pada sektor buritan, Daihatsu Ayla memiliki desain yang miniimalis lewat lampu belakang yang dipermanis dengan efek smoke. Tampilan belakang juga lebih sporty berkat adanya spoiler body yang dirancang mengikuti alur desain mobil secara keseluruhan.

Eksterior Datsun Go

Desain Datsun Go PancaSedangkan tampilan luar yang disuguhkan datsun go adalah tampilan yang sporty dengan Fascia depan mobil ini tampil dengan konsep stylish lewat bentuk grill heksagonal dengan tambahan emblem Datsun di dalamnya. Front grill pada Datsun GO Panca ini memang terlihat minimalis hanya bentuk heksagonal berwarna krom dengan bagian tengah terdapat motif sarang lebah berwarna gelap. Mobil ini juga menawarkan tampilan dengan gaya modern lewat headlamp berteknologi halogen. Masih di bagian depan, bumper pada mobil ini juga mengusung desain minimalis dengan tak banyak lekukan. Citra sporty juga ditampilkan pada desain bumper Datsun GO Panca lewat jaraknya yang tak terlalu tinggi dengan tanah.

Dimensi Datsun Go PancaBeralih ke bagian samping, body datsun go terlihat sangat sporty, desain bodi sebelah kanan dan kiri mobil ini sangat kentara aura city car lewat desain yang tak banyak lekukan tajam dan kaca yang dibuat agak sempit. Sedangkan Datsun GO dibekali dengan stoplamp persegi dengan efek smoke serta bumper belakang yang dibentuk selaras dengan garis body, yang kemudian disempurnakan dengan hadirnya roof spoiler, front dan rear skirt lengkap dengan bumper dan fender yang gagah, juga ada D-cut grill dengan aksen krom yang membuat datsun go menjadi mobil murah dengan desain yang sporty dan elegan. Selengkapnya, mengenai desain kedua mobil ini akan disajikan pada tabel dibawah ini.

Dimensi Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Datsun go panca memiliki dimensi lebih panjang namun sedikit rendah dari pada daihatsu ayla sesuai dengan dimensi nya yaitu panjang 3785 mm, lebar 1635 mm, dan tinggi 1485 mm. Kemudian utuk berat totalnya sekitar 785 gram dan memiliki jarang terendah ketanah sekitar 170 mm sedangkan untuk daihatsu ayla memiliki dimensi panjang 3.600 mm x lebar 1.600 mm x  tinggi 1.520 mm, Kemudian jarak sumbu antar roda mobil ini memiliki ukuran 2450 mm dan didukung jarak pijak roda depan dan belakang berukuran 635/515 mm , untuk berat setiap tipenya rupanya berbeda-beda, dan yang teringan adalan tipe D dengan bobot 755 kg, lalu yang terberat adalah tipe X dengan bobot 785 kg.

Dimensi Daihatsu AylaDari sektor kaki- kaki daihatsu Ayla memiliki ukuran velg  155/80 R13. Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan sistem suspensi depan McPherson Struts dan suspensi belakang Torsion Axle Beam  dengan per keong yang pastinya begitu nyaman. Sedangkan Datsun go panca membekali dirinya dengan sistem suspensi depan bertipe Mc Pherson Strut dengan Coil Spring, dan suspensi belakang bertipe Torsion Beam dengan ukuran ban 155 / 70 R13 dengan velg berukuran 15 inci .

Interior Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla

Kabin Interior Daihatsu AylaSetelah menelisik dari luar, saatnya kita membedah isi dari kedua city car ini. Meski terbilang mobil murah, isi dan fitur kedua mobil ini tetap sesuai dengan standard mobil pada umumnya. Daihatsu Ayla hadir dengan tampilan interior yang tergolong sederhana, dengan konsep minimalis namun fungsional dengan menggunakan material yang cukup berkualitas Pada bagian interior, didominasi warna hitam dan silver dengan bentuk panel-panel sederhana. Setir kemudi Daihatsu Ayla sendiri juga dirancang secara standar namun tetap stylish dan enak digunakan. Lalu pada bagian dashboard, tak banyak panel instrumen yang tersedia.

Dashboard Interior Daihatsu AylaPanel dashboard Daihatsu Ayla tampil standar dengan dukungan fungsi-fungsi standar seperti panel Audio System dan juga panel pengaturan lainnya . Masih pada lini depan, Daihatsu Ayla memiliki speedometer  yang dilengkapi dengan indikator atraktif serta terdapat multi information indicator pada fuel meternya. Panel speedometer Daihatsu Ayla juga dilengkapi dengan cluster ECO-driving. Kemudian beralih ke lini belakang, Daihatsu Ayla kursi baris kedua dirancang lebih  fleksibel dan bisa dilipat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bagasi. Secara keseluruhan, untuk kabin pada spesifikasi Daihatsu Ayla ini cukup lega.

Interior Datsun Go

Kabin Interior Datsun Go PancaSedangkan pada tampilan interior datsun go, diirancang dengan konsep minimalis, namun tetap modern. Hal ini terlihat mulai dari bahan dashboard Datsun GO Panca yang bertekstur kulit dengan tambahan ornamen beraksen silver dan hitam sehingga menambah aura elegan. Dashboard depannya sendiri tak banyak panel yang tersedia kecuali tipe T-Active dan T-Option yang sudah dilengkapi dengan audio player modern. Selain itu, interior depan Datsun GO Panca juga dirancang begitu rapi lewat penempatan tuas persneling yang berbeda dengan kebanyakan mobil dengan ditempatkan di sisi tengah bawah dashboard, ini ditujukan agar penumpang dan pengemudi lebih leluasa di lini depan, untuk setir kemudi Datsun GO Panca juga standar dan tak banyak tombol tersedia.

Dashboard Datsun Go PancaLalu speedometer dibuat dengan tampilan lebih informatif ditutup dengan AC register yang bisa diputar hingga 360 derajat. Sedangkan untuk datsun Go dirancang dengan dengan ruang kepala lebih lega dan jok yang sudah dilengkapi dengan kursi yang bisa menyesuaikan posisi tubuh dengan kualitas bahan cukup baik. Ruang bagasi yang ditawarkan Datsun GO Panca ini mempunyai kapasitas mencapai 265 liter sehingga memudahkan membawa barang yang cukup banyak.

Mesin Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Mesin Datsun Go PancaUrusan mesin, datsun go memiliki kapasitas mesin yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan daihatsu ayla. Datsun go panca dibekali mesin seri HR12DE yang merupakan adaptasi dari basis mesin Nissan March. Mesin yang tertanam pada ruang dapur pacu Datsun GO Panca ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 68 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi mencapai 104 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut merupakan mesin yang memiliki kapasitas isi silinder sebesar 1198 cc. Sedangkan daihatsu ayla dibekali dengan mesin seri D26F 1KR-DE yang merupakan mesin Eco Technology pengembangan Daihatsu. Dengan teknologi tersebut, mesin seri D26F 1KR-DE ini menjadi mesin yang lebih efisien dari penggunaan bahan bakar dan ramah lingkungan tentunya. Daihatsu Ayla memiliki kapasitas silinder 998 cc yang sanggup menghasilkan power maksimal hingga 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 8,7 Kgm pada putaran mesin 3.600 rpm.

Mesin Daihatsu AylaUntuk penggunaan bahan bakar yang efisien daihatsu ayla memiliki sistem supply bahan bakardengan sistem suplai bahan bakar Multipoint Injection. Sedangkan datsun go mengadaptasi teknologi penggunaan pedal elektronik yang bisa membuat mesin mobil awet serta mudah perawatan namun tetap menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Soal transmisi, Datsun Go menggunakan transmisi penggerak manual 5 percepatan sedangkan daihatsu ayla dibekali transmisi 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual. Secara ringkas, spesifikasi mesin datsun go dan daihatsu ayla akan ditampilkan pada tabel dibawah ini.

baca juga:

Fitur Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Fitur Datsun Go PancaKedua mobil ini tetap memperhatikan keselamat penggunanya dengan menyematkan fitur keselamatan pada masing – masing variannya. Seperti daihatsu Ayla yang memiliki struktur bodi berteknologi High Tensiles Strengthsheets yang merupakan material dari lapisan baja yang ringan namun tetap kuat untuk melindungi pengendara dan penumpang.

Fitur Daihatsu AylaDaihatsu Ayla pun dilengkapi dengan seatbelt di semua kursi sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan tetap merasa aman ketika berkendara, Electric Outer Mirror, yaitu kaca spion yang bisa disetting dari dalam, Rear Parking Sensors, dan juga fitur Electric Power Windows . Fitur keamanan lengkap juga dihadirkan di datsun go  dengan hadirnya Airbag khusus untuk supir menjadi kelebihan yang ditawarkan Datsun Go Panca. Selain itu, Immobilizer dan kunci dengan sistem alarm, sabuk pengaman dimasing-masing kursi serta sensor parkir juga ditempatkan pada sisi belakang.

baca juga: Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Spesifikasi Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Datsun Go Panca

Daihatsu Ayla

Mesin

Tipe Mesin

1.2L HDR12DE

D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

Isi Silinder

1.198 cc

998 cc

Diameter x Langkah

71 x 84 mm

Daya Maksimum

68/5000 rpm

65 / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

104/4000 rpm

87 / 3.600 rpm

Sistem Kemudi

Electric Power Steering (EPS) with Speed Sensitive

Dimensi

P x L x T

3785 x 1635 x 1485 mm

3.600 x 1.600 x 1.520 mm

Jarak Poros Roda

2450 mm

2450 mm

Jarak Pijak depan

635 mm

Jarak Pijak belakang

515 mm

Jarak Terendah

170 mm

180 mm

Berat

785 kg

Turning Radius

4.6 m

Sasis

Transmisi

Manual, 5 Percepatan

4 A/T  & 5 speed M/T

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

McPherson Struts with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Torsion Axle Beam

Rem Depan

Ventilated disc

Disc

Rem Belakang

Drum

Drum

Ukuran Ban

155 / 70 R13

155/80 R13

Fitur

Kenyamanan

Drive Computer (Instantaneous Fuel Economy, Average Fuel Economy, Distance to Empty, ODO meter)

Gear Shift Guide

Halogen Head Lamp with Follow-me-home

Intelligent Wiping System

Mobile Docking Station

Power Outlet

Outside Radio Antena

Glove Box

Door Trim Pocket

Bootle Holder

Center Console

Seat Back Pocket

New Front Bumper with Aerokit

Projektor Head Lamp with LED Position Lamp

DRL (Day Time Runnig Light)

Body Color Outer with Side Turn Lamp

Side Stone Guard

FOG Lamp

New Rear Bumper

Rear Wipper

Rear Reflection

Rear Spoiler eith HMSL

Chrome Window List

Chrome Muffler Cutter

Keamanan

Immobilizer

Central Door Locking

Keyless Entry with Alarm

Driver Airbag

Dual SRS Airbag

Back Sonar (Tipe 1.0 X & 1.2 R)

Side Impact Beam

Immobilizer & Alarm Integrated Key

Rear Stabilizer

Pedal Clutch Anti Back Up

Harga Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Kedua mobil ini dibanderol dengan cukup murah jika harga datsun go dibanderol mulai dari Rp 99 Jutaan sedangkan daihatsu dijual sedikit lebih murah mulai dari Rp 84 Jutaan.

Harga Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla

Datsun Go Panca

Daihatsu Ayla

Tipe

Harga Tipe

Harga

Harga Datsun Go Panca T 1.2 M/T

Rp 99,050,000 Harga Daihatsu Ayla D M/T Rp84.500.000

Harga Datsun Go Panca T Active 1.2 M/T

Rp 102,950,000 Harga Daihatsu Ayla D Plus M/T Rp96.700.000
Harga Datsun Go Panca T Option 1.2 M/T Rp 99,550,000 Harga Daihatsu Ayla M M/T

Rp100.100.000

Harga Daihatsu Ayla M A/T

Rp109.100.000

Harga Daihatsu Ayla X M/T

Rp107.600.000

Harga Daihatsu Ayla X A/T

Rp116.600.000

Harga Daihatsu Ayla Elegant M/T

Rp114.200.000

Harga Daihatsu Ayla Elegant A/T

Rp123.300.000
Harga Daihatsu Ayla M Sporty M/T

Rp113.400.000

Harga Daihatsu Ayla M Sporty A/T

Rp122.600.000

Secara keseluruhan, kedua mobil ini sangat ekonomis untuk anda gunakan sebagai kendaraan sehari – hari. Bagi anda yang menginginkan kapasitas mesin yang lebih besar anda dapat memilih datsun go panca, sementara untuk anda yang menginginkan mobil lebih murah dengan transmisi lebih bervariasi maka sebaiknya memilih daihatsu ayla .

 artikel terkait: Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

13 pemikiran di “Datsun Go Panca Vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar