Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pemilik Skutik Pada Saat Musim Hujan

Skuter Matik Banjir

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pemilik Skutik Pada Saat Musim Hujan- Nampaknya hujan sudah mulai mengguyur beberapa daerah. Sepertmi kemaren sore, Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan cukup deras. Derasnya hujan membuat sejumlah tempat ada yang terkena banjir dan genangan air di jalanan pun tidak dapat dihindari. Selain karena derasnya hujan, sistem pengairan yang berada di Jakarta pun semakin sedikit, sehingga mengalirnya air terhambat.

Akibat tergenangnya air dimana-mana, para pengendara mobil maupun motor pun tidak punya pilihan lain selian melewati genangan air tersebut. Nah, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, pemilik skuter matik (skutik) harus melakukan perawatan ekstra saat musim hujan. Hal ini dikarenakan sistem penggerak pada skutik menggunakan continues variable transmission (CVT) yang sangat sensitif terhadap air dan kotoran.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pemilik skutik saat musim hujan

1. Jangan Ambil Resiko

Ketika mengendari skutik melewati genangan air, pengendara harus bersabar dan jangan nekat mengambil resiko. Resiko disini adalah untuk melewati genangan air yang tingginya melebihi separuh tinggi ban. Hal ini dikarenakan air akan masuk ke CVT jika ban motor terendam terlalu dalam dan cukup lama. Inilah yang sering menyebabkan V-belt selip (Motor bisa hidup tapi rodak tidak akan berjalan ketika grip gas diputar).

2. Periksa Transmisi secara Rutin

Service MotorAdanya genangan air dimana-mana terkadang membuat pengendara terpaksa melewatinya. Jika demikian, Pengendara harus periksa oli transmisi secara rutin setelah melewati genangan air untuk memastikan air tidak masuk ke area gear box. Apabila air sampai masuk ke area gear box akan menyebabkan karatan yang nantinya malah menguras kantong untuk perawatannya.

Selain memeiksa oli transmisi, area V-belt pun jangan sampai lupa di cek ya, OtoFreakers!

3. Hati-hati Terkena Water Hammer

Selain memeriksa gear box agar tidak karata, terjadinya water hammer pun perlu diperhatikan. water hammer merupakan bahasa mekanik dari bengkel yang artinya ngejem (Air masuk ke ruang bakar, sementara piston tetap bergerak naik turun). Ketika air masuk ke bahan bakar, namun tidak bisa terjadi pembakaran sehingga menyebabkan onnecting rod atau setang piston bengkok.

Parahnya lagi, akan berakibat fatal nantinya sehingga merembet ke part-part lainnya. Jika sudah terjadi seperti ini, biaya perbaikan sudah dipastikan membuat kantong jebol karena lebih dari perbaikan karatan saja.

Nah, demikian hal yang perlu diperhatikan apabila OtoFreakers pemilik skutik. Tetap hati-hati ya OtoFreakers, karena musim hujan sepertinya akan mengguyur beberapa daerah dalam waktu lama. Untuk melihat tips & trick yang menarik lainnya, silakan klik di sini!