Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP Review Indonesia 2017

Honda BeAT vs Honda Scoopy Review Indonesia 2017 – Produsen motor Honda memang memiliki beberapa produk matic seperti BeAT, Vario dan juga Scoopy. Untuk Scoopy sendiri motor ini memiliki desain retro-modern yang unik dan berkesan lawas. Hal ini akan membuat pemiliknya akan bisa tampil beda. Namun dengan penerapan beberapa teknologi termutakhir, membuat motor yang meluncur sejak tahun 2010 ini juga diminati oleh masyarakat.

baca juga: Honda Vario 150 vs Honda Vario 125 Indonesia Review 2017

Bahkan motor skuter ini bisa menyaingi penjualan Honda BeAT yang terlebih dahulu muncul ditahun 2008. Nah jika kita perbandingkan kedua motor matic dengan varian terbaru yaitu BeAT eSP dan Scoopy eSP, maka manakah yang jadi jawaranya? Berikut ulasannya.

Desain Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP

Desain Honda BeAT ESP

Hai sobat freakers, mengawali pembahasan, kali ini redaksi Otofreak mulai dengan bagian terluar dari spesifikasi Honda BeAT Esp ini. Menyoal desainnya ini, tampaknya Honda memang memberikan tampilan yang lebih sporty. Honda BeAT eSP dirancang dengan model V-shape di bagian depan. Lalu, bagian bawah sudah terpasang lampu utama dan lampu sein yang terpasang dengan presisi di bagian atasnya. Beralih ke bagian stang, Honda BeAT eSP hampir memiliki kemiripan dengan pendahulunya.

Namun, Honda memoles bukan dengan garis tegas melainkan dengan lekukan. Lalu, lanjut ke bagian buritan, Honda BeAT eSP memiliki jok yang begitu nyaman untuk diduduki, yang di desain lebih tinggi bagian belakangnya serta behel yang terbuat dari material kuat. Apalagi dengan adanya bagian lampu belakang yang terbagi atas tiga bagian (rem, dan dua lampu sein di sisi bagian samping) membuatnya Nampak sporty.

Desain Honda Scoopy ESP

Sebagai salah satu motor matic besutan Honda yang cukup laris di pasaran, dan kebanyakan penggunanya adalah kaum hawa, membuat Honda merancangnya dengan klasik. Mulai dari bagian depan, Honda melengkapinya dengann Headlamp berjenis projector headlight, yang dibuat menonjol berbentuk oval sehingga membuatnya terlihat elegan. Selain itu, untuk lebih menguatkan cahaya lampu, Honda pun menyematkan reflektor black smoke di bagian headlampnya. Dengan hadirnya teknologi tersebut, membuat Honda Scoopy mampu menyuguhkan nyala lampu yang lebih terang, tetapi tidak menyilaukan orang yang berada di depannya.

Speedometer Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP

Sementara, untuk panel indikator matik besutan Honda ini mengusung speedometer yang didesain sangat user-friendly dengan mengandalkan desain analog pada penunjuk kecepatannya. Selain itu, Honda BeAT eSP ini memiliki panel indikator Mesin, indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama, yang mudah dipahami. Selain itu, pada sektor ini juga terdapat fitur ECO Indikator yang siap membantu pengemudinya berkendara lebih irit.

Ketika, Honda BeAT eSP ini dikendarai maka ECO indikator ini akan menyala dengan lampu berwarna hijau di panel meternya dengan 3 pola untuk memberikan sinyal berkendara yang irit. Hal ini pun berlaku ketika lampu Honda BeAT eSP ini dalam keadaan dimatikan. Dengan dibekalkan beberapa fitur yang ditampilkan pada panel indikator tersebut, tentunya Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi atau data dari spesifikasi Honda BeAT eSP saat dikendarai.

Dimensi Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP

Dari segi dimensinya , maka kita akan mendapati Honda BeAT yang sedkit lebih panjang dan tinggi dari Scoopy. Sedangkan lebar motor Scoopy eSP lebih jawaranya. Ukuran panjang, lebar dan tinggi Honda BeAT eSP sendiri adalah 1.873 mm x 678 mm x 1.074 mm, sedangkan ukuran Scoopy eSP yaitu  1.856 mm x 694 mm x 1.060 mm. Meski lebih panjang dan tinggi, namun bobot Scoopy lebih berat yaitu mencapai 96 kg dibandingkan BeAT yang hanya 95 kg / 94 kg (tipe CW).

Sedangkan untuk jarak sumbu roda dan kapasitas tangki kedua motor memiliki spesifikasi yang sama yaitu jarak sumbu roda mencapai 1.256 mm dan kapasitas tangki sebesar 3,7 liter. Satu hal lagi yang menajdi pembeda di bagian dimensi dari kedua skuter matic ini yaitu jarak terendah ke tanah dimana Scoopy eSP mencatat angka 139 mm, sednagkan Honda BeAT eSP mencatat angka lebih tinggi yaitu 140 mm.

Mesin Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP

Mesin Honda BeAT ESP

Honda eSP dan Honda Scoopy memang memiliki tipe mesin yang sama yaitu 4-Stroke, SOHC kapasitas 110 cc dengan air cooler, namun ternyata tenaga dan akselerasi yang dihasilkan kedua motor ini berbeda. Untuk urusan tenaga dan kecepatan ini sepertinya Honda BeAT eSP harus mengakui kehebatan dari Honda Scoopy eSP. Pasalnya Scoopy eSP bisa menghasilkan tenaga hingga 8.57 hp dengan torsi maksimum mencapai 9.1 Nm. BeAT eSP sendiri hanya bisa mengeluarkan tenaga 8.55 hp dan torsi hingga 9,01 Nm.

Mesin Honda Honda Scoopy ESP

Selain itu dalam hal akselerasi atau kecepatan tertinggi, Scoppy eSP bisa mencatatkan angka 8.55 hp, sedangkan BeAT eSP hanya mencapai angka 94 kmph. Tapi melihat dari sisi konsumsi bahan bakar maka pemenangnya adalah BeAT. Di perjalanan dalam kota sendiri BeAT bisa mencatat angka 63 km/liter, sedangkan Scoppy hanya 62 km/liter saja. Sedangkan untuk perjalanan luar kota BeAT mencapai kompresi 72 km/liter, sementara Scoopy hanya 70 km/liter.

Fitur Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP

Bicara fitur, Scoopy eSP menghadirkan beberapa hal seperti teknologi ISS (Idling Stop System), fitur ACG, fitur Answer Back System. Selain itu ada juga sistem pengapian Full Transisterized dengan Denso U27EPR-N9 di bagian busi. Sementara itu BeAT eSP menghadirkan fitur parking brake lock, yang membuat mesin mati saat standar samping diturunkan. Ada juga fitur Magnetic Shutter Key yang menjadikan motor tetap aman. Pada bagian kelistrikan ada baterai tipe MF yang memiliki daya 12V-3Ah dengan didukung oleh busi jenis NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9.

Spesifikasi Honda Beat ESP VS Scoopy ESP

 

Honda Beat ESP

Scoopy ESP

Mesin

Tipe Mesin

4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP

4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP

Isi Silinder

110 cc

108,2 cc

Diameter x Langkah

50 x 55,1 mm

50 x 55,1 mm

Daya Maksimum

6.38 kW @7.500 rpm

6,4 kW (8,7 PS / 7.500 rpm)

Torsi Maksimum

9.01 Nm @6.500 rpm

9,1 N.m (0,93kgf.m)/6.000 rpm

Kapasitas Tangki

4 liter

3,7 liter

Rasio Kompresi

9.5 : 1

9,5 : 1

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

PGM-FI

Sistem Starter

Starter, pedal & elekterik

ACG Starter, pedal & elekterik

Sistem Pengapian

Full Transisterized, Baterai

Full Transisterized

Kapasitas Oli Mesin

0,7 L (Exchange)

0,7 L (exchange)

Baterai

12 V – 5 A.h (tipe MF)

Tipe Busi

NGK MR9C-9N

NGK MR9C-9N / Denso U27EPR-N9

Tipe Kopling

Kering, Otomatis, Sentrifugal

Otomatis, sentrifugal, tipe kering

Dimensi

P x L x T

1856 x 666 x 1068 mm

1.856 x 694 x 1.060 mm

Ground Clearance

146 mm

139 mm

Wheel Base

1256 mm

1.256 mm

Berat

96 kg

Sasis

Transmisi

Otomatis, V-Matic

Tipe Rangka

Back Bone

Back Bone

Suspensi Depan

Telescopic

Teleskopik

Suspensi Belakang

Swing Arm Mono Suspension

Swing Arm Mono Suspension

Rem Depan

Hydraulic Disc

Hydraulic Disc

Rem Belakang

Tromol

Tromol

Ban Depan

80/90-14M/C 40P- Tubeless

80/90 – 14 M/C 40P (tubeless)

Ban Belakang

90/90-14M/C 46P- Tubeless

90/90 – 14 M/C 46P (tubeless)

Harga

Ditinjau dari harganya maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa harga Honda Scoopy eSP jauh lebih mahal dibandingkan dengan Honda BeAT eSP. Daftar harga Honda BeAT eSP sendiri adalah :

Harga Honda Beat ESP VS Scoopy ESP

Honda Beat ESP

Honda Scoopy ESP

Tipe

Harga

Tipe

Harga

Harga Honda Beat ESP (CBS)

Rp 14.550.000 Harga Scoopy ESP Sporty  Rp.16.250.000,-

Harga Honda Beat ESP (ISS)

Rp 15.050.000 Harga Scoopy ESP Stylish

 Rp.16.250.000,-

Harga Honda Beat ESP (CW) Rp 14.350.000

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.