Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018

Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018- Honda Beat dan Honda Spacy merupakan motor matik besutan Honda. Dimana Honda Beat sangat diminati oleh masayarakat Indonesia, tidak heran jika banyak orang yang memilikinya dan biasa dijadikan sebagai kendaraan beraktivitas sehari-hari. Sedangkan, Honda Spacy yang sama-sama bersegmen di motor matik juga mengalami perubahan dari versi yang terdahulunya. Jika ingin tahu apakah yang berbeda dari kedua motor buatan Honda ini. Simak penjelasan mengenai perbandingan antara motor Honda Beat vs Honda Spacy di bawah ini.

Desain Honda Beat VS Honda Spacy

Desain Honda Beat

Honda BeatPada bagian eksterior Honda Beat ini menawarkan tampilan yang lebih sporty dibanding generasi sebelumnya. Honda Beat dirancang dengan desain V-shape pada sisi bagian depan, sementara untuk susunannya, bagian bawah sudah disemati lampu utama dan lampu sein yang terpasang tepat di bagian atasnya. Lanjut ke bagian stang di mana pada bagian ini, Honda Beat hampir serupa dengan pendahulunya. Akan tetapi, Honda memoles bukan dengan line yang tajam melainkan dengan lekukan aduhai. Speedometer bernuansa user friendly pun sudah dibenamkan dengan apik, dengan model analog pada penunjuk kecepatannya.

Honda BeatLalu, berlanjut ke bagian belakang, Honda Beat memiliki jok yang sangat nyaman untuk ditumpangi, yang dirancang lebih tinggi pada bagian belakang, lengkap dengan behel yang dibuat dari material yang kuat. Sementara untuk bagian buritan, dibuat dengan mengikuti alur body sehingga membuat motor ini terlihat lebih kompak dan sporty, ditambah lagi dengan hadirnya lampu belakang yang. Secara keseluruhan, tampilan motor Honda Beat ini mengedepankan tampilan sporty nan modern.

Desain Honda Spacy

Honda SpacyUntuk desain Honda Spacy, nampaknya Honda memberikan kelebihan tersendiri dengan desain yang stylish namun sporty dengan disediakannya bagasi yang cukup  luas. Honda Spacy memiliki bagasi paling luas dikelasnya. Dengan bagasi seluas ini, tentu saja helm pun dengan mudah disimpan tanpa harus repot-repot menitipkannya diparkir.

Honda Spacy

Tidak hanya itu, Honda Spacy juga memiliki tangki bensin yang cukup besar yaitu mampu menampung hingga 5 liter sehingga jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh tidak perlu khawatir untuk sering mengisi bensin. Beralih ke lini kemudi, untuk memberikan kesan futursitik, motor ini dibekali lampu utama yang otomatis menyala jika mesin di hidupkan. Sementara, untuk lampu bagian belakang dirancang lebih besar, terdiri 3 bagian yakni lampu rem, samping dan lampu sein.

Speedometer Honda Beat VS Honda Spacy

Speedometer Honda Beat

Speedometer Honda BeatPada bagian speedometer Honda Beat, maka tersedianya panel indikator yang dirancang sporty. Pada panel-panel indikator tersebut terdapat analog penunjuk kecepatannya, terdapat pula panel indikator Mesin, indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama. Dengan adanya beberapa indikator tersebut membuat si pengendara mendapat informasi seputar berkendara. Speedometer pada Honda juga dibuat simpel dari versi terdahulunya.

Speedometer Honda Spacy

Speedometer Honda SpacySedangkan, pada speedometer Honda Spacy didesain lebih bersahabat. Pada speedometer terdapat panel analog pada penunjuk kecepatan, serta tersedianya beberapa indikator mengenai informasi berkendara seperti indikator Mesin, indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama.

Dimensi Honda Beat VS Honda Spacy

Honda Beat memiliki dimensi panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan tinggi 1.068 mm. Serta, memiliki jarak sumbu roda sebesar 1256 mm dan jarak dari tanah berukuran 140 mm. Selain itu, Honda Beat memiliki ketinggian jok motor 735 mm. Sementara, untuk berat Honda Beat memiliki berat sebesar 94 kg untuk Tipe CW dan CBS) dan bobot 95 kg. Sedangkan, untuk Honda Spacy memiliki dimensi panjang 1.841 mm, lebar 660, dan tinggi 1.094 mm, serta memiliki jarak dari tanah berukuran 128 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sama dengan Honda Beat yakni berukuran 1.256 mm. Mengenai tinggi jok motor Honda Spacy lebih tinggi dari Honda Beat dengan memiliki ketinggian 785 mm dan berat yang dimiliki yaitu 97 kg (untuk velg jari-jari & racing)

Mesin Honda Beat VS Honda Spacy

Mesin Honda Beat

Mesin Honda Beat

Mengenai mesinnya, Honda Beat menggunakan mesin 4-Langkah, SOHC dengan Pendinginan Udara dan berkapasitas silinder 108,2 cc. Selain itu, teknologi eSP menjadikan motor matic ini lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan bila di bandingkan dengan versi sebelumnya. Tak ketinggalan teknologi sistem pembakaran Injeksi (PGM-Fi) yang akan mengoptimalkan efesiensi bahan bakar, sehingga Honda Beat mampu mempertahankan posisinya sebagai motor matic paling irit di Indonesia. Honda Beat mampu menghasilkan tenaga maksium mencapai 8.6 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsinya mencapai 9.01 Nm pada putaran 6.500 rpm. Lalu, pada kapasitas tangki menjadi lebih besar karena mampu menampung bahan bakar hingga 3,7 liter. Kelebihannya lagi, motor matic ini menerapkan teknologi “Enhanced Smart Power”. yang menjamin kualitas motor dalam menambah efesiensi pembakaran.

Mesin Honda Spacy

Mesin Honda SpacyUntuk bagian dapur pacu dari Honda Spacy tidak banyak perubahan berarti, karena pada dasarnya motor ini menggunakan tipe yang sama. Motor pabrikan asal Jepang ini sudah terbukti kualitasnya. Tidak hanya dikenal dengan performa mesinnya yang tangguh, Honda juga terkenal akan ke efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Untuk mesin yang digunakan pada Honda Spacy yakni tipe 4 Langkah, OHC dengan volume langkah 108 cc. Lalu, sistem kopling pada motor ini menggunakan tipe Otomatis, sentrifugal, tipe kering dengan pola transmisi Otomatis, V-Matic. Dengan mesin tersebut motor ini mampu mencapai kecepatan dengan daya maksimum 6.38 kW (8.67 PS) pada putaran 8.000 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya adalah  8.89 N.m (0,91 kgf.m) pada putaran 6500 rpm. Honda spacy helm in fi juga dilengkapi sistem pembakaran fuell injection, sehingga sistem pembakaran pada motor ini akan lebih sempurna dan lebih efisien dalam hal bahan bakar.

Suspensi Honda Beat VS Honda Spacy

Suspensi Honda Beat

Kemudian untuk bagian kaki-kaki, Honda Beat memiliki suspensi depan bertipe teleskopik, dan suspensi belakang tunggal dengan lengan ayun. Honda Beat semakin menarik dengan hadirnya rem depan cakram hidrolik yang berpadu dengan ban depan tubeless berukuran 80/90–14 M/C40P. Sedangkan, untuk bagian belakangnya masih memakai rem jenis tromol yang dipasangkannya ban belakang berukuran 90/90–14 M/C 46P. Menariknya, Honda menyediakan sistem pengereman berupa teknologi Combi Brake System apabila Anda membeli varian CBS dan CBS-ISS. Teknologi tersebut nantinya akan mengoptimalkan pengereman roda depan dan pengereman belakang semakin tepat sehingga keamanan pengereman akan lebih terjamin.

Suspensi Honda Spacy

Rangka yang ditanamkan pada motor ini merupakan jenis rangka tulang punggung yang berbahan baja. Rangka ini memang dibuat agar memiliki sitem keseimbangan tinggi, tak ayal banyak sekali jenis motor yang menggunakan rangka dengan jenis ini. Tidak hanya bahan dasar materialnya yang mumpuni, sistem suspensinya pun boleh diadu kualitasnya. Dengan suspensi Telkopik pada bagian depan, sedangkan untuk belakangnya adalah lengan ayun atau shokbreker tunggal. Kedua suspensi ini sangat stabil dan mempunyai daya redam yang tinggi, sehinga memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendaranya. Lalu, pada sistem pengeremannya, motor ini menggunakan cakram hidrolik dengan piston tunggal, dan untuk bagian belakangnya yakni sistem rem tromol.

Fitur Honda Beat VS Honda Spacy

Berbicara mengenai fitur diantara keduanya, Honda Beat dan Honda Spacy sama-sama memiliki fitur keamanan dan fitur kenyamanan yang hampir serupa. Honda Beat dan Honda Spacy sama-sama menggunakan teknologi lampu AHO (Automatic Headlight On) dimana tekologi ini sudah disesuaikan dengan regulasi pemerintah. Pada Honda Beat terdapat sistem pengereman depan yakni rem cakram dan rem tromol pada bagian belakang. Tidak hanya itu saja, fitur-fitur lainnya yakni adanya Teknologi CBS, teknologi ISS (Idling Stop System), dan parking Brake Lock. Di sisi lain, untuk Honda Spacy terdapat fitur auto secure key shutter dimana fungsinya dalam menghindari resiko pencurian. Selain itu, Honda Spacy memiliki rem (brake lock).

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Beat VS Honda Spacy

Honda Beat

Honda Spacy

Mesin

Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC dengan Pendinginan Udara, eSP 4-Langkah, SOHC
Jumlah Silinder 4 4
Isi Silinder 108,2 cc 108 cc
Diameter x Langkah 50 x 55 mm 50 x 55 mm
Daya Maksimum 6,38 kW(8,68 PS) / 7.500 rpm 8,54 PS / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9,01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm 0,82 kgf.m / 6.000 rpm
Kapasitas Tangki 3,7 liter 5,0 liter
Rasio 9,5:1 9,2:1
Sistem Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI) Fuel injection: 32 mm x 2
Sistem Starter ACG Starter, Pedal & Elektrik Pedal & Elektrik
Sistem Pengapian Full Transisterize, Baterai DC – CDI, Digital

Dimensi

P x L x T 1.856 x 666 x 1.068 mm 1.841 x 660 x 1.094 mm
Ground Clearance 140 mm 128 mm
Wheelbase 1.256 mm 1.256 mm
Tinggi Tempat Duduk 735 mm 785 mm
Berat 94 kg (Tipe CW dan CBS) / 95 kg (Tipe CBS-ISS) 97 kg (untuk velg jari-jari & racing)

Sasis

Transmisi Otomatis, V-Matic Otomatis, V-Matic
Tipe Rangka Tulang punggung Tulang punggung
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol Tromol
Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P 80/90 – 14 M/C 40P
Ban Belakang 80/90 – 14 M/C 46P 80/90 – 14 M/C 46P

Harga Honda Beat VS Honda Spacy

Harga Honda Beat VS Honda Spacy

Honda Beat

Honda Spacy

Tipe Harga Tipe Harga
New BeAT Pop CW Rp14.725.000- Spacy CW FI Rp14.475.000-
New BeAT Pop Art – CW Rp14.725.000-
New BeAT Pop CBS Rp14.925.000-
New BeAT Pop CBS – ISS Rp14.925.000-
New BeAT Pop Art – CBS Rp15.425.000-
New BeAT Pop Art CBS – ISS Rp15.425.000-
New BeAT FI Sporty CW MCC Rp15.175.000-
New BeAT FI Sporty CBS MCC Rp15.375.000-
New BeAT FI Sporty CBS ISS MCC Rp15.875.000-
New BeAT FI Streat MMC Rp15.875.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Honda Beat vs Honda Spacy berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=1t_0OCl1-Pk  dan https://www.youtube.com/watch?v=M9AF4MYrMNc

Artikel terkait: Honda Scoopy vs Yamaha Fino Indonesia Review 2018

Honda CBR 150 vs Yamaha R15 Indonesia Review 2018

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX king Indonesia Review 2018

Honda CBR 250 vs Kawasaki Ninja 250 Indonesia Review 2018

20 pemikiran di “Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar