Honda Beat vs Yamaha Mio M3 Indonesia Review 2019

Honda Beat vs Yamaha Mio

Honda Beat vs Yamaha Mio Indonesia Review 2019– Sepeda motor matic saat ini sangat digemari masyarakat. Tidak hanya bagi kaum perempuan saja yang notabene memang menjadi sasaran utama, namun saat ini kalangan pria ternyata juga meminati motor dengan transmisi otomatis ini. Dua diantara produk motor matic di Indonesia yang paling laris dan disukai masyarakat adalah Mio M3 vs BeAT. Nah, dari sini banyak orang yang bingung untuk memilih BeAT vs Mio bagus mana ? atau Mio vs BeAT menang mana ?. Untuk mengetahuinya lebih detailnya simak ulasan perbandingan antara motor Mio vs Beat di bawah ini.

Desain Beat vs Mio

Desain Honda Beat

Pertama, pada bagian desain luarnya Honda Beat ini terlihat lebih sporty dan modern dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Dimulai dari bagian depan yang menerapkan konsep desain V-Shape, serta terpasangnya lampu utama dan lampu sein pada bagian depan. Jika dilihat Honda tidak mengubah terlalu banyak pada bagian stang karena hampir menyerupai dengan versinya terdahulunya, hanya saja stang pada Yamaha Beat terbaru dibuat dengan lekukan-lekukan yang apik.

Beralih ke bagian belakang, Jok dirancang lebih tinggi dan berbahan material yang kuat namun empuk sehingga akan membuat penumpang merasa nyaman. Selain itu, adanya buritan yang mengikuti alur body dan terpasangnya lampu belakang akan membuat motor terlihat lebih sporty.

Desain Yamaha Mio

Sama halnya dengan Honda Beat, maka Yamaha Mio juga memiliki desain yang lebih modern hanya saja lampu depan belum berteknologi LED. Yamaha Mio menerapkan desain M-Shape headlamp yang akan menguatkan kesan stylish dan juga modern. Pada bagian sampingnya, Yamaha Mio terlihat begitu ramping dengan berpadu sayap yang memiliki layer. Hal ini terlihat dengan adanya stripingnya yang didesain minimalis namun ‘eye catchy’ dan lebih modern.

Jika melihat ke bagian jok dan handle seatnya terdapat pula handle seat dengan M-Style yang terkesan begitu futuristik. Terakhir, ke bagian belakang, adanya buritannya dan Smokey Tail Lamp, yang berdesain ‘racy’ dimana menghadirkan aksen smoke yang berkarakter tegas sehingga menguatkan kesan sporty pada desain luarnya. Itulah perbedaan antara BeAT vs Mio M3 untuk menjadi pertimbangan dalam segi desain.

Speedometer Beat vs Mio

Speedometer Honda Beat

Membahas perbandingan panel speedometer Mio M3 vs BeAT dapat kita lihat bagian speedometer Honda Beat dirancang lebih simpel dari versi yang sebelumnya. Panel-panel Indikator yang tersedia akan memudahkan si pengendara dalam mengetahui informasi mengenai kondisi motor saat melakukan perjalanan. Panel-panel tersebut diantaranya adanya analog penunjuk kecepatannya, indikator Mesin, indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama.

Speedometer Yamaha Mio

Di sisi lain, untuk speedometer Yamaha Mio dirancang lebih minimalis, modern dan friendly. Terbagi menjadi dua cluster yakni bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas didesain dalam frame heksagonal lancip ke bawah yang berisi jarum penunjuk analog dan terdapat indikator ECO. Selain itu, terdapat pula fuelmeter yang berada pada cluster kecil tepatnya di bawah cluster utama berbentuk guratan tajam.

Dimensi Mio vs BeAT

Honda Beat memiliki dimensi panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan tinggi 1.068 mm. Serta, memiliki jarak sumbu roda sebesar 1256 mm dan jarak dari tanah berukuran 140 mm. Selain itu, Honda Beat memiliki ketinggian jok motor 735 mm. Sementara, untuk berat Honda Beat memiliki berat sebesar 93 kg untuk Tipe CW dan CBS) dan bobot 95 kg. Sementara, untuk dimensi Yamaha Mio S dibarut dengan ukuran yang cukup ideal berada di kelas motor matic dengan panjang 1870 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1060 mm. Serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 1260 mm dan jarak terendah dari tanah 135 mm. Tidak hanya itu saja, jok Yamaha Mio lebih tinggi dari Jok Honda Beat yakni dengan ketinggian 750 mm. Bobotnya sendiri mencapai 94 kg, hampir sama dengan berat motor BeAT. Hal ini akan membuat tampilan motor makin ramping dan ringan ketika dikendarai.

Mesin Honda Beat vs Yamaha Mio

Mesin Honda Beat

Mengenai dapur pacunya antara Mio M3 vs BeAT, Honda Beat menggunakan mesin 4-Langkah, SOHC dengan Pendinginan Udara dengan berkapasitas silinder 108,2 cc. Dengan mesin tersebut, maka Honda Beat menghasilkan tenaga maksimal 8.55 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9.01 Nm pada putaran 6.500 rpm. Selain itu, keunggulan Honda Beat ini memiliki teknologi eSP yang membuat motor lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Untuk sistem bahan bakarnya, motor matic ini menggunakan pembakaran Injeksi (PGM-Fi) yang akan mengoptimalkan efesiensi dalam penggunaan bahan bakar. Tidak hanya itu, kelebihan Honda Beat juga menerapkan teknologi “Enhanced Smart Power” dimana akan menambah efesiensi pembakaran. Pada tangki bahan bakar lebih besar yakni berkapasitas 4 liter.

Mesin Yamaha Mio

Sedangkan, Yamaha Mio M3 memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimal 9,38 HP pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal hingga 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Di sisi lain, untuk Yamaha Mio S menggunakan mesin 4 tak bersilinder tunggal yang berkapasitas 125 cc. Maka dari itu, dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 9.38 HP pada putaran mesin 8000 rpm dan torsi maksimal sebesar 9.6 N.m pada putaran mesin 5500 rpm. Untuk sistem bahan bakarnya sendiri, Yamaha Mio S dibekali dengan teknologi Fuel Injection. Hal ini diklaim membuat perfoma motor semakin lincah dan lebih bertenaga, terlebih lagi menguntungkan karena irit bahan bakar.

Suspensi Honda Beat vs Yamaha Mio

Berlanjut ke bagian kaki-kaki antara Mio vs BeAT, Honda Beat menggunakan jenis suspensi teleskopik pada bagian depan dan Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal untuk suspensi bagian belakang. Pada bagian pengereman, rem depan menggunaan cakram hidrolik dengan ban depan tubeless berukuran 80/90–14 M/C40P. Sedangkan, bagian belakang menggunakan rem tromol dengan ban belakang berukuran 90/90–14 M/C 46P. Sementara, untuk Yamaha Mio pada bagian kaki-kainya, pada bagian depan memakai suspensi jenis Teleskopik dan pada bagian belakang menggunakan jenis suspensi Unit swing dimana suspensi ini dapat meredam setiap getaran saat motor melewati jalanan yang bergelombang. Selain itu, pada bagian pengeremannya, Yamaha Mio dilengkapi dua buah roda berukuran 70/90-14M/C 43P pada ban depan dan 80/90-14M/C 51P pada ban belakang. Ban yang digunakan Yamaha Mio S merupakan ban jenis tubeless dengan ukuran yang cukup lebar.

Fitur Honda Beat vs Yamaha Mio

Untuk Honda BeAT eSP menerapkan teknologi ESP (Enhanced Smart Power). Dengan teknologi ini Honda BeAT mampu menghasilkan pembakaran sempurna melalui rotasi vertical dan melalui pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih optimal. Dari teknologi ini menghasilkan gesekan offset cylinder, roller rocker arm, dan dinding silinder jadi berkurang. Selain teknologi ESP, Honda BeAT juga berteknologi skutik premium yaitu ACG starter yang mampu meredam suara starter dan menjadi dasar aplikasi fitur ISS (Idling Stop System).

Sedangkan, untuk Yamaha Mio M3 menerapkan teknologi Blue Core yang membuat gesekan antar komponen mesin pembakaran akan berkurang sehingga membuat mesin lebih bertenaga dan awet. Lanjut ke komparasi, Fitur pada Honda BeAT eSP antara lain Tuas pengunci rem, Bagasi luas 11 liter, Panel spedometer desain baru, Pengaman kunci kontak, Standar samping otomatis, Combi brake sistem untuk tipe tertinggi. Ditambah pula dengan ISS (Idling Stop System) untuk tipe tertinggi, ACG starter, dan Mesin berteknologi eSP. Sedangkan, fitur pada Yamaha Mio M3 antara lain Eco lamp Indicator, Smart Lock System, Side Stand Switch, Tangki BBM 4,2 L, Multifuntion Key, Teknologi Blue Core, dan Diasil cilinder dan forged piston.

Tabel Spesifikasi BeAT vs Mio 2019

Spesifikasi Honda Beat VS Yamaha Mio 2019

  Honda Beat ESP Yamaha Mio M3
Mesin
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP 4-langkah, SOHC
Isi Silinder 110 cc 125 cc
Diameter x Langkah 50 x 55,1 mm 524 x 57,9 mm
Daya Maksimum 8.55 HP / 7.500 rpm 9,38 HP / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9.01 Nm @6.500 rpm 9,6 N.m / 5.500 rpm
Kapasitas Tangki 4 liter 4,2 liter
Rasio Kompresi 9.5 : 1 9,5 : 1
Sistem Bahan Bakar PGM-FI Direct Injection
Sistem Starter Starter, pedal & elekterik pedal & elekterik
Sistem Pengapian Full Transisterized, TCI
Kapasitas Oli Mesin 0,7 L (Exchange) 0,84 L (exchange)
Baterai 12 V – 5 A.h 12 V – 5 A.h
Tipe Busi NGK MR9C-9N _
Tipe Kopling Kering, Otomatis, Sentrifugal Sentrifugal, tipe kering
Dimensi
P x L x T 1.856 mm x 666 mm x 1.068 mm 1.870 mm x 685 mm x 1.035 mm
Ground Clearance 146 mm 135 mm
Wheel Base 1256 mm 1260 mm
Berat 93 94 kg
Sasis
Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Rangka Back Bone Under Bone
Suspensi Depan Telescopic Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm Mono Suspension Swing Arm Mono Suspension
Rem Depan Hydraulic Disc Disc
Rem Belakang Tromol Tromol
Ban Depan 80/90-14M/C 40P- Tubeless 70/90 – 14 M/C 40P (tube)
Ban Belakang 90/90-14M/C 46P- Tubeless 80/90 – 14 M/C 46P (tube)

Harga Honda BeAT vs Yamaha Mio

Ditinjau dari harganya maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa harga Mio M3 vs BeAT tidak  jauh berbeda satu sama lain. Daftar harga Honda BeAT vs Mio 2019 sendiri adalah :

Harga Honda Beat VS Yamaha Mio 2019

Honda Beat ESP Yamaha Mio M3 2019
Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Beat ESP (CBS) Rp 15.700.000 Harga Mio M3  Rp.15.800.000
Harga Honda Beat ESP (ISS) Rp 16.250.000 _  _
Harga Honda Beat ESP (CW) Rp 15.500.000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Honda Beat vs Yamaha Mio berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=COaE-Aky6hc

Artikel terkait: Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018

Honda Scoopy vs Yamaha Fino Indonesia Review 2019

New Honda Beat Indonesia Review 2018 | Warna & Stripping Baru dengan Harga 15 Jutaan

Tinggalkan sebuah komentar