Honda Blade 125 FI Indonesia Review 2018

Honda Blade

Honda Blade 125 FI Indonesia Review 2018 Pabrikan asal negeri sakura, Honda, memang sampai saat ini terkenal menciptakan motor dalam berbagai segmen dengan inovasi modern dan spesifikasi yang mumpuni tentunya. Salah satu motor bebek jebolannya yaitu Honda Blade 125 FI. Berbeda dengan Honda Blade varian sebelumnya yang masih mengusung sistem pembakaran karburator berkapasitas 110 cc. Honda Blade 125 FI 2017 terbaru justru hadir dengan style desain yang lebih sporty dan agresif yang tentunya akan dikombinasikan dengan teknologi mesin injeksi 125 cc. Di mana akan membuat motor ini lebih ramah lingkungan dan tentunya irit bahan bakar. Selain itu, motor Honda Blade 125 FI ini juga akan tampil dalam dua varian, yaitu New Honda Blade 125 FI dan New Honda Blade 125 FI Repsol Edition yang mengusung spesifikasi yang sama. Bagaimana sih spesifikasi Honda Blade 125 FI selengkapnya? Simak review Honda Blade 125 FI berikut ini.

Desain Honda Blade 125 FI

Honda BladePada sesi pertama ini kami akan mengulik tuntas sektor fisik atau tampilan terluar dari spesifikasi Honda Blade 125 FI. Sebelumnya, tahukah anda bahwa Honda Blade 125 FI ini akan hadir dengan gaya yang sporty ? Yap, Honda Blade 125 FI kini hadir dengan desain yang tampak terlihat gagah dan kokoh. Mulai dari sektor bodi depan, dengan bentuk bodi tampak menjorok tajam ke depan dengan lampu utama model teranyar yang dirancang dengan bentuk lebih runcing dan disempurnakan juga oleh lampu reflektor ganda. Sehingga, untuk sektor pencahayaan Honda Blade 125 FI tersebut akan memberikan efek penerangan yang baik ketika digunakan di malam hari atau di lokasi yang gelap sekalipun. Kemudian, untuk bagian sampingnya pun memperlihatkan kesan sportynya yang dilengkapi dengan sayap samping yang lebih besar, sehingga aman untuk melindungi kaki pengendara dari cipratan air, apalagi saat musim hujan.

Honda BladeBeralih ke sektor belakang atau buritannya, Honda Blade 125 FI ini pun dibekali dengan stop lamp yang menyatu dengan lampu sein dengan corak desain teranyar sehingga memperlihatkan kesan yang lebih sporty nan modern. Tidak hanya itu, kelebihan lain masih berlanjut ketika sampai pada joknya. Di mana Honda Blade 125 FI ini menyuguhkan bagasi yang memiliki kapasitas mencapai 7,73liter yang siap menyimpan barang bawaan anda secara mudah dan lebih praktis. Bahkan, disediakan juga tangki bahan bakar minyak berkapasitas 4 liter sehingga mampu menampung bahan bakar cukup banyak meski menempuh perjalanan jauh. Secara keseluruhan Honda memang ingin memeperlihatkan kesan sporty dan atraktif lewat desain salah satu produk andalannya ini.

Dimensi Honda Blade 125 FI

Setelah membahas desain Honda Blade 125 F1, kini saatnya kita masuki review untuk dimensi dari spesifikasi Honda Blade 125 FI. Sebelumnya sudah kita pahami bahwa Honda Blade 125 FI ini mengusung konsep desain yang lebih sporty nan atraktif. Oleh karena itu, rangka penyusun desain tersebut diusung dengan dimensi yang seimbang. Bicara soal dimensi, Honda Blade 125 FI ini menggunakan rangka tulang punggung yang memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1902 mm, lebar 707 mm, dengan tingginya 1103 mm serta memiliki berat kosong sebesar 106 kg. Dengan ukuran dimensi dan bobot dari Honda Blade 125 FI ini, tentunya akan membuat pengemudi merasa lebih ringan dan gesit ketika mengendarai motor bebek sporty ini. Ditambah lagi, Honda Blade 125 FI ini memiliki ukuran ground clearance yang dinilai lumayan tinggi, yaitu 136,5 mm. Yang akan membuat motor bebek sporty ini lebih gesit dan responsif jika dikendarai di medan yang berbatu sekalipun. Nampaknya, dengan kelebihan spesifikasi Honda Blade 125 FI tersebut akan membuatnya lebih nyaman dikendarai.

Fitur Honda Blade 125 FI

Untuk menunjang segala aktivitas pengendara, tentu saja spesifikasi Honda Blade 125 FI juga memberikan tawaran beberapa fitur menarik yang berteknologi canggih. Adapun fitur-fitur tersebut diantaranya, untuk keselamatan motor ini dibekali dengan sistem pengereman depan dan belakang yang mengandalkan rem cakram. Untuk keunggulannya sendiri, rem pada Honda Blade 125 FI tersebut akan memberikan kualitas sistem pengereman yang lebih optimal sehingga pengendara mampu mengontrol laju motor dan tentu saja akan mendukung keselamatan pengemudinya. Kemudian, Honda Blade 125 FI ini pun telah dibekali teknologi Auto Secure Key Shutter. FYI, fitur ini merupakan fitur sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman sehingga anda tidak perlu khawatir ketika meninggalkan Honda Blade 125 FI ini sendirian. Asalkan didukung oleh sistem keamann lainnya. Selain itu, ada juga Sporty Muffler yang merupakan teknologi pada knalpot berdesain baru yang sudah dilengkapi dengan pelindung panas. Tak hanya itu, spesifikasi Honda Blade 125 FI ini juga dilengkapi dengan panel indikator yang memancarkan cahaya ilumi sehingga menampilkan tampilan yang lebih modern dan futuristik.

Suspensi Honda Blade 125 FI

Bicara soal suspensi, Honda membekali spesifikasi Honda Blade 125 FI ini dengan 2 varian suspensi. Untuk suspensi depannya motor ini mengandalkan tipe teleskopik. Sedangkan, untuk suspensi belakangnya lengan ayun dengan suspenssi ganda (2 shock breaker) yang terpasang pada sisi kanan dan kiri dibekali pada motor ini. Jadi, wajar saja jika Honda Blade 125 FI ini akan mampu menahan beban pengemudi maupun penumpangnya. Bahkan, berkat hadirnya kedua suspensi tersebut akan mampu mengurangi goncangan ketika melewati jalan yang berlubang atau jalanan yang terjal penuh bebatuan sekalipun. Tak hanya itu saja, suspensi yang kokoh pada Honda Blade 125 FI tersebut juga didukung oleh sistem pengereman yang cukup mumpuni di kelasnya. Di mana, untuk sistem pengereman bagian depan dan belakang sama-sama mengandalkan cakram hidrolik piston tunggal.  Bahkan, sesuai denagn spesifikasi Honda Blade 125 FI, motor ini juga akan dibekali dengan velg gaya racing sehingga gaya sporty makin nampak jelas terlihat.

Mesin Honda Blade 125 FI

Mesin Honda BladeJika berbicara tentang performa permesinan, sudah bisa dipastikan jika spesifikasi Honda Blade 125 FI ini dibekali performa yang lebih baik dari Honda Blade 110 yang merupakan varian Blade sebelumnya. Honda Blade 125 FI ini ditanami mesin yang sama dengan Honda Supra X 125 FI yakni mesin SOHC 4 langkah dengan silinder tunggal yang berkapasitas 124,89 cc. Mesin Honda Blade 125 FI tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 10,1 Ps pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 9,30 Nm pada putaran ke 4.000 rpm. Tenaga tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi standar 4 kecepatan rotari. Sehingga, wajar saja jika Honda Blade 125 FI ini akan memberikan performa yang handal dan gesit di jalanan. Selain itu, mesin dari Honda Blade 125 FI ini juga mengandalkan teknologi dengan sistem pembakaran Fuel Injeksi yang mampu menjadikan motor bebek sporty ini lebih ramah lingkungan dan pastinya efisien atau irit bahan bakar. Jadi, spesifikasi Honda Blade 125 FI tersebut dijamin siap memberikan performa yang tangguh namun tetap ramah lingkungan.

Speedometer Honda Blade 125 FI

Speedometer Honda BladeSetelah kita mengulas beberapa sektor terluar atau eksterior dari spesifikasi Honda Blade 125 FI, kini tibalah saatnya kita membahas mengenai sektor panel indikator dari Honda Blade 125 FI. Pada panel indikator dari Honda Blade 125 FI ini, hadir dengan pencahayaan ilumi, desain yang modern dan sangat informatif. Selain itu, masih pada panel indikator dari Honda Blade 125 FI ini juga masih mengandalkan panel analog. Meski begitu, bukan berarti Honda Blade 125 FI ini ketinggalan zaman karena panel indikator tersebut tetap menyajikan data yang jelas dan informatif. Alasannya jelas bahwa Honda Blade 125 FI ini mengusung indikator modern dengan 3 sekat yang terpisah. Di bagian tengah dari panel tersebut menampilkan data kecepatan. Kemudian, untuk sisi kanan panel tersebut menampilkan sistem pengoperasian gigi. Dan yang terakhir di bagian kiri terdapat indikator bensin dan indikator lampu. Sesuai dengan spesifikasi Honda Blade 125 FI pada panel indikator tersebut, sepertinya memang kesan sporty dan futuristik pada motor ini tidak dapat dibantah lagi.

Spesifikasi Honda Blade 125 F1

Mesin

Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Isi Silinder 124.89 cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimum 7,40 kW (10,1 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9,30 Nm (0,95 kgf.m) / 4.000 rpm
Suplai bahan bakar PGM-FI
Kopling Multiple wet Clutch with Coil Spring
Gigi Transmisi 4 – Speed Manual, Rotary
Pola Gigi N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
Sistem Start Electric and Kick Starter
Kapasitas Tangki 4.0 liter
Kapasitas Oli Mesin 0.7 liter pada penggantian periodik

Dimensi

P x L x T 1.902 x 707 x 1.103 mm
Jarak Sumbu 1.235 mm
Jarak Terendah 136,5 mm
Berat 106 kg

Rangka

Tipe Rangka Tulang punggung
Suspensi Depan teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi ganda
Rem Depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P

Kelistrikan

Tipe Pengapian Full Transisterized
Tipe Baterai MF 12 V, 3.0 Ah
Tipe Busi NGK CPR6EA-9 / ND U2DEPR9

Harga Honda Blade 125 FI

Harga Honda Blade 125 FI

Tipe

Harga

Harga New Honda Blade 125 FI Rp16.730.000,-
Harga New Honda Blade 125 FI Repsol Edition Rp17.130.000,-

 

8 pemikiran di “Honda Blade 125 FI Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar