Honda Brio vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Daihatsu Ayla vs Honda Brio

Honda Brio vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018– Mobil City Car dengan konsep Low Cost Green Car (LCGS) saat ini tengah digemari terutama di Indonesia. Selain harga nya yang cenderung terjangkau, spesifikasi yang dihadirkan mobil berkonsep Low Cost Green Car (LCGS) ternyata mampu memenuhi ekspektasi peminatnya. Salah satu City Car yang tengah digemari masyarakat indonesia adalah City Car keluaran Honda yakni Honda Brio dan city car keluaran Daihatsu yaitu Daihatsu Ayla. Sama–sama mengusung konsep yang sama yaitu LCGS dan memiliki dimensi body yang sama–sama kecil. Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan Honda Brio secara dimensi memiliki dimensi yang kecil jika dibandingkan mobil–mobil keluaran lainnya. Namun akselerasi dan keunggulan spesifikasinya tidak perlu diragukan lagi. Hadir lebih sporty dan fresh dengan target pasar yakni anak muda.

Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Honda Brio adalah kandungan konten lokal yang dimilikinya mencapai 85 persen, sesuai dengan konsep LCGC yang lebih mementingkan kandungan lokal. Disisi lain, kehadiran daihatsu Ayla sepertinya tidak bisa dianggap sepele. Mobil mungil yang tengah laris ini memiliki akselerasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin kendaraan city car yang ekonomis, menjadika daihatsu Ayla banyak diminati masyarakat.

Daihatsu Ayla memang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu primadona kendaraan LCGC Tanah Air. Meski secara fisik ukuran Ayla cukup mungil, namun mobil ini akan memberikan kenyamanan yang lega kepada penumpang dan pengemudinya. Sementara Honda Brio, Meskipun masuk kategori mobil Low Cost, namun mobil ini tetap dibekali dengan spesifikasi mumpuni layaknya mobil terbaru Honda lainnya. Bahkan, Honda Brio saat pertama kali diluncurkan sudah mengusung teknologi Dual SRS Airbags, tak seperti mobil murah lainnya yang fitur kenyamanan tersebut justru dipangkas. Untuk itu, berikut adalah perbandingan dari kedua mobil mungil ini, simak ulasannya.

Eksterior Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Eksterior Honda Brio

Eksterior Honda Brio

Mobil Daihatsu Ayla diciptakan dengan desain A-Concept, di mana desain A-Concept ini dirancang menyesuaikan selera konsumen. Kebanyakan, masyarakat khususnya di kota-kota besar menginginkan mobil berukuran kecil namun memiliki kabin lega. Sedangkan jika kita lihat Desain Honda Brio, si mungil Brio ini mendapatkan label “Small Car, Big Power” karena selain spesifikasi mesinnya yang handal. Desain Honda Brio dinilai lebih sporty jika dibandingkan pesaing lainnya.

Dari sektor wajah, Honda brio dinilai lebih baik daripada Daihatsu Ayla, dengan desain headlight multireflektor 3 dimensi yang cukup lebar sehingga mampu memancarkan cahaya maksimal ketika berkendara di malam hari. Lalu pada bagian grill depan, fascia Honda Brio didesain dengan karakter agresif lewat frame yang berbentuk sabuk dan dilabur dengan warna krom. Sementara itu pada bagian wajah daihatsu Ayla memiliki headlamp multi reflektor yang dirancang lebih sipit dan tajam, serta pada bagia front grill dibangun dengan konsep grill lebar. Tambahan emblem logo ‘A’ berbentuk elips dengan bingkai yang elegan. Sedangkan pada bagian tengah Brio diberi emblem logo “h” .

Eksterior Daihatsu Ayla

Eksterior Daihatsu Ayla

Untuk fog lamp, Daihatsu Ayla memiliki desian fog lamp yang lebih ringkas yang disertai ring berlapis krom dan untuk Honda Brio (kecuali tipe Brio Satya), didesain tanpa ada bingkai dan berdimensi mungil. Meski ukrannya kecil, namun foglamp pada Honda Brio ini sanggup memberikan sinar lebih baik ketika malam hari. Untuk Bumper daihatsu Ayla didesain dengan bumper yang lebih besar namun tetap dinamis. Dan Honda Brio memiliki bumper yang juga berfungsi sebagai penutup radiator, cover radiator tersebut berbahan fiberglass.

Menyisir bagian samping keduanya, Honda brio menonjolkan sisi minimalis tanpa terlalu banyak lekukan. Begitu juga hal nya dengan body Daihatsu Ayla yang tampil lebih minimalis dengan tampahan side molding krom dan juga pillar di atas jendela samping. Kedua mobil ini sepakat untuk mendesain body sampingnya dengan konsep minimalis namun tidak meninggalkan sisi elegannya. Beralih ke sektor belakang, Daihatsu Ayla memiliki desain yang lagi – lagi miniimalis lewat lampu belakang yang dipermanis dengan efek smoke. Tampilan belakang juga lebih sporty berkat adanya spoiler body yang dirancang mengikuti alur desain mobil secara keseluruhan. Sedangkan pada Honda Brio sedikit berbeda, bagian belakang terdapat chrome bumper garnish yang membuat tampilan belakang terlihat lebih mewah dan atraktif. Tampilan stop lamp Honda Brio yang diletakan di sudut luar mampu menambah kesan sporty untuk tampilan body belakang. Ditambah lagi dengan spoiler berdesain tail gate yang penuh gaya. Konsep desain pada spesifikasi Honda Brio ini secara jelas mampu menampilkan aura mobil LCGC yang stylish dan modern.

Interior Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Interior Honda Brio

Dashboard Honda Brio

Secara design tampilan interior Brio juga terbilang minimalis. Itu artinya tak banyak fitur-fitur yang disediakan di dalam dashboardnya ataupun kabinnya. Pada bagian dashboard, panel instrumen seperti panel audio system, AC, USB port, dan lain–lain tergolong standar namun tetap mementikan fungsionalnya secara keseluruhannya. Hal yang sama untuk setir kemudi, Honda Brio memiliki desain yang cukup minimalis pada setir kemudinya dengan tak banyak instrumen-instrumen yang memenuhi dasbor kemudi.

Interior Honda BrioUntuk desain Daihatsu Ayla pun tergolong sederhana, dengan konsep minimalis namun fungsional dengan menggunakan material yang cukup berkualitasPada bagian interior. Didominasi warna hitam dan silver dengan bentuk panel-panel sederhana. Setir kemudi Daihatsu Ayla sendiri juga dirancang secara standar namun tetap stylish dan enak digunakan. Lalu pada bagian dashboard, tak banyak panel instrumen yang tersedia. Panel dashboard Daihatsu Ayla tampil standar dengan dukungan fungsi-fungsi standar seperti panel Audio System dan juga panel pengaturan lainnya. Masih pada lini depan, Daihatsu Ayla memiliki speedometer  yang dilengkapi dengan indikator atraktif serta terdapat multi information indicator pada fuel meternya. Panel speedometer Daihatsu Ayla juga dilengkapi dengan cluster ECO-driving.

Baca juga Gambar Modifikasi Honda CB Terbaru 2018

Interior Daihatsu Ayla

Dasboard Daihatsu Ayla

Beralih ke bagian belakang, Honda Brio didesain degan kualitas material yang baik, dengan bangku penumpang yang kesemuanya telah dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Namun kursi belakang Honda Brio tidak bisa dilipat untuk memperluas area kabin bagasi, berbeda dengan Daihatsu Ayla kursi baris kedua yang fleksibel dan bisa dilipat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bagasi.

Interior Daihatsu Ayla

Secara keseluruhan, untuk kabin pada spesifikasi Daihatsu Ayla ini cukup lega. Meski keduanya memiliki body kecil dan kabin yang tidak terlalu besar, tetapi penumpang tetap bisa nyaman dengan ruang yang disediakan. Karena memang segmentasi kedua mobil  ini sebagai city car.

Dimensi Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Dari sektor kaki- kaki Honda Brio menggunakan Velg Steel Wheel 14 berukuran 175 / 65 R14 sedangkan daihatsu Ayla memiliki ukuran velg  155/80 R13. Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan sistem suspensi depan McPherson Struts dan suspensi belakang Torsion Axle Beam  dengan per keong yang pastinya begitu nyaman. Begitu pun Honda Brio yang dibekali dengan suspensi McPherson Struts dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Penggunaan suspensi berkualitas tersebut akan semakin memberikan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpangnya.

Secara tampilan luar, memang Honda Brio memiliki desain yang lebih stlylish jika kita bandingkan dengan Daihatsu Ayla. Secara keseluruhan Honda Brio mempunyai ukuran yang lebih panjang serta lebih lebar dari pada daihatsu ayla. Yaitu dengan demikian Honda Brio memang memiliki ruang kabin yang lebih lebar dan panjang jika dibandingkan dengan Daihatsu Ayla. Namun tinggi mobil Brio lebih rendah dari daihatsu ayla, walau makin tinggi mobil bakal mempunyai volume muat yang semakin banyak. Namun juga mempunyai kekurangan yaitu kurang seimbang waktu berbelok bila dibanding dengan mobil yang lebih rendah. Oleh karena itu Honda Brio memang lebih diperuntukan untuk mobil perkotaan.

Mesin Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Mesin Honda Brio

Mesin Honda Brio

Beralih ke jantung dari kedua mobil ini, Honda Brio memiliki spesifikasi mesin yang mengusung basis yang sama dengan beberapa model mobil Honda lainnya, seperti misalnya Honda Jazz atau Mobilio. Namun karena Honda Brio ini merupakan varian mobil paling low, maka mesinnya pun juga di-downgrade untuk penyesuaian. Kali ini, Honda mengusung mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC silinder segaris. Sementara itu Daihatsu Ayla mengandalkan mesin seri D26F 1KR-DE yang merupakan mesin Eco Technology pengembangan Daihatsu. Dengan tekhnologi tersebut,  mesin seri D26F 1KR-DE ini menjadi mesin yang lebih efisien dari penggunaan bahan bakar dan ramah lingkungan tentunya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil dengan tipe LCGC memiliki tenaga yang kecil atau kurang bertenaga. Namun kedua mobill ini membantah anggapan tersebut dengan spesifikasi mesinnya yang handal. Yaitu Honda Brio dengan kapasitas kapasitas isi silinder mencapai 1.198 cc dan Daihatsu Ayla memiliki kapasitas silinder 998 cc yang.

Mesin Daihatsu Ayla

Mesin Daihatsu Ayla

Jika kita bandingkan keduannya, Honda Brio memiliki kapasitas mesin yang lebih tinggi dari pada Daihatsu Ayla. Secara spesifik Honda Brio mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran 6.000 rpm. Dan torsi maksimum sebesar 109 Nm pada putarann 4.500 rpm sedangkan Daihatsu Ayla sanggup menghasilkan power maksimal hingga 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Dan torsi maksimal 8,7 Kgm pada putaran mesin 3.600 rpm dengan sistem suplai bahan bakar Multipoint Injection.

Honda Brio menggunakan sistem teknologi Drive By Wire untuk mengontrol buka-tutup thorttle valve demi mencapai presisi akselerasi namun tetap irit BBM. Selain itu Honda Brio juga terdapat Patterned Skirt Coating, yaitu inovasi desain pada selubung piston untuk meminimalisir gesekan serta meredam kebisingan dan juga berguna untuk memaksimalkan performa. Mesin terbaru ini juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga menjadikan Honda Brio sebagai kendaraan ramah lingkungan. Menyoal transmisi, kedua jenis mobil ini tersedia untuk transmisi manual dan automatic. Jika Honda Brio dibekasi transmisi dengan 5 percepatan, Daihatsu Ayla dibekali transmisi 4 percepatan dan dilengkapi dengan fitur Electric Power Steering untuk tipe tertentu.

Fitur Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Meski murah dan kecil, fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara tetap di kedepankan oleh 2 kendaraan ini. Jika Honda Brio dilengkapi dengan fitur keselamatan rangka bodi G-CON + ACE yang mampu memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpangnya saat terjadi benturan. Maka Daihatsu Ayla memiliki struktur bodi berteknologi High Tensiles Strengthsheets yang merupakan material dari lapisan baja yang ringan. Namun tetap kuat untuk melindungi pengendara dan penumpang.

Untuk fitur keamanan lainnya yang dimiliki Honda Brio adalah Side Impact Beam, Pedestrian Protection, serta Dual Front SRS Airbags, Wave Key untuk semua tipe. Serta Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk tipe S dan E dan begitu pun Daihatsu Ayla yang dilengkapi dengan seatbelt di semua kursi sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan tetap merasa aman ketika berkendara. Dilengkapi pula dengan Electric Outer Mirror, yaitu kaca spion yang bisa disetting dari dalam, Rear Parking Sensors, dan juga fitur Electric Power Windows.

Beralih ke fitur kenyamanan, Honda Brio dilengkapi dengan fitur entertaiment yang didukung oleh Single Disc, MP3/WMA, Audio System Double Din AM/FM, Aux Input. Made for iPod (Tipe E), USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S) dan Daihatsu Ayla sudah didukung dengan 2DIN Intergrated Audio System dengan output 4 speaker. Hal itu membuat kedua mobil ini tetap memberikan kenyamanan dengan hiburan yang disajikan.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Honda Brio

Daihatsu Ayla

Mesin

Tipe Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1199 cc 998 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 71,6 mm 72.5 x 72.5
Daya Maksimum 90 PS / 6.000 rpm 88/6.000
Torsi Maksimum 110Nm / 4.800rpm 108/4.200
Sistem Kemudi Rack dan Pinion Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

Dimensi

P x L x T 3.640 mm x 1.680 mm x 1.485 mm 3.640 x 1.600 x 1.520 mm
Jarak Poros Roda 2.345 mm 2450 mm
Jarak Pijak depan 1.480 mm 1420 mm
Jarak Pijak belakang 1.465 mm 1415 mm
Jarak Terendah 180 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual Manual, 5 Kecepatan
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring Mac Pherson Struts
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem Depan Ventilated Disc Ventiated Disc Brake
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran ban 185/65 R14 175/65 R14

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Double Din AM/FM, CD Player + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhon
  • Tweeter Speaker
  • Audio
  • Steering Switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Air ConditionerDigital A/C
  • Sun Visor with Vanity Mirror Front Passanger
  • Seatback Pocket Front Passanger
  • Seat Material
  • AC
  • Glove Box
  • Door Trim Pocket
  • Bootle Holder
  • Center Console
  • Seat Back Pocket
  • New Front Bumper with Aerokit
  • Projektor Head Lamp with LED Position Lamp
  • DRL (Day Time Runnig Light)
  • Body Color Outer with Side Turn Lamp
  • Side Stone Guard
  • FOG Lamp
  • New Rear Bumper
  • Rear Wipper
  • Rear Reflection
  • Rear Spoiler eith HMSL
  • Chrome Window List
Keamanan
  • Struktur Rangka Bodi
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Kedua)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Ketiga
  • Seatbelt Reminde
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • Brake Override System
  • Smart Parking Assist System
  • Dual SRS Airbag
  • Back Sonar (Tipe 1.0 X & 1.2 R)
  • Side Impact Beam
  • Immobilizer & Alarm Integrated Key
  • Rear Stabilizer
  • Pedal Clutch Anti Back Up

Harga Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Harga Honda Brio vs Daihatsu Ayla

Honda Brio

Daihatsu Ayla

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Brio Satya S M/T Rp131.500.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L D MT Rp92.550.000-
Harga Honda Brio Satya E M/T  Rp136.500.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L M MT Rp109.050.000-
Harga Honda Brio Satya E CVT Rp151.500.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L X MT Rp116.400.000-
Harga Honda Brio RS Rp163.000.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L M AT Rp118,050.000-
Harga Honda Brio RS CVT Rp178.000.000- Harga Daihatsu Ayla 1.2L X MT Rp125.250.000-
Harga Honda Brio RS CVT Special Edition Rp182.000.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L X AT Rp125.450.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.2L R MT Rp 132.250.000
Harga Daihatsu Ayla 1.2L X AT Rp135.250.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.2L R AT Rp142.250.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Honda Brio vs Daihatsu Ayla berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=7t-cVNnqKtc dan https://www.youtube.com/watch?v=PvLWpftGEl0

Artikel terkait: Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda CBR 250 vs Kawasaki Ninja 250 Indonesia Review 2018

Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

16 pemikiran di “Honda Brio vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar