Honda Brio vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018– Di zaman sekarang, mobil merupakan salah satu kebutuhan yang cukup lumrah untuk bertransportasi. Namun bagi kalangan menengah keatas, mobil yang mereka kendarai  harus mempunyai fitur yang cukup memadai, serta keunikan yang apik. Honda, sebagai salah satu pabrikan otomotif yang memproduksi mobil nampaknya telah mewujudkan kebutuhan yang diidamkan tersebut. Beberapa tahun belakangan, Honda telah mengeluarkan banyak varian mobil yang salah satunya adalah Brio dan juga Mobilio. Namun tentu saja, setiap hasil produk mobil keluaran Honda telah memiliki keunikan desain, fitur, dan spesifikasi yang juga bervariasi. OtoFreak akan memberikan ulasan tentang komparasi mobil Honda Brio vs Honda Mobilio. Kira-kira seperti apa ya? Baca disini!

Eksterior Honda Brio vs Honda Mobilio

Eksterior Honda Brio

Honda BrioWalaupun mobil ini merupakan mobil paling murah di antara produk produk dari honda. Tetapi mobil honda Brio memiliki interior dan juga ekterior yang tidak kalah dengan mobil mobil yang harganya di atas dari mobil honda Brio. Pada mobil ini memilki daya tarik tersendiri dari honda Brio. Pada bagian grill depan, fascia Honda Brio didesain dengan karakter agresif lewat frame yang berbentuk sabuk dan dilabur dengan warna krom. Lalu bagian tengah frame dilengkapi dengan emblem logo Honda yang nampak begitu ekslusif. Untuk foglamp Honda Brio (kecuali tipe Brio Satya), didesain tanpa ada bingkai dan berdimensi mungil. Meski ukrannya kecil, namun foglamp pada Honda Brio ini sanggup memberikan sinar lebih baik ketika malam hari. Kemudian pada bumper bagian depan yang juga berfungsi sebagai penutup radiator terdapat cover berbahan fiberglass yang dilabur dengan warna hitam untuk menampilkan aura city car modern.

Honda BrioSisi samping Honda Brio bagian samping, tak banyak yang bisa ditampilkan kecuali desain bodi minimalis tanpa banyak lekukan khas mobil LCGC. Namun satu hal yang patut menjadi perhatian adalah body belakang yang kini didesain lebih dinamis dan sporty. Sektor buritan Honda Brio kali ini dilengkapi dengan rear wiper seperti mobil modern. Bagian belakang terdapat chrome bumper garnish yang membuat tampilan belakang terlihat lebih mewah dan atraktif. Selanjutnya, pada bagian stop lamp Honda Brio, penempatan lampu rem yang diletakkan di sudut luar kendaraan semakin menambah citra sporty untuk tampilan body belakang. Apalagi menengok spoiler berdesain tail gate yang penuh gaya. Konsep desain pada spesifikasi Honda Brio ini secara jelas mampu menampilkan aura mobil LCGC yang stylish dan modern.

Eksterior Honda Mobilio

Eksterior Honda MobilioSecara umum, spesifikasi mobil Honda Mobilio pada bagian eksteriornya memancarkan sosok low MPV elegan, dinamis dan sporty. Banyak yang menganggap desain eksterior Mobilio adalah yang terbaik dikelasnya. Keanggunan dari desain Mobilio bahkan mengantarkan si mobil hingga meraih gelar Best Low MPV of The Year 2015. Kali ini, Honda Mobilio tampil dengan patron di luar kebiasaan. Tak hanya bisa dijadikan untuk kendaraan keluarga, Mobilio sendiri juga pantas untuk diajak nongkrong bersama para pecinta mobil.

Pada bagian fascia depan, Mobilio tampil dengan ukuran moncong yang agak panjang dan berukuran rendah. Hal ini menimbulkan aura sporty yang cukup kuat. Desain lampu utama mobil berbentuk elips dengan ujung runcing. Headlamp Mobilo sendiri didesain menyatu dalam satu wadah beserta lampu sein. Pada bagian depan mobil juga nampak grill yang punya aksen patah berkarakter tegas. Sementara untuk Honda Mobilio RS, anda akan menemui desain fascia yang lebih sangar. Mobilio RS memang punya tampang yang lebih sporty lewat penempatan foglamp di kedua ujung bawah yang memiliki cover berbentuk trapesium. Front grill si Mobilio RS pun lebih gagah berkat adanya aksen krom dengan tambahan sebuah emblem Honda di bagian tengah.

Headlamp Honda MobilioDibagian samping, konsep bodi Mobilio juga tak kalah keren. Sisi kanan-kiri Honda Mobilio punya lekukan dinamis yang berpadu dengan konsep kaca bertingkat. Selain itu, polesan kemewahan juga bisa kita temukan pada bagian door lower garnish Mobilio. Pada bagian buritan, bisa dikatakan semua tipe Mobilio memiliki desain bagian belakang yang identik. Mobil ini terlihat begitu stylish jika kita amati dari belakang lewat desain lampu utama berbentuk kotak serta lampu rem yang dipasangkan dibagian pintu belakang. Desain dari buritan mobil Honda Mobilio semakin cantik degan adanya tambahan tail light dibagian atas. Sedikit perbedaan baru akan kita jumpai pada bagian body kitnya, dimana untuk varian Mobilio tipe RS memiliki body kit yang agak lebih besar dan juga tegas.

Interior Honda Brio vs Honda Mobilio

Interior Honda Brio

Dashboard Honda BrioInterior Brio bisa dibilang minimalis. Itu artinya tak banyak fitur-fitur yang disediakan di dalam dashboard ataupun kabinnya. Meskipun begitu, ternyata tampilan interior dari Honda Brio juga tidak mengecewakan, di mana pada bagian dalamnya tetap mengusung kenyamanan untuk penumpang serta pengemudi. Secara konsep, interior Honda Brio didesain dengan kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboard, panel instrumen yang terpasang memang masih standar, namun tetap fungsional. Pada bagian dashboard, panel instrumen yang terpasang memang masih standar, namun tetap fungsional. Beberapa panel tersebut antara lain seperti panel audio system, AC, USB port, dan lain-lain. Lalu, pada bagian setir kemudi, kabin kemudi Honda Brio memiliki desain yang cukup minimalis dengan tak banyak instrumen-instrumen yang memenuhi dasbor kemudi.

Interior Honda BrioBergerak ke bagian belakang, Honda juga menempatkan bangku penumpang yang kesemuanya telah dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Material pada bangku penumpang Honda Brio pun juga telah menggunakan material yang cukup baik. Beralih pada bagasinya, untuk bagasinya sendiri cenderung kurang luas. Apalagi pada Honda Brio kita tidak bisa melipat kursi kedua sebagai tambahan bagasi. Namun hal ini wajar mengingat Honda Brio lebih disegmentasikan sebagai kendaraan city car, bukan sebagai kendaraan multi fungsi. Secara kualitas, material yang terdapat pada spesifikasi Honda Brio di bagian interior jelas tak bisa diremehkan karena komposisinya sudah cukup baik sebagai kendaraan masa kini.

Interior Honda Mobilio

Dasboard Honda MobilioHonda Mobilio pada bagian interior pun juga tak kalah elegan. Pada kabin bagian depan atau dashboardnya, Mobilio dirancang untuk menampilkan pandangan luas bagi pengemudi sehingga jika kita berada dalam kabin, maka kita disuguhkan pandangan yang maksimal. Konsep kabin kemudi Honda Mobilio ini selain terasa sangat nyaman juga akan membuat pengemudi lebih merasa percaya diri ketika driving. Selain itu, kabinnya juga memiliki ruang kepala lebih tinggi dan ruang kaki yang lapang. Kemudian pada bagian panel dashboard Honda Mobilio, kini dibuat lebih atraktif dengan desain setir kemudi berkonsep tilt steering yang bisa memberikan kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya. Untuk bagian panel instrumen dashboard Honda Mobilio, pada panel meter cluster dibangun dengan bentuk lebih eye catching dan futuristik dengan tampilan 3 display meter yang sanggup memberikan informsi akurat dan mudah dipantau oleh pengemudi.

Interior Honda MobilioSedangkan pada bagian tengah display meter terdapat instrumen multi information LCD display sebagai pemberi informasi kosumsi BBM dan jarak tempuh dengan desain informatif. Kemudian pada dashboard Honda Mobilio juga tedapat panel sistem audio modern untuk kebutuhan entertainment secara lengkap. Berpindah pada bangku kemudinya, ruang kemudi Mobilio dirancang dengan bahan semi-bucket yang memiliki desain ergonomis sehingga menjamin kenyamanan maksimal saat mengemudi. Material jok pada kursi Honda Mobilio pun cukup berkualitas dengan material lembut, serta diprogram lebih ramping. Terakhir, spesifikasi Honda Mobilio pada bagian bagasi juga dibangun lebih lega dan fleksibel untuk menampung barang.

Dimensi Honda Brio vs Honda Mobilio

Dimensi Honda Brio

Honda Brio DimensiMobil ini merupakan mobil jenis hatchback dari honda dan pada mobil ini terdapat beberapa fitur fitur canggih yang akan memanjakan anda dan keluarga pada saat di perjalanan. Honda Brio merupakan mobil yang mungil dan lincah, kenapa mobil ini di katakan mungil. Karena pada mobil honda Brio memilki panjang keseluruhan 3.610 mm serta lebara keseluruhan 1.680 mm dan memiliki tinggi keseluruhan 1.485 mm. Dengan memilki ukuran tersebut, makanya mobil honda Brio sering disebut mobil mungil yang lincah.

Dimensi Honda Mobilio

Headlamp Honda MobilioDengan mengusung tema desain mobil keluarga berdesain sporty, membuat honda Mobilio sangat patut untuk anda beli. Selain punya tampilan layaknya mobil keluarga yang besar serta memiliki daya tampung tempat duduk yang lebar mobil ini juga memiliki gaya sporty layaknya mobil sport yang memiliki bagasi besar. Jika mengambil contoh salah satunya yakni seri Honda Mobilio S yang memiliki dimensi 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm. Mobil berkapasitas maksimal 8 orang ini, juga memiliki ground clearance tinggi sehingga cocok untuk diajak ke luar kota. Sedangkan untuk bermanuver di perkotaan, Honda Mobilio pun juga tak jadi masalah karena punya radius putar hingga 5.200 mm sehingga saat melintasi belokan tajam mobil ini masih tetap stabil. Di bagian kaki-kakinya, telah dipasangkan velg berdiameter 15 inci berbalut ban berukuran 185/65 R15 yang membantunya melesat lincah di permukaan aspal.

Mesin Honda Brio vs Honda Mobilio

Mesin Honda Brio

Mesin Honda BrioMobil honda Brio memang memilki ukuran yang mungil, tetapi mobil ini memilki performa yang tangguh dan sangat lincah. Dengan di bekali dengan mesin yang bertipe 1.2L SOHC 4 silinder segaris & 16 ktup i-VTEC+DBW untuk semua type dengan isi silinder 1.198, yang berbanding diameter x langkah yaitu 73  mm x 88,4 mm di sertai perbanding kompresi 10,3 : 1. Tentunya dengan di bekali dengan mesin tersebut mampu mencapai kecepatan daya maxsimum sebesar 120 PS / 6000 rpm dan torsinya 145 Nm / 4800 rpm. Honda juga sudah mengaplikasikan teknologi Drive By Wire untuk mengontrol buka-tutup thorttle valve demi mencapai presisi akselerasi namun tetap irit BBM. Selain itu, pada mesin Honda Brio juga terdapat Patterned Skirt Coating, yaitu inovasi desain pada selubung piston untuk meminimalisir gesekan serta meredam kebisingan dan juga berguna untuk memaksimalkan performa.

Mesin terbaru ini juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga menjadikan Brio sebagai kendaraan ramah lingkungan. Terakhir, untuk transmisi penggeraknya, spesifikasi Honda Brio terbaru akan dibagi menjadi dua varian, yakni Brio yang menganut transmisi manual atau otomatis dengan 5 percepatan. Walaupun memiliki 6 seri varian mobil yang berbeda, jika anda melihat dapur pacu dari setiap mobilnya bisa dibilnag tidak memiliki perbedaan yang berarti. Karna kesemuanya masih memakai mesin bersuplai bahan bakar dengan PGM-FI yang tentunya sudah terjamin mampu menopang performa lebih baik pada mesin. Dengan diameter x langkah yang hampir sama di setiap serinya (73,04mm x 89,4mm) berisi silinder 1496cc dan punya perbandingan kompresi 10,3 : 1 yang otomatis akan membuat mobil ini akan terasa lebih kuat.

Mesin Honda Mobilio

Mesin Honda MobilioDengan menyematkan teknologi PGM FI membuat mesin dari Honda Mobilio memiliki suplay bahan bakar yang lebih efisien tentunya tanpa mengurangi akan kekuatan mobil ini dalam melaju.Tercatat Honda Mobilio memiliki daya maksimum 87 kw (118PS) / 6.600 rpm dengan angka yang ditawarkan membuat Honda Mobilio mampu melaju dengan kecepatan maksimal, dengan teknologi unggulan PGM FI yang di tawarkan dari Honda dirasa sangat cocok untuk mobil ini. Selain itu, mesinnya sendiri terdapat teknologi Torque Boost Resonator yang sanggup meningkatkan torsi pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas, namun tetap hemat bahan bakar.

Hematnya bahan bakar pada Honda Mobilio bahkan sudah dibuktikan lewat uji coba konsumsi bahan bakar yang hasilnya adalah catatan konsumsi 26,7km/liter. Catatan uji konsumsi BBM Mobilio ini menjadikannya sebagai low MPV paling irit di Indonesia. Mesin terbaru pada Honda Mobilio juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga menjadikannya sebagai kendaraan ramah lingkungan, sesuai komitmen Honda. Pada bagian pamungkasnya, yakni sistem transmisi penggerak, spesifikasi Honda Mobilio terbagi menjadi dua varian, yaitu varian Mobilio dengan sistem transmisi otomatis CVT dan varian Mobilio 5-Speed bertransmisi manual.

Fitur Honda Brio vs Honda Mobilio

Fitur Honda Brio

Desain cakep dan mesin tangguh, tentunya spesifikasi Honda Brio juga harus dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang keselamatan dan kenyamanan. Kita mulai dari fitur keselamatan terlebih dahulu. Kali ini, Honda membangun Brio dengan mengusung teknologi rangka bodi G-CON + ACE. Struktur rangka bodi Honda Brio ini akan memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpangnya saat terjadi benturan. Selain itu, Honda pun membekali Brio dengan standar keamanan yang sudah sering digunakan pada varian mobil lain, seperti misalnya Side Impact Beam, Pedestrian Protection, serta Dual Front SRS Airbags. Kerennya lagi, semua fitur keamanan itu hadir pada Honda Brio semua tipe. Jadi, Honda memang tak pilih-pilih dalam menjamin keselamatan konsumennya.

Saatnya berpindah pada fitur keamanan dan kenyamanan. Untuk fitur keamanan, Brio sudah dibekali dengan Wave Key untuk semua tipe, serta Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk tipe S dan E. Honda Brio sendiri sudah dilengkapi dengan fitur multimedia, seperti Single Disc, MP3/WMA, Audio System Double Din AM/FM, Aux Input, Made for iPod (Tipe E), USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S) yang bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan ketika berkendara. Tak lupa juga, ada fitur stabilitas berkendara lewat Electric Power Steering dan panel Eco Indicator yang bisa memberikan detail informasi secara real time untuk pengemudi. Terakhir, spesifikasi Honda Brio juga sudah dilengkapi dengan AC untuk memberikan kesejukan di ruang kabin.

Fitur Honda Mobilio

Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan standar keselamatan yang tinggi. Misalnya adanya pengaplikasian kerangka G CON+ACE yang merupakan standar keselamatan orisinil Honda. Kemudian ada juga Dual SRS Airbags untuk semua tipe. Honda Mobilio juga didukung oleh sistem pengereman ABS plus EBD (Tipe E CVT). Lalu untuk fitur keamanan lainnya, pada bagian kabin juga sudah tersedia seatbelt di masing-masing kursi. Seatbelt tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Pretensioner with Load Limiter untuk mengindari tubuh cedera saat kecelakaan. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur One Touch Tumble pada bagian kursi yang bisa digunakan untuk melipat kursi kedua demi akses lebih mudah menuju kursi ketiga.

Selanjutnya, pada bagian jok Honda Mobilio juga sudah didukung dengan jok ISOFIX dan Tether yang ditempatkan pada bagian kedua sebagai kursi bayi. Terakhir untuk fitur keselamatan, juga ada fitur Pedestrian Protector untuk Mobilio semua tipe. Beralih pada fitur kenyamanannya, Honda Mobilio karena sudah dilengkapi dengan penunjang kebutuhan hiburan dan multimedia, seperti misalnya sistem audio single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone yang tersedia untuk Honda Mobilio tipe E. Selain itu ada juga fitur-fitur seperti Power Door Mirror, Power Window, Power Outlet, Green Glass, Footres, Eco Indicaor, serta AC Double Blower yang kesemuanya tersedia di semua tipe Mobilio. Sedangkan spesifikasi Honda Mobilio pada bagian keamanannya, sudah tersedia fitur Wave Key, Keyless Entry (tipe E), Immobilizer, dan Security Alarm (tipe E).

Tabel Spesifikasi Honda Brio vs Honda Mobilio

Spesifikasi Honda Brio vs Honda Mobilio

Honda Brio

Honda Mobilio

Mesin

Tipe Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Isi Silinder 1199 cc 1496 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 71,6 mm 73,0mm x 89,4mm
Rasio Kompresi 10,3 : 1
Daya Maksimum 90 PS / 6.000 rpm 88Kw(118PS) / 6.600rpm
Torsi Maksimum 110Nm / 4.800rpm 88kg.m(145Nm)/4.500rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI PGM-FI
Kapasitas Tangki 42 L
Sistem Kemudi Rack dan Pinion Rack & Pinion

Dimensi

P x L x T 3.640 mm x 1.680 mm x 1.485 mm 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Jarak Poros Roda 2.345 mm 2.650  mm
Jarak Pijak depan 1.480 mm 1.472 mm
Jarak Pijak belakang 1.465 mm 1.475 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring MacPherson Strut
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran Ban 185/65 R14 185/65 R15
Ukuran Velg 15”

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Double Din AM/FM, CD Player + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhon
  • Tweeter Speaker
  • Audio
  • Steering Switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Air ConditionerDigital A/C
  • Sun Visor with Vanity Mirror Front Passanger
  • Seatback Pocket Front Passanger
  • Seat Material
 

  • Audio
  • AC
  • ECO Assist
  • Rear A/C System
  • Separated & Adjustable Headrest
  • One Touch Tumble 2nd Row Seat
  • Reclining & Sliding 2nd Row
  • Seat Reclining Only
  • Fold & Tumble 2nd & 3rd Row Seat
  • Cup Holder
  • 3rd Row Seat Fold Down 50:50
Keamanan
  • Struktur Rangka Bodi
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama, Baris Kedua,Baris Ketiga)
  • Seatbelt Reminde
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • Brake Override System
  • Smart Parking Assist System
  • Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE™
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan
  • Seatbelt
  • Reminder Driver
  • Pretensioner with Load Limiter
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA
  • Alarm System
  • Immobilizer
  • Key Type

Harga Honda Brio vs Honda Mobilio

Harga Honda Brio vs Honda Mobilio

Honda Brio

Honda Mobilio

Tipe Harga Tipe Harga
Honda Brio Satya S M/T Rp131.500.000- Harga Honda Mobilio S Rp189.500.000-
Honda Brio Satya E M/T Rp136.500.000- Harga Honda Mobilio E Rp210.000.000-
Honda Brio Satya E CVT Rp151.500.000- Harga Honda Mobilio E CVT Rp221.000.000-
Honda Brio RS Rp163.000.000- Harga Honda Mobilio RS Rp233.000.000-
Honda Brio RS CVT Rp178.000.000- Harga Honda Mobilio E CVT Rp243.500.000-
Honda Brio RS CVT Special Edition Rp182.000.000-

Kesimpulan

Kedua mobil pabrikan Honda asal negeri Jepang ini memiliki keunggulannya masing – masing dengan fitur yang disajikan secara spesial. Bila dilihat dari mesin, baik Honda Brio maupun Honda Mobilio sama-sama menggunakan mesin berteknolgi I-Vtec khas Honda. Namun bila dilihat secara desain, fitur dan harga yang ditawarkan, anda pastinya dapat menilai sendiri tentang mana yang terbaik bagi anda dan kantong anda. Namun, dari dua mobil yang kita bandingkan kali ini, Mobilio adalah pilihan yang cukup baik untuk anda, meski harga yang ditawarkan relative sedikit lebih mahal.

Video Review

Untuk lebih jelasnya, simak video Honda Brio vs Honda Mobilio berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=-yowMnDxfI4

Artikel terkait: Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Nissan March Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018

8 pemikiran di “Honda Brio vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar