New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2017

Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2017- Mau mobil yang tidak terlalu menguras kantong anda alias murah,namun dibekali fitur-fitur masa kini, irit dan juga bertenaga? Anda bisa melirik mobil-mobil pabrikan Jepang Seperti Honda, mitsubishi, Toyota, Suzuki dan lain-lain. Mobil-mobil pabrikan jepang ini tentunya sudah tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Mobil-mobil khas negeri sakura ini cukup menjadi bahan pertimbangan, karena dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur canggih masa kini. Dibadrol dengan harga yang terjangkau. Sehingga kini tak terbantahkan bahwa mobil-mobil negeri sakura menjadi produsen mobil terfavorit dan terbesar di Indonesia. Kali ini kami akan mengulas tentang dua jenis mobil dari dua produsen yang berbeda, yakni New Honda Brio dan Mitsubishi Mirage.Lalu diantara kedua mobil tersebut yang manakah yang lebih unggul?  berikut ulasannya. .

Eksterior New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Eksterior Honda Brio

Eksterior Honda Brio

Beralih ke eksterior New Honda Brio tampil semakin stylish dan berkonsep sporty , dimana adanya Heat Rejecting Green Tinted Glass yakni kaca mobil yang berfungsi dalam  menjaga keteduhan kabin mobil dan mengurangi sinar UV dari matahari. Tidak hanya itu pada bagian depan terdapat desain bumper dan new grille baru yang dirancang menyatu dengan lampu yang akan menimbulkan kesan lebih stylish dari sebelumnya. Selain itu, lampu depan New Honda Brio ini menyematkan lampu depan LED Light Guide yang bergaya stylish dan lebih modern, serta ditambah dengan sistem pencahayaan Projector Headlamp yang maskimal dan lebih terfokus. Untuk kaca spionnya, pengemudi ataupun penumpang hanya dapat melakukan satu sentuhan maka kaca spion secara otomatis akan terlipat. Beranjak ke bagian bodi belakangnya adanya New Rear Combi Lamp yang  tampak lebih eye-catching.

Eksterior Mitsubishi Mirage

Eksterior Mitsubishi Mirage

Untuk Mitsubishi Mirage Menawarkan beberapa tipe varian diantaranya Mitsubitshi Mirage Exceed, GLS, dan GLX. Untuk desain eksterior Mitsubishi Mirage 2017 menampilkan gaya yang lebih stylish dan sporty.  Tampilan depan terlihat bumper depan yang dilengkapi dengan grille bernuansa warna chrome. Ditambah dengan frog lamp modern yang menghasilkan sorotan cahaya yang maksimal. Lebih menarik lagi, lampu utama pada bagian depan berbetuk menyipit dengan teknologi halogen. Kita beralih kebagian belakang terdapat reflector dan parking sensor dengan desain yang aerodinamis. Mitsubishi Mirage 2017 memiliki konsep lebih sporty dari yang sebelumnya. Menambahkan body kit sporty pada bagian depan dan belakang yang stylish dan side visor serta rear spoiler with high mount.  Stop lamp dengan led berwarna merah, untuk menyuguhkan penampilan yang lebih elegan pada tipe sporty ini dilengkapi dengan Muffler Chrome. Untuk tipe Exceed Mitsubishi menambahkan lampu sein tambahan yang diletakkan pada belakang kaca spion.

Interior New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Interior New Honda Brio

Dasbor Honda Brio

Setelah membahas desain luar kedua mobil ini, kita beralih ke bagian desain interior mobil, pertama pada tampilan interior pada mobil ini terbilang minimalis dan bergaya lebih sporty. Dalam kabin terdapat dashboard modern yang dirancang lebih sporty dan ditambah dengan penambahan audio video modern yang membuat penumpang akan merasa nyaman selama berkendara. Serta, terpasangnya Tweeter Speakers yang berdesain karakter dan berkualitas sehingga memudahkan pengemudi dalam mengatur audio tanpa harus melepas tangan saat mengemudi. fitur -fitur lainnya tentunya tidak akan membuat anda kecewa, seperti adanya sistem audio steering swith yang sudah dilengkapi dengan USB Port, DVD, dan CD.

Interior Honda Brio

New Honda Brio memiliki kapasitas kursi yang dapat menampung sebanyak 5 penumpang yang dilengkapi dengan sabuk pengaman. Interior mobil New Honda Brio cukup luas dan bernuansa ivory color sehingga akan cocok bila digunakan untuk perjalanan keluarga atau berpergian bersama teman-teman.Untuk bagian belakang atau bagian bagasi hanya mempunyai luas sedikit saja sesuai dengan konsep minimalis mobil ini. Sayangnya mobil tidak dapat menambah bagasi karena kursi bagian belakang tidak dapat dilipat. Namun, kursi penumpang didesain lebih ramping dan terlihat lebih luas, serta terbuat dari material yang berkualitas. Serta, kursi dibuat semakin ergonomis untuk kenyamanan penumpang depan, dan ruang kaki lapang untuk penumpang bagian belakang.

Interior Mitsubishi Mirage

Dasbor Mitsubishi Mirage

Untuk interior Mitsubishi Mirage tampak terlihat modern dan juga sporty. Dengan ruang kabin bernuansa warna hitam yang menimbulkan kesan semakin elegan dan mewah. Pada sisi kemudi dilengkapi fitur instrument panel under tray dan gear shift lamp pada bagian dashboardnya. Fasilitas itu memberikan kemudahan oper gigi dengan lampu indikator terbaru pada bagian transmisi. Dibagian dashboard tersedia panel service reminder, trip computer, serta indikator penunjuk bahan bakar yang didesain lebih atraktif sehingga enak dilihat. Pada tengah dashboard tersedia panel audio yang terdapat beberapa panel yaitu port USB, media flashdisk dan Handphone pada port serta panel AC.

Interior Mitsbishi Mirage

Mitsubishi Mirage menyuguhkan ruang kabin yang lebih luas dan mobil ini dapat menampung hingga 4 orang penumpang saja lebih kecil dari yang disediakan oleh New Honda Brio. Untuk kursi penumpangnya dibalut dengan material ivony berwarna hitam dan warna putih. Adanya ruang penyimpanan di bawah steering wheel Mitsubishi Mirage yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengemudi menyimpan barang. Namun, berbeda dengan New Honda Brio, Mitsubishi Mirage menyediakan bagasi berkapasitas lebih lega pada bagian belakang mobil dan ditambah dengan lampu penerangan yang baik.

Dimensi New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

New Honda brio menargetkan segmen kawula muda. Honda pada varian ini memiliki bodi yang agresif dengan berpenampilan lebih sportif serta berukuran kecil. Membahas masalah dimensinya, New Honda Brio memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm, disertai dengan jarak poros roda sebesar 2.345 mm. Untuk suspensi yang digunakan pada suspensi depan berjenis MacPherson Strut dan suspensi belakang memamai suspensi jenis H-Shape Torsion Beam.

Sementara itu, Mitsubishi Mirage memiliki dimensi yang hampir sama dengan New Honda Brio dengan memiliki panjang 3,795 mm, lebar 1,665 mm, dan tinggi 1,510 mm dengan jarak poros roda sebesar 2,450 mm. Untuk suspensi yang digunakan yakni pada bagian depan berjenis MacPherson Strut dan pada suspensi belakang memakai jenis  Torsion beam suspension with Coil Spring.

Mesin New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Honda Brio

Honda Brio Mesin

Selama ini mobil berkonsep LCGC terkenal dengan performa mesin yang kurang tangguh dan tidak bertenaga, namun semua itu terbantahkan dalam mobil ini. Mobil Brio ini dibalut dengan mesin berperforma tinggi yang berbasis pada beberapa model honda lainya seperti Mobilio dan Jazz. New Honda Brio menggunakan mesin tangguh 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW dengan silinder garis berkapasitas 1199 cc. Untuk diameter x langkah yaitu 73,0 mm x 71,6 mm. Dengan mesin tersebut membuat New Honda Brio mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 PS pada putaran 6.000 rpm. Menariknya lagi mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Honda juga sudah melengkapi teknologi Drive By Wire untuk mengontrol buka-tutup thorttle valve demi mencapai presisi akselerasi namun tetap irit BBM. Mesin terbaru yang terpasang sudah lolos uji emisi standar EURO 4,sehingga membuat Brio termasuk mobil ramah lingkungan.

baca juga : Honda CRV vs Honda BRV Indonesia Review 2017

Mitsubishi Mirage

Mesin Mitsubishi Mirage

Mitsubishi mirage dibekali dengan mesin tipe DOHC MIVEC (3A92) yang memiliki kapasitas isi silinder 1.193 cc, yang merupakan mesin dengan 3 silinder dan 12 katup. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tipe ini sebesar 77.5 PS pada putaran 6.000 rpm. Sehingga mampu menghasilkan torsi hingga mencapai 10.2 Nm pada 4.000 rpm. Tipe mesin ini juga membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit karena dibekali dengan sistem injeksi . Untuk tipe Exceed, dan  GLS tenaga yang dihasilkan dengan gerakan transmisi otomatis. Sedangkan tipe GLX digerakkan dengan sistem manual karena sudah didukung dengan sistem steering Rack and Pinion dengan Electronic Power Steering. Hal itu membuat tenaga yang dihasilkan cukup besar walau memiliki bodi yang mungil dan kecepatan yang dihasilkan mencapai 100 km/jam.

Fitur New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

New Honda Brio

Dibanderol dengan harga yang murah bukan  berarti membuat sistem keamanan pada mobil ini berkualitas rendah juga, dengan dilengkapi sistem keamanan yang hampir sama dengan jenis Honda lainnya yaitu fitur fitur seperti Side Impact Baem, Padestrian Protection, Dual Front Air bags, Sabuk keselamatan pada semua bangku penumpang dengan type Seatbelt 3P ELR (x2) all Type. Bukan hanya itu saja fitur yang terdapat pada Brio, Brio juga dilengkapi dengan Wave Key untuk All type,keyless entry dan alarm system untuk Brio S A/T dan Brio E A/T. semua fitur yang tersedia akan memberikan rasa kenyamanan dan juga keselamatan pada saat berkendara.

Mitsubishi Mirage

Terdapat beberapa fitur keamanan yang tersebar di beberapa tempat di mobil tipe ini seperti fitur High Tensile Steel yang sangat kuat menahan benturan ringan dan berat. Selain itu dilengkapi ground clearance yang pada versi terbaru sudah dirancang lebih tinggi dari city car lain di kelasnya. Dilengkapi juga dual SRS Airbags yang ditempatkan untuk pengemudi dan pengendara di depan. Penambahan fitur-fitur ini membuat penumpang tidak akan merasakan getaran ketika melawati jalan yang tidak rata. Untuk memberi keamanan yang lebih pada sistem pengereman terdapat fitur ABS dan EBD  yang dapat menghentikan mobil secara sempurna. Fitur-fitur tambahan lainnya yang menjadi unggulan pada mirage yakni keyless entry, power windows.

 

Tabel Spesifikasi New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Spesifikasi New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

New Honda Brio S

Mitsubishi Mirage

Mesin

Tipe Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW 4D56 DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder
Isi Silinder 1199 cc 1,193 cc
Diameter x Langkah 73,0mm x 71,6mm 91.1 mm x 95.0 mm
Rasio Kompresi 10,1:1  –
Daya Maksimum 90PS / 6.000rpm 77.5 (57 kW) /6000
Torsi Maksimum 110Nm / 4.800rpm 10.2 (100 Nm) / 4000
Sistem Bahan Bakar PGM-FI ECI-MPI
Kapasitas Tangki 35L 35 L
Sistem Kemudi Rack & Pinion Rack and pinion with electronic power

Dimensi

P x L x T 3.640mm x 1.680mm x 1.485mm 3,795 x 1,665 x 1,510 mm
Jarak Poros Roda 2.345mm 2,450 mm
Jarak Pijak depan 1.480mm 1.520 mm
Jarak Pijak belakang  1.465mm 1.515 mm
Jarak Terendah 160 mm
Berat 1,310 kg
Turning Radius 4.6

Sasis

Transmisi 5MT Automatic (CVT)
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam Torsion beam suspension with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc ventilated disc
Rem Belakang Drum leading and trailing drums
Ukuran ban 185/65 R14 175 / 55r 15
Ukuran Velg Alloy Wheel 14″ 15″ Alloy wheel

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Double Din AM/FM, CD Player + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhon
  • Tweeter Speaker
  • Audio
  • Steering Switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Air ConditionerDigital A/C
  • Sun Visor with Vanity Mirror Front Passanger
  • Seatback Pocket Front Passanger
  • Seat Material
  • Instrument panel (Dashboard)
  • Multi Information Display
  • Audio System/Speaker
  • USB Port
  • Rear Shelf
Keamanan
  • Struktur Rangka Bodi
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Kedua)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Ketiga
  • Seatbelt Reminde
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • Brake Override System
  • Smart Parking Assist System
  • Eco Indicator Lamp
  • Air conditioner
  • Keyless entry
  • Power window (front & rear door)
  • Airbag
  • High mount stop lamp
  • Luggage Room Lamp

 

Harga Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Harga Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Honda Brio

Mitsubishi Mirage

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Brio Satya S M/T Rp.131.500.000 MIRAGE Exceed Rp 197,500,000
Harga Honda Brio Satya E M/T  Rp.136.500.000 MIRAGE GLS Rp 185,000,000
Harga Honda Brio Satya E CVT Rp.151.500.000 MIRAGE GLX Rp 173,000,000
Harga Honda Brio RS Rp.163.000.000
Harga Honda Brio RS CVT Rp.178.000.000
Harga Honda Brio RS CVT Special Edition Rp.182.000.000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Honda Brio dan Mitsubishi Mirage berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=5MpKLTFFX3A

 

48 pemikiran di “New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2017”

Tinggalkan sebuah komentar