Honda Brio vs Nissan March Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Nissan March

Honda Brio vs Nissan March Indonesia Review 2018- Diantara sekian banyak city car, Honda Brio dan Nissan March adalah salah satu pilihan favorit masyarakat pecinta mobil untuk melintas di jalan kota yang padat, baik Honda dan Nissan adalah pabrikan mobil kelas dunia yang tentu kualitasnya sudah cukup terbukti. Selain itu, banyak yang menilai bahwa Honda dan Nissan sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan konsumenya. Walau begitu, masing-masing konsumen sejatinya punya keinginan yang berbeda-beda. Meskipun kedua mobil ini berada di segmen jenis mobil yang sama, namun untuk spesifikasi yang ditawarkan terdapat perbedaan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbandingan di antara Honda Brio dan Nissan March, simak ulasannya di bawah ini!

Eksterior Honda Brio vs Nissan March

Eksterior Honda Brio

Honda Brio
Mobil Honda Brio terbilang memiliki ukuran yang cukup mungil namun sungguh lincah. Pada desain eksterior dirancang lebih sylish. Sehingga membuat si pengguna akan tamp semakin trendi. Mobil ini dibekali dengan fitur “New Rear Glass Garnish” pada bagian belakang mobil. Sehingga membuat tampilan Honda Brio menjadi semakin modis dan kian atraktif. Untuk bagian grill depan Honda Brio  didesain lebih agresif lewat frame yang berbentuk seperti sabuk dan diberi warna chrome. Lalu bagian tengah framenya dilengkapi dengan sebuah emblem logo Honda yang terlihat begitu ekslusif.

Eksterior Honda BrioMeskipun berukuran kecil, namun foglamp pada Honda Brio ini mampu memberikan cahaya yang lebih baik saat malam hari. Kemudian untuk bumper bagian depan terdapat sebuah cover berbahan fiberglass yang dilabur warna hitam untuk menampilkan kesan aura city car yang modern. Untuk bagian samping, dirancang lebih simple dan bagian body belakang didesain lebih dinamis dan sporty. Pasalnya, pada bagian belakang terdapat chrome bumper garnish yang menjadikan tampilan belakang mobil terlihat lebih mewah.

Eksterior Nissan March

Nissan MarchSesuai dengan sloganya yakni “Fashionably Smart”, mobil Nissan March pada tampilan luar dirubah agak lebih stylish dan modern. Untuk Grille depan mobil Nissan March, tampil dengan desain “V-Strut” untuk menciptakan desain hatchback yang elegan. Untuk bagian Headlampnya, tampil dengan ukuran lebih besar. Sementara, pada bumper depan terdapat penyegaran dengan hadirnya desain baru yang lebih lebar dan dilengkapi dengan Foglamp yang terkesan lebih sporty.

Eksterior Nissan MarchNissan March memiliki aksesoris cantik yang terdapat pada bagian pintu bagasi. Selain itu, pada bagian belakang Nissan March terbaru hadir lebih fresh. Pasalnya, bagian bumper belakang sudah dipermak sehingga menghasilkan desain yang lebih dinamis.

Interior Honda Brio vs Nissan March

Interior Honda Brio

Dashboard Honda BrioInterior Honda Brio didesain dengan dimensi kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboad terdapat panel instrumen yang masih standar, tapi tetap fungsional. Beberapa panel tersebut yakni panel audio system, USB port, AC, dan sebagainya. Lalu untuk bagian kabin kemudi desain lebih minimalis dengan tidak terlalu banyak instrumen yang memenuhi bagian dasbord kemudi. Bergerak ke belakang, Honda Brio membuat jok penumpangnya dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Interior Honda BrioMaterial pada jok juga menggunakan bahan material yang berkualitas. Beralih ke bagasinya, mobil ini cenderung terbilang kurang luas. Apalagi untuk pengguna tidak dapat melipat seat baris kedua sebagai tambahan ruang untuk bagasi. Namun, hal ini dirasa wajar mengingat mobil Honda Brio sendiri lebih disegmentasikan sebagai mobil berjenis city car, bukan untuk kendaraan yang multifungsi. Dan bila kita lihat secara kualitas, material yang digunakan Honda Brio tidak bisa dipandang sebelah mata karena komposisinya yang dirasa sudah cukup baik untuk digunakan sebagai kendaraan masa kini.

Interior Nissan March

Dashboard Nissan MarchPada bagian interior Nissan March, kabin mobil tampak begitu elegan dengan adanya warna hitam yang mendominasi bagian kabin. Selain itu, Back Cluster didesain lebih mengkilat, serta adanya teknologi Multi-Information Display yang dibuat unik menambahkan kesan bahwa Honda Brio memang diperuntukan sebagai mobil pemenuh kebutuhan masyarakat urban. “Multi Information Display” dibuat dengan lebih unik dengan menampilkan 5 fitur yang memberikan informasi mobil.

Interior Nissan MarchSeperti konsumsi bahan bakar, estimasi waktu pengereman, kondisi dari ban, filter, serta kondisi oli yang ditampilkan dengan informatif dan juga menarik. Selain itu, kursi belakang dari mobil Nissan March dapat dilipat dengan komposisi “60:40”. Steering Audio Control Switch yang sudah terintegrasi dengan setir kemudi, akan semakin dapat memudahkan anda ketika ingin mengatur audio.

Dimensi Honda Brio vs Nissan March

Pada dimensi Honda Brio memiliki dimensi yang mungil namun lincah. Ukuran panjang yakni 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm, serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.345 mm. Sementara, untuk mobil Nissan March memiliki bentuk body yang lebih ramping dengan memiliki ukuran panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm (untuk versi 1.2L) dan 1.667 mm (versi 1.5L) serta memiliki tinggi 1.525 mm. Serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.440 mm. Untuk suspensi pada Honda Brio yang digunakan pada bagian depan yakni jenis MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi bagian belakang berjenis Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring. Sedangkan untuk Nissan March menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut pada bagian depan dan suspensi jenis Torsion Beam pada bagian belakangnya.

Mesin Honda Brio vs Nissan March

Mesin Honda Brio

Mesin Honda BrioMeski Honda Brio memilki ukuran yang mungil, Namun mobil ini memiliki performa yang tangguh dan lincah dalam melaju. Dibekali dengan mesin bertipe 1.2L SOHC 4 buah silinder segaris dan 16 katup berteknologi i-VTEC+DBW untuk kesemua type dengan kapasitas silinder 1.198 cc. Berbanding dengan diameter x langkah  73 mm x 88,4 mm, serta perbandingan kompresi mobil 10,3 : 1. Tentunya mesin ini dengan dibekali dengan power mesin yang mampu mencapai besar tenaga maxsimum sebesar 120 PS pada putaran  6.000 rpm dan untuk torsinya sebesar 145 Nm pada putaran 4.800 rpm. Dibekali dengan mesin berspesifikasi seperti di atas, menjadikan mobil ini memiliki performa tangguh yang menerapkan sistem suplai bahan bakar “PGM-FI” yang mampu membuat mesin bekerja lebih baik dan sekaligus lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar. Selain itu, terdapat sebuah fitur “drive by wire” yang fungsinya mengendalikan buka tutup throttle valve guna presisi akselerasi yang maksimal namun juga tetap irit bensin. Mobil ini  mempunyai transmisi 5 kecepatan.

Mesin Nissan March

Mesin Nissan MarchWalaupun mesin dari mobil Nissan March belum terlalu familiar di masyarakat, Nissan March masih bisa dibilang setara dengan mobil hasil pabrikan lain. Dengan menghadirkan tipe mesin HR12DE berkapasitas 1,2 L yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 76 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan untuk mesin yang bervolume 1.5L, masuk ke tipe HR15DE dapat mencapai tenaga maksimal 102 PS dan 6.000 rpm. Mesin  tadi telah dilengkapi dengan teknologi unggulan yakni Continously Variable-Valve Timming Control (CVTV) yang dapat membuat performa lebih baik serta akan menghasilkan efektifitas dalam mengkonsumsi bahan. Serta, dengan hadirnya sistem CVTV (Continously Variable- Valve Timming Control) maka dapat membuat penggunaan teknologi mesin DOHC lebih sempurna. Dimana Dual Injector serta Twin VTC akan meningkatkan potensi dalam menggunakan bahan bakar. Tidak hanya itu, Nissan March menyediakan tangki berkapasitas 41 Liter yang membuat Anda lebih leluasa dalam berkendara jauh.

Fitur Honda Brio vs Nissan March

Kedua mobil ini juga tersematkan fitur keamanan dan fitur kenyamanan yang baik. Pertama, membahas mobil Honda Brio membawa teknologi rangka bodi G-CON + ACE. Struktur rangka yang akan memberi perlindungan secara maksimal dalam melindungi terjadinya benturan. Selain itu, Honda membekali sistem standar keamanan, seperti Pedestrian Protection, Side Impact Beam, dan juga Dual Front SRS Airbags. Sementara, untuk fitur keamanannya, Honda Brio dibekali dengan fitur Wave Key untuk semua tipe, serta system Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System pada tipe S dan tipe E. serta, terdapat fitur hiburan berupa fitur multimedia, semisal MP3/WMA, Single Disc, Audio System Double Din AM/FM, Made for iPod (Tipe E), Aux Input, USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S). Tak lupa juga, terdapat fitur stabilitas berkendara yang diberi nama Electric Power Steering dan panel Eco Indicator yang dapat memberikan rincian informasi untuk si pengemudi. Terakhir, Honda Brio juga sudah dilengkapi dengan AC guna memberikan kesejukan udara di ruang kabin.

Di sisi lain, terdapat Nissan March yang akan membuat para penumpang semakin merasa lebih aman saat berada. Pabrikan Nissan melengkapi mobil ini dengan Dual SRS Air Bag, (ABS), (EBD), dan Vehicle Dynamic Control (VDC) yang sudah dilengkapi sensor untuk dapat memudahkan pengemudi untuk megendalikan mobil. Selain itu, mobil Nissan March juga sudah dilengkapi dengan Sealt Belt 3 titik, Sensor parkir 4 titik, dan juga ISOFIX Tetcher untuk meningkatkan jaminan keselamatan serta keamanan dari para pengguna mobil. Untuk media hiburannya sendiri, mobil hatchback Nissan yang satu ini dilengkapi dengan Audio 2-Din yang bisa disambungkan dengan USB dan AUX. Sehingga pengguna bisa bebas memainkan musik yang ada di gadgetnya. Glovebox sebelah atas dan bawah juga melengkapi aspek interior mobil city car dan semakin mempunyai nilai fungsional untuk para penumpangnya.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Brio vs Nissan March

Honda Brio

Nissan March

Mesin

Tipe Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW HR12DE
Isi Silinder 1199 cc 1198 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 71,6 mm 78.0 x 83.6 mm
Daya Maksimum 90 PS / 6.000 rpm 76/6000 PS/RPM
Torsi Maksimum 110Nm / 4.800rpm 10.6/4000 KG.M/RPM
Sistem Kemudi Rack dan Pinion Rack and Pinion
Radius Putar 4.5 m
Sistem bahan bakar ECCE (Electronic Concentrate engine Control System)
Kapasitas Tangki 41 L

Dimensi

P x L x T 3.640 mm x 1.680 mm x 1.485 mm 3780 mm  x 1665 mm x 1525 mm
Jarak Poros Roda 2.345 mm 2440 mm
Jarak Pijak depan 1.480 mm
Jarak Pijak belakang 1.465 mm
Jarak dari Tanah 141 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual manual 5-percepatan
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring MacPherson Strut
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran ban 185/65 R14 175/60 R15

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Double Din AM/FM, CD Player + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhon
  • Tweeter Speaker
  • Audio
  • Steering Switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Air ConditionerDigital A/C
  • Sun Visor with Vanity Mirror Front Passanger
  • Seatback Pocket Front Passanger
  • Seat Material
    • Adjustable Seats
    • Kursi Pengemudi Dengan
    • Penyesuai Ketinggian
    • Ventilasi AC Belakang
    • Power steering
    • AC
    • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
Keamanan
  • Struktur Rangka Bodi
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama, Baris Kedua,Baris Ketiga)
  • Seatbelt Reminde
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • Brake Override System
  • Smart Parking Assist System
  • Security Alarm with Shock Sensor
  • SRS Airbag Driver
  • SRS Airbag Passenger
  • Seat Belt Front: 3-Point ELR (x2)
  • Seat Belt Rr: 3-Point ELR (x2) + 2-Point (center)
  • Remote Key

Harga Honda Brio vs Nissan March

Harga Honda Brio vs Nissan March

Honda Brio

Nissan March

Tipe Harga Tipe Harga
Honda Brio Satya S M/T Rp131.500.000- Nissan March 1.2 MT Rp183.900.000-
Honda Brio Satya E M/T  Rp136.500.000- Nissan March 1.2 AT Rp194.650.000-
Honda Brio Satya E CVT Rp151.500.000- Nissan March 1.2 XS AT Rp205.300.000-
Honda Brio RS Rp163.000.000- Nissan March 1.5 MT Rp212.850.000-
Honda Brio RS CVT Rp178.000.000- Nissan March 1.5 AT Rp223.300.000-
Honda Brio RS CVT Special Edition Rp182.000.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Honda Brio vs Nissan March berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=w9Je6YQpMC0

Artikel terkait:  Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018

Honda CRV vs Honda BRV Indonesia Review 2017

Toyota 86 vs Honda CR-Z Indonesia Review 2018

Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

61 pemikiran di “Honda Brio vs Nissan March Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar