Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018- Pabrikan otomotif terbesar yakni Honda mengundang perhatian dari pecinta besutan pabrikan mobil. Pasalnya, hadirnya Honda BRV begitu menarik untuk diulas dari segi spesifikasinya. Selain itu, desain mobil tersebut di Indonesia terbilang cukup unik. Namun, sebagai pesaing Honda BRV, yakni mobil Nissan Grand Livina yang merupakan hasil pabrikan Nissan Jepang juga begitu cukup populer untuk dibandingkan dengan mobil besutan Honda tersebut. Nah, jika Anda penasaran ingin mengetahui lebih lanjut dari perbedaan di antara keduanya. Mari simak ulasan dari review perbandingan antara Honda BRV vs Nissan Grand Livina di bawah ini.

Eksterior Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Eksterior Honda BRV

Honda BRVTampilan Honda BRV ini didesain dari perpaduan antara Honda Mobilio dan Honda Jazz sehingga mobil ini terkesan staylish dan elegan. Selain itu, bodi Honda BRV terlihat agak ramping dibandingkan dengan mobil-mobil kelas crossover lainnya. Selain itu, mobil BRV makin terlihat modis dengan penggunaan spion model retractable mirror. Desain mobil ini Terbilang  ‘Out Of The Box’ karena menjadi trendsetter di pasar otomotif Indonesia. Tidak hanya itu, Headlamp mobil BRV mengusung model “long shape” dengan garis tegas yang menyamping dan teknologi “projector headlamp”. Ukuran lampu juga tidak begitu lebar, sedangkan pada bagian front grill, Honda BRV mengusung model frame bertingkat dengan tambahan aksen chrome mengkilat yang dilengkapi emblem logo Honda yang terdapat di bagian tengah.

Honda BRV EksteriorUntuk bumper depan mobil, BRV terlihat semakin bergaya karena diatur dengan jarak yang cukup tinggi dari tanah. Bumper berpadu dengan foglamp yang besar sehingga makin menandakan bahwa Honda BRV begitu sanggar. Melihat desain samping, Honda BRV tampil dengan bodi yang aerodinamis dengan adanya lekukan bodi yang dinamis serta terlihat tajam Selain itu。Performa visual samping Honda BR-V juga terlihat semakin sporty. Berkat adanya tambahan aksesoris fender warna hitam berbahan fiber di sisi bawah yang melingkar dari bagian depan dengan ke arah belakang bodi mobil. Di bagian belakang, stoplamp pada BRV dibuat agak menonjol dengan desain yang futuristik.

Eksterior Nissan Grand Livina

Eksterior Nissan Grand LivinaNissan Grand Livina memilki kesan elegan. Tampilan interior yang cukup nyaman telah diimbangi dengan desain tampilan luar yang sangat elegan dan mewah. Pada bagian depan dari Nissan Grand Livina terdapat penambahan pada sector bumpernya yang kian tegas dengan diberi aksen garis. Front grille Grand Livina ini punya tampilan yang lebih berani disempurnakan frame logo Nissan. Nissan Grand Livina sendiri memiliki spoiler yang panjangnya mengikuti bodi dengan satu garisan tajam berlapis chrome.

Nissan Grand LivinaUntuk sektor penerangan headlamp yang dipasangkan pada mobil MPV ini bentuknya agak besar namun sedikit menyipit dengan penggunaan lampu berjenis halogen. Ini diharapkan akan mampu menerangi jalan dengan jarak yang cukup luas saat berkendara malam. Serta memberikan efek kilauan cahaya indah bak permata. Kesan tegas tampak pada Nissan Grand Livina dengan adanya aksen garis yang terdapat pada bagian kap mobil dan fender yang didesain agak menonjol. Bagian samping si Nissan Grand Livina mempunyai side body molding yang berfungsi dalam meminimalisir terjadinya penyok pada bagian body. Ini sekaligus menambah kesan eksterior yang stylish dan tegas. Pada bagian belakang mobil, Nissan Grand Livina menawarkan desain keren yang terdapat pada bagian stoplamp.

Interior Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Insterior Honda BRV

Dashboard Honda BRVPada bagian interior Honda BRV terlihat kesan dan modern, Pada bagian dashboard, BR-V menawarkan sisi interior yang cantik dengan penataan panel yang tersusun rapi dengan dilengkapi fitur yang komplit. Dashboard Honda BRV didominasi oleh warna hitam dan ruang kabin tampak hampir serupa dengan Honda Jazz. Pada kabin depan terlihat bahwa Honda BRV tidak menampilkan interior murahan. Hal itu dikarenakan sudah dilengkapi dengan fitur audio player Double DIN berlayar 6.1 inci touch screen yang cukup untuk menunjang kebutuhan entertainment pengguna di dalam kabin.

Honda BRV DimensiMobil ini dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Lalu, dibagian panel instrumen didesain sederhana. Walau tetap mewah. Ini terlihat dari desain stir kemudi yang berukuran kecil dan speedometer yang agak minimalis. Pada bagian jok mobil, terdapat panel instrumen yang sudah berteknologi One Touch Tumble. Kemudian, untuk bagian seatbelt Honda BRV terdapat fitur “potensioner”. Sedangkan, pada bagian belakang kabin mobil termasuk terlihat cukup luas. Jok penumpang mobil juga sudah dibekali teknologi 50:50 folding row 3 teknologi yang dapat meilipat jok untuk bagian tambahan bagasi. Honda BRV juga menyematkan fitur AC Double Blower guna menunjang kenyamanan penumpang.

Interior Nissan Grand Livina

Dashboard Nissan Grand LivinaMenelusuri ruang kabin Nissan Grand Livina terkesan modern dan stylish. Mobil Nissan ini memiliki dua pilihan warna yakni warna Black untuk tipe Hws Autech dan Gl X-Gear, lalu ada Warna Two tone Black Beige untuk tipe SV, XV dan HWS. Pada Dashboard memiliki hiburan berupa Audio DVD,Radio,Usb dan tambahan ROOF monitor 10″ di semua tipe nya. Selain itu, mobil ini memberika kenyamanan dengan adanya ventilasi AC yang didesain berputar 360 derajat sehingga penumpang dapat mengarahkan aliran udara sesuai dengan yang diinginkan.

Interior Nissan Grand LivinaUntuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang di dalam kabin, Nissan Grand Livina memiliki 3 split kursi yang dapat menampung hingga 7 penumpang.Tidak hanya itu, untuk spit kursi belakang dapat dilipat sehingga memungkinkan Anda untuk dapat membawa barang tambahan ketika bepergian. Nissan mendesain kursi depan begitu comfortable sehingga pengemudi tidak akan merasa kelelahan dan fokus membawa penumpang dengan selamat sampai tujuan. Lalu, bagian kemudi juga dapat diatur sesuai dengan postur tubuh pengemudi, serta  ruang kabin akan terasa senyap dengan penerapan bahan material yang berkualitas tinggi dan mampu mengurangi kebisingan dari luar mobil.

Dimensi  Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Melihat  dimensi yang diusungnya, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.453 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm, serta wheelbase 2.662 mm. Dimensi mobil Honda BRV memang agak lebih tinggi. Ditunjang dengan adanya Ground Clearance di atas 201 mm, membuat mobil ini aman untuk dikendarai di jalan yang berlubang-lubang sekalipun. Kaki-kaki Honda BR-V disokong velg mobil berukuran 16 inci dan dibalut oleh ban yang berukuran 195/60/R16. Dimensi pada Nissan Grand Livina memiliki ukuran panjang 4485 mm, lebar 1695, dan tinggi 1595 mm. Nissan juga mendesain mobil yang satu ini dengan memberi jarak poros roda hingga 2600 mm dengan jarak radius putarnya hinga 5.5 m. Sehingga saat pengendara menemui jalan yang berkelak-kelok, Nissan Grand Livina akan tetap terasa asik untuk dikemudikan. Disisi lain, bobotnya yang berat serta desainnya yang memanjang, tampilan visual berkendara untuk mobil ini jauh lebih terasa nyaman karana memiliki jarak terendah ke tanah sebesar 175 mm.

Mesin Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Mesin Honda BRV

Mesin Honda BRVUntuk dapur pacunya, mobil Honda BRV mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup yang memiliki kapasitas silinder 1497 cc. Mesin i-VTEC yang terdapat pada mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 120 HP pada putaran 6.600 rpm serta torsi maksimal mencapai 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Untuk varian BRV, spesifikasi Honda BRV akan terbagi dalam 4 tipe, di mana varian tersebut Honda akan membenamkan fitur spesial, semisal fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit.

Mesin Nissan Grand Livina

Mesin Nissan Grand Livina

Kapasitas pada mobil inii yakni 42 L. Grand Livina pabrikan Nissan 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control) memiliki kapasitas Mesin 1.5L memiliki kapasitas silinder 1498 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan 109 PS pada putaran 5600 rpm dan menghasilkan torsi maksimal 14.6 pada putaran 4000 rpm. Nissan Grand Livina mengalami perubahan di sistem transmisi beralih ke Transmisi CVT (Continuosly Variable Transmision) CVT adalah perkembangan dari Transmisi matic yang lama. Menjadikan perpindahan gigi secara outomatic yang semakin halus, dan untuk untuk menunjang kinerja mesin mobil ini dibekali tangki berkapasitas 52.2 Liter.

Fitur Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Honda BRV dan Nissan Grand Livina memiliki fitur keamanan dan fitur kenyamanan yang canggih, Pertama, dalam fitur yang terdapat dalam Honda BRV yakni adanya Fitur keamanan yang standar potenzioner seatbelt. Tidak hanya itu, terdapat pula sistem pengereman berupa teknologi rem ABS dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sehingga membuat laju kendaraan bisa lebih terkontrol. Serta mengantisipasi terjadinya roda terkunci pada saat terjadinya  pengereman mendadak. Selain itu, terdapat fitur Dual Airbag System yang mencegah terjadi insiden benturan mendadak. Untuk fitur lainnya, Honda BRV dibekali dengan fitur keamanan seperti fitur pada varian tertinggi Honda BRV Prestige yakni Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Berfungsi memudahkan pengoperasian mobil dan menjaga kestabilan kendaraan. Selain itu, ada teknologi Immobilizer Key yang ditanamkan pada mobil ini.

Sementara, fitur keamanan Nissan Grand Livina meyematkan berbagai fitur keamanan seperti adanya 2 Airbag untuk menjaga si pengemudi serta penumpang dari terjadi insiden benturan. Seatbelt di letakan Nissan pada semua jok yang ada termasuk jok bagian rbelakang. Selain itu, Nissan Grand Livina, pabrikan mobil meletakan fitur parking sensor hingga jarak 3 meter dibagian belakang serta adanya rear view Camera yang memungkinkan semua pengemudi melihat objek yang ada di bagian belakang. Untuk fitur kenyamanannya, Grand Livina pada Tipe SV dan XV menyediakan sarana hiburan berupa Single DIN + Remote Control yang dapat memutar musik dariDVD, Radio AM/FM, USB dan Aux-in. Sedangkan pada Tipe HWS dan X-Gear sistem audionya berupa Double DIN Wide dengan monitor 6 inchi berteknologi layar sentuh dengan fitur DVD, Radio AM/FM, USB, SD Card, Bluetooth, dan koneksi  Phone/iPod. Penumpang belakang juga dimanjakan dengan hadirnya monitor berukuran 10 inchi yang terlettak di depan plafon yang menyediakan film-film yang akan memberikan hiburan.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Honda BRV

Nissan Grand Livina

Mesin

Tipe Mesin 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control)
Isi Silinder 1497 cc 1498 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 89,4 mm 78.0 x 78.4
Daya Maksimum 120 PS / 6.600rpm 109 PS/5600 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm / 4.600rpm 14.6 Nm/4000 rpm
Sistem Kemudi Rack & Pinion Rack and pinion with EPS (Electronic Power Steering)
Sistem bahan bakar PGM-FI ECCS (Electronic Concentrate-engine Control System)
Kapasitas Tangki 42 L 52.4 L
Radius 10,3:1
Berat Kosong 1.206 kg 1250 kg

Dimensi

P x L x T 4.453  x 1.735  x 1.666 mm 4485 x 1695 x 1595 mm
Jarak Poros Roda 2.662 mm 2600 mm
Jarak Pijak depan 1.500 mm
Jarak Pijak Bawah 1500 mm
Ground Clearance 201 mm 175 mm
Radius Putar 5,3 5.5

Sasis

Transmisi 6 Speed M/T M/T 5-Speed
Suspensi Depan MacPherson Strut McPherson Strut with Stabilizer
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam Torsion beam with Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran ban 195/60 R16 185/65 R15

Fitur

Kenyamanan
  • Audio Double DIN AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhone
  • Air Conditioner Digital A/C
  • Seat Adjustment Driver Manual Adjustment
  • Seat Adjustment Passenger Manual Adjustment
  • Interior Color Black
  • Seat Material
  • Combi Meter Analog, New Design 2 Gauge Meter + Drive Computer (With Tachometer)
  • Seat Material Soft Fabric
  • Center Cluster Finisher Silver Decoration
  • 3 Spokes Steering Wheel: New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration
  • Power Window
  • Rear AC Vent with Cup Holder
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Seat Foldable Quick System
  • 1 DIN Wide DVD, DVD Player, AM/FM, USB, Aux-in, Video Ouput, Remote Control
Keamanan
  • Key Type Wave Key
  • Alarm System
  • Immobilizer
  • Keyless Entry
  • Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE™
    Dual Front i-SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan
  • Seatbelt Reminder Driver
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR
  • Airbag Driver
  • Airbag Front Passenger
  • Zone Body Concept
  • Side Impact Beam
  • Collapsible Steering Column
  • Keyless Entry with Alarm
  • Shock Sensor

Harga Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Harga Honda BRV vs Nissan Grand Livina

Honda BRV

Nissan Grand Livina

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda BRV S 6MT   Rp233.000.000- Harga Nissan Grand Livina  1.5 SV MT Rp213.800.000-
Harga Honda BRV EM/T Rp243.000.000- Harga Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT Rp225.600.000-
Harga Honda BRV E CVT   Rp253.000.000- Harga Nissan Grand Livina 1.5 XV MT Rp231.000.000-
Harga Honda BRV Prestige Rp268.000.000- Harga Nissan Grand Livina  1.5 XV MT Rp242.700.000-
Harga Nissan Grand Livina 1.5 HWS XV CVT Rp256.400.000-
Harga Nissan Grand Livina
1.5 HWS Autech CVT
Rp271.000.000-
Harga Nissan Grand Livina XGear 1.5 MT Rp243.300.000-
Harga Nissan Grand Livina XGear 1.5 CVT Rp258.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Honda BRV vs Nissan Grand Livina berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=0vWBeGjtyN4

Artikel terkait: Toyota Agya Vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

12 pemikiran di “Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar