Honda CBR 250RR Indonesia Review 2018

Honda CBR 250 RR

Honda CBR 250RR Indonesia Review 2018 Honda kembali membuat gebrakan di pasar otomotif Tanah Air dengan hadirny salah satu produk barunya, yaitu Honda CBR250RR. Sebelumnya, kehadiran motor sport keluaran Honda sempat menjadi rumor dan sering dijadikan sebagai bahan pembicaraan di kalangan para pecinta otomotif. Namun, kini kabar tersebut terpecahkan setelah Astra Honda Motor Indonesia secara resmi menampilkan spesifikasi dan tampilan Honda CBR250RR di situs resmi mereka. Dalam situs tersebut, motor ini dianggap masih masuk jajaran keluarga dari varian CBR Series dengan desain yang begitu memukau dan mumpuni. Bahkan, Honda CBR250RR diklaim sebagai penantang baru bagi Ninja 250R dan Yamaha R25. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan Honda CBR250RR di bawah ini.

Desain Honda CBR 250RR

Honda CBR 250 RRSecara keseluruhan, Honda CBR250RR ini memperlihatkan kesan yang gagah, berwibawa dan gagah. Sangat cocok digunakan para lelaki sejati. Tidak hanya itu,  Honda juga memberikan perhatian lebih untuk motor ini dengan memilih bahan-bahan berkualitas sebagai material utamanya. Balutan body juga terbuat dari material serat karbon, memungkinkan motorsport ini melaju lebih gesit karena bobotnya yang lebih ringan.Tampak depan, desain dari Honda CBR250RR ini memiliki bentuk yang tidak sama dengan varian CBR sebelumnya. Pasalnya, motorsport pabrikan asal negeri Sakura ini memiliki bentuk body depan yang disemati dual headlamp yang sudah menggunakan teknologi LED dan memiliki fitur LED DRL (Daytime running lamp).

Honda CBR 250 RRTidak hanya fungsinya saja yang mumpuni, Honda juga mengedepankan sisi stylish motorsport ini dengan merancang desain Headlamp dan bubble windscreen yang dibuat meruncing bak mata elang yang tengah menatap tajam lurus ke depan. Beralih ke samping, kesan sporty terlihat dengan adanya konsep fairing yang membalut body motor. Tidak hanya itu, pada area tangki hingga wilayah buritan, tiap lekukan pada motor ini dibuat tegas dan gagah ditambah bentuk jok yang seirama mengikuti bentuk bodynya. sektor belakang tidk kalah sporty dengan hadirnya desain baru LED tail lamp dan bentuk body yang lebih meruncing. motorsport ini juga hadir dengan desain yang aerodinamis dan sporty.

Speedometer Honda CBR 250RR

Speedometer Honda CBR 250 RRBeralih speedometer, Honda CBR250RR ini menggunakan panel indikator yang dirancang begitu stylish dan menawan. Gaya stylish ini didukung dengan stang model clip on, atau yang biasa dikenal setang jepit, yang cukup rendah. Namun posisinya masih berada diatas yoke (segitiga atas), sehingga membuat Honda CBR250RR ini tampil menunduk dan terlihat racy. Tak hanya soal penampilan saja, motorsport ini juga dilengkapi dengan dua buah kabel gas. Tampilan menawan khas motor ini juga diperkuat dengan hadirnya layar LCD (Liquid Crystal Display) full digital yang dibalut dengan backlight hitam dan warna putih. Serta warna merah pada tulisan angka dan barnya. Selain itu, Honda CBR250RR ini dibekali dengan beberapa kelengkapan lain, seperti takometer yang menggunakan bar warna putih. Lalu, tak ketinggalan ada juga speedometer, power mode, odometer dan tripmeter, bar fuelmeter, pengukuran suhu mesin, dan jam digital juga turut disematkan pada panel Honda CBR250RR ini. Seluruh kelengkapan tersebut memberikan informasi yang jelas, akurat dan terukur kepada si pengendara. Disamping itu, beberapa fitur atau pelengkap dalam panel indikator menjadi satu kesatuan yang didesain dengan bentuk dan gaya yang futuristis, modern, stylish dan sporty.

Dimensi Honda CBR 250RR

Dimensi Honda CBR 250RR ini memiliki panjang 2.060 mm, lebar 724, dan tinggi  1.098 mm. Selain itu, Jarak Sumbu roda motor ini sebesar 1.389 mm dan memiliki jarak terendah ke tanah 145 mm yang akan membuat motor lebih nyaman dikendarai saat melewat jalanann berbatuan dan bergelombang. Si pengendara akan dibuat nyaman dengan adanya jok dengan ketinggian 790 mm. Tidak hanya itu, untuk kapasitas tangki Honda CBR 250RR terbilang cukup luas dengan tersedianya kapasitas 14,5 liter.

Mesin Honda CBR 250RR

Mesin Honda CBR 250 RRMengenai dapur pacunya, Honda CBR250RR memiliki performa yang lebih tangguh dan unggul dibanding generasi sebelumnya. Motor sport ini memiliki mesin Parallel Twin Cylinder 8 katup berkapasitas mesin 249,7 cc sehingga mampu memberikan daya dorong 44 hingga 49 Tk pada putaran 14.000 rpm ini. Selain performa mesinnya yang gahar, motor ini ditunjang oleh sistem saluran pembuangan atau muffler dari Akrapovic—brand knalpot yang sudah memiliki nama besar di dunia balap internasional. Dengan dukungan muffler Akrapovic, performa mesin Honda CBR250RR ini akan meningkat, namun motor sporty ini turut terangkat. Nantinya, mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan. Selain itu, mesin dari Honda CBR250RR ini mengandalkan teknologi sistem pembakaran PGM-FI yang menjadikan motor sporty ini lebih ramah lingkungan dan efisien dalam menggunakan hal bahan bakar.

Suspensi Honda CBR 250RR

Untuk suspensi yang digunakan di bagian depan, Honda CBR250RR dibekali dengan tipe suspensi Inverted Telescopic. Sedangkan, untuk pada bagian belakang, Honda mengandalkan suspensi Aluminium Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System). Jadi, tak perlu diragukan lagi jika motorsport bertajuk Honda CBR250RR top speed ini akan mampu menahan beban pengemudi maupun penumpangnya dan mampu menjaga keseimbangan motor ketika dikemudikan. Bahkan, di medan yang bergejolak sekalipun motor ini akan tetap nyaman digunakan. Selain itu, suspensi yang kuat dan kokoh dari Honda CBR250RR didukung pula dengan sistem pengereman yang cukup mutakhir. Pasalnya, pada bagian depan motor ini dibekali sistem pengereman Hydraulic Disc Dual Piston untuk tipe standar dan ABS. Ditambah lagi, untuk rem belakang Honda membekalinya dengan Hydraulic Disc Single Piston untuk tipe standar maupun ABS. Bahkan, spesifikasi Honda CBR250RR ini juga kabarnya dibekali dengan velg gaya racing sehingga gaya sporty makin nampak jelas terlihat.

Fitur Honda CBR 250RR

Honda CBR250RR dibekali beberapa fitur-fitur canggih. Fitur-fitur tersebut diantaranya, sistem pengereman depan dan belakang yang mengandalkan rem hidrolik dual piston dan single piston. Jadi, rem pada Honda CBR250RR tersebut nantinya akan memberikan kualitas sistem pengereman yang lebih optimal sehingga memudahkan pengendara dalam mengontrol laju motor dan tentu saja akan mendukung keselamatan pengemudinya. Selain sistem pengeremannya yang mumpuni. Honda CBR250RR ini juga dilengkapi dengan fitur power mode yang berfungsi untuk mengatur keluaran power melalui ECU yang tertanam pada motor ini. Selain itu, ada pula fitur ride by wire yang sering kali kita jumpai pada motor Big Bike pabrikan Honda.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda CBR 250RR

Mesin

Tipe Mesin 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
Isi Silinder 249,7 cm3
Diameter x Langkah 62,0 x 41,4 mm
Daya Maksimum 28,5 kW (38,7PS) / 12.500 rpm
Torsi Maksimum 23,3 Nm (2,4 kgf.m) / 11.000 rpm
Rasio 11,5 : 1
Sistem Bahan Bakar PGM-FI, Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pengapian Digital
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 14,5 liter

Dimensi

P x L x T 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak Sumbu Roda 1.389 mm
Ground Clearance 145 mm
Berat 168 kg (ABS), 165 kg (STD)
Ketinggian Jok 790 mm

Sasis

Transmisi Manual, 6 Speed
Tipe Rangka Truss Frame
Suspensi Depan Inverted Telescopic Front Suspension
Suspensi Belakang Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Rem Depan Hydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rem Belakang Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
Ban Depan 110/70 – 17 54S (Tubeless)
Ban Belakang 140/70 – 17 66S (Tubeless)

Harga Honda CBR 250RR

Harga Honda CBR 250RR

Tipe

Harga

Harga Honda CBR250RR ABS    Rp62.900.000,-
Harga Honda CBR250RR ABS    Rp68.900.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review Honda CBR 250RR berikut ini!  https://www.youtube.com/watch?v=JdlZRr2HjJE

 

5 pemikiran di “Honda CBR 250RR Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar