Honda CRF 250R Indonesia Review 2017

Honda CRF 150R

Honda CRF Indonesia Review 2017 Honda merilis motor dengan gaya adventure bertenaga besar yang diberi nama Honda CRF. Motor ini pun menjadi salah satu motor adventure termurah yang dipasarkan di Indonesia. Motor ini dibanderol kisaran harga 60 jutaan. Motor ini pun memang dikagumi oleh konsumen di Indonesia. Ini dikarenakan motor ini dinilai sangat cocok bagi para konsumen yang sedang mencari motor yang tangguh. Untuk Honda CRF 250 Rally menggunakan suspensi depan yang menggunakan upside down.

Penampilan CRF250R ini terlihat sangat gagah terutama pada bagian belakang pun menggunakan monoshock. Selain itu pula, tersedia juga mesin satu silinder dengan kapasitas 249cc yang dimana mesin tersebut diadopsi dari Honda CBR250R. Mesin tersebut tergolong sangat bertenaga dan juga bisa untuk diajak melewati berbagai medan jalan dengan torsi yang sangat besar.Walaupun mesin yang digunakannya hanya akan hadir dengan single silinder. Akan tetapi untuk soal performa, tidak bisa untuk dipandang sebelah mata. Para pengguna pun dapat merasakan ganasnya hentakan mesin apabila setiap kali memutar tuas gas. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai Honda CRF 250R

Desain Honda CRF

Eksterior Honda CRF
Menyoal dari segi desainnya, Honda CRF 250R ini memiliki bodi motor yang sederhana namun juga terkesan sporty. Menariknya, motor asal pabrikan Honda ini menyediakan beberapa warna yang diupdate lebih fresh dari yang sebelumnya. Warna yang mendominasi yakni nuansa warna merah yang diterapkan dari bagian depan motor. hingga sampai ke bagian tempat duduknya atau jok motor.

Jok Honda CRF

Selain itu, sisanya terdapat warna putih, biru, hitam dan emas pada bodi motor. Sementara, Honda CRF 250R ini memiliki desain spatbor pada bagian depan yang besar. Dimana menyatu dengan batok kepala yang menimbulkan kesan sanggar dan liar. Jika dilihat dari samping akan terlihat shroud berukuran besar dan sedikit memanjang kebawah. Sedangkan bagian belakang motor dirancang agak ramping ditambah hadirnya lampu stop, lampu sein dan papan plat nomor motor.

Knalpot Honda CRFPada bagian knalpotnya, Honda CRF 250R ini hampir serupa dengan saudaranya yakni, Honda seri CRF450R. Knalpot yang berada dibagian belakang dibuat dengan mengusung konsep twin-muffler exhaust system. Desain knalpot tersebut memperlihatkan motor tampak lebih sangar dan garang. Terlebih lagi ditambah suara yang dihasilkan dari knalpot terasa berkarakter. Alasan penempatan knalpot tersebut ternyata ditujukan untuk mendongkrak performa dapur pacu motor Honda CRF 250R agar lebih powerfull. Knalpot ditempatkan agak sedikit mengumpat dan tersembunyi tepatnya berada di dalam kolong spatbor motor. Selain itu, menariknya ban motor yang dipakai pada motor Honda CRF 250R ini menggunakan Dunlop yang berkolaborasi dengan kedua suspensi-suspensi. Jika dilihat uniknya plat nomor motor yang terpasang dibuat tampak menggantung pada bagian bodi belakang motor. Desain Honda CRF 250R terlihat simpel namun tetap menawan.

Speedometer Honda CRF

Speedometer Honda CRF

Beralih ke bagian speedometernya, motor Honda CRF 250R begitu lengkap dengan adanya panel instrumen indikator yang begitu canggih dan menarik. Tidak hanya itu panel digital yang digunakan dibuat lebih update dan futuristik sehingga desain pada motor tidak akan ketinggalan zaman. Selain itu, adanya panel indikator pada Honda CRF 250R terlihat begitu sederhana dan minimalis di mana berfungsi sebagai pemberi informasi selama berkendara.

Instrument indikator Honda CRF250R juga memuat info yang ditampilkan dari layar digital yang memberi info diantaranya mengenai jarak tempuh. Selain itu sebagai petunjuk waktu digital, kecepatan mph yang dihitung (Km/jam), dan indikator bahan bakar. Selanjutnya, pada bagian atas panel digital Honda CRF250R dilengkapi pula dengan indikator lampu. Diantaranya Lampu sein, lampu tembak (jarak jauh), indikator gigi netral (N), dan kondisi oli mesin. Jadi, panel digital dan indikator akan memudahkan si pengendara dalam melihat informasi selama mengemudi. Dapat pula menjadi suatu kelebihan yang dimiliki oleh motor Honda CRF250R ini.

Dimensi Honda CRF

Selanjutnya, untuk dimensi yang dimiliki oleh Honda CRF 250R ini memiliki panjang 2210 mm, lebar 1425 mm, dan tinggi 900 mm. Sementara, pada rangka yang digunakan yakni berjenis rangka Twin-Spar Aluminium Chasis. Dimana rangka tersebut dikenal menjadikan motor begitu kokoh dan kuat bila dikendarai di jalan raya. Kemudian, untuk wheelbasenya berukuran 1445 mm dan memiliki ketinggian tempat duduk hingga 895 mm. Sehingga rasanya pas dengan postur tubuh orang Indonesia. Motor trail besutan Honda ini disiapkan untuk menghadapi medan jalan yang terjal dan bergelombang. Sehingga motor adventure Honda CRF 250R memiliki ukuran ground clearance yang tinggi sekitar 270 mm. Dimensi yang diusung oleh Honda CRF250R begitu kokoh. Dimana dapat menjadikan motor ini memiliki keunggulan yang di kelas motor adventure premium.

Mesin Honda CRF

Mesin Hoda CRF

Honda CRF250R pun berkolaborasi dengan teknologi DOHC serta SOHC yang dikemas oleh Honda dalam mesin 250cc Unicam dan memiliki 1 buah silinder. Dengan adanya bekal tersebut, dapur pacu pun disusun dengan 4-valve serta adanya sistem pendinginan berupa liquid cooled. Sistem itu dapat bekerja secara maksimal  bahkan dengan adanya bakal yang mengantarkan setiap pengguna untuk dapat mendapatkan pengalaman menyenangkan. Apalagi  saat berkendara di jalanan berlumpur dan juga terjal. Ditambah lagi ada fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan bagi para pengemudi. Sementara, sisitem bahan bakarnya menggunakan teknologi andalan Honda yakni Fuel Injection PGM-FI. Serta untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil motor ini menggunakan sistem pendingin Liquid. Honda CRF250R memiliki transmisi manual 6 percepatan.

Suspensi Honda CRF

Honda sengaja melengkapi motor trail miliknya dengan chassis alumunium twin-spar. Selain itu pula, memiliki fungsi yang sedemikian, adanya penggunaan rangak model yang dapat meningkatkan kestabilan motor yang menjadi lebih tinggi. Juga memungkinkan untuk Honda CRF250R ini lebih lincah untuk melintasi medan yang terjal di hadapannya. Selanjutnya untuk meningkatkan keseimbangan dalam berkendara, ditambah pula Honda Progressive Steering Damper (HPSD). Berbekal dengan teknologi tersebut, dapat memberikan presisi kemudi yang tak dapat ditandingi.

Terlebih lagi hal tersebut didukung dengan adanya suspensi upside down yang berdiameter 49 mm di lini bagian depan dan juga belakang. Menggunakan Pro-Link Showa Single Shock With Adjustable Spring Preload. Dimana keduanya dapat di atur dengan daya redam hingga mencapai 16 kali posisi pada bagian depan dan 17 kali pada bagian belakang. Membuat pengendara dijamin dengan mudah melakukan manuver saat akan melintasi medan yang ekstrim.

Di sisi lain, velg pada bagian depan memakai jenis Dunlop MX52F 80/100-21 dan memakai jenis velg Dunlop MX52 100/90-19 pada bagian belakang. Velg tersebut membuat motor trail ini menjadi semakin gesit dan lincah saat berada di jalan raya. Pada pengeremannya, Honda menggunakan double disc-brake berukuran besar. Bagian depan  berukuran 260 mm dan pada bagian belakang berukuran 240 mm. Hal tersebut dimaksudkan menghasilkan pengereman yang sempurna.

Fitur Honda CRF

Fitur Honda CRF

Salah satu keunggulan lain dari Honda CRF250R ini memilki fitur yang modern dan canggih. Diantaranya ada fitur-fitur yang terpasang pada Honda CRF250R yakni lampu utama yang terpasang dan dilengkapi Dual asymmetry LED with floating wind screen. Pasalnya, fitur tersebut dapat memaksimalkan pencahayaan yang dihasilkan dari lampu motor yang akan berfungsi saat pengemudi berkendara di malam hari. Selain itu, terdapat panel meter digital dan panel indikator yang memuat segala informasi sepeda motor selama berkendara.

Tidak hanya itu, adanya fitur unggulan dari motor Honda CRF250R yakni fitur pelindung tangan yang berada di bagian stang dan lampu utama.  Satu lagi keunggulan motor trail ini semakin lengkap dengan adanya pebambahan Fitur Engine Mode Select Button.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda CRF

Honda CRF
Mesin
Tipe Mesin liquid-cooled single-cylinder four-stroke, Unicam, four-valve; 30.5mm intake, titanium; 25mm exhaust, titanium
Jumlah Silinder 1 Silinder
Isi Silinder 250 cc
Diameter x Langkah 76.8mm x 53.8mm
Daya Maksimum 18,2Kw / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 22,6 Nm / 6750 rpm
Kapasitas Tangki 249 cc 1.7 gallons
Rasio 13.5:1
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Sistem Starter Electric
Sistem Pengapian Full transistor with electronic advance
Dimensi
P x L x T 2210 mm x 900 mm x 1425 mm
Ground Clearance 270 mm
Wheel Base 1.445 mm
Tinggi Tempat Duduk 895 mm
Berat 155 kg
Sasis
Transmisi 6 Speed (1-N-2-3-4-5-6)
Tipe Rangka 27° 23′ (Caster Angle).twin-spar aluminum chassis
Suspensi Depan 49mm inverted Showa® SFF-Air TAC fork with 16-position rebound and 16-position compression damping adjustability; 12.2 inches travel
Suspensi Belakang Pro-Link® Showa single shock with adjustable spring preload, 17-position rebound damping adjustability, and compression damping adjustment separated into low-speed (13 positions) and high-speed (3.5 turns); 12.3 inches travel
Rem Depan Single 260mm disc with twin-piston caliper
Rem Belakang Single 240mm disc
Ban Depan Dunlop MX52F 80/100-21
Ban Belakang Dunlop MX52 100/90-19

Harga Honda CRF

Harga Honda CRF
Honda CRF
Tipe Harga
Harga Honda CRF250R Rp 101.000.000
Harga Honda CRF250L Rp 64.000.000

Video Review

Buka dan simak review video Honda CRF Indonesia Review 2017 berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=Lp7Z9Jioo28

 

Tinggalkan sebuah komentar