Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda Freed vs Honda Mobilio

Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018- Sejak dirilis di Jepang tahun 2008 dan di indonesia tahun 2009, Honda Freed langsung jadi mobil pilihan keluarga dikelas MPV. Sama-sama berada dikelas yang sama, Honda Mobilio tentunya juga tak bisa begitu saja dikesampingkan. Uniknya, jika kita perbandingkan Honda mobilio dengan Honda Freed ini maka kita akan mendapatkan hal yang menarik. Pasalnya, Honda Freed sendiri di Jepang didaulat sebagai pengganti Honda Mobilio. Dari sini apakah memang Honda Freed dan Mobilio ini memang dua mobil yang sama dengan kemasan yang berbeda? Tunggu dulu. Sebelum berspekulasi, lebih baik kita komparasikan saja kedua mobil ini terlebih dahulu.

Eksterior Honda Freed vs Honda Mobilio

Eksterior Honda Freed

Eksterior Honda Freed

Pada bagian eksterior, mobil Honda Freed terlihat bodi yang menerapkan konsep boxy yang ikonik. Bisa dikatakan berbeda dari bentuk desain mobil MPV yang biasanya berbentuk elips. Di bagian depannya terdapat sentuhan baru dengan dipasangaknnya desain lampu utama yang dibuat sengaja melengkung ke bagian dalam, namun masih dengan bentuk sipitnya. Serta, kedua lampu pada Honda Freed menyatu dengan front grill yang melengkung dimana terdiri dari tiga baris. Sementara untuk warna yang diterapkan masih memakai warna chrome metalik yang menimbulkan kesan mewah pada mobill.

Lalu, melihat bagian bawah bodi Honda Freed terdapat bumper baru Honda Freed yang dibuat lebih minimalis dan terlihat fog lamp berbentuk bulat. Menuju bagian samping terdapat sliding door yang menjadi ciri khas dari Honda Freed sendiri. Mobil ini memiliki desain kaca jendela dengan aksen garis-garis yang tegas, serta dibuat aksen bergelombang yang melintang dari ujung ke ujung. Beranjak ke bagian belakang adanya stop lamp berdesain Stunning Tail Light yang dirancang mengikuti alur bodi. Sehingga memberikan kesan lebar sehingga menjadikan Honda Freed lebih terlihat semakin mewah.

Eksterior Honda Mobilio

Eksterior Honda Mobilio

Sementara, ke bagian eksterior Honda Mobilio mengusung tema yang mewah dan juga sporty. Mobil Honda Mobilio mengalami pembaruan di bagian desain wajah dengan kap pada mesin yang dibuat lebih memanjang. Selain itu, adanya lampu utama yang menerapkan sistem teknologi LED Light Guide yang berperan dalam menghasilkan cahaya yang lebih maksimal terutama saat berkendara pada malam hari. Ke bagian samping Honda Mobilio, Anda akan melihat kaca spion yang dapat dilipat karena adanya teknologi Power Retractable Door Mirror. Sedangkan, untuk bodi pada bagian belakang dilengkapi dengan  Rear License Garnish menawan yang berada pada dudukan plat nomor tepatnya di antara kedua stop lamp. Honda Mobilio ini terkesan sporty dan elegan sehingga membuat banyak orang menyukai desain mobil ini.

Interior Honda Freed vs Honda Mobilio

Interior Honda Freed

Dasboard Honda Freed

Beralih ke bagian interior, Honda Freed didesain dengan nuansa ruang kabin yang stylish dan juga elegan. Pasalnya, pada bagian dashboard menggunakan material bahan yang berkualitas dimana juga menerapkan konsep desain In-Dash-Shift-Knob Lever. Desain dashboard tersebut akan menjadikan pengemudi akan lebih luasa untuk menyetir dan tuas perseneling menyatu dengan dashboard. Tidak berhenti di situ saja. Dashboard Honda Freed juga dirancang dengan konsep desain Open Cafe Dashboard. Pengemudi juga akan disediakan panel instrumen yang diberi penambahan Multi Information LCD yang berisikan mengenai informasi penggunaan bahan bakar.

Interior Honda Freed

Selain itu juga informasi mengenai suhu, dan jarak tempuh berkendara yang ditampilkan pada layar informatif secara real time. Untuk nuansa ruang kabin si pengemudi, Honda membuatnya dengan nuansa warna terang. Sedangkan jika melihat bagian ruang kabin terlihat dominasi warna hitam dengan kulit jok yang lembut. Menariknya ruang interior dari Honda Freed terbilang luas karena adanya model Walk-Through Cabin dimana dapat memberikan kemudahan untuk bergerak dari satu kursi  ke kursi lainnya.

Interior Honda Mobilio

Dasboard Honda Mobilio

Untuk interior dari Honda Mobilio. Dashboard yang dimiliki menyediakan fitur audio visual canggih yang dilengkapi dengan layar sentuh yang interaktif. Serta, adanya fitur kenyamanan New Advanced 6.8 inchi Touchscreen A/V System yang disertai dengan 6  Premium Speakers. New Auto AIC, New Meter Cluster Design, dan ada pula desain interior bernuansa warna hitam berkombinasi dengan jahitan oranye yang sporty. Tak hanya itu saja, nterior dashboard dilengkapi USB Connection dan Quick Charging (1.5A) yang akan menyambungkan ke Smartphone penumpang dalam hal pengisian baterai.

Interior Honda Mobilio

Kemudian, adanya pembaruan yang terjadi pada bagian jok depan dimana sekarang menggunakan kursi Semi-bucket Ergonomis. Dengan bentuk semi bucket dan juga menggunakan material yang berkualitas. Kursi tersebut dapat menompang posisi badan secara profesional karena adanya sayap kursi yang tebal. Pada bagian kursi penumpang dirancang lebih ramping dan dibuat lapang sehingga dapat mempermudah geraknya ruang kaki untuk si penumpang. Tidak hanya itu, jok depan dirancang terpisah yakni dengan sistem Separated & Adjustable Headrest yang akan membuat pengemudi maupun penumpang pada bagian depan lebih nyaman.

Dimensi Honda Freed vs Honda Mobilio

Dari dimensinya maka kita bisa mendapati bahwa Honda Freed nampak lebioh lebar dan lebih tinggi dari Honda Mobilio. Namun dari ukuran panjang maka Honda Mobilio lebih unggul dari Honda Freed. Ukuran dimensi dari Honda Freed sendiri adalah panjang 4.215 mm, lebar  1.700 mm, tinggi 1.740 mm dan memiliki jarak poros roda sebesar 2.740 mm.

Sedangkan untuk dimensi Honda Mobilio adalah panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm dan memiliki jarak poros roda sebesar 2.650 mm. Sama-sama mencatat kapasitas tangki sebesar 42 liter, kedua mobil MPV ini juga sudah dibekali dengan suspensi yang berkualitas. Selain itu juga memiliki suspensi berjenis sama, yakni suspensi depan berjenis Mac Pherson Strurt dan jenis H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya.

Baca juga New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2017

Mesin Honda Freed vs Honda Mobilio

Mesin Honda Freed

Mesin Honda Freed

Beralih ke bagian dapur pacu, kita akan menjumpai bahwa Honda Freed sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Honda Mobilio. Hal ini terlihat dari tipe mesin Freed yaitu  1.5 SOHC, Silinder Segaris, 16 Katup, i-VTEC + DBW + TBR dengan kapasitas 1497 cc. Honda Freed ini menghasilkan daya maksimum mencapai 87 Kw (118PS) pada putaran 6.600rpm. Menghasilkan torsi maksimum sebesar 14,9 kg.m (146Nm) pada putara 4.800 rpm. Untuk sistem bahan bakarnya menggunakan teknologi PGM-FI. Mesin yang digunakan dalam Honda Freed juga telah memenuhi standar Euro 4 sehingga dapat dibilang mobil ramah lingkungan. Terakhir, transmisi yang digunakan mobili ini yakni menggunkan sistem penggerak FWD dengan jenis transmisi 5 percepatan dan memiliki rasio komperi 10,4 : 1.

Mesin Honda Mobilio

Mesin Honda Mobilio

Sedangkan Honda Mobilio dengan tipe mesin 1,5 l SOHC 4 silinder segaris, 16 katup I-vtec + DBW berkapasitas 1496 cc. Hanya bisa menghasilkan daya maksimum  mencapai 88 Kw (118 PS) pada putaran 6.600rpm. Serta menghasilkan torsi maksimum sebesar  88 kg.m (145 Nm) pada putaran 4.500rpm. Untuk perbandingan kompresi Honda Mobilio mencatat angka 10,3:1. Keunggulan pada bagian mesin Mobil Honda Mobilio ini dengan tersematkannya teknologi Torque Boost Resonator. Teknologi tersebut berperan dalam meningkatkan torsi maksimum  pada putaran bawah dan daya maksimum pada putaran atas. Untuk sistem bahan bakarnya menggunakan PGM-FI, dalam mengkonsumsi bahan bakar Honda Mobilio tergolong hemat, karena telah teruji juga keefisienannya.  Sementara, pada transmisi tersedia sistem 5-Speed manual.

Fitur Honda Freed vs Honda Mobilio

Melihat pada fitur yang dihadirkan, Honda Freed memiliki fitur yang mumpuni seperti adanya struktur kerangka bode dengan type  G-CON + ACE yang memberikan rasa nyaman. Selain itu ada juga fitur teknologi pengereman tambahan yaitu ABS + EBD. Fitur kenyamanan dan keamanan dari Honda Freed ini makin mumpuni dengan adanya fitur pretensioner with limiter seatbelt serta sabuk keselamatan. di setiap tempat duduk dan juga fitur ISOFIX, keyles entry, key type wave key, immobilizer, alarm system, auto door lock by speed dan juga smart entry system. Sedangkan pada Honda Mobilio kita mendapati fitur keamanan berupa alarm system. Di lengkapi pula dengan padestrian protection, dual front air bags, sabuk keselamatan depan, sabuk keselamatan belakang. Di tambah pula pretensioner with load limiter seatbelt,dual front airbags, immobilizer, fitur Wave Key, dan keyless Entry (tipe E).

Lihat juga Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX king Indonesia Review 2018

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Freed vs Honda Mobilio

Honda Freed

Honda Mobilio

Mesin

Tipe Mesin 1.5 SOHC, Silinder Segaris, 16 Katup, i-VTEC + DBW + TBR 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Isi Silinder 1497 cc 1496 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 89,4 mm 73,0mm x 89,4mm
Rasio Kompresi 10,4 : 1 10,3:1
Daya Maksimum 87 Kw (118PS)/6.600rpm 88Kw(118PS) / 6.600rpm
Torsi Maksimum 14,9 kg.m (146Nm)/4.800rpm 88kg.m(145Nm) / 4.500rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI PGM-FI
Kapasitas Tangki 42 L 42 L
Sistem Kemudi Rack & Pinion Rack & Pinion

Dimensi

P x L x T 4.215mm x 1.700mm x 1.740mm 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Jarak Poros Roda 2.740 mm 2.650 mm
Jarak Pijak depan 1.478 mm 1.472mm
Jarak Pijak belakang 1.466 mm 1.475mm
Jarak Terendah 189 mm
Berat
Turning Radius 5,2

Sasis

Transmisi 5MT 5 Speed M/T
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson strut
Suspensi Belakang     H-Shape Torsion Beam H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc ventilated disc
Rem Belakang Drum drums
Ukuran ban 185/65 R15 185/65 R15
Ukuran Velg Alloy Wheel 15″ Trim Wheel 15″

Fitur

Kenyamanan
  • Power Sliding Door Button : Left Side (Type S), Both Side (Type E)
  • Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone
  • Interior Color : Black
  • ECO Assist
  • Audio Steering Switch
  • Power Window
  • Front & Rear Seat reclining:
  • Struktur Rangka Bodi    G-CON + ACE
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Kedua)
  • Sabuk Keselamatan (Baris Ketiga)
  • Seatbelt Reminder
  • Pretensioner with Load
  • Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Hill Start Assist (HSA)
Keamanan
  • Struktur kerangka body :
  • Dual Front Air bags
  • Pedestrian Protection
  • ABS + EBD
  • Pretensioner with load Limiter
  • Seatbelt
  • Sabuk Keselamatan (Front)
  • Sabuk Keselamatan (Rear)
  • ISOFIX dan Tether
  • Key Type
  • Keyless entry
  • Immobilizer
  • Alarm System
  • Auto Door Lock by speed
  • Smart Entry System
  • Key Type
  • Alarm System
  • Immobilizer

Harga Honda Freed vs Honda Mobilio

Harga Honda Freed vs Honda Mobilio

Honda Freed

Honda Mobilio

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Freed S Rp.267.000.000 Harga Honda Mobilio S Rp 189,500,000
Harga Honda Freed E  Rp.289.000.000 Harga Honda Mobilio E Rp 210,000,000
Harga Honda Mobilio E CVT Rp 221,000,000
Harga Honda Mobilio RS Rp 233,000,000
Harga Honda Mobilio RS CVT Rp 243,500,000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Honda Freed vs Honda Mobilio https://www.youtube.com/watch?v=tNVxD02nzeM dan https://www.youtube.com/watch?v=4huDsqPX7Io

Artikel terkait: Honda Civic vs Honda City Indonesia Review 2017

Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017

Daihatsu Xenia vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017

Nissan GT-R Indonesia Review 2017

15 pemikiran di “Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar