Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018– Satu lagi mobil jenis MPV yang bisa kita perbandingkan yaitu Honda Freed dan Suzuki Ertiga. Meski berbeda produsen namun kedua mobil ini masih tetap jadi referensi masyarakat untuk pembelian. Honda Freed yang hadir terlebih dahulu ditahun 2009 yang kemudian disusul oleh Ertiga ditahun 2012 tidak lantas kemudian menjadikan Ertiga lebih unggul. Nah untuk mengetahui siapa yang lebih unggul diantara kedua mobil ini kita simak perbandingan kedua mobil di bawah ini.

Eksterior Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Eksterior Honda Freed

Honda Freed

Mengenai masalah desain eksteriornya, Honda Freed termasuk ke kategori mobil mewah dimana dilengkapi dengan fitur Power Sliding Door eith remote control yang berfungsi dalam memudahkan penumpang saat akan masuk ataupun keluar mobil. Sebab dalam fitur ini adanya toich sensor anti pinch function intergrasi yang terletak pada panel pengemudi sehingga akan mencegah bahaya resiko terjepit. Body dari Honda Freed terlihat bongsor dan sporty serta adanya desain lampu yang membentuk jajar genjang. Lalu melihat ke body belakang Honda Freed terlihat Tailgate Spoiler yang bergaya aerodinamis maksimal dan desaini Bold Rear License Garnish tampak begitu lebih lebar.

Eksterior Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga

Sementara pada desain Suzuki Ertiga tampil begitu stylish dan modern, serta adanya beberapa perubahan di beberapa bodinya. Salah satunya yakni adanya headlight yang dirancang begitu tajam dan untuk bagian front grill sengaja dibuat lebih minimalis dengan adanya tiga tingkatan yang dilapisi warna chrome. Tak hanya itu saja, foglamp Suzuki Ertiga ini memiliki reflektor yang dirancang dengan bentuk yang lebih sederhana. Selain itu, kesan elegan tampak dari bezel yang diberi warna hitam. Kemudian pada bagian samping mobil dilengkapi dengan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX) dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX).

Interior Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Interior Honda Freed

Dasboard Honda Freed

interior  honda freed mengusung konsep mobil mewah, pasalnya dalam Honda Freed ini terdapat fitur fitur yang canggih serta memberikan kenyamanan lebih kepada penumpaang saat melakukan perjalanan. Pada bagian dashboard terdapat tuas transmisi yang menyatu dengan dashboard yang akan memudahkan pengemudi saat menyetir.

Interior Honda Freed

Honda Freed dapat menampung penumpang 6 hingga 7 orang penumpang. Dalam kabin terlihat suasana yang begitu modern dan mewah karena pada masing-masing jok juga dibalut dengan material yang berbahan berkualitas. Tidak hanya itu saja, Honda Freed juga memliki bagasi yang cukup memadai pula untuk membawa barang bawaan.

Interior Suzuki Ertiga

Dasboard Suzuki ErtigaBila melihat ke bagian dashboard Suzuki Ertiga baru ini akan tampak lebih fresh dengan diupdatenya warna yang lebih lembut dan juga terkesan mewah. Pasalnya, pada bagian ini terdapat Pattern Fabric pada masing-masing joknya. Untuk Suzuki Ertiga ini memiliki ruang bagasi yang cukup luas dan memiliki fitur hiburan berupa audio dan penambahan  Accessories Socket di bagian belakang.

Interior Suzuki Ertiga

Console Box baris ke-2, di mana berfungsi agar penumpang dapat mengisi ulang Smartphone dalam kondisi berkendara. Mobil Suzuki Ertiga ini juga memiliki kursi baris ketiga yang memiliki sistem split 50:50. Jadi, si penumpang dapat membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Dimensi Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Hal pertama yang akan kita komparasikan adalah berkaitan dengan dimensinya. Dari dimensinya maka bisa kita dapati fakta bahwa Honda Freed lebih lebar dan lebih tinggi. Namun untuk dimensi panjang maka Suzuki Ertiga yang unggul. Ukuran dimensi Suzuki Ertiga sendiri berturut-turut untuk panjang 4256 mm, lebar 1695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Sementara dimensi untuk Honda Freed adalah panjang 4.215 mm, lebar  1.700 mm, tinggi 1.740 mm. Meski memiliki perbedaan dalam hal ukuran dimensi panjang, namun ternyata kedua mobil ini memiliki catatan jarak poros roda yang sama yang mencapai 2.740 mm.

Mesin Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Mesin Honda Freed

Mesin Honda Freed

Beralih ke bagian mesin,Honda Freed jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Hal ini bisa dibuktikan dari tipe mesin Freed yaitu 1.5 SOHC, Silinder Segaris, 16 Katup, i-VTEC + DBW + TBR dengan isi silinder mencapai 1497 cc. Dari mesin ini Freed bisa mengeluarkan tenaga kuda maksimum mencapai 117 hp dengan torsi maksimum mencapai 146 Nm. Honda Freed sudah menerapkan standar euro 4 dan pada bagian transmisi memakai automatic (A/M) 5 kecepatan.

Mesin Suzuki Ertiga

Mesin Suzuki Ertiga

Kemudian pada mobil Suzuki Ertiga menggunakan mesin K14B, DOHC, VVT, 16 katup, 4 in-Linec. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 97.3 hp dan menghasilkan torsi maksimum hingga 128 Nm. Nah, dari sinilah, maka kita akan mendapati perbedaan kecepatan maksimum diantara kedua mobil ini dimana Honda Freed bisa mencatat kecepatan hingga 170 kmph. Sementara Suzuki Ertiga hanya mencatat kecepatan maksimum 160 kmph. Suzuki Ertiga memiliki mesin yang dapat menghasilkan tenaga yang besar namun tetap halus.

Baca juga  Honda Brio vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Fitur Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Menilik fitur keamanan kedua mobil MPV ini, maka sepertinya Honda Freed lebih memiliki komponen yang lebih lengkap. Fitur lengkap pada Honda Freed tersebut adalah fitur pengereman tambahan ABS + EBD, pretensioner with limiter seatbelt serta sabuk keselamatan di setiap tempat duduk. Struktur kerangka bode dengan type  G-CON + ACE, dan juga fitur ISOFIX, keyles entry, key type wave key, immobilizer, alarm system, auto door lock by speed dan juga smart entry system. Sedangkan pada Suzuki Ertiga fitur keamanan hanya bisa menghadirkan beberapa hal. Yaitu dual airbags, side impact beam, ABS + EBD, child proof door locks, sistem keyles entry dan immobilizer.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Honda Freed

Suzuki Ertiga

Mesin

Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR D13A, DDiS, DOHC, SHVS
Isi Silinder 1497 cc 1,248 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 89,4 mm 69.6 x 82.0 mm
Daya Maksimum 87 Kw (118PS)/6.600rpm 89 / 4,000
Torsi Maksimum 14,9 kg.m (146Nm)/4.800rpm 200 / 1,750
Sistem Kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) Rack & Pinion / Power Steering
Sistem bahan bakar PGM-FI Direct Injection
Rasio 10,4 : 1 16.8
Kapasitas Tangki 42 L 45 L

Dimensi

P x L x T 4.215 mm x 1.700 mm x 1.740 mm 4265 x 1695 x 1685 mm
Jarak Poros Roda 2.740 mm 2740 mm
Jarak Pijak depan 1.478 mm 1480 mm
Jarak Pijak belakang 1.466 mm 1490 mm
Jarak Terendah 185 mm

Sasis

Transmisi Automatic A/T 5-Speed 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring MacPherson sturt with coil spring
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam Torsion beam with coil spring
Rem Depan Ventilated Disc Ventiated Disc Brake
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran ban 185/65 R15 185 / 65 / R15

Fitur

Kenyamanan
  • Power Sliding Door Button : Left Side (Type S), Both Side (Type E)
  • Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone
  • Interior Color : Black
  • ECO Assist : All Type
  • Audio Steering Switch : All Type
  • Power Window : All Type
  • Front & Rear Seat reclining : All Type
  • Auto A/C with Smart Touch : Type E
  • Heater : Type E
  • Air Conditioning Heater untuk kenyamanan berkendara di cuaca dingin,
  • Day Night Mirror serta Gear Shift Indicator yang berikan petunjuk waktu terbaik dalam mengganti posisi gigi kendaraan.
  • ​Parking Sensor (4 titik) dan Rear Defogger (Kaca Anti Kabut).
Keamanan
  • Struktur kerangka body : G-CON + ACE
  • Dual Front Air bags : All Type
  • Pedestrian Protection : All Type
  • ABS + EBD :  All Type
  • Pretensioner with load Limiter
  • Seatbelt : All type
  • Sabuk Keselamatan (Front) :
  • ISOFIX dan Tether : All type
  • Key Type : Wave Key
  • Keyless entry : All Type
  • Immobilizer : All Type
  • Alarm System : All Type
  • Auto Door Lock by speed
  • Smart Entry System
  • ABS – EBD,
  • Dual SRS Air Bag
  • Headlamp with Leveling Feature.

Harga Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Harga Honda Freed vs Suzuki Ertiga

Honda Freed

Suzuki Ertiga

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Freed S

Rp267.000.000-

NEW ERTIGA DIESEL HYBRID GX – MT Rp219.500.000-

Harga Honda Freed E

Rp289.000.000- NEW ERTIGA DIESEL HYBRID GX – MT Rp221.000.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Honda Freed vs Suzuki Ertiga berikut ini!  https://www.youtube.com/watch?v=LevM0in0EM0  

Artikel terkait:  Grand Max PU Indonesia Review 2018

Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018

5 pemikiran di “Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar