Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

Honda HRV vs Honda Jazz

Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018 – Honda, sebagai salah satu pabrikan otomotive yang memproduksi mobil nampaknya telah mewujudkan kebutuhan yang diharapkan oleh para konsumenya. Hal ini ditunjukan lewat grafik penjualan mobil beberapa tahun belakangan yang terus meningkat. Honda telah mengeluarkan banyak varian mobil yang salah satunya adalah HRV dan Honda Jazz.  Tentunya, tiap hasil produk keluaran Honda memiliki keunikan desain, fitur, dan spesifikasi bervariasi. Karna itu, kali ini tim mobil-mewah akan berusaha menghadirkan ulasan tentang komparasi mobil Honda HRV vs Honda Jazz kepada anda. Kira-kira seperti apa ya?..

baca juga: Honda BRV vs Honda HRV Indonesia Review 2017

Eksterior Honda HRV vs Honda Jazz

Eksterior Honda HRV

Desain Honda HRVSUV khas Honda pun praktis bisa kita dapati pada desain eksterior HR-V. Honda HR-V sendiri mengusung desain body ‘Dynamic Cross Solid’. Konsep tersebut menampilkan unsur desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern. Sempat hadir sebagai mobil praproduksi dengan nama Honda Vezel, kehadiran Honda HR-V cukup menarik perhatian lewat desain modern yang dibawanya. Versi baru HR-V ini resmi menjadi penerus generasi lama sekaligus menjadi versi produksi massal dari Honda Vezel. Menyasar segmen Low Sport Utility Vehicle atau Low SUV, Honda HR-V ditempatkan satu level di bawah SUV andalan Honda lainnya yakni, Honda CR-V. Di Indonesia sendiri, mobil ini hadir perdana pada tahun 2014 dan berhasil membuka pasar baru bagi Honda di Indonesia sebagai crossover modern. Honda sendiri lebih senang menyebut HR-V adalah mobil jenis Crossover Utility Vehicle.

Dimensi Honda HRVPada bagian front grill, Honda HR-V mengusung tema Solid Wing Face dengan bentuk menyerupai sayap mengepak yang maskulin diikuti desain bumper depan yang dinamis. Untuk foglamp sendiri dibangun dengan tidak terlalu mencolok dengan penempatan bingkai beraksen karbon yang menambah aura sporty. Headlamp Honda HRV yang sudah berteknologi LED Projector plus DRL, melengkapi sektor penerangan dengan bentuk ergonomis namun terlihat eksklusif. Untuk sektor body samping, Honda HRV dirancang dengan banyak siluet tegas dan lekukan tajam pada body yang menandakan ketangguhan mobil ini. Body samping HR-V dilengkapi pula dengan Side Skirt berdesain kompak mengikuti alur body. Untuk stoplamp bagian belakang, Honda mengusung sistem Rear Combination Lamp dengan LED yang dibentuk mirip sirip hiu terbalik. Lalu, disempurnakan dengan aksesoris mewah lainnya, seperti Shark Fin Antenna dan Sporty Tailgate Spolier dengan LED Mount Stop Lamp yang membuat tampilan HR-V terlihat begitu elegan.

Eksterior Honda Jazz

Desain Honda JazzHonda mengambil tema “It’s Cool, It’s You” untuk generasi ketiga Jazz ini. Tema “cool” atau keren akan langsung bisa kita temui pada sisi eksterior All New Jazz. Sukses di pasar global dengan pangsa pasar lebih dari 150 negara, akhirnya membuat Honda berinisiatif memasukkan hatchback lima pintu yang ketika itu belum terlalu booming di Indonesia. Pada bagian fascia depan, Honda Jazz generasi terbaru ini tampil dengan wajah lebih segar lewat head lamp berbentuk sipit yang ditempatkan diujung kanan dan kiri. Lampu utama berteknologi LED itu dirancang dengan bentuk sipit dan sangat stylish. Bergerak pada desain gril depan Honda Jazz, desain grill melengkung dengan motif black doff single frame semakin mempercantik tampilan mobil ini.

Desain Samping Honda JazzUntuk lampu kabutnya sendiri juga berteknologi LED dengan tambahan Position Lamp dan dirancang dengan cukup mencolok terbingkai ring bercorak karbon. Sementara itu desain depan yang modern dari Honda Jazz disempurnakan dengan kehadiran bumper depan yang dikonsep dinamis lewat garis bertingkat tegas. Untuk sektor desain dari samping Jazz, akan tampak kesan desain yang cukup aerodinamis. Hal ini berkat kaca mobil yang dibuat menyempit ke belakang serta lekukan garis body yang tajam.

Dimensi Honda HRV VS Honda Jazz

Dimensi Honda HRV

Secara fisik, mobil ini memiliki dimensi 4.294 mm x 1.722 mm x 1.580 mm. Ukuran tersebut akan membuat Honda HR-V sangat cocok untuk kebutuhan kendaraan harian karena ukuran tubuhnya tak terlalu besar, meski sejatinya mobil ini lebih cocok untuk berkendara jarak jauh. Untuk kaki-kakinya sendiri, spesifikasi Honda HR-V dijejali dengan velg berdiamater R17 dibalut ban ukuran 215/55.

 

Dimensi Honda Jazz

Pada bagian dimensi, secara kasat mata jelas kita dapat menyimpulkan jika hatchback Honda ini memiliki dimensi yang cukup ramping. Untuk kisaran ukurannya sendiri, spesifikasi Honda Jazz memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi mobil yang berkisar pada 1.524 mm. Ukuran ini merupakan dimensi yang sangat ideal untuk sebuah hatchback. Sedangkan pada bagian kaki-kakinya, Honda All New Jazz akan berbeda antara satu sama lain di mana untuk spesifikasi Honda Jazz tipe A, S, dan S CVT dijejali dengan velg diameter R15 dibalut ban ukuran 176 /65. Lantas untuk New Jazz RS, RS CVT, serta All New Jazz RS Limited Edition sudah dilengkapi dengan ukuran kaki yang lebih gambot lewat velg R16 dibalut ban karet ukuran 185/55.

Interior Honda HRV vs Honda Jazz

Interior Honda HRV

Interior Dashboard Honda HRVUntuk sektor interior, material yang di dalamnya sudah cukup baik untuk menampilkan kesan mobil elegan dan modern. Kabin Honda HR-V sendiri didominasi dengan warna hitam elegan dan untuk beberapa tipe diberi sentuhan warna krem.  Mulai dari dashboard Honda HRV, penampilannya terlihat eksklusif karena desain dashboard dirancang dengan konsep minimalis namun elegan berkat penempatan panel instrumen yang simetris. Pada bagian dashboard terdapat panel instrumen seperti MID LED display, Eco Asssit, Audio-Video System, Auto AC, serta setir kemudi yang dirancang sporty tanpa meninggalkan kesan murahan.

Kabin Interior Honda HRVPada kabin setir kemudi Honda HRV tersedia fitur serta tombol pengoperasian yang mudah dijangkau, contohnya tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch, dan juga One Push Ignition System. Bergerak ke bagian kabin penumpang depan, material yang diusung juga tak mengecewakan dengan detail material pabrik. Khusus untuk Honda HR-V 1.8L Prestige dan juga HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio sudah dibekali komposisi full leather berkualitas tinggi. Sedangkan untuk semua kursi, baik pengemudi dan penumpang, juga sudah dilengkapi pula dengan seatbelt. Terakhir, spesifikasi Honda HRV di bagian bagasi juga disetting dengan kapasitas yang cukup lega agar bisa menampung barang bawaan lebih banyak.

Interior Honda Jazz

Interior Dashboard Honda JazzUntuk dashboard dan kabinnya Jazz sendiri didominasi dengan warna hitam elegan, dengan struktur panel yang tertata sempurna. Mulai dari dashboard yang lengkap dengan panel instrumen seperti panel Cruise Control untuk Honda Jazz semua tipe, lalu ada fitur Advance Audio-Video System Touchscreen, One Push Ignition System, serta Audio Steering Switch yang hadir untuk Honda Jazz RS.  Semua fitur pada dashboard tersebut akan menyempurnakan tata letak setir kemudi yang dirancang dengan desain dengan aura lebih sporty. Selain itu, di bawah-depan lingkar setir kemudi ditempati oleh speedometer yang dibangun dengan iluminasi atraktif dan sudah terdapat Eco-Assist untuk New Honda Jazz semua tipe. Fitur tersebut berfungsi untuk memberikan informasi secara real time bagi pengemudi mengenai konsumsi BBM dengan pola indikator warna.

Kabin Interior Honda JazzKemudian untuk kabinnya sendiri, material yang digunakan merupakan bahan berkualitas ekslusif dan semua kabin sudah didukung dengan seatbelt. Selain itu pada kabin Honda Jazz sendiri mengusung teknologi ultra seat di mana teknologi ini memiliki 3 model pelipatan kursi belakang mulai dari rata lantai, tall mode hingga kursi depan yang dapat direbahkan menjadi tempat tidur.   Sementara untuk bagasinya, tersedia bagasi menganut model trunk cappacity yang dikonsep untuk dapat memberikan kelegaan bagasi hingga 363 liter yang mana bagasinya adalah paling luas di kelasnya. Jadi, selain desain eksterior yang cool abis, spesifikasi Honda Jazz pada bagian interior juga didesain dengan konsep yang sangat istimewa.

Mesin Honda HRV vs Honda Jazz

Mesin Honda HRV

Mesin Honda HRVMobil HRV dijejali dengan mesin yang cukup bertenaga dan pastinya tetap irit konsumsi bahan bakar untuk varian crossover sekelasnya. Dengan menggunakan type mesin 1.5 L dan 1.8 L dengan mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 102 Kw (139 PS). Dengan putaran pada mesin hingga 6.500 rpm untuk type prestige dan 88 Kw (120 PS) dengan putara pada mesin hingga 6.600 rpm untuk type 1.5L. Honda HR-V ini juga memiliki torsi maksimum yakni 17,2 kg.m (169Nm) dengan perputaran pada mesin mencapai 4.300 rpm untuk type prestige. Lalu, 14,8 kg.m (145Nm) dengan perputaran pada mesin mencapai 4.600 rpm untuk type 1.5L.

Mesin tersebut juga dilengkapi dengan teknologi PGM-FI untuk sistem penyuplai bahan bakarnya. Sehingga akan membuat mobil mewah ini lebih hemat bahan bakar. Dengan adanya teknologi PGM -FI pada Honda HR-V ini pembakaran pada mesin mobil ini menjadi lebih sempurna. Sehingga emisi yang di hasilkanpun jadi semakin bersih dan membuat mobil ini menjadi mobil yang ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut membuat harga honda HR-V semakin meloncat tinggi. Dengan membawa spesifikasi seperti itu honda akan memberikan perfoma mesin yangi lebih tangguh dan lebih maksimal pada mobil Honda HR-V ini.

Mesin Honda Jazz

Mesin Honda JazzBeralih pada sektor mesin Jazz, seperti yang kita ketahui Honda memang terkenal dengan kualitas mesinnya yang tangguhdan bandel. Hal itu juga di buktikan pada produk Honda Jazz nya, dengan menghadirkan perfoma mesin yang berkapasitas 1.497 cc dengan mesin 4 silinder type 1.5L SOHC. Sementara itu Honda Jazz ini juga memiliki diameter langkah yang masing-masing berukuran 73,0 mm x 88,4 mm dengan perbandingan kompresi mesin sebesar 10,3 : 1 yang akan membuat mobil Honda Jazz ini mampu melesat dengan kecepatan tinggi dengan mengahasilkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada perputaran mesin sebesar 6.000 rpm, dan untuk torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 145 Nm dengan putaran pada mesin sebesar 4.800 rpm.

baca juga: Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017

Dalam sektor mesin ini Honda juga memberi teknologi canggih untuk penyuplai bahan bakarnya yakni dengan menggunakan teknologi PGM-FI Honda Jazz ini akan lebih hemat dalam mengkonsumsi bahan bakarnya.  Sementara itu untuk mengimbangi kecepatan yang dihasilkan oleh mobil ini, Honda telah memberikan sistem kemudi yang berjenis Power Steering yang akan memudahkan anda dalam berkendara serta sistem kemudi akan menjadi lebih ringan. Hal tersebut sebanding dengan perfoma mesin yang dihasilkan dengan kecepatan yang tinggi pengendara akan membutuhkan sistem kemudi yang ringan serta mudah dikontrol saat berkendara.

Fitur Honda HRV vs Honda Jazz

Fitur Honda HRV

Fitur Honda HRVFitur yang ada di Honda HRV bisa dibilang cukup lengkap dan memenuhi standar mobil yang biasa digunakan pada mobil produksi Honda. Mulai dari struktur rangka body G-CON+ACE yang akan memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan. Lalu ada pula fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter, Seatbelt Reminder, jok ISOFIX, Hill Start Assist, dan juga Emergency Stop Signal. Kemudian ada juga fitur Motion Adaptive EPS yang hadir untuk Honda HRV semua tipe. Sedangkan untuk fitur kenyamanan tersedia fitur Audio Double DIN (HR-V 1.5 A), 6,1 Touchscreen LCD (HR-V 1.5 S, 1.5 S CVT,  dan 1.5 E CVT). Sedangkan untuk Honda HR-V tipe 1.5 E CVT Limited Edition dan 1.8 Prestige terdapat juga Advanced LCD 7 inci.

Airbags Honda HRVUntuk varian tertinggi HR-V 1.8 CVT Special Edition JBL Audio sudah tersedia Audio System komplit plus JBL Sound System. Sedangkan fitur kenyamanan seperti AC sudah tersedia di semua tipe. Namun untuk empat tipe tertinggi, spesifikasi Honda HRV sudah dilengkapi dengan teknologi Smart Touch. Fitur penunjang Auto Door Loock.  Power Windows juga sudah hadir, tetapi untuk fitur Paddle Shift dan Cruise Control hanya tersedia untuk empat tipe teratas Honda HRV. Terakhir, spesifikasi terdapat juga Advanced 7 inchi pada fitur keamanan juga sudah cukup lengkap dengan adanya fitur Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk semua tipe.

Fitur Honda Jazz

Fitur Honda JazzDimulai dari aspek fitur keselamatan, mobil Honda Jazz hadir dengan fitur yang cukup komplit. Mulai dari struktur rangka yang aman lewat G-CON + ACE, lalu ada juga beberapa fitur keamanan berstandar internasional seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner with Load Limiter. Tak hanya menyajikan fitur keselamatan lengkap, kabin pada Honda Jazz pun juga sudah diatur agar aman untuk balita lewat penerapan jok ISOFIX dan Tether. Sedangkan fitur kenyamanan, juga tak mau kalah dengan kehadiran fitur multimedia Audio Singe Din yang tersedia pada Honda Jazz tipe A.

baca juga: Daihatsu Terios vs Toyota Rush Indonesia Review 2017

Pada fitur keamanan, New Honda Jazz sudah dilengkapi pula dengan Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk semua tipe kecuali All New Jazz RS CVT Limited Edition. Kemudian ada juga fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System  yang tersedia pada All New Jazz RS CVT Limited Edition. Lalu, semua tipe Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed.  Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower. Nah, dari semua kelengkapan fitur yang ada, dapat dismpulkan bahwa mobil ini tak hanya memiliki desain eksterior yang keren, namun sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang juga sangat diperhatikan.

baca juga: Mitsubishi Xpander Indonesia Review 2018

Tabel Spesifikasi Honda HRV vs Honda Jazz

Honda HRV

Honda Jazz

Mesin

Tipe Mesin

1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

Isi Silinder

1497 cc

1497 cc

Diameter x Langkah

73,0mm x 89,4mm

73,0mm x 89,4mm

Rasio Kompresi

10,3:1

10,3:1

Daya Maksimum

120PS / 6.600rpm

120PS / 6.600rpm

Torsi Maksimum

145Nm / 4.600rpm

145Nm / 4.600rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

PGM-FI

PGM-FI

Kapasitas Tangki

40L

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Rack & Pinion

Drive System

Electronic Power Steering (EPS)

Electronic Power Steering (EPS)

Dimensi

P x L x T

4.294 x 1.772 x 1.580 mm

3.955 x 1.694 x 1.524 mm

Jarak Poros Roda

2.610mm

2.530mm

Jarak Pijak depan

1.535mm

1.492mm

Jarak Pijak belakang

1.540mm

1.401mm

Jarak Terendah

185mm

Berat

1212kg

2530kg

Sasis

Transmisi

6 Speed M/T

5 Speed M/T

Suspensi Depan

MacPherson Strut

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Drum

Ukuran Ban

215/55 R17

175/65 R15

Ukuran Velg

Sporty 17″ Alloy Wheel

Alloy Wheel 15″

Fitur

Kenyamanan

6,1″ Monitor Touchscreen Display

CD/DVD

MP3/WMA

AM/FM Radio

USB Port

Aux Input

Connect with iPod /iPhone Mode (need additional cable for iPhone 4 & 4S)

Auto A/C with Smart Touch

6,2″ Touchscreen Display

CD/DVD Player

MP3/WM

AM/FM Radio

USB Port

ECO Assist

Manual A/C

Keamanan

Dual Front i-SRS Airbags

Seatbelt Reminder

ISOFIX & Tether

Vehicle Stability Assist (VSA)

Hill Start Assist (HSA)

Emergency Stop Signal (ESS)

Motion Adaptive EPS

Smart Key

Immobilizer

Alarm System

Side Airbags

Side Curtain Airbags

Auto Door Lock by Speed

Dual Front i-SRS Airbags

Pretensioner with Load Limiter Seatbelt

ISOFIX & Tether

Brake Override System

Alarm System

Auto Door Lock by Speed

Immobilizer

Smart Entry System

Varian Honda HRV vs Honda Jazz

Pada mobil jenis HRV, pabrikan Honda meluncurkan HR-V 1.5L A M/T, Honda HR-V 1.5L S M/T, Honda HR-V 1.5L S CVT, Honda HR-V 1.5L E CVT, Honda HR-V 1.8L Prestige A/T, dan Honda HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio. Untuk Jazz varian terbaru, Honda merelease beberapa variant seperti New Honda Jazz A M/T, New Honda Jazz S M/T, New Honda Jazz S CVT A/T, New Honda Jazz RS M/T, dan New Honda Jazz RS CVT A/T.

baca juga: Honda BRV vs Honda Mobilio Indonesia Review 2017

Harga Honda HRV vs Honda Jazz

Harga Honda HRV vs Honda Jazz

Honda HRV

Honda Jazz
Tipe Harga Tipe

Harga

Harga New Honda Jazz A M/T

Rp. 208.000.000 Harga Honda HR-V 1.5L A M/T Rp 252.500.000
Harga New Honda Jazz S M/T Rp. 226.500.000 Harga Honda HR-V 1.5L S M/T

Rp 266.500.000

Harga New Honda Jazz S CVT A/T

Rp. 236.500.000 Harga Honda HR-V 1.5L S CVT Rp 276.500.000
Harga New Honda Jazz RS M/T Rp. 248.500.000 Harga Honda HR-V 1.5L E CVT

Rp 297.500.000

Harga New Honda Jazz RS CVT A/T

Rp. 258.500.000 Harga Honda HR-V 1.8L Prestige A/T Rp 367.000.000
Harga Honda HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio

Rp 352.000.000

Kesimpulan

Walaupun berada di rentetan kelas yang agak berbeda, kedua mobil pabrikan Honda asal negri Jepang ini memiliki keunggulan. Baik dengan fitur yang disajikan secara special yang berpadukan dengan fitur bawaan dari Honda. Secara harga, Honda HRV memang lebih mahal jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Namun hal ini dirasa cukup wajar, karna mobil tipe SUV seperti HRV memang membutuhkan cost yang lebih. Namun walaupun murah, Jazz juga pilihan yang cukup bisa anda banggakan.

artikel terkait: Toyota Sienta VS Toyota Avanza Veloz Review Indonesia 2017

15 pemikiran di “Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar