Honda Jazz vs Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017

Daihatsu Sirion vs Honda Jazz

Honda Jazz vs Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017 Satu lagi pemain City Car yang tak bisa di sepelekan kehadirannya. Mobil city car besutan Daihatsu ini baru saja meluncurkan versi terbarunya yakni Daihatsu Sirion 2016 yang sebelumnya telah rilis pada tahun 2011. Versi Deluxenya sendiri yang dirilis tahun 2012, sekarang pabrikan tersebut tidak tinggal diam dan berusaha memperbarui sektor-sektor Daihatsu Sirion yang dirasa masih kurang sempurna. Diluncurkanlah versi terbaru dari mobil yang berjenis hatchback ini. Penyempurnaan – penyempurnaan performa dan tampilan terus di kembangkan Daihatsu untuk mobil keluaran nya ini dengan eksterior yang cocok untuk anak – anak muda. Alasannya, karena fresh dan sporty serta interiornya yang tak kalah nyaman. Namun sanggupkan mobil Daihatsu Sirion ini mengalahkan kemampuan primadona Honda, yakni Honda Jazz 2016?

Setelah sukses di pasaran dunia terutama Indonesia yang sudah terkenal sejak keluaran pertamanya pada 2004. Honda Jazz hadir kemballi menggebrak pasar otomotif melalui improvement yang dikeluarkan nya. Sebelum merilis Jazz untuk pasar Indonesia, saat itu memang belum ada pabrikan lain yang mengusung konsep city car berbodi besar. Hal ini memang wajar karena pada medio tersebut varian sedan lebih digemari. Di luar prediksi, animo masyarakat sendiri cukup tinggi, dengan sanggup meraih penjualan tertinggi hingga akhir tahun 2012 untuk Honda.

City car bertampilan mewah ini tak hanya sukses merebut kalangan anak muda, tetapi hampir keseluruhan pecinta otomotif karena performa nya yang handal. Bertahannya popularitas Honda Jazz dari sejak awal peluncuran dan perbaikan-perbaikan yang diluncurkannya di tahun ini. Sepertinya bisa menjadi ancaman mobil – mobil city car lainnya, pasalnya Honda Jazz sanggup mencatatkan penjualan hingga lebih dari 5,16 juta unit di seluruh dunia.  Lalu manakah yang menjadi unggulan anda antara Daihatsu Sirion dan Honda Jazz, mari kita simak ulasan berikut.

Eksterior Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Eksterior Honda Jazz

Eksterior Honda Jazz

Untuk urusan tampilan luar honda memang selalu memenuhi ekspektasi para pecinta otomotif, karena dilansir semua tipe Honda Jazz adalah yang terbaik di kelasnya. Setiap produk Honda selalu ditunggu dan diburu saat kemunculannya, termasuk Honda Jazz RS ini. All New Honda Jazz RS hadir sebagai varian teratas dengan sejumlah fitur dan aksesoris yang membuat mobil ini semakin mewah, sporty dan elegan. Sepertinya para pencinta mobil hatchback di tanah air akan langsung jatuh hati ketika melihat penampilan Honda Jazz terbaru. Penghargaan tiga tahun berturut-turut dari SWA best brand award adalah bukti mobil ini selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Begitupun dengan Daihatsu Sirion dibalut dengan desain yang tak kalah menarik, mobil hatckback ini terlihat lincah dan sporty di jalanan Indonesia.

Eksterior Daihatsu Sirion

Eksterior Daihatsu Sirion

Spesifikasi Daihatsu Sirion sendiri mengadopsi Collision Resistant Body untuk membalut bodynya yang terlihat mengkilat dan menarik. Bodynya ini juga berteknologi TAF yaitu akan menyerap efek benturan yang terjadi dari mobil, sehingga akan memberikan keselamatan yang maksimal. Tampilan wajah Daihatsu Sirion sepertinya mengusung aksen sporty bumber bagian depan Daihatsu Sirion yang terpasang Sporty Fog Lamp. Fungsinya akan menambah cahaya dengan maksimal saat kabut terjadi di depan anda. Wajah bumper yang diperbaharui paduan dua wana serta bagian bawahnya seperti front lip yang meruncing. Selain itu masih ada grille depan baru yang terpasang serasi bersama LED Position Lamp. Sementara untuk Honda Jazz Lampu-lampu utama pada tipe RS menggunakan LED yang bisa memberikan cahaya yang lebih fokus namun hemat energi. Lampu LED juga ditanamkan di spoiler yang terletak diatas kaca belakang.

Dirilis dalam berbagai warna yang cantik, mobil ini akan menjadi perhatian saat melaju di jalanan. Secara keseluruhan tidak terlalu banyak perubahan dari keluaran sebelumnya. Grile depan berwarna Glossy Black with Dark Chrome Plating tampak mewah dan elegan dengan penambahan emblem RS. Dibuat menyatu dengan lampu utamanya yang menggunakan LED proyektor hemat energi, lampu ini mempunyai tingkat pencahayaan yang tinggi dan terfokus begitu juga lampu kabutnya menggunakan sistem LED position light. Kemudian disempurnakan dengan fitur canggih seperti Auto Leveling Headlight, yaitu teknologi pangatur ketinggian sorot lampu dan Green Glass untuk menangkal sinar UV.

Interior Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Interior Daihatsu Sirion

Dasbor Daihatsu Sirion

Beralih ke sektor interior, Daihatsu Sirion memiliki desain dashboard yang nya terasa lebih modern dengan redesain sistem audio 2 DIN yang bisa memutar Radio/CD/MP3, dan konektivitas USB/Aux dan Bluetooth. Hadirnya berkat audio steering switch.akan memudahkan pengemudi mengatur suara. Masih pada lini depan Daihatsu Sirion, Speedometernya sendiri menggunakan Optitron Meter Combination yang terlihat stylish dengan lampu birunya. Fitur MID juga siap untuk memberikan informasi jarak yang dapat ditempuh Daihatsu Sirion ini secara realtime dari bensin yang tersedia di tangki.

Interior Daihatsu Sirion

Untuk jok depan Daihatsu Sirion dilengkapi dengan hadirnya baki di bawah jok depan, hook (cantolan) tas di bagian samping jok depan. Dilengkapi juga satu kompartemen di dekat setir untuk menyimpan beberapa barang serta cup holder di dekat kemudi. Desain kabin tersebut membuat mobil city car ini cukup diperhitungkan dikelasnya.

Baca juga New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2017

Interior Honda Jazz

Dasbor Honda Jazz

Honda Jazz sangat elegan dan futuristik, terbukti dari arm rest, dan tuas persneling dibalut dengan kulit asli yang senada dengan dashboard menciptakan kesan mewah saat mengendarai mobil ini. Pengemudi bisa mengatur ketinggian jok agar mendapatkan posisi yang nyaman saat mengemudi.

Interior Honda Jazz

Fitur eco assist adalah fitur canggih dari Honda yang akan memberikan informasi agar pengemudi memakai bahan bakar secara efisien. Honda Jazz juga dilengkapi dengan fitur entertaiment dalam dashboardnya dengan . layar sentuh 7 inch tersedia untuk memutar music, radio, dan DVD, dan teknologi Audio steering switch juga tersedia mengatur audio dari lini kemudi.

Dimensi Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Masuk ke bagian body, soal Body Honda Jazz sepertinya tidak diragukan lagi. Dengan dimensi keseluruhan  panjang 3965 mm, lebar 1694 mm dan tinggi 1524 mm memberikan keleluasaan ruang kabin dan bagasi yang lega dibandingkan dengan para pesaingnya. Desain bodi barunya sangat terlihat memiliki tingkat aerodinamis yang tinggi. Garis-garis silluet tubuhnya yang melengkung dan tajam membuat All New Honda Jazz RS ini tampak gagah dengan dengan ukuran kaki yang lebih kokoh lewat velg R16 dibalut ban karet ukuran 185/55.

Sedangkan, Daihatsu Sirion memiliki dimensi dengan panjang  3.690 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi sebesar 1.545 mm. Selain itu, terbaru ini mengedepankan tampilan segar, stylish dan juga sporty dengan Alloy Wheel 14 yang sporty. Daihatsu Sirion memiliki jarak poros roda sebesar  2.440 mm di mana lebih rendah dibandingkan dengan jarak poros roda Honda Jazz yakni 2.530 mm.

Mesin Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion

Soal performa mesin, Daihatsu Sirion mengedepankan unggulannya dalam tekhnologi fuel Injection yang membuat mobil ini lebih irit. Selain irit Mesin dari Daihatsu Sirion sendiri menggunakan mesin 1.5 L 3SZ0VE I4 yang berkapasitas 1300 cc. Kapasitas mesin yang disertai dengan tekhnolofi Fuel injection tersebut membuat pembakaran energy lebih irit. Daihatsu Sirion dibekali dengan 4 silinder dengan 4 katup yang dapat memberikan tenaga maksimal 80 ps/6000 rpm. Torsi maksimalnya adalah 11.9 kgm/4400 rpm yang siap memberikan performa mesin dengan tenaga yang cukup besar. Daihatsu Sirion menggunakan transmisi manual ataupun otomatis pada mesinnya dengan 5 percepatan.

Mesin Honda Jazz

Mesin Honda Jazz

Sementara Honda Jazz yang tak ketinggalan dengan seperti fitur cruise control dan eco assist, yaitu sebuah sistem elektronik komputer yang dapat mengatur kecepatan mobil yang diinginkan secara konstan dan menganalisa perilaku berkendara dari pengemudinya. Konsumsi BBM Honda Jazz bisa mencapai 20km/L pada kecepatan stabil. Honda Jazz masih menggunakan mesin Honda Jazz generasi sebelumnya dengan kapasitas 1,5L SOHC dengan 4 silinder 16 valve iVTEC+DBW (Drive By Wire). Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini lumayan cukup besar yaitu sebesar 120 hp pada putaran mesin 6600 RPM. Dengan torsi maksimal yang dicapai sebesar 148 Nm pada putaran 4800 RPM. Akselerasinya cukup responsif, terlihat dari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam yang hanya 11 detik. Lalu,  Honda Jazz menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi. Yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan Untuk New Jazz bertransmisi otomatis mengusung mesin jenis CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology. Berfungsi untuk menghasilkan  perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal.

Fitur Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Daihatsu sirion dilengkapi dengan  Dual SRS Airbag, Pretensioner & Force Limiter Seat Belt yang ditempatkan untuk pengemudi serta penumpang depan. Sabuk keselamatan tersebut dapat berguna untuk melindungi ketika terjadi benturan. Sementara Honda Jazz dilengkapi dengan fitur cukup lengkap, yakni seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, dan Dual SRS Front Airbags. Selain itu, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner, MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed. Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower. Secara fitur keamanan dan kenyamanan Honda Jazz memang lebih unggu dibandingkan dengan Daihatsu Sirion.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Honda Jazz

Daihatsu Sirion

Mesin

Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW K3-VE,DOHC VVT-i
Isi Silinder 1.497 cc  1.298 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 88,4 mm  72 X 79.7 mm
Rasio Kompresi 10,3:1
Daya Maksimum 88Kw(120PS)/6.000rpm  90 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm  11.9 kg.m / 4.400 rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI  Electronic Fuel Injection
Kapasitas Tangki 40 L  40 liter
Sistem Kemudi Electric Power  Rack & Pinion with Electric Power Steering

Dimensi

P x L x T 3.965 x 1.094 x 1.524 mm 3.690mm x 1.665mm x 1.545mm
Jarak Poros Roda 2.530 mm  2.440 mm
Jarak Pijak depan 1492 mm  1455  mm
Jarak Pijak belakang 1481 mm 1465 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed M/T  Manual, 5 Kecepatan
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson Strut dengan per keong dan stabilizer
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam  Torsion beam dengan per keong
Rem Depan Ventilated Disc Cakram (Disc) berventilasi dengan booster
Rem Belakang Drum  Drums, Leading & Trailing
Ukuran Ban 175/65 R15 175 / 65 R14
Ukuran Velg 15 Inch Alloy Wheel 14″

Fitur

Kenyamanan
  • Audio 6,2″ Touchscreen Display, AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone
  • Multi Information LCD Display (MIL)
  • ECO Assist
  • Auto Door Lock by Speed
  • Green Glass
  • Driver Seat Height Adjuster
  • Front & Rear Seat Reclining
  • Ultra Seat
  • Indash Shift Lever with Shift Lock (A/T)
  • Audio Steering Switch
  • Parking Sensor
  • Retractale Outer Mirror
  • Electronic Power Steering (EPS)
Keamanan
  • Alarm Mobil
  • Perangkat Anti Maling
  • Engine Immobilizer
  • Anti Lock Braking System
  • Brake Assist
  • Airbag Penumpang
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Dual Front SRS Airbags+SideDual Front SRS Airbags
  • Pretensioner & Force Limiter Seat Belt
  • Kursi belakang dengan sistem ISOFIX
  • Collision Resistant Body
  • Sistem Brake Assist
  • Immobillizer with Alarm

Varian Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Varian Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Honda Jazz

Daihatsu Sirion

Atrract Yellow Pearl Electric blue
Raylle Red Glittering Silver
Brilliant Sporty Blue Metallic Ice White
Crystal Black Pearl Ozzy Orange
Alabster Silver Metallic
White Orchid Pearl
Modern Steel

Harga Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Harga Honda Jazz vs Daihatsu Sirion

Honda Jazz

Daihatsu Sirion

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Jazz A M/T Rp.- Harga Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT Rp.159.825.000
Harga Honda Jazz S M/T Rp244.3500.000 Harga Daihatsu Sirion 1.3 D FMC AT Rp.170.825.000
Harga Honda Jazz S CVT A/T Rp254.750.000 Harga Daihatsu Sirion 1.3 Sport MT Rp.168.325.000
Harga Honda Jazz RS M/T Rp269.350.000 Harga Daihatsu Sirion 1.3 Sport AT Rp.179.325.000
Harga Honda Jazz RS CVT A/T Rp279.750.000

Video Review

Buka dan simak link video review perbandingan antara Honda Jazz vs Daihatsu Sirion berikut ini.https://www.youtube.com/watch?v=1SZgD5yDCiM dan https://www.youtube.com/watch?v=5pXBqG3yktg.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa untuk harga jual Honda Jazz lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual Daihatsu Sirion. Meskipun begitu keduanya memiliki spesfikasi yang cukup diperhitungkan dari segi desain, dimensi, mesin, dan fitur tambahan. Diharapkan keduanya mampu bersaing di kelas mobil city car di pasar otomotif Indonesia.

Artikel terkait: Honda Civic vs Honda City Indonesia Review 2017

Honda CRF 250R Indonesia Review 2017

Toyota Vios Modifikasi Indonesia 2017

13 pemikiran di “Honda Jazz vs Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017”

Tinggalkan sebuah komentar