Honda Jazz vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda Jazz vs Honda Mobilio

Honda Jazz vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018– Sama –sama diproduksi oleh Honda Motor Company, Honda Jazz dan Honda Mobilio menjadi mobil pilihan banyak kalangan. Meski meluncur di tahun yang berbeda di Indonesia yaitu Jazz tahun 2003 dan Mobilio tahun 2013, namun kedua mobil ini tetap tak bisa dilupakan. Hal ini terlihat dari penjualannya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun jika kita bandingkan atau komparasikan, maka siapakah yang lebih mumpuni diantara Honda Jazz dan Honda Mobilio tersebut? Berikut ulasannya.

Eksterior Honda Jazz vs Honda Mobilio

Eksterior Honda Jazz

Honda Jazz EksteriorUntuk urusan tampilan luar honda memang selalu memenuhi ekspektasi para pecinta otomotif, karena dilansir semua tipe Honda Jazz adalah yang terbaik di kelasnya. Setiap produk Honda selalu ditunggu dan diburu saat kemunculannya, termasuk Honda Jazz RS ini. All New Honda Jazz RS hadir sebagai varian teratas dengan sejumlah fitur dan aksesoris yang membuat mobil ini semakin mewah, sporty dan elegan. Sepertinya para pencinta mobil hatchback di tanah air akan langsung jatuh hati ketika melihat penampilan Honda Jazz terbaru Penghargaan tiga tahun berturut-turut dari SWA best brand award adalah bukti mobil ini selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Selain itu, pada Honda Jazz Lampu-lampu utama pada tipe RS menggunakan LED yang bisa memberikan cahaya yang lebih fokus namun hemat energi.

Honda Jazz TerbaruLampu LED juga ditanamkan di spoiler yang terletak diatas kaca belakang. Honda Jazz pun tak ketinggalan sporty nya dengan tampilan belakang yang menganut konsep desain hatchback modern lewat stop lamp LED rear combination yang dirancang kompak mengikuti alur lekuk body. Sporty tailgate spoiler serta side under spoiler (New Jazz RS), yang juga ditutup dengan penggunaan lampu spion elektrik dengan turning signal. Desain bodi barunya sangat terlihat memiliki tingkat aerodinamis yang tinggi, gari-garis silhuet tubuhnya yang melengkung dan tajam membuat All New Honda Jazz RS ini tampak gagah.

Eksterior Honda Mobilio

Headlamp Honda MobilioSepertinya Honda ingin membuat mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang berdesain sporty, ini dikarenakan tampilan mobil yang memiliki kabin yang begitu besar. Ditambah tempat duduk yang lebar dengan bagasi yang berukuran besar layaknya mobil sport.Lalu, si pengemudi mobil ini disuguhkan dengan headlamp yang berteknologi LED Light Guide dimana membuat si pengemudi nyaman saat berkendara pada malam hari karena sistem pencahayaan yang dimiliki. Kesan elegan dan sporty ditunjukkan dari  desain wajah kap pada mesin yang dibuat lebih panjang.

Eksterior Honda Mobilio

Di bagian belakang, terdapat Rear License Garnish pada dudukan plat nomor yang terletak di antara kedua stop lamp. Aksen sporty yang ditimbulkan mobil ini terlihat dari lampu belakang yang dual solid motion berpadu garis body yang sangat dinamis dengan tambahan glassy cabin.

Interior Honda Jazz vs Honda Mobilio

Interior Honda Jazz

Dashboard Honda JazzHonda Jazz sangat elegan dan futuristik, terbukti dari arm rest, dan tuas persneling dibalut dengan kulit asli yang senada dengan dashboard menciptakan kesan mewah saat mengendarai mobil ini. Pengemudi bisa mengatur ketinggian jok agar mendapatkan posisi yang nyaman saat mengemudi. Fitur eco assist adalah fitur canggih dari Honda yang akan memberikan informasi agar pengemudi memakai bahan bakar secara efisien.

Honda Jazz InteriorHonda Jazz juga dilengkapi dengan fitur entertaiment dalam dashboardnya dengan . layar sentuh 7 inch tersedia untuk memutar music, radio, dan DVD, dan teknologi Audio steering switch juga tersedia mengatur audio dari lini kemudi.

Interior Honda Mobilio

Dasboard Honda MobilioInterior Honda Mobilio lebih elegan dan terkesan mewah, ruang kabin dilengkapi dengan beberapa fitur yang canggih. Di bagian dashboard dilengkapi dengan fitur audio visual dengan layar sentuh yang interaktif. Untuk tipe Honda Mobilio ini juga dilengkapi dengan New Advanced 6.8 inchi Touchscreen A/V System dengan enam Premium Speakers, New Auto AIC, New Meter Cluster Design. Interior mobil ini mendominasi warna hitam dengan kombinasi jahitan oranye yang sporty.

Interior Honda MobilioLalu, terdapat juga  USB Connection dan Quick Charging (1.5A) yang memberikan kemudahan kepada si pemakai mobil ini dalam  melakukan pengisian baterai smartphone. untuk Honda Mobilio memiliki kursi bagian depan yang mengusung Semi-bucket Ergonomis yang berguna menjaga posisi badan si pengemudi saat berkendara. Sementara itu, untuk jok baris pertama mengangkat konsep kursi yang menyatu dengan headrest yang akan menjadi ciri khas mobil LCGC ini.

Dimensi Honda Jazz vs Honda Mobilio

Dari dimensinya maka kita akan menjumpai Honda Jazz jauh lebih ramping dibanding Honda Mobilio. Hal ini karena Honda jazz memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm, sedangkan Honda Mobilio mempunyai panjang 4.386 mm, lebar 1.683 dan tinggi 1.603 mm. Dilihat dari kelegaan yang bisa ditinjau dari jarak sumbu rodanya maka Honda Mobilio juga lebih mumpuni dengan catatan jarak sumbu roda 2.650 mm. Honda Jazz sendiri hanya mencatat jarak sumbu roda mencapai 2.530 mm.

Mesin Honda Jazz vs Honda Mobilio

Mesin Honda Jazz

Honda Jazz MesinDilihat dari dapur pacu maka sekilas kita akan mendapatkan gambaran bahwa mesin Honda Jazz lebih baik dengan Mobilio. Hal ini terlihat dari daya kuda maksimum yang dihasilkan Jazz mencapai  120 PS pada 6.600 Rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.800 Rpm. Sedangkan pada Mobilio sendiri tenaga maksimum yang dihasilkan hanya mencapai 118 PS pada 6.600 Rpm dan torsi yang menjanjikan di angka 145 Nm pada 4.600 Rpm. Tapi ternyata dalam hal konsumsi bahan bakar Mobilio mencatatkan angka yang lebih baik daripada Jazz.

Mesin Honda Mobilio

Mesin Honda MobilioUntuk konsumsi bahan bakar dalam kota (kmpl) Jazz mencatat angka 12.3, sedangkan Mobilio hanya 17.3. Sedangkan untuk konsumsi BBM luar kota Jazz mencatat perbadingan 15.6, sedangkan Mobilio hanya 24.2. Tipe mesin yang digunakan Jazz sendiri adalah 1.5L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC + DBW, sedangkan Mobilio menggunakan tipe 1,5 l SOHC 4 silinder segaris, 16 katup I-vtec + DBW.

Fitur Honda Jazz vs Honda Mobilio

Melihat pada fitur keamanan yang bisa membuat pengendara dan penumpangnya terhindar dari cedera atau juga meminimalisir tindak kejahatan, maka kedua mobil ini menghadirkan sesuatu yang hampir sama. Pada Honda Jazz sendiri kita bisa menjumpai fitur seperti Side Impact Baem, Padestrian Protection, Dual Front Air bags, ISOFIX, Sabuk keselamatan depan, Sabuk keselamatan belakang, Immobilizer, Pretensioner with load Limiter Seatbelt, Thether, Keyless entry, dan Alarm system. Sedangkan pada Mobilio maka fitur keamanannya yaitu Alarm System, Padestrian Protection, Dual Front Air bags, Sabuk keselamatan depan, Sabuk keselamatan belakang, Pretensioner with load Limiter Seatbelt, Dual Front SRS Airbags dan juga Immobilizer.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Jazz vs Honda Mobilio

Honda Jazz

Honda Mobilio

Mesin

Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Isi Silinder 1.497 cc 1496 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 88,4 mm 73,0mm x 89,4mm
Rasio Kompresi 10,3:1
Daya Maksimum 88Kw(120PS)/6.000rpm 88Kw(118PS) / 6.600rpm
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm 88kg.m(145Nm)/4.500rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI PGM-FI
Kapasitas Tangki 40 L 42 L
Sistem Kemudi Electric Power Rack & Pinion

Dimensi

P x L x T 3.965 x 1.094 x 1.524 mm 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Jarak Poros Roda 2.530 mm 2.650  mm
Jarak Pijak depan 1492 mm 1.472 mm
Jarak Pijak belakang 1481 mm 1.475 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed M/T 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran Ban 175/65 R15 185/65 R15
Ukuran Velg 15 Inch 15”

Fitur

Kenyamanan
  • Audio 6,2″ Touchscreen Display, AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone
  • Multi Information LCD Display (MIL)
  • ECO Assist
  • Auto Door Lock by Speed
  • Green Glass
  • Driver Seat Height Adjuster
  • Front & Rear Seat Reclining
  • Ultra Seat
 

  • Audio
  • AC
  • ECO Assist
  • Rear A/C System
  • Separated & Adjustable Headrest
  • One Touch Tumble 2nd Row Seat
  • Reclining & Sliding 2nd Row
  • Seat Reclining Only
  • Fold & Tumble 2nd & 3rd Row Seat
  • Cup Holder
  • 3rd Row Seat Fold Down 50:50
Keamanan
  • Alarm Mobil
  • Perangkat Anti Maling
  • Engine Immobilizer
  • Anti Lock Braking System
  • Brake Assist
  • Airbag Penumpang
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE™
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan
  • Seatbelt
  • Reminder Driver
  • Pretensioner with Load Limiter
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA
  • Alarm System
  • Immobilizer
  • Key Type

Harga Honda Jazz vs Honda Mobilio

Harga Honda Jazz vs Honda Mobilio

Honda Jazz

Honda Mobilio

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Jazz A M/T Rp208.000.000- Harga Honda Mobilio S Rp189.500.000-
Harga Honda Jazz S M/T Rp226.500.000- Harga Honda Mobilio E Rp210.000.000-
Harga Honda Jazz CVT A/T Rp236.500.000- Harga Honda Mobilio E CVT Rp221.000.000-
Harga Honda Jazz RS M/T Rp248.500.000- Harga Honda Mobilio RS Rp233.000.000-
Harga Honda Jazz RS CVT A/T Rp258.500.000- Harga Honda Mobilio E CVT Rp243.500.000-

Video Review

Untuk melihat perbandingan secara langsung antara Honda Jazz vs Honda Mobilio, lihat videonya berikut ini. https://www.youtube.com/watch?v=5pXBqG3yktg. vs https://www.youtube.com/watch?v=hjJODzmmRTo

Artikel terkait: Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Toyota Agya Vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

12 pemikiran di “Honda Jazz vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar