Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018

Honda Jazz vs Toyota Yaris

Honda Jazz vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018- siapa yang tidak mengenal Honda Jazz dan Toyota Yaris? Kedua mobil ini sering dibanding-bandingkan karena  kemiripan bentuk dan banyaknya minat konsumen untuk memiliki mobil mungil tersebut. Sudah menjadi rahasia umum Setelah sukses di pasaran dunia terutama Indonesia yang sudah terkenal sejak keluaran pertamanya pada 2004. Honda Jazz hadir kemballi menggebrak pasar otomotif melalui improvement yang dikeluarkan nya. Sebelum merilis Jazz untuk pasar Indonesia, saat itu memang belum ada pabrikan lain yang mengusung konsep city car berbodi besar. Hal ini memang wajar karena pada medio tersebut varian sedan lebih digemari.

Tidak kalah dengan Honda Jazz, Toyota Yaris yang sudah hadir sejak tahun 1999, tidak lantas membuat Toyota Yaris jadi sepi peminat. Dengan segala keunggulan dan kelebihannya, Toyota Yaris tetap saja mampu memikat konsumen.

Sobat OtoFreakers masih ragu dengan performa kedua mobil ini? Kami akan memberikan ulasan lengkapanya berikut ini!

Eksterior Honda Jazz vs Toyota Yaris

Eksterior Honda Jazz

Honda Jazz EksteriorUntuk urusan tampilan luar honda memang selalu memenuhi ekspektasi para pecinta otomotif, karena dilansir semua tipe Honda Jazz adalah yang terbaik di kelasnya. Setiap produk Honda selalu ditunggu dan diburu saat kemunculannya, termasuk Honda Jazz RS ini. All New Honda Jazz RS hadir sebagai varian teratas dengan sejumlah fitur dan aksesoris yang membuat mobil ini semakin mewah, sporty dan elegan. Sepertinya para pencinta mobil hatchback di tanah air akan langsung jatuh hati ketika melihat penampilan Honda Jazz terbaru Penghargaan tiga tahun berturut-turut dari SWA best brand award adalah bukti mobil ini selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Selain itu, pada Honda Jazz Lampu-lampu utama pada tipe RS menggunakan LED yang bisa memberikan cahaya yang lebih fokus namun hemat energi. Lampu LED juga ditanamkan di spoiler yang terletak diatas kaca belakang.

Honda Jazz TerbaruMobil ini sudah terkenal dengan bodynya yang keren dan sporty. Desain ini lebih manis dengan kaca mobil yang dibuat menyempit ke belakang dan lekukan garis body yang tajam. Honda Jazz pun tak ketinggalan sporty nya dengan tampilan belakang yang menganut konsep desain hatchback modern lewat stop lamp LED rear combination yang dirancang kompak mengikuti alur lekuk body, sporty tailgate spoiler serta side under spoiler (New Jazz RS), yang juga ditutup dengan penggunaan lampu spion elektrik dengan turning signal.Desain bodi barunya sangat terlihat memiliki tingkat aerodinamis yang tinggi, gari-garis silhuet tubuhnya yang melengkung dan tajam membuat All New Honda Jazz RS ini tampak gagah.

Eksterior Toyota Yaris

Eksterior Toyota YarisSementara, untuk desain eksterior Toyota Yaris mengusung tema sporty yang aerodinamis dengan adanya headlamp berbentuk lebih sipit dan tajam. Serta headlamp tersebut langsung tersambung dengan desain front grille hitam doff yang didesain minimalis. Kemudian, untu foglamp masih berbentuk bulat dan terdapat LED Daytime Running Light (DRL) yang berada di bawah bumper. Melihat bagian samping Toyota Yaris dibuat dengan mengikuti lekukan ke belakan, namun juga tidak terlalu banyak lekukan tajam. Sedangkan, pada bagian belakang mobil terpasang rear roof spoiler yang sporty. Pada bagian buritan, desain Toyita Yaris untuk desain belakang dibuat tidak terlalu menjorok ke luar.

Desain yang tidak terlalu menonjol keluar tersebut terlihat elegan, sehingga banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Interior Honda Jazz vs Toyota Yaris

Interior Honda Jazz

Dashboard Honda JazzHonda Jazz sangat elegan dan futuristik, terbukti dari arm rest, dan tuas persneling dibalut dengan kulit asli yang senada dengan dashboard menciptakan kesan mewah saat mengendarai mobil ini. Pengemudi bisa mengatur ketinggian jok agar mendapatkan posisi yang nyaman saat mengemudi.

Honda Jazz InteriorFitur eco assist adalah fitur canggih dari Honda yang akan memberikan informasi agar pengemudi memakai bahan bakar secara efisien. Honda Jazz juga dilengkapi dengan fitur entertaiment dalam dashboardnya dengan . layar sentuh 7 inch tersedia untuk memutar music, radio, dan DVD, dan teknologi Audio steering switch juga tersedia mengatur audio dari lini kemudi.

Interior Toyota Yaris

Dasboard Toyota YarisUntuk interior dari Toyota Yaris pada bagian dasboardnya didominasi warna hitam dan terdapat penambahan beberapa aksen chrome. Pada bagian dashboard juga terdapat display LCD yang disertai dengan hiburan dan juga berfungsi penunjuk navigasi. Kemudian, pada panel Toyota Yaris berdesain lebih sporty dan disertai dengan cluster yang memberikan informasi lebih atraktif.

Interior Toyota YarisSedangkan, pada bagian setir kemudi berbentuk lebih racing. Serta, pada jok Toyota Yaris dibuat dengan material semi bucket seat yang akan memberikan kenyamanan. Mobil ini dapat menampung hingga empat orang penumpang, serta bagasi pada Toyota Yaris dibuat lebih luas.

Dimensi Honda Jazz vs Toyota Yaris

Dimensi Honda Jazz

Masuk ke bagian body, soal Body Honda Jazz sepertinya tidak diragukan lagi, dengan dimensi keseluruhan  panjang 3965 mm, lebar 1694 mm dan tinggi 1524 mm memberikan keleluasaan ruang kabin dan bagasi yang lega dibandingkan dengan para pesaingnya. Desain bodi barunya sangat terlihat memiliki tingkat aerodinamis yang tinggi, gari-garis silluet tubuhnya yang melengkung dan tajam membuat All New Honda Jazz RS ini tampak gagah dengan dengan ukuran kaki yang lebih kokoh lewat velg R16 dibalut ban karet ukuran 185/55.

Dimensi Toyota Yaris

Dimensi Yaris sendiri terbilang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Honda Jazz, yaitu panjang 3750 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1520 mm. Namun, bagi para pecinta mobil ini tidak perlu khawatir, karena meskipun sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Honda Jazz, luasnya kabin yang ditawarkan akan membuat anda nyaman dalam berkendara. Toyota Yaris mencatat angka 2460 mm untuk jarak sumbu rodanya. Tetap menarik, bukan?

Mesin Honda Jazz vs Toyota Yaris

Mesin Honda Jazz

Honda Jazz MesinHonda Jazz yang tak ketinggalan dengan  fitur cruise control dan eco assist, yaitu sebuah sistem elektronik komputer yang dapat mengatur kecepatan mobil yang diinginkan secara konstan dan menganalisa perilaku berkendara dari pengemudinya. Konsumsi BBM Honda Jazz bisa mencapai 20km/L pada kecepatan stabil. Pada Honda Jazz, masih menggunakan mesin Honda Jazz generasi sebelumnya dengan kapasitas 1,5L SOHC dengan 4 silinder 16 valve iVTEC+DBW (Drive By Wire).Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini lumayan cukup besar yaitu sebesar 120 hp pada putaran mesin 6600 RPM, dengan torsi maksimal yang dicapai sebesar 148 Nm pada putaran 4800 RPM. Akselerasinya cukup responsif, terlihat dari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam yang hanya 11 detik.

Kemudian untuk sistem transmisinya,untuk Honda Jazz menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Untuk New Jazz bertransmisi otomatis mengusung mesin jenis CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology untuk menghasilkan  perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal.

Mesin Toyota Yaris

Mesin Toyota YarisToyota yaris yang menggunakan mesin 4 silinder, 16 valve, DOHC dengan kapasitas 1497 cc. Bisa mengeluarkan tenaga maksium hingga 109 ps /6000 rpm dan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm/4200 rpm. Untuk urusan bahan bakar, dengan 1 liter bensin Toyota Yaris mampu melaju sampai 12 km. Oleh sebab itu, Toyota Yaris seering dimasukkan kedalam mobil kategori yang cukup boros. Jadi, bagi kalian yang tertarik untuk memiliki Toyota Yaris jangan sampai kehabisan bensin ditengah perjalanan ya.

Fitur Honda Jazz vs Toyota Yaris

Honda Jazz dilengkapi dengan fitur cukup lengkap, yakni seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner, MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed. Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower.

Tidak kalah dengan Honda Jazz, Toyota Yaris memiliki fitur keselamatan yang lengkap juga, yaitu adanya dual SRS airbags yang dilengkapi 3 point saetbelt dengan potensioner dan force limiter. Ada juga rangka body dengan bodi struktur energy absorbing dan high strength body frame. Selain itu ada juga terdapat fitur pengereman ABS + EBD serta fitur sistem keamanan dengan Immobilizer key.

Kedua mobil memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap, bukan? Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Jazz vs Toyota Yaris

Honda Jazz

Toyota Yaris

Mesin

Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW D13A, DDiS, DOHC, SHVS
Isi Silinder 1.497 cc 1,496 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 88,4 mm 72.5 X 90.5 mm
Rasio Kompresi 10,3:1
Daya Maksimum 88Kw(120PS)/6.000rpm 107/6,000 rpm
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm 14.3/4,200 rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI Port Injection
Kapasitas Tangki 40 L 42 L
Sistem Kemudi Electric Power Electric  Power Steering (EPS)

Dimensi

P x L x T 3.965 x 1.094 x 1.524 mm 4,115 x 1,700 x 1,475 mm
Jarak Poros Roda 2.530 mm 2,550 mm
Jarak Pijak depan 1492 mm 1,470 mm
Jarak Pijak belakang 1481 mm 1,460 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed M/T 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson sturt
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam Torsion beam
Rem Depan Ventilated Disc 14” Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran Ban 175/65 R15 185/60R15
Ukuran Velg 15 Inch

Fitur

Kenyamanan
  • Audio 6,2″ Touchscreen Display, AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone
  • Multi Information LCD Display (MIL)
  • ECO Assist
  • Auto Door Lock by Speed
  • Green Glass
  • Driver Seat Height Adjuster
  • Front & Rear Seat Reclining
  • Ultra Seat
 

  • Power Window Depan
  • AC
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
  • Power steering
  • Kursi Lipat Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Bottle Holder
Keamanan
  • Alarm Mobil
  • Perangkat Anti Maling
  • Engine Immobilizer
  • Anti Lock Braking System
  • Brake Assist
  • Airbag Penumpang
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Kantong Udara Pengemudi
  • Airbag Penumpang Depan
  • Child Safety Locks
  • Anti Lock Braking System
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Crash Sensor

Harga Honda Jazz vs Toyota Yaris

Harga Honda Jazz vs Toyota Yaris

Honda Jazz

Toyota Yaris

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Honda Jazz A M/T Rp208.000.000- Harga Toyota Yaris E M/T Rp232.400.000-
Harga Honda Jazz S M/T Rp226.500.000- Harga Toyota Yaris E CVT Rp244.200.000-
Harga Honda Jazz CVT A/T Rp236.500.000- Harga Toyota Yaris G M/T Rp240.700.000-
Harga Honda Jazz RS M/T Rp248.500.000- Harga Toyota Yaris S M/T TRD Rp262.600.000-
Harga Honda Jazz RS CVT A/T Rp258.500.000- Harga Toyota Yaris S CVT TRD Rp274.400.000-

Video Review

Buka dan simak link video review perbandingan antara Honda Jazz vs Toyota Yaris berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=5pXBqG3yktg. Vs https://www.youtube.com/watch?v=o9Ln4_iyPI8

Artikel terkait: Toyota Agya vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

Toyota Vios vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

11 pemikiran di “Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar