Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018– Mobil bersegmen MPV memang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena kapasitas penumpang yang dapat menampung banyak cocok untuk keluarga Indonesia. Seperti pada halnya, mobil besutan Honda yang berada di segmen mobil bertipe Low MPV, yakni Honda Mobilio dan disusul dengan pesaingnnya yang juga berada di segmen MPV, yakni Nissan Grand Livina. Dimana kedua mobil ini banyak dicari karena merupakan pilihan mobil keluarga masyarakat Indonesia. Namun bagaimana jika keduanya dibandingkan? Jika Anda penasaran mengetahui keunggulan satu sama lainnya. Berikut ulasan review perbandingan antara Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina.

Eksterior Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Eksterior Honda Mobilio

Eksterior Honda MobilioHonda Mobilo tampaknya memiliki tampilan luar yang megesankan karena tidak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam mendapat gelar Best Low MPV of The Year 2015. Kesan elegan dan juga sporty dihadirkan dalam eksterior mobil Honda MPV ini. Adanya perubahan pada vers terbarunya yang terjadi pada bagian wajah depan yang didesain lebih memanjang, serta terpasangnya headlamp yang berteknologi LED Light Guide yang menghasilkan cahaya terang pada malam hari.

Honda Mobilio IndonesiaMenoleh ke bagian samping, akan terlihat spion yang dapat dilipat karena adanya fitur Power Retractable Door Mirror. Sementara, pada bagian belakang dibuat sederhana namun masih terlihat keren dengan adanya Rear License Garnish pada dudukan plat nomor yang ditempatkan pada posisi di antara kedua stop lamp.

Eksterior Nissan Grand Livina

Nissan Grand LivinaMengenai tampilan Nissan Grand Livina akan menimbulkan kesan yang elegan atau mewah. Penyegaran desain terjadi pada bagian depan karena diberi penambahan pada sektor bumpernya yang tegas dan beraksen garis. Selain itu, Front grille Grand Livina ini hadir lebih berani dengan adanya frame logo Nissan. Nissan Grand Livina sendiri memiliki spoiler yang panjangnya mengikuti bodi dengan satu garisan tajam berlapis chrome.

Eksterior Nissan Grand LivinaPada headlamp berbentuk agak besar dan sedikit menyipit dengan ditambah penggunaan lampu berjenis halogen. Lalu, kesan tegas terlihat pada mobil MPV Nissan ini yakni adanya aksen garis pada bagian kap mobil dan fender yang didesain agak menonjol. Sementara, bodi samping Nissan Grand Livina memiliki side body molding dimana berperan dalam meminimalisir terjadinya penyok pada bagian body. Pada bagian belakang mobil akan terlihat kesan yang tegas dan memperlihatkan desain yang keren pada stoplamp.

Interior Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Interior Honda Mobilio

Dasboard Honda MobilioPenyegaran tampaknya juga terjadi pada bagian interior mobil Honda Mobilio. Salah satunya terjadi pada bagian jok depan yang telah menerapkan teknologi Semi-bucket Ergonomis yang terdapat sayap kursi yang tebal dan berbahan lembut dimana akan memberikan kenyamanan dalam hal posisi kursi si pengemudi. Jika Anda melihat ke bagian dashboard yang dirancang cukup modern dengan tersedianya beberapa fitur canggih diantaranya terdapat fitur audio visual dengan layar sentuh interaktif.

Interior Honda MobilioTerdapat pula USB Connection dan Quick Charging yang akan memberikan kemudahan si penumpang dalam mengisi ulang Smartphonenya dan keamanan pengemudi maupun penumpang terjaga. Hal ini dikarenakan adanya Dual Front SRS Airbags dan Pretensioner with Load Limiter Seatbelt. Tidak hanya itu saja, kursi sengaja dibuat lebih ramping agar lebih leluasa memposisikan ruang kaki penumpang. Serta pada baris kedua mobil Honda Mobilio dirancang lebih tebal dan tersematkannya teknologi One Touch Tumble yang fungsinya melipat kursi pada baris kedua yang dapat digunakan sebagai ruang bagasi kedua.

Interior Nissan Grand Livina

Dashboard Nissan Grand LivinaSementara untuk interior Nissan Grand Livina terkesan modern dan stylish. Mobil ini memiliki dua pilihan warna yakni warna Black (tipe Hws Autech & Gl X-Gear) dan  Warna Two tone Black Beige (SV, XV & HWS). Pada Dashboard memiliki disediakannya hiburan berupa Audio DVD,Radio,USB dan ROOF monitor 10″ di semua tipe nya. Selain itu, terdapat pula ventilasi AC yang didesain berputar 360 derajat sehingga penumpang dapat mengarahkan aliran udara sesuai dengan yang diinginkan dan ruangan akan terasa sejuk.

Interior Nissan Grand LivinaNissan Grand Livina memiliki 3 split kursi yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Untuk spit kursi belakang dapat dilipat sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang bawaan tambahan saat bepergian. Lalu, pada bagian kursi pengemudi didesain dengan baik sehingga postur tubuh pengemudi akan terasa nyaman. Ruang kabin Nissan Grand Livina dibuat senyap dengan penerapan bahan material yang berkualitas tinggi sehingga akan mampu mengurangi kebisingan dari luar mobil.

Dimensi Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Untuk dimensi kedua mobil MPV ini tidak begitu terpaut jauh hampir terlihat sama.  Dimensi Honda Mobilio sendiri memiliki ukuran panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan dengan tinggi 1.603 mm, serta untuk jarak poros rodanya sendiri 2650 mm. Sedangkan, dimensi pada Nissan Grand Livina memiliki ukuran panjang 4485 mm, lebar 1695, dan tinggi 1595 mm, serta jarak poros roda yang dimiliki yakni sebesar 2600 mm dengan jarak radius putarnya 5.5 m. Sehingga saat pengendara menemui jalan yang berkelak-kelok akan tetap terasa asik untuk dikemudikan. Untuk, bobotnya sendiri  didesainnya memanjang. Selain itu, Honda Mobilio memiliki jarak dari tanah lebih tinggi yakni sebesar 189 mm dibandingkan dengan Nissan Grand Livina yang  berjarak 175 mm dari tanah.

Mesin Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Mesin Honda Mobilio

Mesin Honda MobilioPerforma dapur pacu mesinnya, kita akan menjumpai bahwa Honda Mobilio jauh lebih mumpuni dengan mencatat tenaga hingga 88Kw (118PS) pada putaran  6.600 rpm. Nissan Grand Livina sendiri hanya mampu memasok tenaga 109 PS pada putaran 5600 rpm. Untuk Honda Mobilo menggunakan mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dengan kapasitas silinder 1496 cc.

Mesin Nissan Grand Livina

Mesin Nissan Grand LivinaSedangkan Nissan Grand Livina menggunakan mesin 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control) yang berkapasitas silinder 1498 cc. Tidak hanya itu, Honda Mobilio lebih unggul dalam hal komsumsi bahan bakar. Namun, Honda Mobilio juga lebih sedikit dalam menampung kapasitas tangki yakni hanya sebesar 42 L yang dibandingkan cukup jauh dengan Nissan Grand Livina yang dapat menyediakan tangki hingga 52.4 L.

Fitur Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Kemudian, kedua mobil ini juga memiliki fitur-fitur yang tidak perlu diragukan kehebatannya. Dari sisi fitur, Nissan Grand Livina sudah cukup lengkap dengan menghadirkan jok yang terbuat dari kulit, roof monitor, pemutaran DVD, dan lain-lain. Dalam hal fitur, adanya double AC saja yang bisa menjadi poin yang mampu mengdongkrak Honda Mobilio. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur keamanan berupa fitur ABS, airbags, dan foglamp yang terdapat pada kedua mobil. Dalam hal kenyamanan maka kita akan bisa memutuskan bahwa Honda Mobilio lebih unggul dari Grand Livina. Pasalnya, ini terjadi pada handling dan suspensi yang sangat confort dan menjadi penyokong utama. Hal lain yang membuat Mobilio sangat nyaman adalah adanya jok. Meski tak terlihat mewah dari Grand Livina, namun jok pada Honda Mobilio ini akan terasa nyaman pada bagian posisi punggung saat digunakan dalam perjalanan jauh.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Honda Mobilio

Nissan Grand Livina

Mesin

Tipe Mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control)
Isi Silinder 1496 cc 1498 cc
Diameter x Langkah 73,0 mm x 89,4 mm 78.0 x 78.4
Daya Maksimum 88Kw(118PS) / 6.600rpm 109 PS/5600 rpm
Torsi Maksimum 88kg.m(145Nm) / 4.500rpm 14.6 Nm/4000 rpm
Sistem Kemudi Rack dan Pinion Rack and pinion with EPS

(Electronic Power Steering)

Sistem bahan bakar PGM-FI ECCS (Electronic Concentrate-engine Control System)
Kapasitas Tangki 42L 52.4 L
Perbandingan Kompresi 10,3:1

Dimensi

P x L x T 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm 4485 x 1695 x 1595 mm
Jarak Poros Roda 2650 mm 2600 mm
Jarak Pijak depan 1.472 mm
Jarak Pijak belakang 1.475 mm
Jarak Terendah 189 mm 175 mm
Berat 1250 kg

Sasis

Transmisi 5 Speed M/T M/T 5-Speed
Suspensi Depan MacPherson Strut McPherson Strut with Stabilizer
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam Torsion beam with Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum
Ukuran ban 185/65 R15 185/65 R15

Fitur

Kenyamanan
  • ECO Assist
  • Air Conditioner
  • Rear A/C System
  • Separated & Adjustable Headrest
  • Fold & Tumble 2nd & 3rd Row Seat
  • Combi Meter Analog, New Design 2 Gauge Meter + Drive Computer (With Tachometer)
  • Seat Material Soft Fabric
  • Center Cluster Finisher Silver Decoration
  • 3 Spokes Steering Wheel: New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration
  • Power Window
  • Rear AC Vent with Cup Holder
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Seat Foldable Quick System
  • 1 DIN Wide DVD, DVD Player, AM/FM, USB, Aux-in, Video Ouput, Remote Control
Keamanan
  • Key Type
  • Alarm System
  • Immobilizer
  • Keyless Entry
  • Seatbelt Reminder D
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR
  • Airbag Driver
  • Airbag Front Passenger
  • Zone Body Concept
  • Side Impact Beam
  • Collapsible Steering Column
  • Keyless Entry with Alarm
  • Shock Sensor

Harga Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Harga Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Honda Mobilio

Nissan Grand Livina

Tipe Harga Tipe Harga
Honda Mobilio S Rp189.500.000- Nissan Grand Livina  1.5 SV MT Rp213.800.000-
Honda Mobilio E Rp210.000.000- Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT Rp225.600.000-
Honda Mobilio E CVT Rp221.000.000- Nissan Grand Livina 1.5 XV MT Rp231.000.000-
Honda Mobilio RS Rp233.000.000- Nissan Grand Livina  1.5 XV MT Rp242.700.000-
Honda Mobilio RS CVT Rp243.500.000- Nissan Grand Livina 1.5 HWS XV CVT Rp256.400.000-
Nissan Grand Livina 1.5 HWS Autech CVT Rp271.000.000-
Nissan Grand Livina XGear 1.5 MT Rp243.300.000-
Nissan Grand Livina XGear 1.5 CVT Rp258.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=O49jA_I9Zoc

Artikel terkait:  Honda BRV vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Honda Jazz vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

12 pemikiran di “Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar