Honda CRF vs Kawasaki KLX Indonesia Review 2017

Kawasaki KLX vs Honda CRF

Kawasaki klx vs Honda CRF Indonesia Review 2017- Kawasaki memang sangat ahli terutama dalam menghasilkan produk yang terbaik pada kelas trail, salah satu andalannya yaitu Kawasaki KLX. Untuk ini terdiri dari dua yang terunggul yaitu Kawasaki KLX 150 dan juga Kawasaki KLX 250. Untuk Kawasaki KLX 150 merupakan versi facelift dari versi sebelumnya yaitu Kawasaki KLX generasi pertama. Kali ini tampilan dengan perubahan desain yang terlihat lebih segar.

Bahkan Kawasaki KLX 150 pada tahun 2015 pun terlihat lebih gagah dan juga agresif. Kawasaki KLX ini pun menggunakan mesin SOHC 2 katup yang dimana bertenaga 150cc. Perubahan yang terjadi pada motor ini dari versi lamanya yaitu bentuk lampu depan yang baru dimana lebih stylish, bentuk pada muffler (knalpot) pun juga semakin menambah kesan penjelajah abadi.

Berbeda dengan Kawasaki KLX 250 ini memiliki tipe mesin DOHC, dengan sebuah silinder berkapasitas sebesar 250cc. Motor ini pun memang diprioritaskan bagi para pengendara yang senang berpetualang melintasi alam menggunakan motor. Konsep yang ditawarkannya pun yaitu motor trail dengan gaya crosser yang dapat menaklukkan segala apapun medan terutama pada jalan-jalan yang sulit untuk dilalui dan juga sangat cocok apabila digunakan untuk kompetisi offroad.

Tidak mau kalah, Honda pun merilis motor dengan gaya adventure bertenaga besar yang diberi nama Honda CRF. Motor ini pun menjadi salah satu motor adventure yang termurah yang dipasarkan oleh Honda di Indonesia. Motor ini dibanderol kisaran harga 60 jutaan. Motor ini pun memang dikagumi oleh konsumen di Indonesia. Ini dikarenakan motor ini dinilai sangat cocok bagi para konsumen yang sedang mencari motor yang tangguh untuk dapat melewati beberapa medan jalan yang sulit.

Untuk Honda CRF 250 Rally menggunakan suspensi depan yang menggunakan upside down. Penampilan CRF250R ini terlihat sangat gagah terutama pada bagian belakang pun menggunakan monoshock. Selain itu pula, tersedia juga mesin satu silinder dengan kapasitas 249cc yang dimana mesin tersebut diadopsi dari Honda CBR250R. Mesin tersebut tergolong sangat bertenaga dan juga bisa untuk diajak melewati berbagai medan jalan dengan torsi yang sangat besar.

Walaupun mesin yang digunakannya hanya akan hadir dengan single silinder. Akan tetapi untuk soal performa, tidak bisa untuk dipandang sebelah mata. Mengingat dapur pacu yang digunakan CRF250R sangatlah hebat. Para pengguna pun dapat merasakan ganasnya hentakan mesin apabila setiap kali memutar tuas gas.

Desain Kawasaki klx vs Honda CRF

Untuk motor Kawasaki KLX 150 ini memiliki ukuran badan 2080mm x 770mm x 1145mm dengan berat hingga mencapai 115kg. Untuk ukuran tersebut memang merupakan salah satu dimensi yang standar bagi sebuah sepeda motor tipe off-road. Selain itu pula, Kawasaki KLX 150 ini pun memiliki jarak antar sumbu roda sepanjang 1.340mm. Dengan adanya dimensi tersebut, motor ini pun sangat nyaman melewati jalanan off-road dari medan tanah hingga mencapai medan bebatuan. Dari dimensi tubuh pun masih menggunakan tangki yang tipis yang selama ini masih menjadi ciri khas untuk motor trail. Walaupun bentuknya yang pipih, namun tangki tersebut pun dapat menampung bahan bakar hingga mencapai 7 liter.

Kawasaki KLX

Desain motor Kawasaki KLX 150 ini pun memang menggunakan desain yang terbaru yang menjadikannya lebih semakin gahar. Penampilannya yang menonjol yaitu headlamp yang terlihat lebih sipit dari versi yang sebelumnya. Headlamp ini pun lebih kecil dan juga visornya sedikit lebih lebar. Penampilan Kawasaki KLX ini pun terlihat lebih stylish bagi kelas sepeda motor bertipe off-road. Perubahan yang baru dilakukan pada Kawasaki ini pun terlihat pada bagian shroud-nya yang kini terlihat lebih runcing.

Berbeda dengan adiknya, Kawasaki KLX 250 ini pun terlihat lebih tinggi dan juga ramping. Untuk keseluruhan panjang mencapai 2190mm, lebar 800mm, dan tinggi 1205mm. Untuk keseluruhan berat kosong 137kg. Jarak antara poros dengan roda mencapai 1435mm dengan jarak terendah sampai tanah mencapai 280mm. Sedangkan pula untuk tinggi tempat duduknya mencapai hingga 889mm. Untuk kapasitas tangki bahan bakarnya pun hingga sebanyak 7,3 liter.

Bagian bodinya sangat kuat dikarenakan menggunakan bahan jenis diamond dari baja ringan yang memiliki kelunturan yang sangat tinggi. Bodi yang kuat ini pun memang sangat diperlukan karena untuk motor off-rooad sendiri pun rawan akan jatuh ataupun terbentur oleh benda yang keras. Walaupun keras dan juga kuat, tetapi struktur baja ringan ini dibuat dengan semi double cradle yang menjadikannya motor ini pun terasa lebih ringan dan juga lentur sehingga sangat leluasa apabila sedang dikendalikan.

Honda CRF

Untuk Honda CRF250R pun memiliki desain bodi yang simpel. Hal menarik yang ada yaitu motor terbaru Honda ini memiliki pilihan warna lebih fresh dari sebelumnya. Dimana pada bagian depan pun menggunakan warna merah sampai dengan tempat duduk ataupuj jok. Lalu untuk sisanya pun dibalut dengan warna putih. Sama halnya dengan seri CRF450R saudaranya, Honda ini melengkapi dengan bagian belakang dengan knalpot yang bermodel kan twin-muffler exhaust system.

Selain membuatnya terlihat lebih garang dan juga dapat menghasilkan suara yang begitu berkarakter, ternyata pemilihan penempatan knalpot pun tidak lain agar dapat mendongkrak performa dapur pacu motor menjadi jauh lebih powerfull lagi. Hal menarik lainnya pun yaitu terdapat pada ban motor, dimana Honda menggunakan Dunlop untuk dijadikan rekan berkolaborasi dengan kedua suspensi yang terdapat pada CRF250R ini.

Mesin Kawasaki klx vs Honda CRF

Mesin Kawasaki KLX

Dalam performa mesinnya, Kawasaki KLX 150 ini masih menggunakan mesin bertipe SOHC 2 dengan katup yang berkapasitas 150cc. Kawaaki KLX 150 ini masih menggunakan karburator Keihin CV24 serta sistem pengapian digital DC-CDI serta pendinginan udara mesin. Mesin yang terdapat pada New KLX 150 ini pun mampu mengeluarkan daya maksimum hingga sebesar 8,6kW atau setara juga dengan 11.7 PS pada putarannya mesin 8000rpm. Komposisi mesin racikan juga tertanam pada Kawasaki KLX 150 yang dapat mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 12Nm pada 6500rpm.

Berbeda dengan adiknya, Kawasaki KLX 250 ini menggunakan mesin bertipe DOHC, dengan 4 langkah, 4 katup serta menggunakan satu buah silinder dengan kapasitas 249cc. Untuk sistem pendinginnya pun menggunakan liquid cooler. Diameter langkahnya pun 72mm x 61,2mm dengan perbandingan kompresinya 11 : 1. Daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 18.0KW/9000rpm pada torsi maksimal 21Nm/7000rpm. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya pun menggunakan karburator dengan tipe Keihin CVK34 serta sistem pengapiannya yang memakai CDI dengan jenis digital.

Mesin Honda CRF

Berbeda dengan Kawasaki, Honda CRF250R pun berkolaborasi dengan teknologi DOHC serta SOHC yang dikemas oleh Honda dalam mesin 250cc Unicam. Dengan adanya bekal tersebut, dapur pacu pun disusun dengan 4-valve serta adanya sistem pendinginan berupa liquid cooled yang dapat bekerja secara maksimal  bahkan dengan adanya bakal yang mengantarkan setiap pengguna untuk dapat mendapatkan pengalamannya jauh lebih menyenangkan saat berkendara apabila jalanan berlumpur dan juga terjal.

Ditambah lagi ada fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan bagi para pengemudi. Honda pun telah melengkapinya dengan fitur Engine Mode Select Button yang sengaja diletakkan pada handle bar pada bagian sebelah kanan. Pagi para pengemudi hanya akan harus memencet tombol dengan ibu jarinya untuk dapat menggunakan mode mesin yang dibutuhkan.

Untuk tipe CRF250L motor trail Dual Purposes ini pun menggunakan mesin dengan kapasitas ruang bakar sebesar 250cc yang juga menggunakan 1 buah silinder yang dibekali dengan Counter Balancer yang dapat menghasilkan mesin dengan tarikan yang cukup smooth. Untuk konstruksi katup pun menggunakan tipe DOHC dengan 4 katu. Sedangkan untuk suplai bahan bakar pun menggunakan teknologi Fuel Injection PGM-FI yang juga merupakan teknologi andalan Honda. Dan untuk menjaga suhu mesin agar dapat tetap stabil menggunakan sistem pendingin Liquid. Yang juga didukung dengan kombinasi transmisi manual 6 percepatan.

Suspensi Kawasaki KLX vs Honda CRF

Kawasaki KLX 150 ini memiliki 3 varian yang terbaru. Untuk dapat membedakannya masing-masing seri New KLX 150 ini pun terdapat pada bagian kaki-kakinya. Kawasaki KLX 150 standar, pabrik menggunakan suspensi teleskopik standar pada bagian depan, serta pula suspensi unitrack swing-arm yang terdapat pada bagian belakang. Pada bagian rodanya menggunakan velg bagian depan dengan ukuran 19 inci serta juga velg belakang berukuran 16 inci.

Sementara itu untuk tipe Kawasaki KLX 150 BF memiliki ukuran pada kaki-kaki yang sedikit lebih lebar karena memang dimaksudkan untuk pengendara melewati jalanan dengan medan yang lebih berat. Pada bagian depan menggunakan velg berukuran 21 inci dan velg belakang berukuran 18 inci. Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 SE atau motor special edition, menggunakan komponen Upside-Down yang akan membuatkan tampak lebih gahar dan juga memiliki handling yang lebih mantap lagi. Pada bagian pengeremannya pun semua tipe Kawasaki KLX 150 memiliki sistem pengereman yang sama yaitu rem cakram 240mm pada sektor depan dan juga cakram 190mm pada bagian belakang.

Karena Kawasakk KLX 250 ini dirancang dengan tangguh agar dapat melewati semua medan yang dilalui, oleh karena itu di desain agar kaki-kakinya menjadi terasa lebih nyaman apabila digunakan. Pada bagian mobilnya pun suspensinya menggunakan monoshock yang dapat diatur kenyamanannya. Selain itu, bagian depan memakai telescopic fork suspension dengan diameter sebesar 43mm yang dapat juga diatur posisinya. Ban belakang pun menggunakan ukuran sebesar 100/100 x 8, untuk ban bagian depan berukuran 80/100 x 21. Untuk sistem pengeremannya, motor ini memakai cakram hidrolik 2 kaliber piston dengan ukuran 250mm pada bagian depannya dan juga cakram hidrolik 1 kaliber piston yang berukuran 240mm.

Berbeda dengan Kawasaki, untuk membantu menurunkan pusat gravitasi pada motor dan juga meningkatkan pusat massa, Honda sengaja melengkapi motor trail miliknya dengan chassis alumunium twin-spar. Selain itu pula, memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kestabilan motor yang menjadi lebih tinggi. Ditambah lagi, memungkinkan untuk Honda CRF250R ini lebih lincah untuk melintasi medan yang terjal yang berada di hadapannya.

Baca juga Honda BeAT ESP VS Scoopy ESP Review Indonesia 2017

Selanjutnya untuk meningkatkan keseimbangan dalam berkendara, ditambah pula Honda Progressive Steering Damper (HPSD). Berbekal dengan teknologi tersebut, dapat memberikan presisi kemudi yang tak dapat ditandingi. Terlebih lagi pula hal tersebut didukung dengan adanya suspensi upside down yang berdiameter 49mm di lini bagian depan. Ditambah juga bagian belakang menggunakan Pro-Link Showa Single Shock With Adjustable Spring Preload. Keduanya dapat di atur dengan daya redam hingga mencapai 16 kali posisi pada bagian depan dan 17 kali pada bagian belakang. Membuat bagi para pengendara dijamin dengan mudah ketika melakukan manuver saat akan melintasi medan yang ekstrim.

Fitur Kawasaki KLX vs Honda CRF

Untuk fitur yang digunakan oleh Kawasaki KLX ini terbilang tidak terlalu banyak menggunakan fitur yang sangat beragam dan canggih. Mengingat dimana motor Kawasaki KLX ini merupakan motor bertipe off-road yang akan mementingkan performa pada mesin dan juga daya tahan untuk rangka. Namun tetap saja Kawasaki ini menambahkan beberapa komponen tambahan pada New KLX 150. Diantaranya berguna untuk menambahkan kenyamanan dan juga keamanan bagi para pengendara. Fitur tambahan yang paling bermanfaat yaitu indikator bahan bakar yang sebelumnya pun tidak ada pada KLX 150 pada generasi yang lama.

Dengan adanya indikator bahan bakar tersebut, para pengendara yang akan membawa motor ini pergi menjelajah pun dapat membantu untuk mengetahui sisa bahan bakar di dalam tangki ketika dalam perjalanan. Selain itu pula, fitur yang baru digunakan oleh Kawasaki KLX 150 adalah penggunaan suspensi upside-down. Fungsinya dapat memberikan handling yang sangat mantap ketika sedang menerjang jalanan yang berbatu. Fitur tersebut hanya dapat ditemukan pada varian Kawasaki KLX 150 SE.

Dalam penggunaannya ban, Honda tidak dapat bermain-main supaya dapat mengimbangi kaki-kaki yang ada pada CRF250R. Produsen yang berasal dari negeri matahari pun telah menerapkan velg plus ban dalam ukuran Dunlop MX52F 80/100-21 untuk bagian depan dan Dunlop MX52 100/90-19 untuk bagian belakangnya. Berkat keduanya pun, motor trail yang satu ini pun semakin gesit ketika berada di jalanan yang menantang. Sementara untuk bagian keamanannya, Honda telah menggunakan double disc-brake. Dimana masing-masing telah memiliki ukuran yang terbilang sangat besar. Pada lini bagian depan sebesar 260mm yang lengkap dengan kapiler dua piston, dan pada sektor belakang Honda sengaja mendesain piringan dalam bentuk gerigi dengan ukuran 240 mm. Tujuannya agar para pengendara dapat melakukan pengereman dengan secara maksimum.

Tabel Spesifikasi Kawasaki KLX dan Honda CRF

Spesifikasi Kawasaki KLX vs Honda CRF
Kawasaki klx 150 Kawasaki klx 250 Honda CRF
Mesin
Tipe Mesin 4-langkah SOHC 4-tak single Pendingin cairan liquid-cooled single-cylinder four-stroke, Unicam, four-valve; 30.5mm intake, titanium; 25mm exhaust, titanium
Jumlah Silinder Satu silinder Satu  silinder 1 Silinder
Isi Silinder 144cc 249cc 250 cc
Diameter x Langkah 58,0 x 54,4mm 72 x 61.2 mm 76.8mm x 53.8mm
Daya Maksimum 8,6 kW/8000 rpm 18.0 (Kw) / 9000 rpm 18,2Kw / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 12 Nm/6500 rpm 21Nm / 7000rpm 22,6 Nm / 6750 rpm
Kapasitas Tangki 7liter 7,3 liter 249 cc 1.7 gallons
Rasio 9,5 : 1 11 : 1 13.5:1
Sistem Bahan Bakar Karburator Karburator PGM-FI
Sistem Starter Electric strater Electric strater Electric
Sistem Pengapian DC-CDI DC-CDI Full transistor with electronic advance
Dimensi
P x L x T 2080mm x 770mm x 1145mm 2.200mm x 820mm
x 1.190mm
2210 mm x 900 mm x 1425 mm
Ground Clearance 255 mm 280 mm 270 mm
Wheel Base 1.430 mm  1.435 mm 1.445 mm
Tinggi Tempat Duduk 875 mm 889 mm 895 mm
Berat 115 kg 138 kg 155 kg
Sasis
Transmisi 5-speed, return 6 speed, return shift 6 Speed (1-N-2-3-4-5-6)
Tipe Rangka Aluminum Diamond, semi double cradle 27° 23′ (Caster Angle).twin-spar aluminum chassis
Suspensi Depan Teleskopik fork 43 mm upside-down telescopic fork 49mm inverted Showa® SFF-Air TAC fork with 16-position rebound and 16-position compression damping adjustability; 12.2 inches travel
Suspensi Belakang Uni track swingam New Uni-Trak Pro-Link® Showa single shock with adjustable spring preload, 17-position rebound damping adjustability, and compression damping adjustment separated into low-speed (13 positions) and high-speed (3.5 turns); 12.3 inches travel
Rem Depan Single 240 mmDisc Twin Piston Single 250 mm disc Dual-piston Single 260mm disc with twin-piston caliper
Rem Belakang Single 190 mm Disc Single Piston  Single 240 mm disc Single-piston Single 240mm disc
Ban Depan 2.75-21 45P 3.00-21 51P Dunlop MX52F 80/100-21
Ban Belakang 4.10-18 59P 4.60-18 63P Dunlop MX52 100/90-19

Harga Kawasaki klx vs Honda CRF

Yang dihadirkan melalui proses impor yang utuh atau CBU (Completely Build Up) yang berasal dari Jepang. Kisaran harga yang diberikan untuk satu unit Kawasaki KLX 150 pun sudah termasuk kategori mahal. Untuk tipe yang standar akan dihargai sebesar Rp 26.900.000. Untuk harga KLX standar ini harga yang ditawarkan tidak terlalu berbeda dengan Kawasaki KLX 150 S versi lama.

Kemudian untuk tipe BF akan dibanderol seharga Rp 30.200.000. Harga New KLX 150BF sedikit mahal  dibandingkan dengan  Kawasaki KLX 150 L yang diberi harga  Rp 27 jutaan. Dan untuk tipe terakhir special edition dengan harga yang paling mahal  di antara tipe lainnya yaitu mencapai Rp 31.300.000. Dan untuk kakaknya, Kawasaki KLX 250 ini pun akan dihargai dengan harga mencapai Rp 61.900.000.

Untuk pilihan warnanya pun tersedia dengan dua varian warna yaitu hijau dan juga hitam. Berikut tabel harga Kawasaki klx vs Honda CRF.

Harga Kawasaki klx vs Honda CRF
Kawasaki klx Honda CRF
Tipe Harga Tipe Harga
Harga Kawasaki KLX 150 Standar Rp 26.900.000 Harga Honda CRF250R Rp 101.000.000
Harga Kawasaki KLX 150 BF Rp 30.200.000 Harga Honda CRF250L Rp 64.000.000
Harga Kawasaki KLX 150 Special Edition Rp 31.300.000
Kawasaki KLX 250 Rp 61.900.000

Kesimpulan

Kedua motor ini memang sangat cocok untuk di area off-road. Motor ini dapat meleawati beberapa rintangan, mengingat keduanya memang sengaja di desain untuk para pengendara yang menyukai penjelajahan alam terbuka. Dengan perubahan desain dari versi sebelumnya, kedua motor tersebut dapat menggebrakkan dunia otomotif dengan penampilannya yang gagah dan juga sangar. Walaupun harga keduanya sedikit agak mahal bagi para pengguna lokal namun semuanya tidak mematahkan keinginan pengguna untuk membelinya. Mengingat mesin serta teknologi yang digunakan cukup membayar atas harga mahal yang ditawarkan.

Artikel terkait: Honda Vario 150 vs Honda Vario 125 Indonesia Review 2017

Truk Off-Road Chevrolet, si Penantang Jalanan

19 pemikiran di “Honda CRF vs Kawasaki KLX Indonesia Review 2017”

Tinggalkan sebuah komentar