Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan Indonesia Review 2018

Mazda 2 vs Toyota Yaris

Mazda 2 Sedan vs Toyota Yaris Sedan Indonesia Review 2018– Sebagai pabrikan mobil yang cukup diminati di pasar otomotif Indonesia, yakni Toyota dan Mazda sama-sama memiliki jenis mobil sedan. Bila Mazda memberi nama dengan yakni Mazda 2 sedan. Sedangkan Toyota memberi nama denga Toyota Yaris Sedan. Kedua mobil ini sama-sama menghadirkan mobil dengan desain yang mewah. Lalu, dari kedua mobil sedan tersebut, manakah yang lebih unggul? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak ulasan review perbandingan antara mobil Mazda 2 Sedan vs Toyota Yaris Sedan di bawah ini.

Eksterior Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Eksterior Mazda 2 Sedan

Mazda 2Mazda 2 Sedan dapat dikategorikan sebagai mobil yang menampilkan sisi fashion yang kuat. Berbeda dengan mazda versi sebelumnya, Mazda 2, menghadirkan desain yang lebih modern dan paling menonjol di kelasnya. Mulai dari posisi headlamp multirefelektor yang cantik, lalu dibalut dengan desain bodi yang mengusung konsistensi desain ‘KODO’ khas Mazda yang mewakili konsep dinamis. Jika kita cermati, pada bagian headlamp Mazda 2 mengusung teknologi gabungan antara tipe proyektor dan parabola yang juga menggunakan lampu jenis LED plus LED DR.

Mazda 2Selain itu, Mazda 2 sedan juga menjanjikan fitur penerangan yang maksimal dengan fascia yang dirancang dengan harmonisasi grill depan yang memiliki desain segitiga terbalik berpadu dengan bingkai beraksen chrome. Kemudian, untuk foglamp dirancang cukup ergonomis dengan siluet teardrop, dikolaborasikan dengan bentuk bumper sporty aerodinamis mengikuti garis bodi bagian depan. Beralih ke body samping, mobil ini hadir dengan era hatchback modern melalui desain yang dibuat tajam dengan siluet yang diaplikasikan secara dinamis. Terakhir, untuk bagian buritan, Mazda 2 ini berdesain atletis. Kesan sporty juga sangat kental, dimana untuk stoplamp menggunakan teknologi rear combination lamps yang disempurnakan dengan lampu belakang horizontal melebar hingga pintu bagasi.

Eksterior Toyota Yaris Sedan

Toyota Yaris SedanToyota menghadirkan Yaris dengan varian Sedan. Bicara soal bagian ekterior, kesan sporty dan mewah sangat kental. Lekukan bodinya terlihat maskulin namun tetap menghadirkan kesan mewah lewat Front & Rear Splash Guards dan Colour-Keyed Mirrors ny. Ditambah lagi dengan adanya Intermittent Wipers yang ada di setiap tipe Yaris Sedan ini, yang secara otomatis akan membersihkan kaca depan mobil ini saat turun hujan, jadi Anda tidak perlu repot-repot memencet tombol wiper.

Toyota Yaris SedanBeralih ke sektor penerangan, Yaris Sedan ini dilengkapi dengan Headlamp jenis Reflector Style, Halogen Headlamps yang semakin menunjang desain stylish mobil ini. Selain itu, lekukan cantik pada bagian Foglampnya semakin mempertegas kesan mewah namun tetap mengedepankan sisi aerodinamis.

Interior Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Interior Mazda 2 sedan

Dashboard Mazda 2Interior mobil ini menghadirkan kesan stylish. Pada sektor kabin kemudi Mazda 2, menyediakan panel speedometer futuristik dengan tampilan yang sangat friendly. Panel speedometer dirancang dengan desain racing yang cukup kuat. Beragam informasi pengemudian tersaji dengan jelas. Selain itu, panel instrumen berkombinasi dengan lingkar tachometer analog pada bagian tengah yang diengkapi dengan dua display digital berbentuk sayap berdesain futuristik. Panel speedometer pada Mazda 2 terbagi menjadi tiga cluster utama.

Interior Mazda 2Pada bagian tengah yang berbentuk lingkaran terdapat indikator kecepatan maksimal. Sementara pada sisi panel sebelah kanan terdapat indikator penunjuk jarak tempuh dan sisa bahan bakar. Lalu, disisi kiri ditampilkan trip meter. Pada bagian kabin kemudi Mazda2 juga terdapat tombol Drive Selection Switch atau tombol pengatur transmisi. Berada tepat di belakang tuas transmisi, pengemudi dapat dengan mudah dan cepat mengubah performa driving dari normal menjadi sport mode, kapan saja Anda inginkan. Selain itu, pada kabin kemudi Mazda 2 juga dilengkapi panel Transmission Lock yang akan memudahkan saat melakukan parkir kendaraan.

Interior Toyota Yaris Sedan

Dashboard Toyota YarisTak kalah dengan interior Mazda 2 sedan, Toyota Yaris Sedan juga menghadirkan beragam fitur canggih namun tetap mengedepankan desain mewah dan stylish. Pertama, pada sektor kemudi disekitarnya terdapat bluetooth dan 7 inchi display screen yang dapat berfungsi untuk mempermudah perjalanan karena adanya bantuan navigasi, serta dapat berfungsi untuk mengganti lagu yang diinginkan oleh si pengemudi.

Interior Toyota YarisTeknologi canggih lainnya adalah Audio Commander yang semakin memberikan kenyamanan saat anda berkendara. Tak hanya kabin kemudi saja , kabin penumpang pun ditunjang oleh teknologi canggih. Baik jok penumpang maupun jok kemudi bisa diatur tingkat kenyamanannya sesuai selera anda,

Dimensi Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Beralih ke sektor dimensi, Mazda 2 Sedan ini memiliki ukuran body panjang yakni  4,060mm, lebar 1,695 mm dan 1,495 mm dengan bobot mencapai 1,025 kg untuk Mazda 2 tipe standar dan 1,038 kg untuk Mazda 2 tipe Limited Edition. Tidak hanya itu, terdapat jarak poros roda dengan jarak 2,570 mm dan jarak terendah dari tanah 152 mm. Untuk menyempurnakan berkendara, maka Mazda 2 Sedan ini memasangkan suspensi jenis SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut pada bagian depan dan pada bagian belakang memasangkan suspensi jenis SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam. Sementara, untuk dimensi pada Toyota Yaris Sedan memiliki ukuran body dengan panjang 4410 mm, lebar 1700, dan tinggi 1475 mm dengan bobot mencapai 1500 kg. Kemudian untuk jarak dari tanah berukuran 145 mm dan memiliki jarak poros roda sebesar 2550 mm. Untuk suspensi yang tersematkan pada Toyota Yaris Sedan memasangkan jenis suspensi MacPherson strut pada bagian depan dan jenis suspensi Torsion beam pada bagian belakang.

Mesin Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Mesin Mazda 2 sedan

Mazda 2Mengenai dapur pacunya, Mazda 2 Sedan menggunakan mesin berkode MZR, 4-silinder, DOHC, 16 valve berteknologi sequential valve timing (S-VT) dan electronic throttle control (ETC) dengan kapasitas mesin 1.496 cc.

Mesin Mazda 2Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 81 (110) pada putaran 6,000 dan torsi maksimum mencapai 141 (14.37) pada putaran 4.000 rpm. Daya tersebut akan disalurkan ke transmisi SKYACTIV-MT 6-speed manual. Pada sistem bahan bakarnya memakai teknologi Electronically Controlled Direct Injection.

Mesin Toyota Yaris Sedan

Toyota Yaris SedanSedangkan, pada Toyota Yaris Sedan menggunakan mesin Petrol, 2NZ-FE 1.3-liter Gasoline Engine, 16-valve DOHC with VVT-i dengan kapasitas mesin 1299 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 84 pada putaran 6000 rpm dan dengan torsi maksimum sebesar 12.3 pada putaran 4400 rpm.

Mesin Toyota YarisSerta, akan menyalurkan daya ke transmis Automatic (CVT). Terakhir, pada Toyota Yaris Sedan menggunakan teknologi ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) pada sistem bahan bakarnya.

Fitur Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Untuk fitur yang tersematkan pada Mazda 2 sedan diantaranya terdapat Paddle Shift yang dapat berfungsi mengontrol transmisi menggunakan tombol (+) dan (-) di belakang kemudi. Masih di bagian kabin, mobil sedan ini memiliki fitur Active Driving Display yang dapat memudahkan konsentrasi si mengemudi. Tidak hanya itu saja, terdapat pula fitur canggih seperti Climate Control AC, Aux In dan USB Connector, serta adanya fitur MZD Connect dan Commander Control. Sementara, untuk Toyota Yaris Sedan memiliki fitur keamanan yakni Driver Seat Vertical Adjustment, Passenger Seat Recline, Fold Down Rear Seat (60/40), Rear Seat Headrests, dan Heated Front Seats. Adapula fitur Backup Camera yang berperan dalam memudahkan si pengemudi dalam melakukan parkir mobil. Untuk memberikan kenyamanan kepada si penumpang maka Toyota Yaris Sedan menyediakan fitur Climate Control yang terbagi menjadi tiga, yakni Air Conditioning, Cabin Air Filter dan Rear Seat Heater Ducts. Terakhir, terdapat fitur entertainment yang terdapat 4 speaker dan 6 speaker, serta adanya USB Audio Input.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Mazda 2 sedan

Toyota Yaris Sedan

Mesin

Tipe Mesin SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve
with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)
Petrol, 2NZ-FE 1.3-liter Gasoline Engine, 16-valve DOHC with VVT-i
Isi Silinder 1,496 cc 1299 cc
Jumlah Silinder 4 Silinder segaris
Diameter x Langkah 74.5 x 85.8 mm
Daya Maksimum 81 (110) / 6,000 84/6000 rpm
Torsi Maksimum 141 (14.37) / 4,000 12.3/4400 rpm
Sistem Kemudi Rack and Pinion Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function)
Rasio Kompresi 13.0 : 1

Dimensi

P x L x T 4,060 x 1,695 x 1,495 mm 4410 x 1700 x 1475 mm
Jarak Poros Roda 2,570 mm 2550 mm
Jarak Pijak depan 1,495 mm 1.3 G: 1470, 1.3 S/1.5 E: 1480/1470, 1.3 Standard:1480
Jarak Pijak belakang 1,485 mm 1.3 G: 1470, 1.3 S/1.5 E: 1480/1470, 1.3 Standard:1480
Jarak Terendah 152 mm 145 mm
Berat 1,025 kg 1500 kg
Radius Putar 4.7 5.1
Sistem bahan bakar Electronically Controlled Direct Injection ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection)
Kapasitas Tangki 44 L 42 L

Sasis

Transmisi SKYACTIV-MT 6-speed manual Automatic (CVT)
Suspensi Depan SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut MacPherson strut
Suspensi Belakang SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam Torsion beam
Rem Depan Ventilated disc Ventilated disc
Rem Belakang Solid disc Drums
Ukuran Ban 15 x 5-1/2 J Aluminium  Alloys

16 x 5-1/2 J Aluminium Alloys

175 / 55r15 tires
Ukuran Velg 185/65R15 175/65R14,185/60R15 (1.3 S/1.3 E), 175/65R14 (1.3 Standard)

Fitur

Kenyamanan
  • Standard equipment for all audio system types
  • Auxillary-audio input jack
  • USB input ports
  • Steering-wheel-mounted audio controls
  • Standard audio with 4 speakers
  • AM/FM Tuner & CS Player (MP3/WMA compatible)
  • MZD Connect with 6 speakers
  • 7-inch hi-res TFT touch screen : AM/FM Tuner & DVD Player, Multi-function Commander control, Internet radio integration, Bluetooth hands-free phone, audio streaming and voice command, Bluetooth, Mazda Navigation system
  • Standard keyless entry system
  • Package & Rear shoulder clearance
  • Luggage Space
  • Storages
  • Wireless key
  • Meters
  • Audio system with USB/AUX ports
  • Air conditioning
  • Steering wheel switches
Keamanan
  • Power door locks with auto dor lock system
  • Immobilizer
  • ISOFIX child-seat anchors (for rear seats)
  • Dual SRS air bags
  • Antilock Brake system (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) and    Emergency Brake  Assist (EBA)
  • ABS with EBD
  • SRS Airbags
  • Seat belt
  • WIL concept seat
  • Collision Safety Body

Harga Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Harga Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan

Mazda 2 sedan

Toyota Yaris Sedan

Tipe Harga Tipe Harga
Mazda 2 R M/T Rp263.300.000,- Sedan Yaris Ativ S Rp263.300.000,-
Mazda 2 R A/T Rp273.700.000,- Sedan Yaris Hatchback Rp256.600.000,-
Mazda 2 GT A/T Rp310.300.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=hZrnLeitSP0

Artikel terkait: Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Honda Jazz vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Toyota Vios vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

19 pemikiran di “Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar