Mengenali Gejala Awam Brake Pads

brake pads

Mengenali Gejala Awam Brake Pads – Sangat penting bagi Anda pemilik mobil untuk sesekali memeriksa bantalan rem apakah mengalami keausan atau tidak. Pasalnya, bantalan rem yang kotor sangat tidak aman dan mencegah mobil Anda “ndut-ndutan”. Mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan harus mengganti bantalan rem mereka lebih sering dibanding yang tinggal di daerah pedesaan. Jika Anda memperhatikan gejala bantalan rem yang muncul, Anda bisa melakukan pengecekan sederhana menggunakan sedotan. Anda juga bisa melakukan pengukuran yang lebih tepat dengan melepas roda. Jika Anda menyadari bahwa bantalan rem Anda sudah aus, Anda harus menggantinya sesegera mungkin. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang patut anda ketahui sebagai gejala awal Brake Pads. Disimak ya sobat freakers!

baca juga: Perbedaan Mesin Berteknologi SOHC VS DOHC

Mengenali Gejala Awam Brake Pads

brake padsDengarkan suara rem Anda saat Anda berhenti. Banyak rem memiliki “squealers” yang terpasang di dalamnya yang akan menunjukkan kapan bantalan rem Anda mulai menipis. Squealers disini adalah indikator yang menentukan masa kelayakan sebuah rem digunakan. Cara kerjanya adalah ketika rem sudah terlalu tipis makan “squealers” akan berdecit seiring dengan diinjaknya bantalan rem. Untuk mengecek apakah mobil anda memiliki squealers, silakan lepas roda mobil anda lalu lihat apakah terdapat logam kecil disamping bantalan remnya.

brake padsRasakan rem Anda saat Anda berhenti. Jika Anda menekan rem tapi mobil Anda tidak segera berhenti, bisa jadi bantalan rem Anda mengalami aus. Jadi lah pengemudi yang lebih sensitif saat berkendara, terutama yang berhubungan dengan fitur-fitur keselamatan seperti rem.

brake padsPeriksa pedal rem apakah berdenyut atau bergetar. Sebuah pedal rem berdenyut atau bergetar bisa jadi baling-balingnya melengkung. Jika sudah begini segera serahkan mobil ini ke bengkel terdekat karena mekanik tentunya lebih memahami penanganannya.

baca juga: Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Baret Mobil

brake padsTentukan apakah mobil Anda menarik ke satu sisi saat Anda berhenti. Menarik ke satu sisi saat Anda berhenti memberi indikasi bahwa satu sisi rem lebih banyak dipakai daripada sisi lainnya. Jika Anda menyadari bahwa mobil Anda hanya menarik ke satu sisi saat Anda menginjak pedal rem, periksa ban depan sisi depan dan pastikan bantalan remnya tidak usang.

brake padsBawa mobil anda ke tempat orang yang memang ahli di bidangnya untuk memeriksa rem belakang. Beberapa mobil tua dan sistem rem belakangnya mungkin memiliki brake shoes, bukan bantalan. Brake shoes adalah benda berbentuk cincin logam silindris yang sesuai dengan baling-baling roda. Jika Anda merasa brake shoes Anda bermasalah, bawalah mobil ke montir agar mereka bisa memeriksanya, seperti:

– Bagian luar “material rem” (biasanya terbuat dari logam). Mengukur ketebalan yang sama di kedua sisi. Anda bisa melakukan pengukuran material dengan penggaris.

– Brake Shoes belakang bagus untuk 30.000-40.000 mil (48.000-64.000 km) dan bisa bertahan dua kali lipat dari rem depan Anda.

artikel terkait: Aksesori yang Dilarang Polisi

23 pemikiran di “Mengenali Gejala Awam Brake Pads”

Tinggalkan sebuah komentar