Mewahnya Mobil Dinas Vladimir Putin

Vladimir Putin

Mewahnya Mobil Dinas Vladimir Putin- Siapa yang tak kenal dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia yang biasa dikenal dengan panggilan Putin. Vladimir Putin, presiden Rusia ini mendapat mobil dinas baru dengan model limosin. Namun, sekilas tampilannya mirip dengan mobil Rolls-Royce. Mobil dinas itu pertama kali muncul dalam acara pelantikan Putin sebagai Presiden di Moskow, Rusia.

Ternyata mobil baru Putin ini menyembunyikan enam fakta mengejutkan! Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Asli buatan Rusia

Presiden Rusia ini memang ingin memajukan produk otomotif dalam negeri. Terbukti sejak dimulainya proyek Kortezh 2012 lalu, Putin menggagas untuk membuat mobil khusus pemerintahan.

2. Proses produksi habiskan dana Rp. 2,7 triliun

Interior LimusinDana ini memang dikhususkan pemerintah Rusia untuk proyek mobil Kortezh. Subsidi yang digelontorkan memang tidak sedikit, namun sekali lagi, Putin ingin mobil produksi dalam negerinya ini sukses dan memotivasi produk lokal.

3. Menggeser posisi Mercy

Hadirnya Kortezh ini berhasil melengserkan Mercedes Benz S-Class Limo yang tadinya merupakan mobil dinas Vladimir Putin. Meski mercynya didesain khusus bahkan bertahtakan koin emas dan segudang fitur canggih lainnya, mobil tersebut dengan terpaksa harus pensiun.

4. Putin hanya meneruskan jejak pemimpin sebelumnya

Ternyata ini bukan kali pertama Rusia menggunakan produk lokal untuk pemerintahan. Sebelumnya, Mikhail Gorbachev dan Boris Yeltsin pun lebih memilih mobil buatan lokal untuk menunjang kinerjanya, yakni Zil-41052 dan Zil-4104.

5. Kortezh lain akan diproduksi massal

LimusinTidak hanya memproduksi jenis limosin khusus Vladimir Putin, Kortezh pun akan mengeluarkan model lain seperti SUV dan sedan untuk masyarakat umum. Namun mengalami penggantian merek menjadi Aurus.

6. Dapur pacunya berasal dari Porsche

KortezhMesin asal Porsche ini merupakan 4,6 liter V8 turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 600 hp dan torsi 650 ft-lb. Selain Porsche, Kortezh juga dibekali mesin NAMI 6,6 liter dengan tenaga 860 hp dan torsi 737 ft-lb.