Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

Mitsubishi Mirage vs Nissan March

Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018– Maraknya mobil tipe LCGC atau Lost Cost Green Cost di Indonesia dengan harga jual yang murah meriah, membuat pabrikan-pabrikan otomotif berlomba-lomba dalam meluncurkan produknya. Kemunculan mobil LCGC nyatanya disambut baik masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia lebih cenderung mempertimbangkan harga, apalagi setelah mengetahui keunggulan–keunggulan fiturnya yang tidak kalah dengan mobil city car yang cukup mahal. Jika kita dilihat, hampir semua pabrikan otomotif seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki mengeluarkan tipe LCGC nya ke pasaran. Satu lagi mobil LCGC yang diluncurkan yakni Mitsubishi Mirage Hatchback. Untuk Anda yang masih kebingungan memilih mana yang terbaik diantara Mitsubishi Mirage Hatchback atau Nissan March Hatchback untuk dijadikan kendaraan anda. Sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Eksterior  Mitsubishi Mirage Hatchback

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi menghadirkan generasi baru Mitsubishi Mirage yang merupakan city car andalan pabrikan Mitshubishi. Dengan tampilan terbaru Mitsubishi Mirage Hatchback ini mengalami beberapa perubahan seperti lampu depan yang terlihat membentuk jajaran genjang khas mitshubishi. Meskipun mengusung konsep baru hal ini tidak terlihat pada desain interiornya karena masih terlihat menggunakan desain lama. ada juga lampu fescia yang nampak lebih gagah serta body yang tetap kecil dengan tambahan aksen lekukan.

Front Mitsubishi Mirage

Untuk tampilan depannya, Mitsubishi Mirage Hatchback ini memiliki tampilan standar dengan model lampu berteknologi halogen yang minimalis. Lalu, front grille pada Mitsubishi Mirage Hatchback ini dibentuk dengan ukuran yang tak terlalu lebar dan dilabur dengan warna hitam metalik. Untuk model Fog Lamp nya sendiri masih mengadopsi model lama tetapi sudah menggunakan tekhnologi DRL (Daytime Running Light) untuk tipe Mitsubishi Mirage Hatchback tipe Exceed.

Eksterior Nissan March Hatchback

Eksterior Nissan MarchNissan March Hatchback ini mengusung konsep desain yang tak berbeda dari versi sebelumnya. Yaitu sebuah rancangan Fashionable Smart di mana pada versi terbarunya ini, sisi eksteriornya pun tampak lebih stylish dan unik. Jika melihat desain eksterior, mobil ini didesain penuh dengan lengkungan yang menonjol keluar. Di mana pada setiap lengkungan tersebut telah diperhitungkan agar Nissan March terlihat lebih menarik dan kompak sesuai dengan selera kawula muda masa kini. Bahkan, sektor depan pun tak luput dari pembaruan di mana pada bagian head lamp, kini dilengkapi dengan teknologi DRL (Daytime Running Lights) yang akan menyala secara otomatis setiap mesin dinyalakan. Tak sampai disitu, dengan disematkannya teknologi DRL tersebut pada Nissan March maka pencahayaannya pun menjadi lebih terang. Terutama ketika berkendara di malam hari sangat membantu pengemudinya dalam mengendarai city car ini.

Front Nissan MarchBeralih ke bodi samping, city car ini memiliki sebuah garis lembut yang memanjang dari depan hingga ke belakang melewati handle door sehingga membuat tampilannya semakin anggun. Di sisi lain, tampilan bodinya memang tampak lebih fresh dan menarik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pasalnya, pada eksterior belakang ini, tampak terpasang Roff Rear Spoiler lengkap dengan LED High Mounted Stop Lamp dan LED Rear Combination Lamp pada Nissan March ini yang menyala merah terang khas lampu LED. Sehingga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang namun tak membuat silau pengemudi yang ada di belakangnya. Konsep fashionable diusung pada sektor eksterior dari Nissan March terbaru ini.

Interior Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Interior Mitsubishi Mirage Hatchback

Dasboard Mitsubishi MirageMasuk ke pembahasan interior, Mitsubishi mirage menghadirkan kabin yang terbilang lega dan desain interior yang cukup mewah untuk mobil sekelas city car. Tampilan interior mitsubishi mirage dibalut dengan nuansa hitam. Sementara, pada lini kemudi mitsubishi mirage  terdapat fitur instrument panel under tray. Terdapat pula gear shift lamp pada dashboard Mitsubishi Mirage yang siap memberikan kemudahan ketika oper gigi dengan lampu indikator terbaru pada bagian transmisi. Uniknya lagi, pada dashnord panel mitsubishi mirage menampilkan service reminder, trip computer, serta indikator penunjuk bahan bakar. Semua panel indikator pada dashboard Mitsubishi Mirage didesain agar lebih atraktif dan informatif. Begitu pula pada panel tengahnya yang diberikan aksen krom sebagai panel audio system dan AC otomatis.

Interior Mitsubishi MirageSedangkan Untuk sektor kabin Mitsubishi Mirage, meskipun didesain dengan lebih lega namun mobil ini direkomendasikan hanya untuk mengangkut maksimal empat penumpang saja. Fitur tambahan yang cukup menarik dari Mitsubishi Mirage ini adalah adanya ruang penyimpanan di bawah steering wheel yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengemudi menyimpan berbagai kebutuhannya. Soal bagasi, kedua mobil ini memiliki bagasi yang cukup luas untuk menyimpan berbagai barang dan perlengkapan anda. Pada Mitsubishi mirage ruang bagasi sudah dilengkapi dengan lampu penerangan yang bisa memudahkan pengendara saat akan menyimpan barang ketika berkendara terutama di malam hari. Dengan adanya ruang bagasi yang lega, mobil ini juga cocok anda bawa untuk perjalanan jarak jauh atau perjalanan yang membutuhkan banyak barang bawaan.

Interior Nissan March Hatchback

Dasboard Nissan MarchSebagai city car versi facelift yang cenderung mengutamakan kenyamanan, tentu kelengkapan pada ruang interior pun semakin menarik dan menawan. Kesan pembaruan pada interior Nissan March ini pun kian tampak dengan mengusung tema Black Piano C-Cluster yang didominasi warna hitam elegan. Selain itu, meski terlihat minimalis namun ketika beranjak ke bagian kabinnya maka Anda akan disuguhkan ruang kabin yang cukup lega dengan kenyamanan eksklusif. Sehingga Anda akan dimanjakan dengan ruang gerak yang lebih luas kepada para penumpangnya.

Interior Nissan MarchBahkan, ruang kabin dari Nissan March ini mampu menampung maksimal 5 penumpang sekaligus (berbeda dengan Mirage yang hanya mampu menampung empat penumpang saja). Tak hanya luas saja, kenyamanan pun semakin terasa dengan hadirnya head unit yang lebih lengkap dan canggih pada dashboard depannya. Pertama, pada sisi entertainment, mobil city car ini akan menggunakan layar sentuh (touchscreen) seluas 7 inci yang sudah terintegrasi dengan fitur konektivitas Bluetooth. Selain itu sudah terhubung dengan ponsel berbasis Android atau iOS. Pada sistem audio Nissan March menyuguhkan kualitas suara yang mumupuni dengan adanya fitur 7-band equalizer lengkap dengan installer Audio Profesional untuk membagi suara rendah dan tinggi sehingga akan menghasilkan suara yang lebih mantap di ruang kabinnya.

Dimensi Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Untuk dimensi dari Mitsubishi Mirage Hatchback memiliki sedikit lebih panjang dari Nissan March, yakni dengan ukuran dimensi 3,795 mm, lebar 1,665, dan tinggi 1,510 dan dengan Jarak sumbu roda 2.450 dan jarak terendah sebesar 160 mm. .Sedangkan, dimensi pada Nissan March Hatcback memiliki dimensi yakni dengan ukuran panjang 3.780 mm, lebar 1.667 mm, dan tinggi 1.525 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.440 mm dan jarak terendah sebesar 141 mm. Untuk kedua city car ini sama-sama menggunakan suspensi andalan, untuk suspensi bagian depan menggunakan suspensi jenis MacPherson strut dan suspensi bagian belakang menggunakan suspensi jenis Torsion beam.

Mesin Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Mesin Mitsubishi Mirage Hatchback

Mesin Mitsubishi MirageUntuk mesin yang digunakan oleh Mitsubishi Mirage Hatchback menggunakan mesin bertipe DOHC MIVE (3A92) dan menghasilkan silinder sebesar 1.193 cc. Mitsubishi Mirage Hatchback menghasilkan tenaga maksimum sebesar 77,5 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimumnya sebesar 100 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mobil city car ini mengusung teknologi ECI-MPI dimana sangat efisien dan irit dalam mengkonsumsi bahan bakar dan menghasilkan tenaga yang lebih bertenaga. Sementara, untuk transmisi yang digunakan transmisi otomatis pada tipe exceed. Tipe sport, dan tipe GLS, serta, untuk Tipe GLX masih menggunakan transmisi manual.

Mesin Nissan March Hatchback

Mesin Nissan MarchNissan March Hatcback ini memiliki dua tipe mesin yakni mesin 1.2 L dan mesin 1.5 L. Jika tipe mesin 1.2 L menggunakan jenis HR12DE yang menghasilkan tenaga maksimum  76 PS pada putaran 6.000 rpm dan menghasilkan torsi maksimum 10.6 pada putaran 4000 rpm. Sedangkan, untuk tipe mesin 1.5 L menggunakan mesin HR15DE yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 102 PS pada putaran 6.000 rpm. Lalu, menghasilkan torsi maksimum 108 pada 4.400 rpm. Untuk silinder yang dihasilkan pada tipe mesin 1,2 L sebesar 1.198 cc. Untuk sistem bahan bakar Nissan March Hatcback menggunakan MPFI yang efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Untuk transmisinya, mobil ini menyediakan dua sistem transmisi yakni transmisi manual dan transmisi matic.

Fitur Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Membahas masalah fiturnya, Mitsubishi Mirage Hatchback dilengkapi dengan fitur kenyamanan dan keamanan yang canggih dan modern. Salah satunya fitur High Tensile Steel yang berfungsi untuk menahan benturan ringan dan berat. Fitur-fitur yang tersematkan di Mitsubishi Mirage Hatchback membuat mobil saat melewati jalan yang kurang merata akan mengurangi getaran. Selain itu, fitur keselamatan pada mobil ini diantaranya terdapat dual SRS Airbags, fitur Keyless Operating System (KOS), Audio Switch Control (Tipe Exceed) dan Indicator ECO. Dilengkapi pula dengan keyless entry, power windows, ABS dengan Electronic Brake Distribution (EBD), Immobilizer, dan Rear Parking Sensors. Tidak hanya itu, ada pula fitur kenyamanan seperti entertainment, Audio Switch Control, Port USB yang akan membuat pengemudi maupun penumpang merasa nyaman selama perjalanan. Selain itu, terdapat AC double blower full auto yang berfungsi menghasilkan udara yang sejuk pada mobil.

Sementara fitur-fitur yang tersematkan pada Nissan March dilengkapi dengan fitur yang menunjang perjalanan Anda, seperti adanya fitur Multi Information Display (MID) reminder dalam satu perangkat. Lalu, terdapat fitur Steering Switch Audio Control yang berada di bagian kemudi. Dimana fungsinya membantu si pengemudi dalam mengoperasikan panel navigasi tanpa harus mengganggu saat sedang menyetir mobil. Fitur keamanan lainnya yakni fitur Intelligent & Immobilizer, Push Start Button dan Vehicle Dynamic Control (VDC) . Nissan March juga dilengkapi dengan fitur parking sensor yang dapat membantu mobil dalam menontrol saat akan melakukan parkir.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback

Mitsubishi Mirage Hatchback

Nissan March Hatchback

Mesin

Tipe Mesin 1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92) HR12DE
Isi Silinder 1,193 cc 1.198 cc
Diameter x Langkah 78.0 x 83.6
Daya Maksimum 77.5 (57 kW) /6000 76/6000
Torsi Maksimum 10.2 (100 Nm) / 4000 10.6/4000
Sistem Bahan Bakar ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) MPFI
Sistem Kemudi Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function) Rack & Pinion
Kapasitas tangki 35 L 41 L

Dimensi

P x L x T 3,795 x 1,665 x 1,510 mm 3780 x 1665 x 1525 mm
Jarak Poros Roda 2,450 mm       2440 mm
Jarak Pijak depan
Jarak Pijak belakang
Jarak Terendah 160 mm 141 mm
Berat 1,310 kg 925 kg (berat bersih)
Radius 4.6 4.5

Sasis

Transmisi Automatic (CVT) Manual 5-percepatan
Suspensi Depan MacPherson strut MacPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion beam Torsion Beam
Rem Depan 13″ ventilated disc Ventilated Disc
Rem Belakang 7″ leading and trailing drums Drums
Ukuran ban 175 / 55r15 tires 175/60 R15
Ukuran Velg 15″ Alloy wheel 15 Inch

Fitur

Kenyamanan
  • Seating capacity Persons
  • Instrument
  • Audio Switch Control
  • Seat material and color High Grade Fabric with new pattern & stitch
  • Multi Information Display
  • Audio System/Speaker
  • USB Port Available
  • Inner door handle
  • Rear Shelf
  • Rear cup holder
  • High capacity storage
  • Brake assist
  • Zone body concept
  • Automatic air conditioner
  • Steering switch audio control
  • Parking sensor
  • Vehicle dynamic control
  • High capacity storage
  • Rear cup holder
  • Push start button & intelligent key
Keamanan
  • Eco Indicator Lamp
    Air conditioner
  • Power window (front &rear door)
  • KOS (Keyless Operating System) including start/stop engine button
  • 4 ABS + (EBD) Electronic Brake Distribution
  • Airbag
  • Immobilizer
  • High mount stop lamp
  • Rear Parking Sensor
  • Luggage Room Lamp
  • Security Alarm with Shock Sensor
  • SRS Airbag Driver
  • SRS Airbag Passenger
  • Seat Belt Front: 3-Point ELR (x2)
  • Seat Belt Rr: 3-Point ELR (x2) + 2-Point (center)
  • Remote Key

Harga Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatcback

Harga Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatcback

Mitsubishi Mirage Hatchback

Nissan March Hatcback

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Mitsubishi Mirage Hatchback Exceed Rp197,500,000- Harga Nissan March Hatcback 1.2 MT Rp180.700.000-
Harga Mitsubishi Mirage Hatchback GLS Rp185,000,000- Harga Nissan March Hatcback 1.2 AT Rp191.300.000-
Harga Mitsubishi Mirage Hatchback GLX Rp173,000,000- Harga Nissan March Hatcback 1.2 XS AT Rp201.700.000-
Harga Nissan March Hatcback 1.5 MT Rp209.100.000-
Harga Nissan March Hatcback 1.5 AT Rp219.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan antara Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatcback berikuti ini! https://www.youtube.com/watch?v=QWuBiZ-N3y0  

Artikel terkait:   Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX king Indonesia Review 2018

 

15 pemikiran di “Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar