Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018– Alien vs Predator, ini mungkin gambaran yang pas untuk kedua SUV ladder frame yang baru-baru ini diluncurkan di bumi Indonesia. Praktis Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sekarang bisa beradu satu sama lain. Kedua mobil ini sama-sama menggunakan mesin diesel sebagai penggerak utama mobil ini. untuk membuktikan kenapa mereka layak dipuji dan kekurangan apa yang bisa membuat konsumen berpikir dua kali. Mana yang pantas untuk dibawa ke garasi anda diantara keduanya? Untuk itu, simak ulasan lebih lanjut perbandingan antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner di bawah ini!

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Eksterior Toyota Fortuner

Toyota FortunerBagi mayoritas konsumen Fortuner dan Pajero Sport, mungkin akan menyetujui bahwa keduanya punya desain dan gaya yang jauh membaik dibandingkan generasi sebelumnya. Tapi harus diakui, Fortuner lebih bermain aman daripada Pajero Sport. Maksudnya adalah, desain Fortuner tidak punya elemen anti-mainstream yang bisa membuat konsumen sangat suka atau malah sangat benci. Sekarang, Toyota Fortuner dengan pergantian model depan membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Eksterior Toyota FortunerHanya saja tampilan belakang tidak terjadi perubahan yang signifikan. Tapi, tidak masalah karena model depan sudah terlihat sangat sporty! Terutama untuk konsumen yang ingin tampil lebih gagah, Toyota menyediakan model TRD Sportivo yang mempergagah eksterior dengan body kit, spoiler dan muffler cutter.

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero SportPajero Sport hadir dengan nuansa macho dan gagah dengan beberapa lekuk yang membulat, membuatnya terlihat berotot. Garis bahu tinggi yang memanjang dari depan dan belakang membuat karakternya semakin kuat mengusung DNA Rally khas Mitsubishi. Bagian depan Fortuner SRZ dan VRZ punya lampu Bi-LED untuk lampu dekat dan jauh, sementara Pajero Sport hanya untuk satu mode saja lampu LED-nya. Bagi pecinta kebersihan lampu mungkin akan memilih Pajero Sport Dakar, karena sudah punya headlamp washer bawaan, bisa membersihkan lampu depan dengan kekuatan mencuci 10 tangan 20 kaki. Setidaknya, keduanya sudah punya foglamp dan LED DRL.

Mitsubishi Pajero SportKeduanya sama-sama punya pelek 18 inci di varian SRZ, VRZ dan Dakar, sama-sama two tone juga meski beda model. Pilihan ban Fortuner waktu diluncurkan adalah Dunlop dan Bridgestone. Sementara Pajero Sport adalah Dunlop dan Toyo. Spion keduanya sama-sama punya lampu sein, tapi hanya Fortuner yang punya lampu welcome light di tipe tertentu. Sama halnya dengan roof rail, lampu belakang LED, sensor parkir, side step dan kamera parkir, baik Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar punya juga hal-hal tadi. Akan tetapi, Pajero Sport Dakar menang atas sebuah sunroof, sementara Fortuner atapnya polos. Setidaknya Fortuner bisa bangga dengan cover ban serep kolongnya karena Pajero Sport tidak punya.

Interior Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Interior Mitsubishi Pajero Sport

Dashboard Pajero SportPajero Sport harus mengakui kalau Fortuner punya desain dan finishing yang melebihi dirinya. Meski mirip dengan Kijang Innova dan Hilux, bisa dilihat desain interior Fortuner jauh membaik dari sebelumnya. Itu belum termasuk lapisan kulit di beberapa sektor yang masih terlihat mata yang mengangkat kesan mewah. Panel kayu di sekitar tuas transmisinya juga bagus dan tidak terlihat murahan, tapi tetap saja ada plastik keras di beberapa bagian.

Interior Pajero SportNamun, ruang kaki maupun ruang kepala Pajero Sport punya kelegaan yang melebihi Fortuner, meskipun tidak adanya fasilitas sliding yang berguna jika penumpang baris ketiga minta legroom lebih. Bergerak di kabin Pajero Sport rasanya lebih mudah daripada di kabin Fortuner.

Interior Toyota Fortuner

Dashboard Toyota FortunerBagasi kedua mobil ini nyaris identik, dan keduanya punya cara pelipatan bagasi yang berbeda. Fortuner memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat menyamping seperti Kijang Innova, dan Pajero Sport memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat rata lantai dengan bagasi. Pelipatan keduanya masih tergolong mudah, dan untuk bangku baris keduanya hanya bisa dilipat ke depan saja secara sederhana.

Interior Toyota Fortuner

Di sini, Fortuner menang fitur bagasi karena pintu bagasinya sudah elektrik sementara Pajero masih pakai otot. Tapi, Fortuner harus mengakui kalau ruang yang dimiliki Pajero Sport lebih luas, termasuk di bagasi.

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport

Dimensi Pajero SportMitsubishi Pajero  Sport memiliki dimensi yakni dengan ukuran panjang smencapai 4.695 mm, lebar1.815 mm dan tinggi yang sesuai dengan tipenya. Nah, untuk Mitsubishi Pajero Sport tipe GLS, Exceed, dan Dakar memiliki tinggi 1.840 mm,  sedangkan untuk tipe V6, tinggi sekitar 1.825 mm, dan untuk tipe GLX tingginya sekitar 1.800 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya yakni sebesar 2.800 mm. Suspensi yang digunakan yakni pada suspensi bagian depan memakai suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring. Telah dilengkapi dengan stabilizer dan suspensi bagian belakang memakai sistem tiga unit pegas terintegrasi dengan stabilizer bar.

Dimensi Toyota Fortuner

Dimensi Toyota FortunerSementara, pada Toyota Fortuner memiliki dimensi panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Serta, untuk jarak sumbu rodanya yakni memilki ukuran 2,745 mm. Toyota Fortuner dibekali dengan suspensi bagian depan yakni berjenis Double Wishbone dengan Koil Spring and Stabilizer. Sedangkan uspensi bagian belakang memakai jenis sistem 4-Link dengan Lateral, suspensi-suspensi tersebut sudah terjamin menghasilkan performa yang baik dalam berkendara.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Mesin Mitsubishi Pajero Sport

Mesin Pajero Sportkedua mesin mobil ini memiliki karakter yang berbeda, meskipun sama-sama bertenaga diesel. Mesin Fortuner galak diputaran bawah dan mesin Pajero Sport lebih galak diputaran atas. Secara spesifikasi tenaga maksimal keduanya berada di rentang 102 Hp dan 136 Hp. Memang jauh membandingkan antara Pajero Sport dan Fortuner yang kurang bertenaga. Hanya saja Toyota cukup cerdas memanfaatkan ketinggalan tenaga mesinnya dengan menggunakan karakter mesin yang responsive. Coba saja tekan sedikit pedal gas fortuner matic, pasti akselerasinya langsung melompat, namun jika kita lakukan kickdown barulah terasa tenaga Fortuner ini tidak ada bedanya dengan menekan sedikit tadi. Sebaliknya Pajero Sport memiliki akselerasi yang halus, dan ketika melakukan kick down ada sedikit jeda lalu barulah tenaga mesin dapat dirasakan. Terutama jika kita memainkan transmisi otomatis CVT mulai dari gigi terbawah.

Mesin Toyota Fortuner

Mesin Toyota FortunerKedua mobil ini sama-sama dibekali dengan mesin versi turbo yang lebih besar. Toyota menyebutnya dengan VN (Variable Noozle) Turbo Intercooler yang mendongkrak tenaga hingga 144 Hp dan Mitsubishi dengan nama VGT (Variable Geometry Tubro) yang lagi-lagi mempecundangi Toyota Fortuner dengan 178 Hp. Untuk Pajero Sport tidak hanya perbedaan mesin, tapi perubahan mencakup transmisi automatic 5 percepatan dengan paddle shift, rem cakram pada roda belakang dan pilihan penggerak roda 4 pada tipe ini. Sedangkan pada Toyota Fortuner hanya mengalami penambahan lubang angin pada kap mesin dan penambahan logo VN Turbo pada pintu belakang. Tapi jika anda membutuhkan mobil yang lebih bertenaga lagi pada sebuah Fortuner, Toyota memilik varian bensin 2.700 cc, namun tipe ini kerap kali dikeluhkan konsumsi BBMnya yang terlalu boros.

Fitur Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Terakhir, fitur-fitur yang tersematkan di kedua mobil ini yakni  pertama untuk Mitsubishi Pajero Sport memiliki fitur Multi Information Display (MID) yang dilengkapi panel lebih canggih berupa udio System. Lalu, mobil ini dilengkapi dengan Electric Sunroof dan Height Seat Adjustable pada tipe manual. Tidak hanya itu, Mitsubishi Pajero Sport juga dilengkapi dengan fitur hiburan yakni adanya sistem audio Wide 2DIN Multimedia serta 1 DIN AM/FM &CD Player. Beralih ke Toyota Fortuner, mobil ini memiliki fitur antara lain sistem audio berukuran 8 inci, Navigation, dan Mirror Cast. Selain itu, Terdapat pula display layar handphone pada layar head unit, fitur Auto AC yang dapat dikontrol, fitur Air Gesture, serta fitur dalam mengatur pengaturan jok.  Tidak hanya itu saja, Toyota Fortuner juga dilengkap fitur Triple SRS airbag dan jok tempat bayi (Isofix).

Baca juga Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport

Toyota Fortuner

Mesin

Tipe Mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled (EURO II) 2TR-FE 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 2TR FE 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 2,442 cc 2,694 cc
Diameter x Langkah 86.0 x 105.1 95.0 X 95.0 mm
Daya Maksimum 181/3500 (133 kW) 163/3,400 rpm
Torsi Maksimum 43.8/2500 (430 Nm) 24.7/4,000 rpm
Sistem Kemudi Audio Switch
Sistem bahan bakar                            Diesel Fuel Injection
Kapasitas Tangki 68 L 65  L
Rasio 15.5 : 1
Radius 5.6

Dimensi

P x L x T 4.785 x 1.815 x 1.805 mm 4,795 x 1,855 x 1,835 mm
Jarak Poros Roda 2,800 mm 2,745 mm
Jarak Pijak depan 1,420 mm 1,545 mm
Jarak Pijak belakang 1,415 mm 1,550 mm
Ground Clearance 218 mm
Berat 2,030 kg

Sasis

Transmisi 8 Speed AT/5-Speed Manual Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic
Suspensi Depan Double wishbone type, Coil spring Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer
Suspensi Belakang 3 link type rigid axle, Coil spring 4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod
Rem Depan Ventilated Disc Cakram Berventilasi / Ventilated Disc
Rem Belakang Ventilated Disc Cakram Berventilasi / Ventilated Disc
Ukuran ban 265 / 60R18 110H 265/60 R18 (TRD Alloy Wheel)

Fitur

Kenyamanan
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Automatic Climate Control
  • Pemanas
  • Spion Lipat Elektrik
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
  • Headrest Kursi Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Vanity Mirror
  • Keyless Entry
  • Bottle Holder
  • New All Black Interior Color
  • New Intertaiment System
  • New Rear Seat Intertaiment
  • New Espresso Wood Ornament :
  • New Silver Ornament
  • Ceiling Air Conditioner
  • Audio : 2 Din Audio Video System 7″ Thouch Screen, DVD, ipod Ready, Bloetooth, CD, Mp3, WMA, AM/FM, Tilt Fuction,
  • Toyota Dial Shortcut, USB / AUX Compatible With Steering
  • Switch, 6 Speakers
Keamanan
  • Front SRS Airbags Available
    Passenger Airbags Available
    Seatbelt
  • Child Proof Lock Available
    Electric Parking Brake
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Trailer Stability Assist (TSA)
  • Brake Assist – Hydraulic (BA)
  • Active Stability Traction Control (ASTC)
  • Struktur Rangka : GOA Body
  • Dual Front SRS Airbags
  • Corner dan Parking Sensor
  • Sabuk Keselamatan Depan
  • Sabuk Keselamatan Tengah
  • ABS : Type 2.7 V
  • ABS + EBD : Type 2.5 G
  • Alarm System : All type
  • Keyless Entry : All type
  • Auto Lock System : All Type

Harga Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Harga Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport

Toyota Fortuner

Tipe Harga Tipe Harga
Harga PAJERO SPORT
Dakar (4×4) AT White Pearl
Rp663.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.7 SRZ A/T BSN TRD

Rp553.300.000-
Harga PAJERO SPORT Dakar (4×4) AT Rp660.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.4 VRZ A/T DSL Rp515.900.000-
Harga PAJERO SPORT
Dakar Ultimate (4×2) AT White Pearl
Rp557.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.4 VRZ A/T DSL TRD Rp527.900.000-
Harga PAJERO SPORT
Dakar Ultimate (4×2) AT
Rp554.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×4 2.4 VRZ A/T DSL Rp659.400.000-
Harga PAJERO SPORT
Dakar (4×2) AT White Pearl
Rp513.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.4 G M/T DSL Rp467.300.000-
Harga PAJERO SPORT
Dakar (4×2) AT
Rp510.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.4 G A/T DSL Rp485.300.000-
Harga PAJERO SPORT
Exceed (4×2) AT
Rp463.000.000- Harga Toyota Fortuner 4×2 2.4 G A/T DSL Rp485.300.000-
Harga PAJERO SPORT
Exceed (4X2) MT
Rp452.000.000- Harga Toyota Fortuner4x2 2.7 SRZ A/T BSN Rp541.300.000-
Harga PAJERO SPORT
GLX (4×4) MT
Rp509.000.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=ocMor5l0Br4  

Artikel terkait: Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018

Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018

Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

14 pemikiran di “Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar