Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018- Mobil Mitsubishi Xpander merupakan jenis mobil Low MPV yang ditujukan untuk mobil keluarga yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Namun, kehadiran Mitsubishi Xpander menjadi pesaing berat mobil Toyota Avanza. Toyota Avanza yang mana kita ketahui menjadi mobil yang banyak diminati oleh keluarga Indonesia dan telah dimiliki oleh banyak orang. Nah, lalu diantara kedua mobil Low MPV ini, manakah yang lebih unggul  jika dilihat dari mulai desain, fitur, spesfikasi, mesin, dan lain-lainnya? Berikut adalah perbandingan antara mobil Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Simak ulasannya.

Eksterior Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Eksterior  Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Pertama, Mitsubishi Xpander nyatanya memiliki 5 tipe varian berbeda diantaranya varian GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate. Selain itu juga, Mitsubishi Xpander memiliki dua tipe transmisi, yakni transmisi manual dan transmisi otomatis. Di sini perbedaannya yakni, pada tipe transmisi otomatis biasanya mobil dipatok dengan harga yang lebih mahal dari transmisi manual. Pasalnya, pada transmisi otomatis mengahasilkan perjalanan yang nyaman saat berkendara di jalanan ibu kota.

Eksterior Mitsubishi Xpander

Beralih ke bagian eksteriornya, mobil ini pastinya akan membuat orang penasaran jika melihat tampilan luarnya. Dengan mengusung desain yang modern dan stylish, Mitsubish Xpander  menggunakan konsep “X” dimana lampu DRL (daytime running lights) pada  bagian atas lampu headlamp dibuat menjadi membentuk runcing, serta pada headlamp terdapat foglamp. Jika dilihat lebih jelas lagi bodi mobil ini tampak sangar dan sporty karena memiliki bentuk bodi yang bongsor. Tidak hanya itu saja, seringkali banyak orang mengira Mistubishi Xpander merupakan sebuah mobil SUV, padahal mobil berada di kelas mobil Low MPV.

Eksterior Toyota Avanza

 

Sementara, pada bagian eksterior Toyota Avanza terbaru ini terdapat perbedaan kali ini. Ini terjadi pada penerapan konsep desain lampu utama klasik yang berbentuk trapesium dengan ujung yang agak meruncing. Tidak hanya itu saja, Toyota Avanza terbaru juga merancang grill radiator baru dengan ukuran yang sedkit lebih besar dari versi Toyota Avanza terdahulunya.

Eksterior Toyota Avanza

Melihat ke bagian bodi sampingnya, Toyota Avanza memiliki aksen New Side Body Molding yang akan menimbulkan kesan sporty yang lebih kuat. Lalu, pada bagian bodi belakang, Toyota Avanza membekalinya dengan aksen New Smoothing Panel. Serta, pada pada lampu belakang diberi tambahan Lens Garnish, rear spoiler dan juga stop lamp terbaru. Tampilan Toyota Avanza terbaru ini tampak lebih fresh dan sylish.

Interior Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Interior Mitsubishi Xpander

Dasboard Mitsubishi Xpander

Setelah membahas bagian eksteriornya, sekarang beralih ke bagian desain interiornya. Mitsubishi  tampaknya membuat interior mobil low MPV nya ini menjadi berkonsep mewah dan nyaman dengan menyediakan dua tampilan desain dashboard yang terdiri dari warna Beige dan Black. Pada dashboard terdapat head unit yang memiliki layar namun untuk tipe yang termurah kemungkinan tidak disertai.

Interior Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander dapat menampung hingga tujuh orang penumpang dan tersedia tiga baris kursi. Dimana pada kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat sehingga dapat multifungsional jika sewaktu-waktu harus membawa barang bawaan dalam jumlah banyak. Keunggulan lainnya, ruang kabin Mitsubishi Xpander ini lebih luas dibandingkan dengan mobil low MPV sekelasnya. Kemudian, terdapat pula laci dibawah jok yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan sepatu atau barang lainnya. Tidak hanya itu, pada tiap kursi disediakan Power Outlet yang dapat digunakan untuk mengisi baterai Smartphone Anda.

Interior Toyota Avanza

Dasbor Toyota Avanza

Sementara, untuk desain interior Toyota Avanza terbaru tepatnya pada bagian dashboard berdesain modern dengan dua aksen yakni warna gelap pada bagian atas dan warna terang pada bagian bawah. Pada kabin depan juga didapati setir dengan disertai panel speedometer yang terdiri dari tiga lingkaran. Sedangkan, pada kabin penumpang Toyota Avanza dibuat lebih luas dan diberi kenyamanan dengan jok berbahan kualitas dan empuk.

Interior Toyota Avanza

Toyota Avanza memiliki keunggulan untuk mengatur tingkat kenyamanan kursinya sesuai keinginan penumpangnya. Selain itu, Toyota Avanza terbaru ini dibekali dengan pengaturan fleksibilitas kursi baris ketiga yang nantinya dapat diatur untuk dipakai sebagai kursi penumpang ataupun sebagai media penyimpanan barang bawaan.

Dimensi Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander

Sementara pada bagian dimensi Mitsubishi Xpander memiliki ground clerance yang tinggi, pada tipe Ultimate, Sport, dan Exceed memiliki ukuran sebesar 205 mm,  sedangkan pada tipe GPS dan GLX memiliki ukuran 200 mm. Lalu, dimensi mobil ini memiliki ukuran panjang 4475 mm, lebar 1750 mm, dan tinggi 1700. Suspensi yang dipakai untuk suspensi bagian depan memakai jenis suspensi MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi bagian belakang memakai jenis suspensi Torsion Beam. Sedangkan, pada Toyota Avanza memiliki dimensi panjang 4190 mm, lebar 1660 mm dan tinggi 1695 mm. serta memiliki ground clerance sebesar 200 mm. Untuk menambah kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan. Toyota Avanza versi  terbaru ini menggunakan suspensi bagian depan berjenis MacPherson Strut dan juga suspensi belakang memakai jenis suspensi 4 Link Lateral Rod with Coil Spring

Mesin Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mesin Mitsubishi Xpander

Mesin Mitsubishi Xpander

Pada dapur pacunya, Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve yang bersilinder 1.499 cc, serta dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapau 104 PS pada putaran 6.000 rpm. Serta menghasilkan torsi sebesar 141 Nm pada putaran 4.000 rpm. Adanya teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) pada bagian sistem bahan bakar membuat semakin irit dan juga ramah lingkungan.

Mesin Toyota Avanza

Mesin Toyota Avanza

Sementaram pada bagian dapur pacu dari Toyota Avanza terbaru menggunakan tipe mesin 4 Silinder, 16 Valve, DOHC dan teknologi Dual VVT-i yang memiliki kapasitas silinder 1329 cc. Lalu, Toyota Avanza mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 91 hp dan menghasilkan torsi maksmum mencapai 120 Nm. Pada sistem bahan bakarnya, Toyota Avanza menerapkan teknologi EFI  (Electronic Fuel Injection) dimana dalam mengkonsumsi bahan bakar akan lebih irit dan juga ramah lingkungan.

Fitur Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mengenai fitur dari kedua mobil Low MPV ini pastinya sama-sama bersaing dalam menyematkan fitur keamanan maupun fitur kenyamanan yang modern. Misalnya, pada Mitsubishi Xander terdapat fitur keamanan berupa HSA (Hill Start Assist) dan BA (Brake Assist) yang tersedia untuk tipe Ultimate dan Sport. Pada kedua tipe tersebut juga telah dilengkapi fitur Keyless Operation System yang berfungsi memudahkan pengemudi dalam menghidupkan mesin mobil sebab adanya tombol Star Stop Engine. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Smart System Etacs yang gunanya untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi maupun penumpang keluar dari mobil selama waktu 30 detik. Beralih ke fitur Toyota Avanza, mobil low MPV Toyota ini memiliki fitur kenyamanan berupa audio entertainment baru yang siap menemani perjalanan Anda. Selain itu,  Toyota Avanza menambah fitur One Touch Tumble yang berfungsi dalam memudahkan mengatur posisi kursi Anda. Sedangkan untuk fitur keamanannya sendir. Toyota Avanza memiliki fitur 3-points seat belt pada bagian kursi baris kedua dan memasangkan seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang fungsinya melindungi Anda dari benturan keras. Serta adapula SRS Airbags yang akan menambah tingkat keselamatan penumpang Toyota Avanza ini.

Baca juga  Toyota Vios vs Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander

Toyota Avanza

Mesin

Tipe Mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1499 cc 1,329 cc
Daya Maksimum 77(104)/6000 rpm 96.5 KW/6,000 rpm
Torsi Maksimum 141/4000 rpm 12.3Nm//4,200 rpm
Sistem Kemudi Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering Rack & Pinion, Electric Power Steering & Tilt Steering
Sistem bahan bakar Bensin Electronic Fuel Injection
Kapasitas Tangki 45 L 45 L
Radius 5.2

Dimensi

P x L x T 4475 x 1750 x 1700 mm 4.190 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2775 mm 2.655 mm
Jarak Pijak depan 1.425 mm
Jarak Pijak belakang 1.435  mm
Jarak Terendah 205 mm 200 mm

Sasis

Transmisi 4 Speed A/T dan 5 Speed M/T 5 Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disk Brake Cakram / Disc
Rem Belakang Drum Brake Tromol / Drum
Ukuran ban 205/55 R16 185/70 R14

Fitur

Kenyamanan
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
  • Spion Lipat Elektrik
  • On Board Computer
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Kantong Udara Pengemud
  • Crash Sensor
  • Front Impact Beams
  • Pelindung Benturan Samping
  •  Pengingat Pintu Terbuka.
Keamanan
  • Seat belt
  • Attachement for ISO-FIX x2, Tether Anchor x 2
  • ABS
  • EBD
  • BA (Brake Assist)
  • Hill Start Asist (HSA)
  • Front SRS Airbags
  • Immobilizer
  • Rear view camera
  • Keyless Operation System
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Ventilasi AC Belakang
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi
  • Power steering
  • Lingkar kemudi
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat Headrest Kursi Belakang
  • Cup Holder – depan- belakang
  • Bottle Holder

Harga Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Harga Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander

Toyota Avanza

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T Rp245.350.000- Harga Toyota Avanza 1.3 E M/T Rp190.450.000-
Harga Mitsubishi Xpander SPORT A/T Rp237.150.000- Harga Toyota Avanza 1.3 E A/T Rp201.650.000-
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED A/T Rp148.100.000- Harga Toyota Avanza 1.3 G M/T Rp. 208.300.000
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED M/T Rp214.550.000- Harga Toyota Avanza 1.3 G A/T Rp219.000.000-
Harga Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp208.550.000- Harga Toyota Avanza 1.5 G M/T Rp220.600.000-
Harga Mitsubishi Xpander GLX M/T Rp189.050.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=gL6L45UMxyw

Artikel terkait: Honda Accord Maestro Indonesia Review 2018

Honda Hr-v vs Mazda CX3 Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

 

13 pemikiran di “Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar