Nissan Serena vs Mazda Biante Indonesia Review 2018

Nissan Serena vs Mazda Biante

Nissan Serena vs Mazda Biante Indonesia Review 2018– Mobil ternama di kelas MPV yakni Nissan Serena dan Mazda Biante menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Mobil Nissan Serena hadir untuk membidik keluarga Indonesia dengan memberikan banyak kenyamanan dalam berkendara, seperti adanya interior hingga Panoramic Roof yang dibuat dengan penambahan garis halus. Di sisi lain, terdapat mobil MPV keluarga Indonesia yakni New Mazda Biante yang dirancang dengan desain eksterior yang baru. Ditambah lagi ruang kabin begitu luas dan nyaman lengkap dengan serangkaian fitur baru yang canggih.  Nah, ulasan tadi merupakan sebagian keunggulan yang dimiliki Nissan Serena dan Mazda Biante. Untuk mengetahui lebih lanjut simak review perbandingannya di bawah ini.

Eksterior Nissan Serena vs Mazda Biante

Eksterior Nissan Serena

Nissan SerenaNissan Serena dibuat simpel pada bagian eksteriornya namun tetap memberikan kesan menawan pada setiap lekukannya. Pada bagian fascia depannya memiliki grille berukuran besar dengan desain yang menarik berkombinasi dengan lampu utama yang menyatu membuat mobil ini terlihat sangat menawan. Lampu utamanya berjenis Xenon Headlamp with auto On/Off yang akan menawarkan pencahayaan yang sangat terang danmenyala otomatis sesuai dengan tingkat kegelapan saat berkendara.

Nissan Serena

Lalu, pada bagian bawah terdapat front bumper dengan ukuran sedang dilengkapi aksen foglamp pada tiap sisinya sehingga membuat Nissan Serena semakin terlihat ciamik. Sedangkan, pada bagian samping terlihat mewah karena didukung kaca samping berukuran besar lengkap dengan aksen chrome pada handle pintunya. Ditambah lagi dengan pintu geser di tiap sisi pada baris keduanya. Sementara, bagian belakang Nissan Serena tidak kalah mewahnya karena ditunjang fascia belakang yang luas dengan lampu belakang yang memanjang dan disertai aksen chrome pada bagian tengah yang terdapat logo Serena. Tidak hanya itu, aksen rear spoiler pada sisi belakang memberikan kesan sporty namun tetap soft.

Eksterior Mazda Biante
Mazda Biante

Sementara untuk pesaingnya, tampilan eksterior Mazda Biante terlihat aura kemewahan dan eksklusif. Mazda sendiri menghadirkan dua varian Biante, yakni Mazda Biante Skyactiv tipe standar dan Biante Limited Edition. Untuk tipe standar, Mazda tetap mempertahankan ciri khas Biante, yakni headlamp berbentuk ‘sipit’ dengan berkolaborasi front grille berbentuk ‘V Shape’ berwarna chrome sehingga memancarkan aura kemewahan.

Mazda Biante

Sementara, Mazda Biante Limited Edition, menampilkan tata ruang yang lebih elegan melalui aksen chrome seperti alis pada bagian lampu utamanya. Tidak hanya itu, pada varian Limited Edition juga ditambah dengan body kit minimlis di bawah spoilernya dengan kombinasi cantik foglamp di ujung bawah. Beralih ke samping, varian terbaru Mazda Biante hadir elegan dengan lekukan tipis pada ujung depan dan juga ujung belakangnya. Lalu, terdapat frontside window bagian depan yang ‘menonjol’ ke bagian depan. Kemudian, di bagian buritan juga masih mempertahankan desain versi lama, namun ada tambahan berupa stop lamp berdesain vertikal. Sementara, untuk tipe Limited Edition ada aksen baru di bawah kaca belakang yang berwarna lebih mengkilat.

Interior Nissan Serena vs Mazda Biante

Interior Nissan Serena

Dashboard Nissan SerenaNissan Serena memiliki daya tampung penumpang sekitar 7 orang penumpang dengan ruang interior luas yang dipadukan dengan material berkualitas tinggi. Tata ruang interior dirancang apik dan artistik dengan memiliki konsep walkthrough cabins berdominasi warna hitam dan elegan. Setiap kursi yang ada pada Nissan Serena dirancang dalam 10 macam konfigurasi berbeda, maka layaklah jika mobil ini disebut dengan multifungsi MPV.

Interior Nissan SerenaPada sisi depannya, mobil ini memiliki dashboard yang cukup futuristik dengan dilengkapi beberapa panel fitur canggih dan mudah sehingga perjalanan akan lebih mengasikkan. Bahkan, Nissan Serena juga disemati fitur premium berupa audio visual dengan layar LCD 6 inci touchscreen pada bagian dashboardnya dan LCD 10 inci yang ditempatkan pada baris kedua yang akan menambah rasa nyaman berkendara Anda.

Interior Mazda Biante

Dashboard Mazda BianteMazda Biante pada bagian ruang kabinnya berdesain modern. Mobil ini memiliki kapasitas kursi enam orang penumpang. Untuk ruang kabin kemudi, Mazda Biante merancang dashbordnya dengan sentuhan dua unsur warna yang berbeda, yakni krem dan cokelat gelap. Untuk bagian tengah dashbord diisi dengan layar VGA 6 inci lengkap dengan sistem audio touchscreen dengan lampu latar berteknologi LED. Pada bagian bawahnya, terdapat pula sistem audio player berupa DVD dan juga CD player. Sementara, untuk bagian setir, Mazda Biante dilengkapi lingkar setir yang dibalut dengan kulit berkualitas tinggi.

Interior Mazda BianteMasih di lini kemudi, terdapat panel instrumen speedometer dan indikator lainnya berfungsi untuk mengetahui kondisi mobil. Beralih ke belakang, mobil MPV ini memiliki kabin penumpang yang sangat luas sehingga sangat nyaman digunakan. Masing-masing kursi penumpang Mazda Biante dirancang agar bisa diatur sesuai dengan tingkat kenyamanan penumpang, serta.ruang bagasi belakang juga terlihat cukup luas.

Dimensi Nissan Serena vs Mazda Biante

Nissan Serena

Nissan SerenaPada dimensi mobil MPV Nissan Serena ini dirancang cukup luas dengan ukuran panjang 4.685 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.865 mm dan berat 1350 kg kg yang akan membuat mobil tampil begitu ideal di jalanan ibu kota. Nissan Serena memiliki jarak sumbu roda seukuran 2860 mm.

Mazda Biante

Mazda BianteSementara, untuk Mazda Biante yang juga merupakan mobil MPV, memiliki dimensi panjang 4.715 mm, lebar  1.770 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta dengan jarak poros roda 2.850 mm dan memiliki bobot 1,310 kg. Untuk suspensi yang tersematkan pada Nisan Serena yakni memakai jenis Independent McPherson Strut with Stabilizer pada bagian depan dan jenis Torsion Beam with Stabilizer pada bagian belakang. Sedangkan, Mazda Biante memakai suspensi jenis MacPherson strut pada bagian depan dan jenis Multi-link pada bagian belakang.

Mesin Nissan Serena vs Mazda Biante

Mesin Nissan Serena

Mesin Nissan SerenaMesin yang dibawa oleh Nissan Serena memiliki mesin berkapasitas besar sehingga membuat tenaga lebih besar, yakni mesin  MR 20 yang berkapasitas 2.0 liter dengan 4 silinder, DOHC dan berisi silinder 1997 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga  147 PS pada putaran 5600 rpm dan torsi maksimal 21 pada putaram 4400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT sehingga dapat membuat Nissan Serena mudah untuk berakselerasi dengan kecepatan tinggi. Lalu, untuk sistem bahan bakarnya mobil ini menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection.

Mesin Mazda Biante

Mesin Mazda BianteDi sisi lain, terdapat Mazda Biante yang menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.0L, In-line, 4-Cylinder DOHC, 16-Valve, serta untuk isi silinder sama halnya dengan Nissan Serena yang memiliki kapasitas silinder isi 1.997 cc. Maka, dengan mesin tersebut Mazda Biante dapat menghasilkan tenaga maksimal 111 (151) PS pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 190 (19.4) pada putaran 4,100 rpm. Untuk sistem pembakarannya sendiri Mazda Biante yakni Electronically direct injection dan bertransmisi SKYACTIV-DRIVE 6-Speed with Active Adaptive Shift and Direct Mode.

Fitur Nissan Serena vs Mazda Biante

Pada mobil Nissan Serena memiliki fitur penyejuk udara AC dual zone control autoclimate dan fitur keamanan untuk pengemudi terdapat fitur Engine Start Button yang fungsinya dapat memudahkan menyalakan mesin. Lalu, ada lagi fitur ECO mode Switch yang fungsinya untuk menggontrol konsumsi bahan bakar agar lebih irit. Serta, adapula Parking sensor rear camera yang memudahkan si pengemudi dalam memarkir kendaraan dan untuk penumpang disediakan Sefty Bealt yang ditempatkan pada seluruh kursi penumpang.

Sementara, pada Mazda Biante menyematkan teknologi Nanoe Cooling yang berfungsi dalam menyempurnakan kenyamanan berkendara lengkap dengan sistem penyejuk udara yang mengandung ion generator untuk menghilangkan bakteri dan bau. Selain itu, terdapat filter anti-allergenic yang berfungsi dalam menghilangkan bakteri dan alergen. Fitur lain yang canggih diantaranya terdapat Built-in GPS SystemKini dipadukan dengan sistem GPS dan fitur Wide-Screen Overhead Monitor. Tidak hanya itu, terdapat pula fitur hiburan lewat overhead bermonitor layar lebar 10.1” dengan ketajaman gambar dan warna berkualitas WVGA yang dapat memberi kenyamanan saat berkendara.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Nissan Serena vs Mazda Biante

Nissan Serena

Mazda Biante

Mesin

Tipe Mesin MR20 SKYACTIV-G 2.0L, In-line, 4-Cylinder DOHC, 16- Valve
Isi Silinder 1997 cc 1,997 cc
Jumlah Silinder 4 Silinder segaris 3 Silinder
Diameter x Langkah 78.0 x 78.4 mm 83.5 x 91.2 mm
Daya Maksimum 147 / 5600 rpm 111 (151) / 6,000 rpm
Torsi Maksimum 21 / 4400 rpm 190 (19.4) / 4,100 rpm
Sistem Kemudi Rack & pinion with electric power steering Rack and pinion
Rasio Kompresi 12.0 : 1

Dimensi

P x L x T 4685  mm x 1695 mm X 1865 mm 4,715 mm x  1,770  mm x 1,835 mm
Jarak Poros Roda 2860 mm 2,850 mm
Jarak Pijak depan 1480 mm 1,530 mm
Jarak Pijak belakang 1485 mm 1,515 mm
Jarak Terendah 160 mm 150 mm
Berat 1350 kg 1,310 kg
Radius Putar 5.7 5.4
Sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection Direct Injection
Kapasitas Tangki 60 L 60 L

Sasis

Transmisi CVT SKYACTIV-DRIVE 6-Speed with Active Adaptive Shift and Direct Mode
Suspensi Depan Independent McPherson Strut with Stabilizer MacPherson strut
Suspensi Belakang Torsion Beam with Stabilizer Multi-link
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated discs
Rem Belakang Disc Solid discs
Ukuran ban 165/ R14 205/60 R16

Fitur

Kenyamanan
  • Safety Belt Front Seats Driver & Passenger: 3-Point ELR with pretensioner and load limiter
  • Safety Belt 2nd Row Seats 3-Point ELR x3
  • Safety Belt 3rd Row Seats 3-Point ELR x3
  • SRS Front Airbag Driver & Front passenger
  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Pendingin Udara
  • Audio Sistem
  • Pengeras Suara/Speaker (pcs)
  • Anti kabut Kaca Belakang
  • Navigasi Satelit / GPS
  • Pengingat Sabuk Pengaman
  • Pengingat Sabuk Pengaman
  • Penyesuaian Setir/Tilt Steering
Keamanan
  • Engine Start/Stop Button
  • Eco Mode Switch
  • Cruise Control
  • Intelligent Key
  • Immobilizer
  • Alarm with Shock Sensor
  • Parking Sensor
  • Antilock Brake system (ABS)
  • Traction Control System (TCS)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Hill Launch Assist (HLA)
  • Smart City Brake Support (SCBS)
  • Dual SRS air bags
  • Immobilizer

Harga Nissan Serena vs Mazda Biante

Harga Nissan Serena vs Mazda Biante

Nissan Serena

Mazda Biante

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Nissan Serena 2.0 X Rp392.500.000,- Harga New Mazda Biante Rp449.000.000,-
Harga Nissan Serena 2.0 HWS Rp443.900.000,-
Harga Nissan Serena 2.0 AUTECH Rp477.800.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Nissan Serena vs Mazda Biante berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=oiQ0ZTzJfPo

11 pemikiran di “Nissan Serena vs Mazda Biante Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar