Nissan Terra Indonesia Review 2019 : Pesaing Pajero dan Fortuner

Nissan Terra

Nissan kembali meluncurkan produk terbarunya yakni Nissan Terra. Mobil ini digadang-gadang hadir sebagai pesaing mobil Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Nama Terra sendiri berasal dari bahasa latin yang memiliki makna “’bumi” dengan tujuan diharapkannya Nissan dapat naik penjualannya di dunia. Senior Wakil Presiden Nissan Unit Bisnis Kendaraan Komersial Ringan. Ashwani Gupta mengatakan New Nissan Terra dibuat berdasarkan pengalaman Nissan dalam membuat SUV terbaik selama lebih dari 60 tahun yang termasuk model-model ikonik seperti Nissan Patrol. Kabarnya, Nissan Terra akan diluncurkan di Thailand dan Indonesia pada jangka waktu selama dua belas bulan. Setelahnya, baru akan diluncurkan di Negara Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Eksterior Nissan Terra

Nissan TerraDesain eksteriornya, Nissan Terra memiliki desain yang gagah, maco, dan besar. Hal ini terlihat dari bagian grille depan yang berdesain V-Shape dengan ukurannya ekstra besar. Desain grille menyatu dengan motif sarang lebah dimana diatasnya terdapat logo dari Nissan. Desain lampu utamanya menyatu dengan grile dan Day time running light pada headlamp memiliki bentuk menyerupai alis mata. Namun, untuk foglamp yang terpasang berukuran sangat kecil. Secara keseluruhan dapat dikatakan, Nissan Terra juga memiliki desain samping dan belakang yang gagah, dan serba besar. Seperti tampak pada fender sepatbor depan yang dibuat tebal. Serta sepatbor menyatu dengan tarikan garis visual ke handle pintu depan dan agak naik sedikit di gagang pintu belakang.

Interior Nissan Terra

Interior Nissan TerraMengenai desain interiornya, Nissan Terra didesain begitu mewah dan nyaman untuk pengendara. Nissan Terra dapat menampung hingga 7 orang penumpang, cukup besar untuk mobil keluarga. Untuk memberikan kenyamanan penumpang Nissan Terra menyediakan touchscreen system dan audio system yang canggih. Melihat ruang kabinnya cukup luas dan akses bangku baris ketiga ini dapat dilipat  sesuai dengan one touch tumble. Dimana fungsinya bangku baris kedua juga dapat dilipat hanya dengan sentuhan satu tuas.

Dimensi Nissan Terra

Pada dimensinya, Nissan Terra memilih body yang bongsor dan gagah, maka  memiliki panjang 4.885 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.325 mm. Sedangkan wheelbase 2.850 mm, serta ground clearance mencapai 225 mm. Sementara, untuk jenis suspensi yang dipakai pada bagian depan yakni Double Wishbone with Coil Spring. Pada bagian belakang memakai jenis suspensi Coil Spring with Independent Suspension.

Mesin Nissan Terra

Mesin Nissan TerraPada bagian mesinnya, Nissan Terra sebagai penantang Fortuner dan Pajero Sport memiliki mesin YD25DDTi 4 Silinder Inline dan mengusung mesin diesel 2.5 liter, serta bersilinder isi 2.488 cc. Dengan mesin tersebut, maka Nissan Terra menghasilkan tenaga maksimal sebesar 190 hp pada putaran 3.600 rpm dan 450Nm pada putaran 2.000 rpm. Nissan Terra juga menyalurkan transmisi 7 percepatan otomatis dan 6 percepatan manual dengan diameter langkah 89,0 mm x 100,0 mm. Sementara, untuk sistem penyuplai bahan bakar memakai Electronic Fuel Injection.

Fitur Nissan Terra

Nissan Terra memiliki fitur keselamatan yang canggih yang tidak kalah dengan Pajero dan Toyota Fortuner. Fitur-fitur keselamatan tersebut, diantaranya Intelligent Rear View Mirror, 360-degree around-view monitor, Rear cross traffic alert. Ditambah lagi, adanya Lane departure warning, Reverse camera, Airbags, ABC, Hill-descent control, Vehicle dynamic control, Tire pressure monitoring system, dan Parking sensors. Dapat dikatakan dilihat dari segi fitur keselamatan, Nissan Terra lebih baik dibandingkan dengan Toyota Fortuner, sebab Toyota Fortuner hanya memiliki SRS Airbag di kabin depan. Sementara Nissan Terra memiliki 7 Airbag yang terdapat pada 7 titik.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Nissan Terra

Mesin

Tipe Mesin YD25DDTi 4 Silinder Inline
Isi Silinder 2.488 cc
Diameter x Langkah 89,0 mm x 100,0 mm
Daya Maksimum 190 hp/3.600 rpm
Torsi Maksimum 450Nm/2.000 rpm
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Sistem Kemudi Electronic Power Steering

Dimensi

P x L x T 4.885 x 1.865 x 1.325 mm
Jarak Poros Roda 2.850 mm
Jarah ke tanah 225 mm

Sasis

Transmisi 7 percepatan otomatis dan 6 percepatan manual.
Suspensi Depan Double Wishbone with Coil Spring
Suspensi Belakang Coil Spring with Independent Suspension
Rem Depan Disc Vent
Rem Belakang Disc
Ukuran ban 255/60-R18
Ukuran Velg 18”

Fitur

Kenyamanan
  • Lane Departure Warning
  • Blind Spot Warning
  • Intelligent Around View Monitor
  • Moving Object Detection
Keamanan
  • Intelligent Rear View Mirror
  • 360-degree around-view monitor
  • Rear cross traffic alert, Lane departure warning
  • Reverse camera
  • Airbags,
  • ABC
  • Hill-descent contro
  • Vehicle dynamic control
  • Tire pressure monitoring system, dan Parking sensors.

Harga Nissan Terra

Harga Nissan Terra

Tipe

Harga

Nissan Terra 2.5 4×2 E MT Rp467.000.000
Nissan Terra 2.5 4×2 E AT Rp493.000.000
Nissan Terra 2.5 4×2 VL AT Rp524.000.000
Nissan Terra 2.5 4×4 VL AT Rp665.000.000

Video Review

Buka link dan simak video review Nissan Terra berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=nn_TbXEtvI8

Artikel terkait lainnya: Nissan Terra E MT atau E AT ya?