Perbedaan Mobil Antik, Mobil Vintage dan Mobil Retro

Perbedaan Mobil Antik, Mobil Vintage dan Mobil Retro– Sobat freakers pasti sering mendengar istilah mobil antik, vintage atau retro. Namun, apakah sobat tahu perbedaan mobil antik, mobil vintage dan mobil retro? Atau malah menganggap mereka sama? Sebenarnya, mobil kuno diklasifikasikan atas tiga jenis, yakni antik, vintage dan retro. Pembagian ini dibedakan berdasarkan fase produksi dan umur mobil tersebut.

Perbedaan Mobil Antik, Mobil Vintage dan Mobil Retro

Dari ketiga jenis mobil di atas, mobil antik menempati urutan pertama yang melewati fase terlama. Dijuluki antik, jika sebuah mobil telah berusia 100 tahun atau lebih terhitung sejak tahun pertama diproduksi. Jika dihitung dari tahun 2019, mobil yang masuk ke dalam kategori antik minimal diproduksi tahun 1919. Mobil dengan kategori ini pasti punya harga yang ampun-ampunan mahalnya.

Jika dilihat dari lama usianya, sebuah mobil menyandang predikat vintage jika sudah berusia 40 tahun lebih. Sementara, vintage terbagi lagi menjadi dua fase, yakni sebelum dan sesudah Perang Dunia II. Mobil yang diproduksi selama periode 1919-1930 termasuk ke dalam fase sebelum PD II. Sedangkan, pasca PD II terhitung sejak tahun 1946-1952. Untuk kategori mobil ini juga termasuk sangat langka dan memiliki harga yang relatif mahal.

Sedangkan mobil retro, mungkin bisa dibilang yang memiliki fase paling pendek jika disebut sebagai mobil kuno, karena hanya butuh waktu 20 tahunan saja. Bila terhitung dari tahun 2019, mobil era 80an dan 90an sudah termasuk jenis mobil retro. Untuk mobil retro ini banyak pemain-pemain atau kolektor yang berusian relatif lebih muda. Selain itu harga mobilnya juga lebih variatif dan banyak pilihan brand yang diatawarkan.

Sebenarnya, setiap negara memiliki standar untuk menentukan sebuah mobil layak disandang predikat kuno atau tidak. Seperti di Amerika Serikat terdapat istilah khusus untuk kendaraan yang diproduksi setelah 1922, yakni Historical Vehicle. Begitulah penjelasan mengenai perbedaan mobil Antik, Mobil vintage dan mobil Retro, semoga sobat Freakers tidak tertukar dalam penyebutannya.

baca juga: Generasi RX King Dari Masa Ke Masa & Spesifikasi RX King Indonesia Review 2019 

Tinggalkan sebuah komentar