Perbedaan Suzuki Nex Generasi Baru dan Nex Lawas

Suzuki Nex

Perbedaan Suzuki Nex Generasi Baru dan Nex Lawas- Suzuki kembali memamerkan motor terbarunya yang bernama Suzuki Nex II, motor ini diklaim akan menjadi pesaing Honda Beat. Senin, 23 April lalu, tepatnya pada acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Nex II resmi dipamerkan ke masyarakat, namun mengenai informasi spesifikasi mobil Nex II ini belum diberitahukan dengan detailnya. Riecky Patrayudha selaku Assistant to Departement Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menjelaskan perbedaan diantara model Nex generasi baru dengan yang lawas. Berikut ulasannya.

Mesin

Mengenai mesinnya, Nex versi terbaru memiliki mesin yang berbeda dengan versi Nex yang lama. Hal ini dapat dilihat dari injektor pada lubangnya, generasi versi lawas hanya memiliki 4 hole dan versi terbarunya memiliki 6 hole. Selain itu, di sisi Engine Control Module (ECM) direkonfigurasi lagi untuk menimbulkan kesan yang sporty. Rasio gear dibuat menjadi lebih kecil untuk torsi sehingga motor Nex generasi terbaru ini lebih besar dibandingkan dengan versi yang lama. Namun Riecky masih belum mau memberikan informasi datanya teknisnya.

Kelistrikan

Suzuki NexBeraliih kepada sistem kelistrikannya, pada sistem pengapian dan kelistrikannya dibuat menjadi baru. Dulu jenis arus yang digunakan berjenis AC dan kini menggunakan jenis DC. Hal ini akan memudahkan konsumen sebab ketika aki pada motor mati total maka motor masih bisa dinyalakan dengan Kick Starter atau secara manual. Pasalnya, pada sistem AC, aki sudah tidak bisa digunakan saat sudah mencapai 9 volt. Jadi, motor Nex II kali ini menggunakan jenis kelistrikan arus DC.

Frame

Suzuki NexPerbedaan lainnya juga terdapat pada frame. Untuk frame motor Nex II menggunakan hasil improvisasi dari frame lama dan tidak mengambil dari model yang sudah ada misalnya pada Address. Suzuki Nex II generasi Sporty Runer ini mengadopsi jenis baru, dimana didapat dari improvement Nex lawas. Pada wheelbase generasi baru lebih panjang 2,5 cm dibandingakan dengan versi yang lamanya. Jadi, kelebihannya terdapat pada stabilitas motor menjadi lebih bagus ketika dipacu pada kecepatan menengah bahkan tinggi. Selain itu, penumpang akan dibuat nyaman dan santai, serta floorboardnya menjadi lebih luas.

Eksterior

Beralih ke bagian eksteriornya, tampilan luarnya didesain lebih jauh berbeda dari model Nex lawasnya, dimana pada Nex generasi lama masih terbilang biasa atau dengan model yang sudah ketinggalan zaman. Sementara, untuk Nex generasi baru sudah berubah total dengan adanya styling design lebih agresif, sporty dan futuristik. Pada bagian depan, ide desainnya terinspirasi dari versi GSX1000 dan versi GSX 150. Untuk pengembangannya sendiri dilakukan di Indonesia sekitar kurang lebih dua tahun.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai beberapa perbedaan antara Suzuki Nex generasi baru dengan Nex Suzuki versi lawasnya. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda dalam mengikuti perkembangan berita motor terbaru dari Suzuki.

Jangan lupa klik disini untuk mendapatkan info-info lainnya!