Perbedaan VTEC, VVT-i & i-VTEC

ivtec

Perbedaan VTEC, VVT-i & i-VTEC – kebanyakan orang beranggapan bahwa teknologi VTEC milik Honda itu sama persis dengan VVT-i kepunyaan Toyota. Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya nih sobat freakers:

Perbedaan VTEC, VVT-i & i-VTEC

vtec– VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi dari Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Pada dasarnya, VTEC terbagi menjadi tiga macam , yakni VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katupnya.

– VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Tanah Air oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 saja dari total 16 katup. Nah, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.

baca juga: Arti dan Sejarah Logo Mobil

– VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indonesia oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup yang masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Sedangkan, untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.

– Pada VTEC DOHC, berbeda dengan SOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, hanya saja cam-nya terpisah menjadi dua.

ivtecHonda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang serupa dengan VVT-I yang dimiliki Toyota. Namun, Honda mempersingkat namanya menjadi i-VTEC untuk menyebut gabungan antara VTEC + VTC.

Sementara, VVT-i adalah nama teknologi katup variabel kepunyaan Toyota. Prinsip dasarnya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap terjaga optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. Selain itu, VVT-i memiliki karakter yang lebih lembut serta bertenaga saat putaran rendah. Honda juga mengadaptasi teknologi ini dan menamainya VTC, lalu menjadi i-VTEC.

vvti(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)

Jika Toyota atau pun Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indonesia, BMW telah menerapkannya lebih dulu, terhitung sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamai bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).

BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih, yakni Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang dapat mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). tidak seperti VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.

Paduan bi-VANOS dan Valvetronic akan menghasilkan efisiensi mesin yang tinggi, lalu menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.

artikel terkait: Perbedaan Mesin Berteknologi SOHC VS DOHC

11 pemikiran di “Perbedaan VTEC, VVT-i & i-VTEC”

Tinggalkan sebuah komentar