Perlukah Uji Psikologi untuk Perpanjang dan Permohonan Pembuatan SIM Baru?

Uji Psikologi
Perlukah Uji Psikologi untuk Perpanjang dan Permohonan Pembuatan SIM Baru?– Baru-baru ini, masyarakat digegerkan dengan adanya berita tentang tes psikologi yang diwajibkan oleh Polda Metro Jaya bagi para pemohon yang akan mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi). Pasalnya banyak masyarakat yang khawatir dan belum mengetahui seperti apa kira-kira tes psikologi itu. Menurut Adi Sasongko, seorang psikolog dari Biro Psikologi Andi Arta mengungkapkan bahwa nantinya uji psikologi tersebut sudah terkomputerisasi. Soal ujiannya pun berkisar pada pernyataan tentang gambaran perilaku yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Perlukah Uji Psikologi untuk Perpanjang dan Permohonan Pembuatan SIM Baru?

Adi menambahkan, nantinya pemohon SIM baru akan disuguhkan dengan 24 soal, berbeda dengan pemohon untuk perpanjangan SIM yang hanya dibebani dengan 18 soal. Biaya yang dikenakan untuk ujian ini pun terbilang cukup terjangkau, yaitu Rp35.000. Mungkin Otofreakers penasaran,mengapa pemohon perpanjangan SIM dibebani soal lebih sedikit dibandingkan dengan pemohon SIM baru. Hal ini dikarenakan adanya pertimbangan bahwa pemohon yang bersangkutan sudah mempunyai pengalaman dalam berkendara selama ini. Sehingga, tujuan tes psikologinya adalah untuk mengingat kembali apa yang berhubungan dengan standar yang telah ditentukan.
Uji Psikologi
Adi menambahkan pula, bahwa waktu pengerjaan tes psikologi ini adalah 15 menit. Pemohon diharapkan mampu menyelesaikan satu soal dalam waktu 30 detik, sehingga tidak ada kekurangan waktu atau terbuangnya waktu. Hasilnya akan langsung keluar, sehingga pemohon dapat melampirkannya sebagai permohonan SIM. Jika ternyata hasilnya tidak sesuai, maka pemohon dinyatakan tidak lulus, Tapi tidak perlu khawatir karena pemohon akan bisa mengulanginya lagi. Selain itu, bukan hanyak mengulangi saja, namun akan diberikan pengarahan juga dari pihak penguji agar tidak terulang kesalahan yang sama.
Pusat uji psikologi sendiri berada di dekat layanan permohonan pembuatan SIM, jadi pemohon tidak perlu mencari-cari lokasi uji psikologi dengan khawatir. Pihak kepolisian mulai melaksanakan aturan uji psikologi ini mulai tanggal 21 juni. Pihak kepolisian menegaskan per tanggal 25 Juni uji psikologi sudah mulai diwajibkan untuk semua masyarakat yang akan mengajukan permohonan SIM.
Nah, Otofreakers yang akan memperpanjang atau pun membuat SIM baru tidak perlu khawatir ya, jalani saja dengan tenang. Untuk info lainnya, klik disini!